Des 112018
 

Uji peluncuran pertama Agni-V pada 19 April 2012 di Test Range Terpadu, Wheeler Island, Orissa. (DRDO / Ministry of Defence, Government of India – https://www.drdo.gov.in/drdo/English/index.jsp?pg=agni_5.jsp via commons.wikimedia)

India berhasil menguji coba rudal Agni V yang mampu menempuh jarak terpanjang dari fasilitas uji pertahanan di pantai timur Odisha, pada Senin pagi. Agni-V merupakan rudal berkemampuan nuklir yang dikembangkan dalam proyek 375 juta dolar yang disetujui oleh Pemerintah India pada tahun 2008.

Ini adalah kesuksesan yang ketiga di tahun ini. Para ilmuwan pertahanan bersama dengan Komando Pasukan Strategis telah menguji rudal itu pada bulan Januari dan Juni tahun ini.

Misil sepanjang 17 meter, lebar 2 meter, tiga tahap, serta berbahan bakar padat dengan berat sekitar 50 ton dan mampu membawa muatan 1,5 ton dianggap sebagai penghalang utama terhadap Cina.

Cina secara terbuka menyatakan ketidakpuasan atas proyek Agni-V India ketika rudal itu diuji pada Desember 2016. Cina mengatakan uji coba itu menentang aturan Dewan Keamanan PBB dan mengancam akan mengganggu keseimbangan geopolitik strategis di Asia Selatan.

Para ilmuwan India bertujuan melengkapi Agni-V dengan beberapa kendaraan re-entry yang dapat diorientasikan secara independen (MIRV). MIRV merupakan beberapa hulu ledak yang dipasang pada satu kendaraan re-entry yang membantu rudal balistik untuk menghindari sistem pertahanan rudal musuh. Rudal seri Agni dikembangkan oleh Organisasi Pengembangan Penelitian Pertahanan yang merupakan bagian penelitian mahal dan memakan waktu di India untuk sistem pertahanan peluru kendali yang terintegrasi.

Sumber: Sputnik News

 Posted by on Desember 11, 2018