Oct 262014
 

Ryamizard juga menegaskan, saat ini Alutsista yang digunakan pertahanan Indonesia dinilai sudah lumayan. Dia pun akan mengganti yang tidak layak pakai.


Ryamizard Ryacudu. (Reuters/Darren Whiteside)

Ryamizard Ryacudu. (Reuters/Darren Whiteside)


Jakarta – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu sudah punya pandangan soal penggunaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista). Dia menegaskan, industri pertahanan akan mengutamakan produksi dalam negeri.

“Industri dalam negeri harus diutamakan. Semua kita harus mandiri. Harus berdiri sendiri,” jelas Ryamizard di halaman Istana Negara, Jakarta, Minggu (26/10/2014).

Ryamizard juga menegaskan, saat ini Alutsista yang digunakan pertahanan Indonesia dinilai sudah lumayan. Dia pun akan mengganti yang tidak layak pakai.

“Alutissta sudah bagus kita lihat dulu, saya harus profesional. Yang tidak bagus ya kita lihat bisa diapakan,” tutup dia.

Perjalanan Karir
Ryamizard merupakan menantu mantan wakil presiden Jenderal (Purnawirawan) Try Sutrisno. Ia menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat di era pemerintahan Megawati. Ayah Ryamizard, Mayjen TNI Musanif Ryacudu, adalah salah satu perwira tinggi TNI AD yang dikenal dekat dengan Presiden Soekarno.

Karier militer Ryamizard menanjak setelah dia memangku jabatan Pangdam V Brawijaya, yang kemudian diteruskan menjadi Pangdam Jaya. Pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan, 21 April 1950 itu dikenal sebagai jenderal yang lurus dan tegas.

Nama alumni pendidikan militer Akabri Darat tahun 1973 itu mulai dikenal luas saat ia menjadi salah satu komandan Kontingen Garuda XII di Kamboja pada 1990-an. Saat itu ia masih berpangkat kolonel. Dari Kamboja, Ryamizard menjadi Komandan Brigade Infanteri 17 Kostrad, lalu Aspos Kasdam VII/Wirabuana, Kepala Staf Divif 2/Kostrad, Kasdam II/Sriwijaya, Pangdif 2/Kostrad, Kepala Staf Kostrad, Panglima Kodam V/Brawijaya (1999), Pangdam Jaya (1999-2000), Pangkostrad (Agustus 2000-2002).

Kemampuan Ryamizard merangkul semua unsur TNI saat apel siaga di Monas yang melibatkan unsur TNI AL dan TNI AU pada Juli 2001, menarik KSAD untuk menunjuknya sebagai Wakil KSAD. Berikutnya, Ryamizard ditunjuk mengantikan Endriartono Sutarto sebagai KSAD.

“Sosok militer pemikir, demokratis, penjaga NKRI. Pernah jadi kepala staf AD dan saya minta menjaga pertahanan kita,” kata Joko Widodo di Istana Negara, Minggu (26/10).

Pada pembekalan relawan Jokowi-JK di Surabaya, Jawa Timur, Juli lalu, Ryamizard mengatakan mendukung Jokowi sebagai presiden karena percaya pada Megawati, sosok yang menunjuk langsung Jokowi sebagai calon presiden dari PDIP.

“Kebetulan ayahanda ibu Mega (Soekarno) dekat dengan orangtua saya juga,” kata Ryamizard.

Loyalitas Ryamizard, selain pengalamannya di dunia militer, tentu menjadi alasan yang membuatnya terpilih menjadi Menteri Pertahanan kabinet Jokowi.(detik.com/cnnindonesia.com).

  94 Responses to “Kebijakan Pertama Menteri Pertahanan”

  1. pertamax

  2. pertamax..

  3. mudah”an lbh baik utk bangsa INDONESIA

  4. semoga terwujud dengan pembuktian yang nyata

  5. Three …

  6. Su 35 lengkapin skadrong dong pak

  7. Kembali ke background militer.. Semoga belajar banyak dari embargo yg terjadi semasa beliau aktif sebagai KSAD..

  8. Selamat bekerja pak RR…

  9. Selamat bertugas pak

  10. No,coment,,, kita liat aja kerja nyata nya,,, mudah2an sesuai harapan,, atau melebihi harapan juga lebih bagus lagi,

  11. InsyaAllah saya yakin abang profesional, seprofesional sikap abang dalam mensikapi dinamika politik nasional kemarin cerminan patriot sapta marga sejati.

