Sep 252015
 

berikat

Jakarta – Rencana pemerintah membangun Pusat logistik Berikat (PLB) khusus minyak dan gas di Kalimantan Timur mulai mendapat tentangan, baik dari negara tetangga penimbun logistik maupun dari pengusaha lokal yang biasa mengambil untung dari panjangnya rantai produksi.

Upaya jegal PLB tersebut diungkapkan langsung oleh Edy Putra Irawady, Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian kepada CNN Indonesia di kantornya, Senin (21/9).

“(Tentangan) bukan saja dari Singapura, orang-orang di sini yang sudah comfort dengan sistem begini pasti akan protes,” kata Edy.

Edy menyadari keberadaan PLB migas di Tanah Air pasti akan mengurangi pendapatan negara penimbun minyak lain di kawasan Asia Tenggara.

Sebagai contoh, lanjutnya, rencana pembangunan PLB migas di Tanjung Batu, Balikpapan, Kalimantan Timur dan PLB tangki timbun BBM di Merak, Banten yang akan mengancam penerimaan negara tetangga, Singapura, yang selama ini menjadi tempat penimbunan minyak produksi Indonesia.

Berdasarkan pengalamannya, Edy mengaku pernah mendapatkan ancaman fisik waktu pemerintah ingin menjadikan Pelabuhan Batu Ampar di Batam sebagai hub utama perdagangan internasional Indonesia. Menurutnya, keberadaan pelabuhan itu kemudian mengancam Singapura yang selama ini sudah menjadi hub perdagangan di Selat Malaka.

“Iya saya dulu pernah dapat ancaman fisik kan. Seru. Ya sama, mereka (Singapura) dulu mau ikut tender tetapi untuk mengkerdilkan (Pelabuhan Batu Ampar) untuk diambil sebagai anak dari pelabuhan Singapura. Saya tidak mau, karena saya mau itu pelabuhan (Batu Ampar) independen,” ujarnya.

Selain itu, Edy juga pernah berhadapan dengan Singapura ketika ingin memotong rantai distribusi minuman beralkohol.

“Saya kan dulu pernah exercise sekali bagaimana memotong Singapura ketika minuman keras. Dulu kan semua minuman keras harus lewat Singapura karena agennya. Kita bilang oke siapapun boleh menjadi importir minuman keras, tetapi kamu mendapatkan penunjukan langsung agen dari perusahaan pabriknya sehingga mereka (importir) langsung ke Indonesia tidak lagi lewat Singapura,” ujarnya.

Saat ini, Edy mulai mendengar suara-suara sumbang yang menentang rencana pembangunan PLB di Indonesia. Upaya-upaya untuk mengakali PLB juga sudah mulai tampak di mata Edy, di mana sejumlah spekulan mulai melakukan praktik ijon untuk mencari keuntungan.

“Suara (negatif) sih banyak banget. Misalnya sekarang (spekulan lokal) mulai mengijon kapas. Artinya sudah mulai mengambil kontrak jangka panjang dan jangka menengah untuk (memasok) minyak ke Singapura, sudah mulai,” ujar Edy.

Pada dasarnya, lanjut Edy, keberadaan PLB domestik untuk mendekatkan bahan baku ke industri domestik, memotong biaya transaksi, serta biaya transportasi logistik. Edy menilai dengan sistem logistik yang ada sekarang masyarakat harus menanggung distorsi dari biaya transaksi yang tidak relevan terhadap harga.

“Artinya ketika kita mengimpor kapas, mengimpor minyak yang lain-lain itu banyak beban itu yang tidak relevan terhadap harga. Distorsi ini yang diperoleh, yang dialami oleh konsumen sehingga daya belinya semakin lemah karena kan di bypass saja oleh industri ke konsumen,” ujarnya.

CNN Indonesia

Bagikan Artikel :

  44 Responses to “Kawasan Berikat Migas Ditentang Singapura”

  1. Maju terus pak !!!!

  2. Lanjutkan pa edy. Kami rakyat Indonesia mendukungmu.
    Singaporn tenggelam aja

  3. Gak peduli singapura mw jd gimana ntr, gk peduli mw jd gimana org2 yg suka mngambil keuntungang dri proses transaksi yg pnjang itu, utamakan kepentingan masyrakat banykk.
    Bukan Oknum yg suka mengambil keuntungan dri transaksi pnjang, jg bukan dri negara kecil sombong dan arogan singapura.
    .
    Utamakn kepentingan nasional, Indonesia secara nyata sebenarnya mampu mengambil semua yg dimiliki singapura.
    Dri pelabuhan utama ASEAN, Pusat Logistik ASEAN, Pusat pengawas navigasi Udara ASEAn, Navigasi laut jg. Indonesia mampuuu. Tunjukkan kpd negara kecil sombonh dan suka mengatur indonesia seenknya kalau mereka itu (singapura) tidak lebih dari tahi lalat yg numpang nempel di kulit !!
    Segera tunjukkn taring mu Indonesia !!

