Sep 282016
 

TNI Angkatan Udara telah menerima kedatangan lima unit jet tempur F-16 C/D pada tanggal 21 September lalu. Pesawat itu diterbangkan langsung dari Amerika Serikat menuju Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.

Panglima Komando Operasi I TNI Angkatan Udara, Marsekal Muda (Marsda) TNI Yuyu Sutisna, mengatakan bahwa seluruh pesawat hibah tersebut telah menjalani up grade.

Moment kedatangan pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat di Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.

Moment kedatangan pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat di Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.


“Memang pesawatnya hibah, namun kita perbaiki lagi dan kita bayar sendiri untuk memperbaiki pesawat-pesawat tersebut,” ujar Marsda Yuyu Sutisna seperti dilansir antaranews.com pada Rabu (28/9).

Nilai hibah pesawat tempur F-16 C/D dari program “Peace Bima Sena II” dalam kontrak FMS LOA ID-D-SAL yang dilakukan Pemerintah Amerika Serikat dengan Pemerintah Indonesia mencapai 699 juta dolar Amerika atau sekitar Rp7 triliun. Nilai hibah itu berlaku untuk pesawat tempur F-16 C/D sebanyak 30 unit berikut follow on support.

Dari 30 unit pesawat tersebut, sebanyak 24 unit pesawat di antaranya dilakukan up grade untuk diterbangkan, empat unit pesawat untuk keperluan percepatan up grade, dan dua lainnya untuk mendukung hal yang sama.

kedatangan-pesawat-tempur-f-16-hibah-dari-amerika-serikat-foto-3
Sebanyak 24 unit pesawat tersebut telah diperbarui struktur dan rangkanya, perangkat avionika, dan sistem pendukung persenjataannya sehingga diharapkan setara dengan F-16 Block 52.

Dari 24 unit pesawat tempur F-16 C/D yang akan diterbangkan, telah secara bertahap didatangkan dari Amerika Serikat ke Indonesia. Sejauh ini sudah empat kali kedatangan sejak Juli 2014 hingga September 2016.

kedatangan-pesawat-tempur-f-16-hibah-dari-amerika-serikat-foto-4
“Sejauh ini total pesawat yang telah dikirim sudah mencapai 14 unit, dengan satu unit di antaranya rusak karena mengalami kecelakaan di Lanud Halim Perdana Kusuma beberapa waktu lalu,” kata Marsda Yuyu.

Sementara itu, Komandan Lanud Iswahyudi Marsekal Pertama (Marsma) TNI Andyawan MP, menjelaskan bahwa dua pengiriman lagi direncanakan akan dilakukan pada bulan Februari dan Desember 2017. Diharapkan pada akhir tahun 2017 mendatang, total dari seluruh pesawat telah dikirim ke Indonesia.
kedatangan-pesawat-tempur-f-16-hibah-dari-amerika-serikat-foto-5

Sumber: Antara News

Berbagi

  89 Responses to “Kedatangan Pesawat Tempur F-16 Hibah dari Amerika Serikat (Foto)”

  1.  

    Pertamax

    •  

      Lalu…. F16 C yang rusak itu kemarin…apa tidak diganti baru ??? Hangus terbakar tanpa bekas…..
      Kemudian….saya dengar ..ada opsi penambahan 10 unit F16C lagi diluar yang 24 Tadi. Apa tidak dimanfaatkan saja ..? Selagi bisa …

  2.  

    Yess..PERTAMAXXX!!!!

  3.  

    semoga bukan 5 peti terbang yg datang…

    •  

      Hahahahaha…pilot samiri juga waras kalee mas.. Kalo peti mati terbang mana mungkin mereka mau terbangin dari sono..:ahahahhahaha..piye toh mass…

    •  

      Setuja, mereka suka membuli negaranya sendiri, belum tentu mereka lebih bagus paling kalo ada perang mereka duluan yg kabur

    •  

      Setidaknya nih pesawat bisa bikin ente mati.. positif thinking aja,, jumlah 24 biji makin banyak pespur yg cover negara kite.. secara kuantitas masih ngebantu efek detergen.. setidaknya nih negara masih ada perlawan yg cukup lama kalo ada yg nyerang..

  4.  

    Yahhh…F16 blok 25 disetarakan dg blok 52 tapi sebenarnya tidak setara dg blok 52 sebenarnya. Tanpa IFF,tanpa CFT,ditambah radar yg sepintas setara dg blok 52 punya singapura tp kenyataannya hanya 50% dibawah punya singapura,dan 60% dibawah punya Aussie kemampuan deteksinya. Jdi kalo sampe dogfight f16 kita deteksinya kalah duluan dan ditembak duluan plus tidak bisa membedakan antara kawan dan lawan.
    Semoga pilot2 TNI AU bener2 profesional dan jago dogfight utk pesawat yg memiliki kekurangan banyak dibanding punya tetangga. Tinggal rudal bvr nya si Amramm ala jg di down grade kemampuannya.

