Nov 242018
 

dok. Kapal selam ARA San Juan Argentina. (Martin Otero via commons.wikimedia.org)

Setahun sudah kapal selam ARA San Juan milik Angkatan Laut Argentina tenggelam dan menghilang secara misterius. Meski bangkai ARA San Juan telah ditemukan, namun penyebab tenggelamnya kapal selam tersebut masih terus diselidiki pihak berwenang di Argentina.

Beragam spekulasi penyebab tenggelamnya kapal selam terus bermunculan. Salah satu yang mungkin menjadi penyebabnya adalah kerusakan pada katup ventilasi internal.

“Kesalahan operasi” pada katup ventilasi bisa menyebabkan masuknya air laut dan membanjiri baterai kapal selam, menyebabkan korsleting dan mengakibatkan kebocoran hidrogen yang bisa meracuni awak kapal selam. Apabila gas hydrogen terus terakumulasi bukan tidak mungkin bisa menyebabkan meledaknya kapal selam, ujar koran Perfil, dikutip Buenos Aires Times, 5/11/2018

Tidak tertutup sempurnanya katup ventilasi internal bisa disebabkan berbagai macam kendala, seperti kerusakan teknis, kesalahan penggunaan oleh awak atau kerusakan karena insiden alam, seperti penyelaman terlalu dalam atau goncangan laut yang terlalu besar.

Sumber yang mengetahui investigasi mengatakan kepada Perfil bahwa meskipun ini adalah skenario yang paling mungkin, hipotesis yang lain masih dalam pertimbangan.

ARA San Juan – kapal selam TR-1700 class buatan Jerman, kembali dari misi patroli rutin ke Ushuaia, dekat ujung paling selatan Amerika Selatan, ketika sang komandan melaporkan “kerusakan listrik”. Namun kapal selam itu tidak pernah kembali ke pangkalan Mar del Plata.

Buenos Aires Times

Bagikan:

  One Response to “Katup Bocor, Diduga Penyebab Kapal Selam Argentina Tenggelam”

  1.  

    Beritanya berulang2 nih.he3

 Leave a Reply