Kejutan Menjelang HUT TNI ke 69

188
220
APC M113 (photo: ARC.web.id)
APC M113 (photo: ARC.web.id)

Kurang dari seminggu selebrasi perayaan HUT TNI, berbagai alutsista telah disiapkan. Beberapa diantaranya sudah tiba di tanah air beberapa minggu atau bulan sebelumnya. Tapi ini yang paling mengejutkan. Yaitu munculnya ranpur baru yang direncanakan akan memperkuat TNI-AD. Inilah ranpur M-113, yang telah tiba di Bandara Soekarno Hatta, kamis siang.

APC M113 (photo: ARC.web.id)
APC M113 (photo: ARC.web.id)

Gosip mengenai akuisisi ranpur M-113 sejatinya telah ARC dengar sejak beberapa waktu lalu. Jumlah dan akan dimana penempatannya masih belum jelas. Namun konon kabarnya, ranpur buatan Amerika ini akan memperkuat Batalyon Infantri Mekanis. Meski demikian, yang pasti ranpur ini akan turut serta dalam defile perayaan HUT TNI ke 69, 7 oktober mendatang. (arc.web.id)

188 KOMENTAR

  1. Yang paling masuk akal M113 yang datang tiba-tiba ini adalah, bonus / hadiah, untuk pembelian alutsista yang sedang dipesan 😀

    Berarti……si elang botak. Lha trus SU-35 bagaimana ?. hadehhh

    Jangan. Jangan si elang botak. Lebih baik SU-35.

    Tapi masalahnya, kalau kita berkonflik dengan China, siapa yang mau bantu kita. Rusia ?. Jangan jangan Rusia malah bantu China, karena sekutu dekatnya.

    Nah karena tidak ada opsi lain, RI mendekat ke AS, diberi perlindungan…tp harus beli si Elang Botak

    Semoga Salah.

    Vote for SU-35

    • Setuju Bung Diego mengenai, ketika LCS meletus dan Indonesia berkonflik dengan Cina apakah Rusia akan bantu kita atau malah Bantu Cina… 😀
      Mungkin pengedaan Alutsista disesuaikan dengan ancaman yang akan muncul dimasa yg akan datang…. imho

    • Bung Diego, menurut saya gak mungkin Russia bantu China klu konflik dengan kita. Paling banter kasusnya kaya Vietnam..malah jadi lumbung Russia lewat dagang senjata. Russia juga kan punya beberap masalah dengan China.

      Melawan lupa bung Diego, jangan sampai ambisi merongrong kita ke kubu barat. Jangan sampai negara lain perang di negara kita lagi, kasihan rakyat kita yg jadi korban nya.

      List perang orang lain di rumah kita:

      # Perang Belanda – Inggris
      #perang Jepang – sekutu
      # Perang dingin Komunis – barat

      Maaf saya hanya khawatir, karna saya mulai melihat banyaknya aspirasi untuk pro barat dengan dasar paranoid terhadap agresi China.

  2. sangat tidak diharapkan jika Indonesia masuk dalam pusaran proxy war yang akan sengaja diciptakan oleh mamarika. sebenarnya mamarika akan sengaja membenturkan negara2 asia tenggara dengan Cina dengan suplai senjata habis2an tanpa amerika habis uang dan tenaga. setelah cina sedikit lemah baru digebuk sama amerika.
    .

  3. analisanya Ini Politik Menyumpal dengan barang yang sudah tak terpakai,,agar jadi duit, (kebiasan US)

    Memang saat ini gak ada beritanya,,
    Di MEF 2 akan ada penganggaran untuk biaya retrofit dan pengiriman APC ini,,
    Sekarang dikasih gratisan untuk dicoba ,, kalau cocok siap pengiriman dalam jumlah besar.,.,
    Mereka ngiler dengan order yang didapat marder,, dan mereka punya barang yang sejenis untuk disumpalkan

    Wis emboh,,

  4. Indonesia ketinggalan alias negara yang terakhir (mungkin) pengguna M113,dari puluhan negara2 di dunia yg “pernah dan masih” menggunakan M113 ini dan mudahan sudah variant A3 meski barang bekas dan jadul mungkin untuk acuan pengembangan TANK lokal.

  5. Yehwa…!!! Terpujilah USA !!! Ini bukti bahwa kt smakin mesra dgn USA, lihat USA dgn diam2 begitu baik memberikan kt alutsistanya yg canggih. Semakin bnyak senjata USA yg kt akuisisi TNI akan smakin kuat dan disegani. Hidup Indonesia ! Hidup USA.

  6. semalam nonton di national geographic ternyata sejak tahunn 1993 usa nga pernah memproduksi tank M1 Abrams tetapi mereka meretrofit seluruh tank banhkan tank rusak dari perang menjadi barang baru dengan penambahan teknologi canggih.mungkin m11 ni brlaku sama….

  7. Ndan Sarkem, tebakan ane tank nasional yang muncul 2106 nanti, kira kira hullnya lawan dari IFV Tulpar punya Otokar Turki. Tulpar ini berbasis ke IFV Puma Jerman.

    Nah, FNSS Turki dan Tulpar Turki bersaing dalam pengadaan alutsista.

    Sekarang FNSS diikat oleh Otokar Turki, dengan munculnya IFV Tulpar. Nah sekarang FNSS Turki, akan counter attack menggandeng Pindad untuk membuat tank/ IFV yang bisa menyaingi IFV Tulpar dari Otokar.

    Ndan, kira kira hull modern apa yg akan dipilih FNSS untuk bersaing dgn Tulpar punya Otokar ?