  4. bangkrut nih malaysia lalu singapura

    • malaysia sudah tidak ada lagi lahan yang bisa ditawarkan pada para investor karena semua masih terikat kontrak dengan asing ibarat negara yang tergadaikan.

      singapura perlahan tapi pasti karena beberapa sumber penghasilannya yang diterima dari RI sudah mulai diambil alih seperti FIR, kilang minyak, gudang internasional dan satu lagi jika kita membangun pelabuhan tandingan untuk transit barang internasional kawasan ASEAN bisa benar2 kering tuh mereka karena SDA mereka tidak punya.

    • Kalau bangkrut gk mungkin bung…kalau pendapatan negara berkurang mungkin…tp liat nih saya copas dr blog lainnya…
      Deputi Bidang Pengendalian Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis mengatakan minat investor Singapura di Indonesia sendiri sangat besar. Data BKPM menunjukkan selama kuartal I 2015 Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia terbesar masih berasal dari Singapura, dengan nilai investasi mencapai US$ 1,23 miliar dengan 610 proyek. Di susul kemudian Jepang dengan nilai US$ 1,20 miliar dari 343 proyek.

      Azhar Lubis mengatakan investor Singapura cenderung melirik sektor kemaritiman karena memang banyak memiliki pengalaman di sektor tersebut. Hampir 60 persen dari total investasi Singapura yang ditanam di daerah Kawasan Ekonomi Khusus seperti Batam, Bintan, Karimun dan Pulau Jawa,  

      “Di Batam banyak investor galangan kapal berasal dari Singapura,” ujarnya.

      Sudah menggurita bisnis mereka di negeri ini….hadeeh…coba aja cek investasi2 singapura di indonesia.
      ujung2nya keuntungan besar tetap pd mereka…nih negara si upil kayak vampire aja hehehehe…oh ya lebib tepatnya kutu penghisap darah hahahaa….

      • Mungkin juga dana investornya dari kredit bank,
        dana banknya sebagian besar mungkin nasabahnya dari Indonesia ya Bung…
        Ga masalah proyek jalan terus dengan tujuan untuk kemakmuran rakyat Indonesia, otomatis ada efeknya berakibat mengurangi pendapatan negara singapura.

      • Bisa jadi itu juga perusahaan2 yg ownernya orang indonesia. Saya mengalami kerja di beberapa perusahaan dimana selalu membuat anak perusahaan di singapura dengan 3 tujuan utama
        1. Listingsaham
        2. Tax
        3. Mendekatkan pada market international.
        Sering kali mereka menginvestasikan kembali keuntungan atau dana dari pasar saham ke indonesia dengan model join venture dengan group perusahaan yg sama/lokal.

      • makanya sekolah yg pinter jangan ngelamun aja di kelas sama sibuk pacaran, biar lo jg bisa jd investor di singapura”…

      • salah analisis, coba nanti dibuktikan, klo kilang2 minyak sdh dididirkan sepanjang pantai dan FIR dh diambil alih, …akan ada singa kelaparan dan kehausan.

  5. Semoga bukan hanya wacana semata dan semoga dgn pembangunan infrastruktur secara besar”an ini dpat membuat singapura dan malaysia semakin miskin hehehehe

  6. Singapura/singa pura2/pura2 jadi singa

  7. Lha dhalah….
    Untuk rakyat brani g?
    Masa kita ditentang gitu az g berani nerusin,lha singapura sendiri kalo kita tentang juga cuek-cuek bebek.
    Hajar son.

  8. Sampe tak baca attikel cari pertama…bgak dpt juga..herannn

  9. Wkkkkk,singa porno mulai parno….

  10. “Suara (negatif) sih banyak banget. Misalnya sekarang (spekulan lokal) mulai mengijon kapas. Artinya sudah mulai mengambil kontrak jangka panjang dan jangka menengah untuk (memasok) minyak ke Singapura, sudah mulai,” ujar Edy.
    sayang gk detail…siapa2 saja spekulan2 lokal ini….dan saya kurang tau apa ada peraturan presiden/menteri yg mengatur mewajibkan pengimport/industri wajib menstock bahan bakunya di dalam negeri ???. Mohon bagi bung2 warjag pencerahannya.