  5.  

    Sedih rasanya lihat TNI terus dikadalin dan tetap dilemahkan terus.
    Sedih jg kalo lihat prajurit2 ksatria ibu Pertiwi yg dg gaji gak besar rela berkorban bertaruh nyawa demi kedaulatan NKRI sampai gugur Krn Alutsista pas2an kwalitas dan kuantitasnya.
    Tetap semangat….swa buana paksa

  6.  

    Kecil kemungkinan F 16 kita bisa mengalahkan sukhoi 30 mkm,krn punya Singapura yg lebih dahsyat kemampuannya aja dibanding F16 kita bisa dikalahkan sukhoi 30 MKI india.

  7.  

    Kalo dirupiahkan nilai nya bukan 7 T tapi sekitar 9T dg kurs 13 rebu per dollar amrik

  8.  

    Ga jelek2 amat buat patroli doank sih..
    7 T dapet banyak… lumayan dari lu manyun.

  9.  

    jumlah 30 unit ya ternyata bukan 24 unit, 1 unit yg kebakaran di ganti

  10.  

    @sukhi mania : F16 Seriess bukanlah termasuk kelas heavy figtlhter seperti Sukhoi SU-27 ataupun SU-30
    F16 masih termasuk kelas medium fighter.
    Akan tetapi F16 Seriess termasuk di antara best brands yang sold uotnya bagus.
    Indonesia sendiri mendapatkan pesawat ini dengan status “hibah” dan mengeluarkan biaya hanya untuk upgrade menjadi F16 Block 52 ID.
    Btw semua negara pastilah akan mengklaim pesawat militernya paling terbaik, meskipun ada faktor penentu di belakangnya, seperti pilot dan Ridho Allah…
    Kita dapat menoleh kebelakang, waktu latihan dengan benerapa negara luar yang di adakan di Australia, pesawat Sukhoi kita yang dapat dibilang sederhana, sanggup mempercundangi pesawat F18 Hornet Australia.
    Oleh karena itu Australia dan Singapura langsung memesan F-35 ke mamarika untuk mengimbangi superitas Sukhoi Indonesia di udara.

    •  

      2002: Australia mengumumkan telah memilih F-35 untuk menggantikan F-18 dan F-111. Australia bergabung dengan pembangunan sebagai mitra.

      2006: ulasan Australia F-35 dan menegaskan pemilihan pesawat.

      2008: Australia lagi mengkaji F-35 dan menegaskan pemilihan pesawat.

      2009: Australia membayar untuk batch pertama (14) f-35.

      2012: Indonesia menghadiri gelap gulita.

      Australia telah memilih F-35 10 tahun sebelum gelap gulita.

      Saya juga ingin menyatakan sebagai seseorang yang menghadiri latihan 2.012 gelap gulita, Anda semua benar-benar salah tentang hasil, dan itu membuat jelas bahwa tidak ada satu di website ini memiliki bahkan pemahaman paling dasar dari cara kerja pertempuran udara. Saya mendorong semua orang di situs ini untuk melakukan beberapa benar-benar penelitian sebelum membuat klaim.

  11.  

    F-16 lebih ekonomis buat scramble dan intersep pesawat asing yang masuk teritori udara kita.
    Aneh kalo cuma pesawat baling-baling aja harus diintersep sama sukhoi

  12.  

    Odong odong Made in usa

  13.  

    Bagiku pesawat F-16 bekas rongsokan ASU ga pa2 di beli, asalkan pilotnya SiBoYo dan anak buahnya yg korup seperti: Andi M. Mallarangeng, Anas Urbaningrum, Jero Wacik, Sutan Bhatoegana, Muhammad Nazaruddin, Angelina Sondakh, Irman Gusman dll.

  14.  

    Sumpah gw muak baca koment politik yg saling menjatuhkan para pemimpin negri ini. Si kodok lah si Boyo lah, woy mas ini blog militer lu kalo mau kampanye di Bantar gebang aja sana tempat pembuangan sampah. Kalo mau menghina malon, gw pasti akan bantu hina tu beruk. Jangan sok jadi yg paling bener mas ngaca dulu sana..

    •  

      ya kalau boleh jangan menghina semuanya.

