JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 092015
 
Tank Medium Anders

Tank Medium Anders

Puncak acara ulang tahun Kavaleri Angkatan Darat ke-65 berlangsung meriah di Mako Pusat Pendidikan Kavaleri, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (9/2/2015). Dalam defile alutsista, kehadiran tank Leopard paling menyita perhatian banyak orang.

Peragaan lintasan sejarah Korps Baret Hitam itu diawali dengan parade pasukan berkuda dari Detasemen Kavaleri Berkuda. Pasukan Denkavkud itu biasa bertugas dalam menyambut tamu kenegaraan, membawa panji militer, maupun dalam tugas operasi.

Kendaraan temput lainnya yang dipamerkan di antaranya ialah truk Unimog, tank Transporter Iveco, panser pengintai Humber Scout, tank ringan M3A3 Stuart, tank amphibi PT 76 dan BRDM, kendaraan tempur lapis baja Ferret, Saladin, dan Saracen, tank Scorpion, tank Stromer, panser Anoa dan Tarantula, serta tank Marder 1A3.

Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri Brigjen TNI Mulyanto menuturkan, modernisasi alutsista pada tubuh Kavaleri melalui pengadaan tank Leopard diperlukan dalam rangka mencapai kekuatan pokok minimum persenjataan.

“Kenapa Leopard ini dibeli? Karena alih teknologinya kami butuhkan. Dengan teknologi, kita akan maju. Yang kedua, ada efek deterennya, karena kita negara besar. Dengan adanya Leopard, itu jadi kebanggaan bangsa Indonesia. Ini sangat penting untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI,” kata Mulyanto.

Dari 26 tank Leopard yang sudah ada, secara bertahap tank tempur utama itu akan terus ditambah pada setiap tahunnya. Pada akhir 2016, direncanakan sudah ada 103 unit tank Leopard untuk ditempatkan di berbagai batalion.

“Alhamdulillah, pemerintah mendukung kami, karena modernisasi harus untuk menjawab kebutuhan. Prajurit kami tidak boleh ketinggalan dengan bangsa lain. Sumber daya manusia kami pun akan menyesuaikan dengan alutsista yang baru,” ujarnya.

Ke depan, kata dia, Kavaleri masih membutuhkan penambahan tank-tank medium untuk ditempatkan di berbagai daerah di Indonesia. “Tank medium belum, kami belum ada. Paling tank ringan yang ada. Tank itu diperlukan karena disesuaikan dengan kondisi geografis kita,” tuturnya.

Menurut Letjen TNI (Purnawirawan) TB Silalahi, kendaraan militer mutlak diperlukan Kaveleri karena kemungkinan ancaman dari dalam dan luar negeri akan selalu ada.

“Karena peranan Kavaleri ini sebagai decicion making weapon di dalam semua pertempuran,” kata TB Silalahi, yang menjadi tamu kehormatan dalam acara itu. (pikiran-rakyat.com).

Berbagi

  44 Responses to “Kavaleri AD Butuh Tank Medium”

  1.  

    hmmm….

  2.  

    Mantab,..bentar lg mau nambah nih leonta

  3.  

    Leopard maksudnya

  4.  

    234

  5.  

    Yaaa

  6.  

    Klo tank medium apa nggak nunggu dari kerjasama antara pindad dan turkey ?

    •  

      Betul bung,,,
      Sebaiknya, tank medium pilih buatan dalam negeri saja yg sedang bekerjasama dengan turki,,kecuali teknologi yg belum bisa dibuat oleh enginer kita, baru pilih teknologi dari luar negeri,,,

  7.  

    Kan sudah ada kerjasama untuk pengembangan tank medium Pindad dengan Turki….dengan FNSS atau Otokar gitu

  8.  

    sudah sejauh mana perkembangan medium tank buatan PINDAD ???

    •  

      Masi dlm riset dan pengembangan kang.

      Salah satunya sudah ada penampakan nya waktu di indo defence 2014
      tannk amx 13 retrofit .

      Mesin baru kubah baru. Hanya cangkangnya yg diambil dan di desain sedikit artistik seperti leopard dengan penutup rantai .

  9.  

    wah wah wah tank medium pindat ketinggalan kreta ya… Kok g’ di tongolin dlm acara ulth kaveleri AD ya. Sayang sekali dah, pasti masih malu2 m,u ikutan dlm parade ini.

  10.  

