Des 292017
 

Uji coba rudal permukaan-ke-udara jarak menengah (MRSAM) yang dikembangkan India-Israel © Defence Exclusive

JakartaGreater.com – India telah berhasil menguji coba pencegat rudal supersonik Advanced Air Defender (AAD) yang diprakarsai secara mandiri, yang dimaksudkan untuk menghancurkan rudal balistik ketinggian rendah. Kesuksesan rudal tersebut adalah yang terbaru dalam misi jangka panjang India untuk membangun sistem pertahanan rudal yang efektif, seperti dilansir dari Sputnik News.

Pada hari Kamis, AAD menembak rudal balistik jarak jauh Prithvi di angkasa, dilaporkan menunjukkan kemampuannya untuk mengubah lintasannya di udara.

“Itu [pencegat rudal] langsung menghantam dan sukses besar. Tes hari ini dilakukan untuk memvalidasi berbagai parameter pencegat dalam mode penerbangan dan semuanya sukses”, kata sumber pertahanan anonim kepada Hindustan Times.

Rudal ini panjangnya 24,6 kaki dan dilengkapi dengan sistem navigasi mutakhir. Ini adalah rudal satu tahap, berbahan bakar padat, berpendorong roket yang bisa melacak targetnya secara independen.

“Misi tersebut brilian karena pencegat rudal mampu langsung menghantam, membuka jalan bagi penyebaran awal di angkatan bersenjata”, kata seorang pejabat pertahanan dan menambahkan bahwa semua sistem internal dilakukan dengan sangat baik.

Ini adalah tes interceptor supersonik ketiga yang berhasil dilakukan oleh India pada tahun 2017. Tes sebelumnya dilakukan pada bulan Februari dan Maret, namun AAD sendiri belum diuji sejak Mei 2016.

Rangkaian tes baru ini merupakan bagian dari upaya New Delhi untuk membangun sistem pertahanan rudal balistik berlapis atau multi-layer Ballistic Missile Defense (BMD). India telah bekerja sejak tahun 1999 mengembangkan sistem pertahanan udara dua tingkat untuk menembak jatuh rudal balistik yang ditujukan ke negara mereka.

Tingkat pertama dimaksudkan untuk mencegat rudal balistik exo-atmospheric sekitar 30-90 mil di atas permukaan bumi. AAD merupakan lapis kedua untuk mencegat rudal balistik terbang rendah. Sistem BMD India tidak dimaksudkan untuk dapat mencegat rudal balistik jarak jauh, karena itu adalah tugas yang sangat sulit dan karena tantangan keamanan utama India berasal dari tetangga langsung yakni China dan Pakistan, keduanya juga merupakan negara dengan kekuatan nuklir.

Hanya empat negara di dunia yang telah mengembangkan sistem BMD dan telah terbukti, yaitu: China, Israel, Rusia dan Amerika Serikat.

Bagikan:

  9 Responses to “Keberhasilan Uji Coba Pencegat Rudal Terbaru India”

  1.  

    india maning

  2.  

    Jadi kapan Rhan 450 dibuat versi rudalnya??

  3.  

    Otaknya (sistem kendali) tetap dr Israel nih rudal, walau ditolak eksistensinya di Dunia Arab tetapi teknologinya diterima pasaran didunia.he3.

  4.  

    semoga sama hebat ny dgn sang legenda “drone killer”

  5.  

    kalau sun go kong bentrok dengan shiva pasti seru ni,,,!!!

  6.  

    Sun Gokong kan Hanomannya versi/kw China itu baru cocok diadu.he3

 Leave a Reply