      •  

        Kali ini komentarmu agak waras. Kemungkinan krn sdh minum obat atau tuh kepala abis kebentur tembok.

        •  

          @zain kamu tau apa saja yang diupgrade oleh f16 hingga setara block 52 ??

          LAU-129A/A Launchers, ALR-69 Radar Warning Receivers, ARC-164/186 Radios, Expanded Enhanced Fire Control (EEFC) or Commercial Fire Control, or Modular Mission Computers, ALQ-213 Electronic Warfare Management Systems, ALE-47 Countermeasures Dispenser Systems, Cartridge Actuated Devices/Propellant Actuated Devices (CAD/PAD), Situational Awareness Data Link, Enhance Position Location Reporting Systems (EPLRS), LN-260 (SPS version, non-PPS), and AN/AAQ-33 SNIPER or AN/AAQ-28 LITENING Targeting Systems.

          dan lu bilang kemampuan deteksinya masih dibawah punya singapura sedang mereka pun punya yang sama ALQ-213 untuk sistem warfare, radar mereka pun pakai ALR-69 , ditambah dengan AAQ-28 LITENING Targeting Systems lu maish bilang tidak bisa membedakan lawan dan kawan,,OTAK LU MESTI DIUPGRADE DULU TONG !!!

      •  

        [email protected] malon wajib di hina brooh. Tp kalau pemimpin atau x pemimpin jangan broh. Bagus jelek nya beliau telah mewarnai perjalanan bangsa ini.

  15.  

    Kasihan….

    Indonesia Kita ternyata hobby brg bekas….

    Dari dulu kapal perang dr Jerman juga bekas….

    Tank juga yg bekas….

    Beli Sukhoi baru tp kosongan….
    Beli T-50 juga paling standard banget….

  16.  

    lhaya jgn nyalahin pemimpin2 dahulu,,gak ada gunanya,,dr pak sby pun ada nilai +nya,,dr beliaulah MEF ini ada dri 1,2 dan 3,dri gagasan beliaulah militer kita perlahan2 bertaji,meski kl kita bandingkan dgn cina dan india msh kalah jauh,tp cobalah mikir pke otak,bagaimanapun pak SBY sgt2 berjasa bgi negri ini,dan kmudian dilanjutkan oleh pak JOKOWI,smoga smakin baik kedepan,dibawah pimpinan pak JOKOWI,kl enggak entr pd pemilu depan gak kepilih lgi,ayo pak jokowi belanja dan segerakan alutsista2 kelas wahid,sperti memedi,gendruwo dan ilu2 banaspati agar NKRI smakin disegani oleh kawan dan lawan

  17.  

    alqamdullilah kita kdatangan lg pespur.. alutsista kita smakin kuat. di tambah terus pak jgn sampe di kurangi.

  18.  

    lumayan hibah buat isi musium pespur indonesia 5 thn kedepan biar lenkap,,,..

  19.  

    Tambah mantab, kemajuan besar untuk TNI AU!!! Singapore langsung minta upgrade F 16 dan F 15 nya.
    TNI AU melakukan strategi jitu ! F 16 block 25 ID sampai 24 biji… Cetak Airmen sebanyak2 nya.

  20.  

    Lumayan nambah : kalau yg hibah datang 30 buah..yg sdh dimiliki 10 buah jadi total ada 40 buah..kalau 1 skadron dibuat 12 buah jd bisa dapat 3 skadron pespur kelas medium dng 4 buah sebagai cadangan..tinggal Sukhoinya jg ditambah dari 8 SU 27 ditambah 8 lagi biar genap jadi 16 dan SU 30 ditambah 8 lagi biar genap jadi 16 lg..SU nya bisa dibeli dari Belarusia yg sudah diupgrade Avionik, radar dan persenjataannya..ditambah dengan 1 skadron SU 35 jadilah kita mempunyai 3 skadron kelas berat (heavy fighter) mengimbangi 3 skadron kelas medium..lumayankan..:)

  21.  

    ciri org indonesia jaman sekarang kurang bersyukur di kasih ampela mintanya hati jgn lihat yg terlalu tinggi nanti jatuhnya sakit, itu f 16 jatuh gratis kita cuma keluar uang cuma buat up grade aja itu juga termasuk murah di banding kasus2 negara lain kecuali nenek lw punya uang banyak boleh deh protes bayar pajak aja lw pd males pk protes lagi. coba deh lihat kasus filipina punya f16 ga padahal sekutu usa dari dulu.apa om putin yg strong mau kasih hibah buat indonesia? tungguin deh sampai kiamat dan puja2 terus om2 putin he he he

  22.  