    Medium Tank Rencananya Buat Brp Biji y hehe?
    Btw, Bisa g y kita ambil desain MBT Black Eagle / T 95 Rusia yg dah di Cancel,
    mohon pencerah dr bung diego , bung jalo dan senior2 dsini untuk ane yg cengengesan ini, hehe

    •  

      harus bersyukur dg tambahan unit kavaleri lapis baja yg sdh ada … memang msh hrs ditambah utk main battle tank nya … pilihan ane cuman Armata !

      •  

        Armata, yg China aja g blh beli apa kita boleh bung??
        Mending kita ambil desain black eagle/t95 yg dah di cancel buat kita kembangin, bisa jd kemajuan besar buat kita tuh,,
        maaf kalo ane salah hehe

  11.  

    Tank Marder bkn termasuk Tank Medium y..??

  12.  

    Panser pengintai Humber Scout itu yg mana jenisnya ya.?

  13.  

    ada banyak referensi yang bisa di ambil dari berbagai teknologi tank yang sudah ada,, baik dari kulit nya yg dapat menyerap panas, teknologi trophy, atau ditambah Vshorad utk anti heli atau pesawat tempur nya,
    tinggal pencangkokan, semua teknologi nya aja menjadi satu kesatuan tank medium indonesia.. semoga berhasil dgn lompatan teknologi, yang setara dgn negara maju.

    •  

      Setuju bu andri. tambahan, indonesia sangat mampu buat tank krn buat badan tank lbh mudah krn intinya adalah turet (Kubah), krn hampir seluruh produk tank dunia turetnya ya merk itu itu juga. PINDAD kerjasama Turki sdh ada desain tank 30 ton dgn alternatif 3 merk turet kanon 105mm yg akan di pasang COCKERILL belgia (usulan PINDAD) – OTO MELARA Italy (Usulan FNSS Turki spt terpasang pd MBT ALtay Turki) – DENEL afrika selatan. Kita sdh terbiasa dgn Cockerill (Badak 90mm, AMX 13 retrofit 105 mm) dan Oto Melara (terpasang pd beberapa KRI). Utk Denel kayaaknya msh agak asing. Jadi kita tunggu saja perkembangannya krn kayaknya FNSS Turki sangat antusias. Salam

  14.  

    bung andri, yg kemarin nongol pas parade di NTB kalo g’ salah apa tank pindak bukan… ? Kok dah di tongolin walaupun di luar jawa. Apa betul itu bung… Kalo iya kok g’ di tongolin sekalian.

  15.  

    Patut ditunggu urun rembug litbang AL. Justru marinir mengidamkan tank kelas medium segera. Bila dideploy secara airborn memang belum ada pesawatnya, namun dengan LST pasti cukup banyak yang bisa didistribusikan.
    Selanjutnya litbang TNI sudah merancang penggelaran bantuan tank medium ini via udara. Patut ditunggu pesawat angkut di atas 40 ton, jadi a400 m sudah cukup tertinggal dalam pemenuhan kebutuhan ini. Apalagi bila berkaca pada tuntutan penggelaran sekian waktu sekian komponen militer misal dalam 1 hari pada tempat T harus didistribusikan 1 batalyon dengan dukungan mekanis maupun dukungan penggempur.
    Semoga desain dari FNSS dan pindad belajar dari tank di atas yaitu cv 120 anders, atau mungkin marder evolution. Khusus marder kasusnya menarik sebab AD Jerman sendiri justru mengakuisisi IFV Puma jadi ada peluang indonesia mengajukan lisensi..imho
    salam tabik rekan-rekan…

    •  

      Dari banyak informasi, kayaknya benar di ambil dr tank CV90120 dan tank anders polandia, bobot 30-40 ton. Kalau benar pakai turet kanon 120 mm serba elektronis / otomatis sama dong dgn kanon Leopard…penembak kayak main game saja. Wah tambah mantap itu.