    Untuk alutsista kalau bisa mohon maaf pak moel ingin mengakuisisi SU 35 mohon diamini, tetapi tanpa mengabaikan kesejahteraan prajurit :mrgreen:

  12. kalo denger2 cerita beliau,beliau anti ASU,itu salah satu penyebab beliau gak diangkat panglima TNI

    sudah bisa ditebak kedepannya alutsista blok timur yg jadi pilihan 😆

    https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xaf1/v/t1.0-9/1922250_1688117211414143_2549563698988157219_n.jpg?oh=916e6da5b6d582f7cd49b678f51b9f2f&oe=54E82BCE&__gda__=1423922815_528f0cab2326e50d1909e4cb99609991

    • Setuju bung amblegedes. Senjata blok Timur (Rusia) yang tidak mengenal syarat bla.bla untuk digunakan di bla.bla. Masa barang yg sudah kita beli kok gak boleh kt pakai. Aneh…itu namanya tidak ikhlas menjual. Conon Alutsista buatan AS tidak boleh dipakai di Papua.

      Selanjutnya… Perhatian Menhan pada pengembangan industri dalam negeri perlu diapresiasi, mengingat beberapa indsutri seperti pengembangan rudal dalam negeri R-han perlu dikembangkan lebih lanjut, pembuatan pesawat tempur dan kapal selam, memang perlu support yang tinggi dari pemerintah, disamping riset dan pengembangan untuk penguasaan teknologi di bidang keantariksaan….

    • Sy jg setuju bung, bedanya Rusia dan ASU:
      Rusia menjual alusista
      ASU hanya “MENITIPKAN” alusista, biaya produksi dan perawatan kita yg bayar

      btw, slamat buat Pak Ryamizard Ryacudu
      kalau melihat gesturnya, sy kira beliau adalah seorang patriot sejati

    • Syukurlah bung Amblegedesh sekarang pun mendukung pemerintahan baru, semoga semua warga kita mendukung, karena sekarang sudah jamannya kerja, kalo direcokin terus susah bagi siapapun yang jadi presiden untuk mulai kerja…. siiiipppp go ahead bung…

    • horeeeeeeeeeee…

    • Kalau meninjau kasus pembentukan tontaipur dan cerita selanjutnya mengenai misteri pengadaan senjata yang dikelola alm brigjen koesmayadi. Tentu korelasi bisa jauh juga bung amble,..berharap yang terbaik bung…

  13. masih segar di ingatan waktu beliau terjun dipertempuran,pegang senjata mengepung gam.ketika itu siaran tvri.lanjutkan Jendral rakyat bersamamu.

  14. Semoga kebijakan yg sudah bpk SBY canangkan yang baik nya Di LANJUTKAN dan memberbaiki yg masih kurangnya .

  15. Selamat bertugas pak R.R
    Salam hormat

  16. Sy ingat kata2 Pak RR sewaktu menyaksikan latihan TNI yg alutsistanya (pada waktu itu) sangat minim dan uzur, untuk menaikkan moral anak buahnya beliau berkata .. “biar angkatan perang besi tua .. kalo kena mati juga” 🙂

    Selamat bertugas Jenderal, jangan lengah sehingga TNI kita tidak kembali menjadi Angkatan Perang Besi Tua.

  17. Ryamizard Ryacudu adl seorang nadionalis sejati. Ditangannya sy optimis militer Indonesia akan semakin hebat. Slmt bekerja Bpk Ryamizard!

  18. Hahahaha sipp dah, mantab Bung lare alit, salam kenal ..

  19. Selamat bertugas pak RR..negara kita memang harus Mandiri Alutsista tapi jangan lupa Kesejahteraan prajuritnya jg harus lbh baik lg..semangatt..

  20. Pak RR mantap ne, penggagas yon Raiders
    selamat bekerja Pak..

    • seinget saya bukan yon raider tapi TON TAI PUR btw di media tempo kayanya beliau kesrempet kasus penyelundupan mobil mewah edisi tahun ini cuma lupa kapan

  21. Ok prioritaskan anggaran untuk AL lalu AU Musuh datang dari laut dan udara..tapi masih gengsi juga sama SBY..masa cuman dibilang lumayan faktanya : LEAP ..lompatan dr era Ryamizard/orba..bisa punya backfire dan destroyer! Kalau punya kapal destroyer harus dinamakan KRI SBY.