    @ bank ruskye, klu barang sdh terlanjur terbeli ya tdk masalah dr tdk ada sama sekali,yg gue betulkan adalah,mana bisa barang bekas di samakan barang baru.

  23.  

    Test

  24.  

    sekali libas oleh pejuang MKM ni pesawat indon tiada kah kah kah kah

    •  

      Maksud anda tiada dapat terkalahkan.? Itu betul banget. Gmn mau melibas klo terbang aja gak bisa. Anda tau brp jumlah MKM anda yg mampu terbang.? Sisa 2 unit. 3 unit terseok seok. Sisanya cuma bisa bengong di hanggar, jngkan terbang berjalan ke runway aja gak bisa.

  25.  

    Menarik untuk disimak 24 f16 upgradean utk Ri tapi kenapa jumlahnya pembelian 30 ? Apakah yg 6 sisanya F16 Viper ???

  26.  

    Pada saat itu US menawarkan hibah 24+6 F16 Blok 25 ex National Guard. RI tinggal pilih mau terima ato tidak (bukan beli). Jika mau, semua biaya upgrade & refurbish ditanggung RI. Dan US juga setujui menjual Rudal2 BVR Amraam C7 sbg pelengkapnya. Pesawat2 F16 RI & Thailand yg lama aja (Blok 15) sampai sekarang masih pd terbang, walaupun cm bisa bawa Rudal Sidewinder (jarak dekat).

  27.  

    Bersyukur aja daripada nggak ada samasekali.30 f-16 itu lumayan banyak.cetak pilot tempur sebanyak-banyaknya.

  28.  

    knp kita ambil tu hibah’ sbb hanya buat ngisi kekosongan lini sampai 2025/2030 dan di tahun itu kita udah lahir IFX yg akan menggantikn posisi f16

  29.  

    Lumayan buat patroli, jangan jangan sudah kena bakteri pemakan material, awas mrotol…!

  30.  

    kalian kata mkm itu eject di hangar..jadi f16 kalian itu belum perang udah rosak wkwkwk! buat malu deh

  31.  

    Selamat datang Falcon si elang penempur, biar hibah asal masih bisa nggebug ……
    bagaimanapun kedatangangan falcon ini jelas menambah kekuatan udara angkatan udara kita yang amat kekurangan pesawat tempur

  32.  

    Bukan cuma indonesia, bahkan singapura juga beli tank leopard bekas tentara jerman. Nih buktinya : Singapore purchased 66 ex-German Army Leopard 2A4 plus 30 several spare tanks, together with 10 Bergepanzer-3 Buffel armored recovery vehicles in 2007-2008. Most of the tanks were recently upgraded to Leopard 2SG standard with advanced modular armor protection from IBD Deisenroth Engineering and ST Kinetics starting 2010. (Sumber : http://www.army-technology.com)

  33.  

    Punya indonesia yg pertama aja masih bisa terbang…hanya kurang canggih dan modern isiannya..waktu itu kita pemilik pertama F16 diasia tenggara bukan ya…lupa ane?..pada waktu ausie masih punya apa ya?..

  34.  

    Daripada lu pada ngarep jokohok belanja alutsista baru bersyukur saja kita masih mampu menambah F16 hasil kerja pemerintahan sebelumnya, lagian sejelek2 nya ni F16 pasti lebih moncer drpd A/B punya kita sebelum nya

  35.  

    Singapura dan vietnam mungkin gahar, tapi sebagian besar beli, hanya sebagian kecil yg produksi sendiri, lagi pula negara singapura itu kecil, tidak ada apa2nya bagi vietnam apalagi china.
    Thailand? jangankan dibandingkan vietnam, dibandingkan indonesia pun belum ada apa2nya. Indonesia mampu memiliki industri militer dalam negeri, meski belum sebesar india dan china.

  36.  

    Kekuatan militer Indonesia memang sulit diremehkan. Jika melihat jumlah rakyat Indonesia yang 240 juta maka jika terjadi perang, Indonesia akan mudah merekrut jutaan tentara dari rakyat belum lagi tentara terlatih sebelumnya dari TNI.

    Indonesia saat ini juga sudah memiliki PT PAL, PT DI dan Pindad sebagai industri hankam strategis untuk perkuatan alutsista. PT PAL saat ini sudah mampu membuat kapal perang sendiri. Bahkan rencananya PT PAL juga akan membangun kapal selam sendiri. PT DI juga dikabarkan akan bekerjasama dengan Korea Selatan untuk membangun pesawat tempur sendiri, disamping mereka sudah bisa membuat pesawat angkut militer seperti CN 235 dan CN 295. PT Pindad tidak mau kalah. Mereka juga memproduksi kendaraan militer untuk pasukan darat seperti tank anoa dan juga medium tank. Sedangkan LAPAN juga turut membantu membuat alutsista seperti teknologi untuk peluru kendali.