  11. Hehehhehehehehehehehehehe… Makelar minyak dunia marah ditutup lapaknya sama OPEC…xixiixixixixixiixixixixi…. Sebentar lagi fir nya diambil paksa hehehhehehehehhe… Majikannya sekaliguis bandarnya lagi bangkruttt…xixiixixixiixixixi…..

  12. Truskan bung…

  13. Bagaimanapun untuk jangka panjang ga akan kuat ‘ngangkangi’ Indonesia… lahan segitu2nya mau bikin “pergudangan” sebesar Indonesia? stok lahan dah habissss… heuheuuu… Kalo RI di Batam aj masih Leluasa… Hehehee, tinggal cuci muka aj ne para ponggawa negeri…

  14. saya dukung aja pemerintah asal memajukan bangsa menjadi lebih baik

  15. jangan pedulikan singaporno.anak kcl krjaannya protes mulu..sdh belagu cengeng apa2 protes.biarkn sj dia hancur lama2 ekonominya..

  16. opo iya??? ko iya awas, tetangga akan suap sana sogok sini agar rencana tsb GAGAL……..

  17. demi kmajuan nkri maju trus jgn jd pengecut

  18. maju terus

  19. Kan dulu di jkrta greater ini saya dah bilang anggota dprd kota batam sendiri bnyk yang main minyak sampai punya kapal tangker sendiri ,langsung aja ane kasih tau namanya ya…kalau mau tersinggung jumpain saya di newton ,udin p sihaloho..,adiknya juga tuh si tumburna p sihaloho..terek adnan juga ,mangkanya pertamina pulau sambu sekarangpun tutup yang kemaren ketangkep orang belakang padang itu cewek pula rekening sampe1,5trilliun padahal pegawai biasa di kantor walikota batam,

  20. Sebuah gagasan yg sangat bagus untuk kepentingan rakyat seperti ini harus terus ditindak lanjuti dengan tindakan2 kongkrit, sampai benar2 terwujud, untuk meningkatkan pendapatan negara, dan pasti akan didukung sepenuhnya oleh seluruh rakyat Indonesia, ……… !!!
    Jangan hiraukan Singaporno dan negara manapun & habisi mafia2 dlm/luar negeri.
    ini adalah proyek yg sangat strategis/vital, Kalau Indonesia mau bangkit dari keterpurukan ini, realisasikan rencana ini, bukan hanya sekedar wacana doang ….. !!!
    NKRI HARGA MATI BUNG ………. !!!

  21. singapura sama anteknya yg tinggal di indonesia hrus di sikat pake kosekan WC.

  22. Jangan lupa kirim asap terus (jangan uang hasil korupsi saja yg dikirm ke sana), lama2 pariwisatanya akan hancur. Kalau ingat komentar para pemimpin singaporn waktu kampanye, bawaannya emosi saja. Mereka menganggap tidak masalah dng para pejabat pemerintahan kita (semua bisa diatur). prihatin.com

  23. Bung-bung smua

  24. Cukup sudah Indonesia memperkaya negara tetengga..saat nya memperkaya negara sendiri…

  25. Wah besarnya Singapura dan kecilnya RI ini….sediihhh karena ada teroris ekonomi .

  26. Akhir akhir ini kita sering lihat policy pemerintah kita lebih keras dan lugas thd kepentinfan asing.
    Kita harus waspada dengan serangan balik berupa proxy war baik di bidang ekonomi dan politik.
    Saya heran, kemana ajah kemarin kemarin itu pemerintah kita yaaa?
    Klo menurut saya policy policy kayak gini ga harus nunggu alutsista dan militer kuat, yg dibutuhkan cuma keseriusan dan kenekatan mempertahankan harga diri dan kepentingan bangsa.

    Sebentar lagi kita akan melihat “kerasnya” pemerintah di tataniaga cpo, garam,, otomotif dan semen.
    Kita tunggu

    • Iya maafbung tukang nyahut.
      Cuma ingin kasih gambaran bagi para haters, perbedaannya.
      Jangan sampe kita terpecah pecah saat kita ini sedang mencoba tegakkan kedaulatan kita. Salam kenal bung, sehat dan sukses selalu

  27. Sikat terus para mafia,

  28. dari jaman dulu tuh bro, pendekar pendekar malah jadi centeng tuan menir….maknya merdekanya nih negara sampai seabad…

    pengusaha lokal (biasanya pengisi khas partai) liat aja nanti dpr / partai akan campur tangan…

  29. Setuju bung: hajar aja biar tahu rasa

  30. Hajar yang menghalangi pembangunan PLB minyak dan gas..

    NKRI harga mati..

  31. Nih negara calo emang anteknya luar biasa, sikat aja pak km mendukung!

 Leave a Reply