  22. Qmi tunggu gebrakan nya. . . . .silakan di mulai. . .Pak Mentri

  23. Selamat pak RR, bpk tahu betul alutsista yg perlu di ganti,.. ganti yg terbaik ya pak… selamat bertugas pak. salam..

  24. selamat bertugas …
    mohon karya anak bangsa lebih diperhatikan …

  25. selamat buat bapak menhan

  26. Wait and see …
    Selamat buat Pak RR semoga kebanggaan ibu pertiwi kembali lagi … Mantap
    Ayo kita rapatkan barisan menuju Indonesia yang lebih baik …

  27. Selamat bertugas pak RR…semoga TNI semakin jaya… 😀

  28. selamat bertugas pak RR. titip beliin mainan baru ya pak?
    🙂

  29. Sip, kuatkan alutsista buatan dalam negeri.

  30. Selamat bertugas Pak RR, semoga bisa menjadikan NKRI makin jaya. Terjawab sudah kecurigaan bahwa pak Jokowi probarat tidak terbukti. Justru akan condong ke timur,pak RR pernah jengkel krn dilarang pakai scorpion dng alasan HAM,pasti pengalaman yang tdk bisa dilupakan,masa mau mengulangnya lagi. Selamat bertugas.

  31. Ijin SR…

  32. Sekedar info :

    Bulan lalu terjadi kecelakaan pesawat F16 saat delivery bomb di exercise range pandanwangi. Saat ini sejumlah tim baik dari Forensik TNI AU, Para pilot, Akademisi, Pustekbang Lapan dan beberapa stakeholder lainnya masih menganalisa kejadian tersebut, srhingga tidak lagi ada kejadian yg sama.

  33. Ok, selamat bertugas Pak.RR, kami tunggu gebrakan dahsyat nya……….Lanjutkan !!!

  34. bung jalo, itu f-16blok 52 nya yang baru dapet hibah apa yang existing kita yang blok15ocu (kalo ga salah sebut).
    mohon pencerahan.

    • Yg katanya setara blok 52ID

      • Itulah kelemahannya barang bekas Bung Jalo. Sebagai orang awam saya punya pengalaman beli mobil bekas yg sudah saya ganti semua peralatan yg harus diganti dng yg baru semua dan ditangani oleh bengkel resminya. Kenyataannya waktu dipakai ada saja yg trobel, jadi tetap harus sering2 ke bengkel. Namanya saja paralatan mekanik, pasti ada unsur lelah krn getaran.
        Mungkin juga dialami dng F16 yg sdh diupgrade dng onderdil milik 52, kan tidak 100% onderdilnya diganti baru semua (kalau 100% namanya bukan bekas,xixixixi) jadi pasti ada onderdilnya yg sdh lelah,shg bisa malfungsi.
        Semoga di era pak RR yg dibackup oleh Menkopolkam (yg dikenal anti barang bekas) semoga pengadaan alutsita bekas bisa dikurangi terus sampai akhirnya kalau beli ya yg baru.
        Maaf hanya pendapat oot pedagang ayam dipasar. Salam hangat buat Bung Jalo, jangan bosan2 dengan pencerahannya.

      • berapa duit?

      • mengutip bung jalo “Bulan lalu terjadi kecelakaan pesawat F16 saat delivery bomb di exercise range pandanwangi Yg katanya setara blok 52ID”.

        makanya gak salah sebagian besar warjag teriak teriak gusar pembelian besi tua/karatan gurun rawan embargo, pemakaian harus sesuai dengan syarat dan ketentuan..tapi masih banyak yang bela dan bangga dengan besi tua botak gurun gurun ini.ampun ampun ampun.

    • maaf kurang lengkap, maksudnya kecelakaan f16 yg di pandanwangi, bung.

  35. saya percaya sama datuk, pesan dari bumi kiluan tanah nenek moyang datuk. perkuat alutsista TNI. perbaiki kesejahteraan prajurit, jadikan TNI di segani dunia, serta di cintai rakyatnya.

    kami percaya bp Ryamizard pasti bisa.
    jayalah NKRI.

  36. Surat yg begitu mengena Bung Anak DEli, semoga harapan kita bersama terwujud…Aminn

  37. Secara personal pak RR cukup baik dan bersih.semoga kemandirian makin nyata tidak dihadang oleh motif politik.

  38. Selamat bertugas jendral.Dipundakmu tergantung asa kami & prajurit kami.NKRI lebih penting dripd binis & nama besar.TNI JAYA INDONESIA SEJAHTERA.

