Aug 062016
 

Melalui Perjuangan keras, akhirnya Kontingen Kopassus berhasil meraih juara I kelas beregu pada pertandingan Kejuaraan Nasional Beladiri Militer Yong Moodo, yang diselenggarakan di Pardede Hall Medan, Sumatera Utara. Sementara posisi runner up di raih oleh Divif 2 Kostrad, dan disusul juara ke-3 oleh Kodam I Bukit Barisan.

Salah satu pertarungan sengit di babak seleksi Kejurnas Yong moodo.

Salah satu pertarungan sengit di babak seleksi Kejurnas Yong moodo.

Kerja keras yang ditunjukkan para atlet selama berkompetisi secara sehat dan sportif melalui cerminan semangat juang yang tinggi, merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kopassus dalam menjaga nama baik satuan komando.

Yongmoodo yang merupakan seni bela diri asal Korea Selatan. Olah raga ini telah menjadi seni beladiri wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008. Yongmoodo dinilai tepat untuk kebutuhan prajurit karena membutuhkan stamina yang tinggi serta kecepatan dan ketepatan.

Kejuaraan Bela Diri Militer Yong moodo Piala Kasad ke-6 ini, secara resmi ditutup oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Moh. Erwin Safitri (4/8).

Saat menutup kejuaraan Bela Diri Militer (Yongmoodo) Piala Kasad Cup Ke 6 TA 2016, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Moh. Erwin Safitri membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh peserta Kejuaraan Beladiri Militer Yong moodo yang telah mengikuti pertandingan selama tiga hari (2-4 Agustus 2016) dengan semangat bertanding dan sportivitas yang tinggi.

Dalam isi amanat tersebut disampaikan, kemenangan bukanlah satu-satunya tujuan akhir, tetapi kegigihan, keuletan dan kemauan untuk berkompetisi serta selalu menampilkan performa yang terbaik dan mengukir prestasi itulah yang paling utama.

“Keuletan dan kegigihan serta kerja keras yang ditunjukkan para atlet selama berkompetisi secara sehat dan sportif melalui cerminan semangat juang yang tinggi, merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap kontingen peserta dalam menjaga nama baik dan kehormatan para atlet dan kontingennya masing-masing,” papar Wakasad saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono.

Masing masing kontingan dari kesatuan yang ada di TNI AD bertarung secara sportif dalam laga kejurnas Yong moodo di Medan Sumut.

Masing masing kontingan dari kesatuan yang ada di TNI AD bertarung secara sportif dalam laga kejurnas Yong moodo di Medan Sumut.

Lebih lanjut Jenderal TNI Mulyono, mengucapkan selamat kepada para atlet yang telah menunjukkan prestasi terbaiknya, dengan diiringi harapan semoga prestasi yang telah dicapai tersebut dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi. Kepada peserta yang belum berhasil mengukir prestasi terbaik, hendaknya jangan berputus asa.

“Jadikan pengalaman bertanding ini sebagai cambuk untuk memacu semangat berlatih dengan lebih intensif, guna meraih prestasi yang lebih baik di masa yang akan datang, ujar Kasad seperti ang ditirukan Wakasad dalam amant penutupan Kejurnas Beladiri Yong moodo.

Adapun hasil kejuaraan Bela Diri Militer (Yongmoodo) Piala Kasad ke-6 TA 2016 untuk Putra, Kelas -60 kg Prada Pegyx dari Kodam VI/MLW juara I dan Serda Tway God’s Sen Lumbangaol dari Kodam I/BB sebagai Juara II serta Prada Syamsuddin dari Pengda Sulsel juara III.

Kelas -65 kg Prada A Manurung dari Kodam I/BB juara I dan Pratu M Sahar dari Divisi 1/Kostrad sebagai juara II Serta Praka Sukisto dari Kodam Jaya juara III.

Kelas -70 kg Kopda Hermayoni dari Kodam I/BB juara I dan Pratu I Gede Suka Aridana dari Kopassus sebagai juara II serta Serda Muklis dari Pengda Sumut juara III.

Kelas -75 kg Serda Marthen Laficson Jnd dari Kopassus juara I, Sertu Niko Asbibul dari Kodam I/BB juara II dan Pratu Henri Gunawan dari Divisi I Kostrad juara III.

Kelas -80 kg Pratu Samsul Alam dari Kodam V/BRW juara I dan Pratu Toni Simangunsong dari Kopassus juara II serta Sertu Hari S dari Pengda Kepri juara III.

Kelas -85 kg Prada Guntur Andi P dari Kodam I/BB sebagai juara I dan Praka Medianto dari Kopassus seabagai juara II serta Serda Sugianto dari Divisi II Kostrad juara III.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Moh. Erwin Safitri mengalungkan medali kepada salah satu atlet Yong moodo.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Moh. Erwin Safitri mengalungkan medali kepada salah satu atlet Yong moodo.

Kelas -90 Kg Serda Ricci Broury Jaya P dari Kopasus juara I dan Serda Deden dari Kodam IV/DIP sebagai juara II serta serta Pratu I Kadek Astika dari Kodam IX/UDY juara III.

Kelas +90 kg Sertu Januar dari Pengda Riau sebagai juara I dan Serda MD Agus Yoga BU sebagai juara II serta Prada Aboy dari Kodam II/SWJ juara III.

kelas beregu Putra Juara I Kopasus, Juara II dari Divisi I Kostrad.

Sementara Hasil kejuaraan Bela Diri Militer (Yongmoodo) Piala Kasad ke-6 TA 2016 untuk Putri Kelas – 55 kg Serda (K) Ria Puspita dari Divisi I Kostrad juara I dan Serda (K) Utari Dian Suci dari Kodam I/BB juara II serta Serda (K) Andi R dari Kodam VII/MLW juara III.

Kelas -60 kg Serda (K) Anisa Dwi S Febriyanti dari Kodam Jaya juara I dan Serda (K) Maorina Anggarsari dari Kodam IX/UDY juara II serta Letda Cba (K) Agustina dari Kodam I/BB juara III.

Kelas -65 kg Serda (K) Hellent Mahda dari Kodam V/BRW juara I dan Sertu (K) Dewa Ayu Alice dari Divisi 1 Kostrad juara II serta Serda (K) Rakhel Inzil Sibarani dari Kodam II/SWJ, Kelas + 65 kg Serda (K) Marcelina Papara dari Kodam XVII/CEN juara I dan Serda (K) Sofia Paliama dari Kodam XVI/PTM juara II serta Serda (K) Laury J Br Hutajulu dari Kopasus juara III.

Acara penutupan Kejurnas Beladiri militer Yong moodo piala Kasad ke-6 dihadiri Pangkostrad, Wadankodiklatad, Para Pangdam jajaran AD, Para Balakpus AD, Para DIR AD, Waaspers Kasad, Waasops Kasad, Para Sahli Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB dan Bupati Simalungun.(marksman/ sumber : penkostrad dan tabloidimaji.com)

  5 Responses to “Kejurnas Beladiri Militer, Kopassus Buktikan sebagai yang “Terhebat””

  1. wow bela diri korea

  2. Layak disebut pasukan khusus karena pengakuan selalu membutuhkan pembuktian

  3. Masih bukan full Contact System,
    Kutang afdol..

  4. masih serem silat cimande deh…

  5. kurang seru. lawan nya dari dalam negeri. coba di tes itu tentara jaguh sedunia (beruk malon) biar gak banyak koar..

 Leave a Reply