KCR-60 Diluncurkan PT PAL

Peluncuran KCR-60 di Surabaya, Jawa Timur (photo;BUMN.go.id)
Peluncuran KCR-60 di Surabaya, Jawa Timur (photo;BUMN.go.id)

PT PAL meluncurkan Kapal Cepat Rudal 60 Meter (KCR-60) yang merupakan kapal pertama dari 3 kapal yang dipesan TNI AL. Acara peluncuran kapal pertama  di Surabaya Jawa Timur ini, dihadiri Asisten Logistik KASAL, Laksamana Muda TNI Suyitno, Jajaran Perwira Tinggi Markas Besar TNI AL, Baranahan Kemhan, para petinggi Komando Armada Timur dan LANTAMAL V Surabaya.

Setelah penandatanganan berita acara peluncuran Kapal, acara dilanjutkan dengan peninjauan proses produksi kapal KCR 60 Meter yang kedua dan ketiga, yang telah mencapai pengerjaan hampir 80 persen dan 70 persen. Menurut Asisten Logistik KASAL, Laksamana Muda TNI Suyitno, kebutuhan KCR 60 Meter sangat diperlukan karena kapal ini akan diandalkan dalam meningkatkan keamanan dan kedaulatan Bangsa.

KCR-60 PT PAL
KCR-60 PT PAL

“Kedepan bukan hanya Kapal ukuran 60 Meter saja. Akan terus ditingkatkan. Selanjutnya akan diproduksi Kapal 105 meter dengan keunggulan yang berbeda dan secara terus menerus akan meningkatkan kemampuan Bangsa” ujar ASLOG KASAL. Kapal Cepat Rudal ini adalah hasil karya anak Bangsa sebagai upaya untuk meningkatkan industri galangan dalam negeri agar tidak bergantung pada Kapal Produk luar.

Model Kapal Cepat Rudal 60 meter KCR 60 TNI AL
Model Kapal Cepat Rudal 60 meter KCR 60 TNI AL

Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero), Firmansyah Arifin dalam sambutannya menuturkan beberapa keunggulan produk KCR 60 meter yang akan digunakan dalam mengamankan batas wilayah Indonesia. “Kapal ini sepenuhnya dikerjakan oleh anak bangsa di bawah bimbingan dan supervisi dari MABES TNI AL. PT PAL Indonesia berkarya sebaik-baiknya bahwa produk-produk anak bangsa tidak kalah dengan produk-produk import lainnya” tandasnya.

Konsistensi PT PAL Indonesia (Persero) dalam mendukung kemandirian bangsa untuk pengadaan Alutsista maupun modernisasi Alutsista terus ditingkatkan. Baik dalam bidang teknologi, fasilitas maupun SDM yang telah memiliki kebanggaan dalam menciptakan produk yang berperan dalam menciptakan keamanan dan martabat bangsa serta penghematan Devisa Negara. (sumber: BUMN.go.id)

Tinggalkan komentar