  39. Sesenyap kilo segarang flanker.
    Selamat bekerja.

  40. Selamat Bertugas Pak RR semoga sehat selalu dan rakyat akan mendukungmu

  41. Semoga alutsista kita lebih segar bugar, meminimalisasi embargo.

  42. Setuju pak RR..industri pertahanan lebih mengutamakan produksi dalam negeri tapi pada saat ini dan beberapa tahun ke depan NKRI sangat memerlukan alutsista yang punya deterent tinggi seperti kapal selam (KILO, AMUR etc), pesawat tempur (utamanya SU 35), rudal ( S 300, S 400 etc) yang belum bisa di produksi di dalam negeri dan secepatnya memang harus di datangkan melihat perkembangan kawasan yang makin panas. NKRI adalah negara besar dan harus mempunyai kekuatan militer yang besar juga. Maaf sebelumnya ini hanya perasaan kuatir akan kelanjutan MEF II, kuatir kalau tidak dilanjutkan, kuatir kalau militer akan lemah kembali…

  43. hmm, menteri itu jabatan politis, sepenuh-penuhnya hak prerogratif Presiden, yang penting kita semua mengawal kebijakan-kebijakan yang diambil di masa pemerintahan ini termasuk di bidang pertahanan agar pertahanan negara RI lebih baik lagi

    Khusus pengadaan alutsista, semoga kualitas maupun kuantitas alutsista ditingkatkan, malu rasanya baru punya skadron tempur kurang dari 12 skadron, malu rasanya kapal fregat kita kurang dari 20 biji belum lagi kapal selamnya, coba lihat Vietnam ……… hiks

  44. Selamat PAk RR, tugas berat sudah menanti, upgrade semua pearalatan yang sudah uzur, ganti dengan yang punya efek deterent tinggi. Biar tetangga kawasan tidak neko-neko lagi terhadap NKRI.

  45. barangkali Bung Jalo, Satrio para sepuh JKGR bisa undang Pak RR utk “jalan-jalan” di mari, mendengar aspirasi dengan blusukan di dunia maya.
    Kalo betul F16 52ID mengalami crack minta tangung jawab mamarika saja atau pengadaannya sisanya di tinjau ulang kalo mau lanjut mereka harus kasih barang yang bagus sebagai kompensasi nya bonus alutsista tambahan (kalo batal mending ambil GRIPEN utk light combat), tapi tetep pespur tempur utama air superiority nya SU 35 🙂

  46. kita berharap Pak RR meneruskan kebijakan yg sdh ada, meski berlatar belakang TNI AD tp jgn darat sentris, kita perlu kekuatan maritim & udara yg handal apalagi visi pak Jokowi adalah maritim, jadi angkatan laut & Udara harus digenjot abissss….contoh yg gress adalah kasus tj, datuk, KRI-KRI yg dikerahkan utk menghentikan kurang ajar Malaysia, penerobosan wilayah udara RI oleh pesawat sipil Australia, jet tempur Sukhoi yg dikerahkan….

  47. Dari 5 unit F-16 C/D blok 52 ID yang sudah dikirim ke Indonesia, sekarang tinggal 4 unit karena mengalami kecelakaan fatal sehingga tidak bisa digunakan lagi. Tragis memang……..

