JakartaGreater.com - Forum Militer
Dec 082015
 

kcr60

kcr-60-tni

Kapal Cepat Rudal 60 meter adalah kapal Kapal Perang Indonesia yang dibuat oleh PT PAL di Surabaya. KRI 60 meter ini merupakan kapal pemukul reaksi cepat yang dalam pelaksanaan tugasnya mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat, menghancurkan target sekali pukul dan menghindar dari serangan lawan dalam waktu singkat pula. Kapal berukuran panjang 60 meter, lebar 8,10 meter, dan berat 460 ton ini memiliki sistem pendorong handal yang mampu berlayar dan bermanuver dengan kecepatan 28 knot.

Photos : @ori photographer

kcr601.jpg

Bagikan :

  41 Responses to “Keindahan KCR-60 Indonesia”

  1.  

    2

    Pt.PAL top markotop

  2.  

    Sholat tahajut dulu..

  3.  

    mantap

  4.  

    Lebih mantap lg buatan sendiri tanpa kompñen asing+ASENG

  5.  

    Lebih mantap lg buatan sendiri tanpa komponen asing

  6.  

    Kecil-kecil mematikan dan sangat cocok dengan teritorial Indonesia yang banyak pulau kecil untuk persembunyian KCR 60 ini lebih mantap lagi jika jumlahnya diperbanyak….

  7.  

    KCR ini pake rudal apa? Smoga bs diinstal rudal jelajah rusia yg dpake nembak isis.

    •  

      Pake rudal yakhont made in chino bung c-705

    •  

      C 705 bung, udah cukup itu gak perlu rudal jelajah ntar jadi cebol frigate malahan (?.?(????)?.?)
      yang ane tunggu jadi gak C 705 di buat disini, soalnya china minta dibeli dengan jumlah tertentu dulu (lupa berapa) baru mau beri lisensi, ada yang bisa ksh pencerahan ? ?

    •  

      Soal rudal ini yg menarik, coba kita analisa kenapa KCR40/60 ini di sebar di selat Malaka, di LAUT DANGKAL, di antara pulau-pulau, di perbatasan/teritorial Indonesia-singapura-malaysia..?

      Gimana kalau KCR40/60 itu sebenarnya misi utamanya bukan untuk misi serang maritim/kapal..tapi serang darat pake C-705KD (versi land attack)..gimana? Bukankah semua wilayah darat, khususnya singapura bisa dijangkau?

      Ga perlu kelamaan nunggu gelar Astross, dsb kalo ada konflik khan? Tinggal di salvo aja objek2 penting singapura dari launcher nya KCR40/60..trus kabur. Naval Guerrilla bung.

      Deteren nya disitu.
      Itu juga kenapa kabarnya KCR40/60 sangat disegani di selat malaka.

      Maaf kalo salah.

      •  

        Hanya menggotong 4 rudal dgn kecepatan maksimal 28 knot, dgn ukuran 60 m, harusnya bisa menggotong 8-12 unit C-705 baru efektif. Konon Singo porno seluruh ruang udaranya udah ter-cover dgn SAM Aster-nya dan mungkin juga SAM jarak pendek yang rapat. Si maling sial juga kabarnya udah mengadakan pembelian sistem SAM untuk melindungi ruang udara mereka.

      •  

        saya ingat artikel sebelumnya si B setvanus

        hit n run KCR dari pada mindahin astros yg bikin tetanga jd gak tenang

  8.  

    Benar bung, karena temanya kapal cepat maka kecepatannya perlu ditambah kalo hanya 28knot ya belum cepatlah

  9.  

    kecepatannya cm 28 knot blm bisa dikatakan kapal cepat,klo diatas 40 knot itu baru masuk kategori kcr,,,

  10.  

    paling nunggu komplit 16 dulu baru upgrade mesin

  11.  

    hush ngawur justru klo kapal smkn cpt dgn kecepatn d ats 28 knot yg gawat klo belok tajam bs lgsg jungkir balik yg kepala ada d air yg bwh ada d atas mau kalian liat kapal kebalik, cb spt kalian naik motor ato mobil cb aj lgsg belok dgn kecepatn 80-100 km/jam lgsg aj siap2 jatuh kebalik ato nyungsep kepala kalian bs bocor, klo mau cb ya silakan tp tanggung sndr akibatnya msk ICU ato kuburan, kapal klo larinya smkn cpt akn spt melayang n bs oleng bro tu liat aj balapan kapal mtr boat yg drivernya pk helm aj dgn kecepatan 40 knot lgsg melayang trs bablas dongak ke atas lgsg kbalik bodinya lgsg hancur, klo KCR pny kecepatan 28-30 knot tu sdh termsk cpt, pernah ga bc britanya klo kpal patroli TNI AL terbalik gr2 wkt belok dgn kecepatan tinggi d dkt nusa tenggr klo mau kapal KCR larinya bs extra cepat bodinya d buat pipih ato gepeng la tu pasti super cepat tuk ngurangi hambatan lawan angin, la yg kcian awak kapalnya klo mau jalan2 hrs merangkak, yg pentg persenjataan KCR perlu d tambah spt ICWS, rudal mistral, msak cm pny rudal anti kapal c-705 n meriam tunggl tu aj bkn yg full otomatis, bodinya aj keren spt cewek bohay tp senjatanya krg mumpuni klo perang mlh petak umpet kejar2n spt tom n jerry

  12.  

    joz

  13.  