      •  

        Bung rangga, perlu dicermati keperluan ranpur marinir apalagi wacananya pengembangan divisi ke 3. Selama ini AL sudah menampakkan bahwa mereka belum tertarik pada ranpur anoa entah karena belum ada versi amphibinya atau tidak.
        Semestinya produksi bersama FNSS dan pindad sendiri setelah ada penyertaan pengajuan dari TNI akan sejumlah signikan dari produksi tersebut. Juga seperti disampaikan bung Jalo dahulu, selera user memegang peranan. Tentu patronase tank yang sudah ada menjadi acuan. Tank anders tersebut memang bagus dan bocoran desain pindad lalu juga menunjukkan keidentikannya. Ditambah kerjasama dengan pabrikan cockerill dengan cmi belgia syahdan makin identik saja ide tank medium kita dengan anders.
        Kembali pada jumlah pengajuan TNI secara signifikan tentu peruntukan tank ini semata bukan untuk AD saja, bukan mustahil marinir juga mendapatkan bagian dari pesanan ini. TNI tentu tidak ingin menjungkalkan pindad sebagaimana pabrikan tank engessa brazil yang bangkrut setelah mengembangkan tank ringan/medium akibat tidak mendapatkan cukup pesanan dalam negeri yang lebih suka membeli tank bekas pasca perang dingin yang murah meriah.
        Salam tabik bung rangga…bung diego..

  16.  

    Ya TNI-AD butuh nya tank medium kukira Panser Kanon BADAK yg mo di prioritaskan lebih dulu ya kalo nunggu tank kolaborasi Pindad dng Turki kayaknya masih lama, semoga saja Badak tidak tiba2 menghilang kayak nasib Meriam 105 mm buatan pindad semoga Badak bernasib seperti Anoa yg berjaya dan menjadi primadona

  17.  

    Ini memang yang dipakai di masa lalu dikeluarin buat pawai bung, adi juga ada Humber Scout dan M3 Stuart

  18.  

    K ementerian Pertahanan Serbia
    mengumumkan bahwa mereka akan mulai
    penjualan lebih dari 480 tank dan howitzer,
    220 kendaraan lapis baja, lebih dari 20.000
    senapan dan pistol dan sejumlah besar amunisi
    dan peralatan lainnya.
    Menurut situs Kementerian Pertahanan,
    Direktorat pengadaan dan rencana penjualan
    untuk menjual 282 T-55 tank dan 220
    kendaraan lapis baja M-60, M-80, BTR-50 dan
    BTR-60 dan senjata antitank POLO, serta 200
    howitzer 105 dan 155 milimeter.
    Kementerian akan menawarkan sekitar 16.700
    pistol 7.65 milimeter, sekitar 3.500 senapan
    otomatis M-70, sekitar 120.000 granat dan
    sekitar 1.500 rudal.
    Pihak yang berminat bisa membeli lebih dari
    1.100 senjata anti-pesawat dari kaliber 20 dan
    30 milimeter dan sekitar 5.400 peluncur roket
    genggam, mortir dan senapan recoilless, dan
    dijual juga akan ada beberapa peluncur roket
    dan rudal M-26 63.
    Penjualan akan mencakup tiga radar SNAR-10
    dan lebih dari 140.000 keping berbagai
    amunisi.
    Pemberitahuan diterbitkan pada tanggal 27
    Januari di situs Kementerian menyatakan
    bahwa undangan untuk berpartisipasi dalam
    penawaran umum untuk pembelian senjata
    tersebut di atas akan dikirim ke badan hukum
    yang secara hukum berhak untuk membeli
    peralatan militer semacam ini.[ inserbia ]
    ? Garuda Militer

  19.  

    Se7 Bung Antonov, ini Indonesia Bung. Buat yg paling cocok dng kondisi alam kita. 2/3 laut, daratnya banyak rawa dan sungai. Setidaknya bisa nyebrang sungai tanpa butuh jembatan. Syukur2 yg bisa berenang di laut. xixixixi.

  20.  

    Alutsista bertujuan tuk bentengi dan perkuat pertahanan negara. Klu TNI terus hadirkan tank2 berteknologi tinggi bangus banget ya …

  21.  

    Sediakan anggaran riset, bentuk kolaborasi akademisi,praktisi,industri baik swasta maupun bumn, sipil maupun militer untuk melakukan riset fokus pada pembuatan material super keras namun ringan dan mampu menahan hantaman bom dengan berbagai tingkatan daya ledak yang bisa dipakai oleh kendaraan tempur seperti panser maupun tank

  22.  

    bung antonov.knpa kok g’ menanggapi komen saya ( MEMPERKUAT TERAS NKRI 111) cuman penasaran aja, kalo g’ mut tidak apa2.

  23.  

    menunggu tank mendium pindad, mendingan ambil panser badak dipersenjatai, atgw kornet e rusia, 9m113 yang bisa dipasang di atas tank, tank merkava banyak yang hancur di hajar portable 9m113

 Leave a Reply