  48. Wkwkwk mantap bung, semangat 45

  49. Elbit Akan Meng-upgrade Pesawat Tempur F-5 Sebuah Negara Asia
    Minggu, 26-10-2014
    TSM-Elbit Systems telah mendapatkan kontrak senilai USD85 juta dari sebuah negara Asia yang dirahasiakan. Mayoritas pekerjaan untuk kontrak itu disiapkan untuk program upgrade Northrop F-5 Tiger II.
    Kontrak yang diumumkan oleh perusahaan Israel itu pada tanggal 22 Oktober, akan berlangsung selama tiga tahun. Selain upgrade avionik F-5, sisanya meliputi penyediaan peralatan elektro-optik dan komunikasi.
    Sementara pemberitahuan kontrak tersebut tidak mengungkapkan siapa pelanggannya, negara-negara Asia yang diketahui masih mengoperasikan F-5 antara lain adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, dan Thailand. Mengingat bahwa Elbit Systems telah melakukan pekerjaan upgrade untuk Singapura dan Thailand, sepertinya tidak mungkin salah satu dari negara tersebut merupakan pemberi kontrak terbaru ini. Hal yang sama dapat dikatakan juga untuk Malaysia yang tidak mempunyai hubungan yang baik dengan Israel.
    Elbit Systems telah memiliki pengalaman yang cukup banyak dalam modernisasi F-5, yang mana perusahaan tersebut telah dikontrak di masa lalu oleh Brazil, Norwegia, Swiss, dan Amerika Serikat untuk meng-upgrade armada F-5 mereka. Pekerjaan upgrade terbaru untuk Brasil menampilkan ‘glass cockpit’ yang baru yang termasuk multifunctional display unit berwarna dengan konfigurasi hands-on-throttle-and-stick, dan sistem helmet-mounted display yang sepenuhnya kompatibel dengan night-vision goggle, yang semuanya dikendalikan oleh Elbit Systems avionics suite.
    Perusahaan Elbit masih belum mengungkapkan secara spesifik kontrak terbaru ini, tetapi sebagaimana pekerjaan yang dilakukan untuk Brasil sebelumnya, pekerjaan upgrade menyertakan pengintegrasikan penyediaan navigasi modern dan perangkat perang elektronik, dan pemasokan simulator dan pelatihan dan peralatan pendukung lainnya.

    Sumber: janes.com
    http://www.janes.com/article/44881/elbit-to-upgrade-f-5-fighters-for-undisclosed-asian-country

  50. ?#?video? Sharp Knife Airborne 2014

    Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara menggelar latihan bersama dengan mitranya dari Angkatan Udara Tiongkok, untuk mempererat hubungan dan kerja sama kedua pihak, selain meningkatkan kemampuan serta ketrampilan tempur.
    Dalam latihan bersama yang digelar di Pusat Latihan Terpadu Divisi 43 Airbone Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (Peoples Liberation Army/PLA), itu pasukan baret jingga TNI AU mengerahkan sekitar 80 personelnya, disambut Asisten Atase Pertahanan RI Mayor Sus Adi Triady.
    Dalam latihan bersama bersandikan “Sharp Knife Airbone” 2014 itu kontingen Tiongkok menurunkan sekitar 80 personelnya, berikut senjata dan sistem pendukungnya.
    Direktur Latihan Kontingen Indonesia Kolonel Psk Bambang Hariyono mengatakan materi yang dilatihkan adalah menembak senjata dasar, menembak senjata khusus, bela diri militer, pembebasan sandera dan operasi antiteror.
    “Kami juga nanti akan berlatih bersama tentang halang rintang, mendaki dan rappeling, dan simulasi fastrooping dan taktik penanggulangan teror beregu,” kata Bambang yang sehari-hari bertugas sebagai Asisten Intelijen Korps Pasukan Khas TNI AU.

    https://www.facebook.com/video.php?v=602053296569684&set=vb.181276675314017&type=2&theater

  51. aransemen lagunya menyentuh “di sini “

  52. Dimulai sj dari yg hal yg terkecil dulu pak. Saya mohon Ganti semua senjata personil Tni di smua kesatuan dari SS1 ke SS2. Biar seragam dengan beberapa kesatuan yg sudah pake.

  53. objek objek vital harus dilindungi bung….

  54. Tapi ada media yg menyebut kalau pak RR bukan tipe pemikir tapi malah pengusung garis keras dan benci ma usa http://www.islampos.com/imparsial-nilai-jokowi-salah-pilih-menteri-pertahanan-141679/

  55. ini forum yang diomongin masalah pespur az yang harus gahar. apa ga mikirin alutsista pertahanan udara yang lain selain pespur???pertahanan udara kita apa cukup hanya dengan pespur saja???kita g usah terlalu muluk buat attack cukup dengan deffence. nah buat deffence cukup dengan pespur? tank leopard ? apa kapal perang???mana rudal pertahanan nya? negara lain az radar ama rudal yang dibanyakin.

  56. Menteri ke-3 asal sumsel…..selama ini track rwcord cukup bagus…cuma disayangkan pernyataan beliau diatas bisa diprlintirkan sebagian pihak sebagai “anak kanjeng mami”….lets see …..jangan mengahakimi sebelum beliau membawa pembuktian…right or not…

  57. Turn right.

 Leave a Reply