    Gue termasuk yg sulit menerima konsep KCR ini, yg bertujuan pendadakan 1-2 lounching missile terus kabur ngumpet.

    Alasannya :
    Dgn model rapid ciws ditiap kaprang, tujuan KCR rasanya akan memiliki kill ratio yg kecil.

    Bandingkan jika wahana yg dipake adalah pesawat amfibi dgn kemampuan nembakin 1-2 misile, akan lebih besar kill ratio nya juga kecepatan dia ngumpet atau hit en run lebih logis.

    Walaupun begitu KCR 40-60 tdk sia2 jika peruntukannya sebagai coast guard, bukan kelas pemukul utama.

    Menghadapi armada papan atas bluenavy, KCR lebih bersifat pemain bangku cadangan alias bantuan tembakan (kalo begini, daya jelajah misile nya mesti lebih jauuh lagi)

    •  

      Kalo yg jauh kan tugasnya frigate kita bung.. KCR saya yakin ga akan di tugaskan sendiri untuk memukul satu armada lawan.. KCR di sisipkan di antara Frigate kita seperti yg anda bilang,untuk bantuan tembakan ke armada kapal lawan.

    •  

      Mestinya kita yang mesti sadar strategi, kenapa KCR40/60 ini di sebar di selat Malaka, di antara pulau-pulau, di perbatasan/teritorial Indonesia, singapura & malaysia..?
      Kalau itu KCR sebenarnya misi utamanya bukan untuk misi serang maritim/kapal..tapi serang darat pake C-705KD (versi land attack)..gimana? Bukankah semua wilayah darat, khususnya singapura bisa dijangkau? Ga perlu kelamaan gelar astross, dsb kalo ada konflik khan? Tinggal di salvo aja objek2 penting singapura pake KCR40/60..trus kabur. Naval Guerrilla bung.
      Deteren nya disitu. Itu juga kenapa KCR40/60 sangat disegani di selat malaka.
      Maaf kalo salah.

  14.  

    Kurang lengkap persenjataannya, harusnya ada TD2000 isi QW3 8 Unit dan Canon CIWS, trus banyak tempat masih kosong di blakang bisa di tambah 1 atau 2 Missile anti Ship lagi

  15.  

    Bisa aja ngebut, tapi g ada mesin irit yang bisa ngebut.

    Kalo pengen yang 40 knot, mesinnya mesti diganti dulu sama turbin gas kayak KRI Mandau…ada tapinya.

    Anggaran bbm TNI AL terbatas, kalo pasang mesin turbin gas bisa2 pulangnya minta diderek kapal lain…

  16.  

    Missile nya kok cuma 2 saja? Kemampuan maximal nya cuma membawa 2 missile saja? Atau anggaran nya cuma untuk 2 launcher missile saja? Tanggung Dan Tidak meyakinkan sana sekali….
    Semoga lain Kali lebih baik daripada Sekarang ini….

  17.  

    Trimakasi buat yg udah ikut komen di no.11 :

    Sebagai Naval gerilya tambahan alias (kuda hitam) tentu bisa diterima, untuk kompleksitas sword en shield pastinya.
    dan itu bisa mempengaruhi jalannya perang jika dlm jumlah signifikan kcr 40-60 ini, apalagi role model fungsi seperti s-300/400 diterapkan diantaranya.

    Tapi sekali lagi..memiliki armada yg sanggup menghadapi armada blue navy memang mendesak,

    Kita ga bisa berharap melawan singapore dimana singapore sendirian yg jadi lawan.

    # Salam untuk semua brothers.

  18.  

    Sayang hanya dikasih gendongan pencil 2 biji, harusnya bisa 8-12 biji dan sistem SAM yang mumpuni minimal sekelas pantsir lah. Btw bisa gendong pensil under water ga tuh?!

  19.  

    kcr 60 hax bermain di laut dangkal tp qlo mw duel sm freegat atau destroyer jgn slh freegat dan destroyer bs babak belur

  20.  

    Banyak yang berharap kapal ini bisa di lengkapi dengan persenjataan yang komplit seperti AMBASADOR IV CLASS ,bisa tarung dengan kapal yang lebih besar karena senjatanya komplit walau ukurannya sama dengan KCR 60 indonesia. Pada awalnya KCR60 akan dilengkapi dengan meriam canggih full otomatis ,bisa mengunci target baik kapal ,maupun rudal yang diarahkan padanya .Perhatikan gambar ke TIGA yang menggunakan meriam bofors 57mm MK3.ini jelas gambar sebelum KCR 60 di buat . Perhatikan photo pertama walau dari belakang terlihat sedikit meriamnya tidak sama dengan gambar 3. Nyatanya memang yang di pasang adalah meriam lawas Bofor 40mm L/70 . Menyedihkan memang meriam yang dipasang tidak sesuai dengan standarnya. Masih mau berharap di lengkapi dngan yang lebih gahar ….?.

  21.  

    kalo diganti dg yg irit bisa tambah boros, desain kapalnya apa memenuhi? jangan2 malah terbang dan jungkir balik.. 😀

  22.  

    60 meter cuma gotong 4 rudal? Harusnya bisa lebih. Sebagai kapal cepat, mestinya bisa lebih dari 28 knot. Saya yakin PAL mampu dan sanggup membuat design kapal tsb lebih baik unt mengakomodasi kecepatannya.

  23.  

    Ngebut dan irit adalah dua philosofi yg berbeza kalee ya bro ha ha.ok klo konsepsinya kcr=ngebut…he he ane sangat setuju sekalee

 Leave a Reply