    Disamping kekuatan bersenjata, Indonesia juga memiliki hubungan yang kuat dengan negara lain yang tentunya akan menentang setiap serangan asing ke negara Indonesia.

  37.  

    lucu ejec

  38.  

    Dalam pertempuran panjang dan berlarut-larut, ada 2 faktor yaitu faktor jumlah penduduk dan kemandirian industri senjata. Itulah 2 faktor yang sangat menentukan kekuatan perang suatu negara. Lihat siapa saja negara pemenang Perang Dunia II. Rusia/soviet dan USA sangat mendominasi 2 faktor tersebut.

  39.  

    Panen alutsista berdatangan hehe

  40.  

    Saya pengagum senjata rusia, karena senjata rusia umumnya sangat unik dan aneh, baik bentuk maupun fungsinya. Tapi saya juga mengakui kehandalan & kecanggihan senjata USA, tapi resiko teknologi yang membuat senjata US menjadi sangat mahal.

  41.  

    Darimanapun teknologi senjata berasal baik itu rusia(sukhoi/kilo), us(f16/javelin), swedia(saab/rbs), belgia(fnc/cockeril), norwegia(nasams),jerman(rheinmetal), korea(ifx/changbogo), turki(fnss), maupun bahkan china(c705) semoga semuanya bisa diserap dgn baik oleh indonesia. Kata Nabi ‘tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri china’

  42.  

    lumayan lah untuk jaga perbatasan langit kita> FIR terutama..

  43.  

    @khucing ghudig, biar jadi pengalaman bangsa kita kedepan,mengapah semua ini terjadi karena banyak warga kita bekerja di malaysia. langkah terbaik ya pemerintah kita harus berusaha menciptakan peluang2 pekerjaan biarbisa kerja di negaranya sendiri selanjutnya bisa mengelak dr di remehkan bangsa lain

  44.  

    Asyik sampai lg pespurnya he..he..he……

  45.  

    @bank rusye alias ruskol, ” ini baru kementar yg sebenarnya” kenapa sy katakan ?emikian karena komen di atasnya big red,di tulis singapura dan australia langsung memesan f35,untuk imbangi sukoi indonesia,yg gue tahu sblm kita beli sukoi, dua negara ini sdh bergabung dlm program f 35, gue sdh baca dahulu dlm majalah militer langganan gue, perbedaan bekas dan baru ini jawaban gue anda jawab sendiri, lagi satu jgn mara2 ya, rilek sj, komen2 di sini kan bisa dikatakan komen kelas kecil kecilan jadi jangan di ambil hati klu ada yg salah betulkan jangan lupa nyanyi juga ,jagalah hati jangan kau nodai

  46.  

    Senangnya dapat pesawat besi tua… Ntar lagi bisa dichan Kiloan ma haji acong. Dikit dikit pasti ada yg singgah disaku dr jualan kiloan. Warisan siapa sich besi tua sebanyak itu???

  47.  

    .

  48.  

    Heran sy membaca komen sebagian org disini yg pesimis dengan kekuatan militer bangsanya sendiri,hai kalian bangun semua tong!!! Bangunkan DNA pemberani kalian!!! Kalian bukan bangsa beruk yg cuma ber DNA pengecut,yg untuk merdeka sj cuma dikasih bukan merebut,kalian bangsa yg pemberani,ingat sejarah bangsa kita,mulai jaman Sriwijaya,Majapahit sampai jaman Indonesia,lawan-lawan bangsa ini bukan bangsa sembarangan.kita pernah mengusir bangsa mongol yg di kala zamannya menguasai seperempat dunia,jaman kemerdekaan kita juga pernah usir para penjajah yg bersenjatakan lebih modern hy dengan senjata sederhana kita.Bangun tong !!! Bangunkan semangat kalian,jangan hy jd pesimistis dgn keadaan bangsa kita.Kita harus bangga alutsista&industri alutsista kita sudah mulai terbangun.jgn pesimis,jgn menyerah syukuri apa yg ada,kita harus optimis untuk pertahanan&kemajuan bangsa kita.jgn bermental penakut spy tdk mudah dipecah belah.Suwun…

  49.  

    Syukuri saja lah toh kita juga gk tau ideal pilot kita berapa jumlahnya. dari pada nanti ifx gk bisa terbang karena regenerasi pilot gk di siap kan jauh hari.

 Leave a Reply