Apr 052014
 
Natuda & LCS

Natuda & LCS

Jakarta. Militer Indonesia ( TNI ) khawatir terhadap keseimbangan kekuatan di Asia – Pasifik yang mendorong perlombaan senjata di kawasan dan sengketa territorial sensitif yang bisa memicu konflik, kata Panglima angkatan bersenjata.

Dalam wawancara dengan Reuters, Panglima TNI Moeldoko tidak mengkritisi China secara langsung, tapi komentarnya adalah komen terbaru dari pejabat di kawasan yang menunjukkan tumbuhnya kekhawatiran atas ketegasan sikap China dan modernisasi militernya .

“Kami jelas khawatir karena ada kecenderungan yang sekarang ini tengah terjadi di kawasan, dan itu adalah perlombaan senjata, antara negara ASEAN [Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara] sendiri dan di antara negara-negara besar,” katanya pada Rabu malam.

Menurut IHS Jane, penerbit pertahanan, kawasan Asia – Pasifik adalah satu-satunya wilayah dunia dimana pengeluaran militer tumbuh terus sejak tahun 2008 .

Pengeluaran militer China diyakini telah meningkat lebih dari empat kali lipat sejak tahun 2000 dan pada tahun 2015 diperkirakan akan melampaui gabungan pengeluaran militer Inggris, Perancis dan Jerman bersama-sama. Bahkan jika belanja China tidak dihitung, belanja militer sisa kawasan Asia – Pasifik sudah melampaui nilai belanja militer seluruh negara Eropa Barat pada saat yang sama.

Moeldoko mengatakan pentingnya apa yang dia sebut menyeimbangkan kekuatan di Asia serta upaya Amerika Serikat meningkatkan kehadiran militernya di wilayah tersebut tidak menciptakan “provokasi.”

Dia juga mengatakan militer Indonesia secara terus-menerus menilai ancaman atas Kepulauan Natuna, kawasan kaya Migas dekat dengan wilayah Laut Cina Selatan yang diklaim oleh Beijing tapi bersikeras bahwa Jakarta tetap netral dalam pertentangan klaim atas kedaulatan di wilayah tersebut.

“Kami perlu selalu mengevaluasi kekuatan yang dikerahkan di dan sekitar wilayah Natuna. Kami harus mempertimbangkan spillover yang muncul yang akan harus kami hadapi, “ katanya .

Kepulauan Natuna terletak dekat dengan apa yang disebut China 9 -dash -line, yang digunakan Beijing pada peta resmi untuk menampilkan klaimnya yang mencapai 90 persen dari Laut Cina Selatan. Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei dan Taiwan juga mengklaim bagian dari wilayah perairan yang berpotensi kaya dengan sumber daya alam itu.

Indonesia telah lama memainkan peran netral dan berusaha untuk menengahi sengketa, meskipun telah juga secara terbuka mengkritik pendekatan China yang menyulut ketegangan regional.

Kementerian Luar Negeri China mengeluarkan pernyataan pada hari Rabu mengatakan Beijing tidak memiliki perselisihan dengan Jakarta atas Kepulauan Natuna dalam menanggapi beberapa laporan bisa meningkatkan ketegangan.

Crystal Clear

Demikian pandangan yang juga didukung oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa.

“Harus dibuat sejernihΒ crystalΒ bahwa antara Indonesia dan China tidak ada tumpang tindih sengketa teritorial maritim,” katanya kepada Reuters, Kamis .

Namun, Indonesia telah meminta klarifikasi PBB sejak tahun 2010 atas dasar hukum 9 dash line China, suatu rangkaian garis pada peta Cina yang membentang jauh ke jantung maritim Asia Tenggara.

Natalegawa mengatakan Indonesia telah “diberikan kesimpulan” oleh pihak China bahwa garis tersebut tidak memotong wilayah Indonesia

Moeldoko, yang menjabat Panglima TNI sejak Agustus tahun lalu, berkunjung ke Beijing pada bulan Februari untuk melakukan pembicaraan dengan militer China.

“Kami tidak fokus bicara mengenai perkembangan China, tapi kami melihat ada sengketa di wilayah itu. Dan dari sengketa tersebut kami harus mengantisipasi atau melihat prospek kemungkinan masa depan di wilayah ini, dan itu adalah bagian dari perhitungan kami.”

“Saya menjelaskan [kepada timpalan dari China] bahwa kami adalah negara yang berdaulat, kami akan melindungi wilayah kami, dan kami akan melakukan apapun yang diperlukan untuk melindungi kedaulatan kami. Mereka faham mengenai hal tersebut,” katanya . (thejakartaglobe)

Laporan tambahan oleh Ben Blanchard di Beijing

Reuters

  208 Responses to “Kekhawatiran TNI Atas Perlombaan Senjata Asia”

  1. 1st…pertamaxxx

    • Bonjeng pertamaxnya

    • Gw tmenin pertamax nya.. πŸ˜€

    • cobain dulu bung jadi pertamax, baru bisa bilang gak enak πŸ™‚ , saya melihatnya sebagai cara ekspresi antusiasme penghuni sini, nggak mudah loh jadi mantengin artikel baru terus bisa eksis jadi pertamax, meski bagi beberapa orang itu cuma kebetulan semata.

      • setuju bung.. hehe.. aq saja pernah skali pertamax. ngulangi lagi sulitnya minta ampunn.. wkwk…:D. ayoo yg pengen pertamax di coba2.. hehe. jgn lupa dibawahnya ditambahin komentnya..:)

        • tambahin,koment bermutu dgn nilai nilai ilmiah dan intelektualitas yang bisa mencerahkan membangun dan membuka wawasan, saran bung peaceman , masalahnya kalo nyelipin koment bermutu, keburu kesalip deh.. πŸ™‚

        • tambahin,koment bermutu dgn nilai nilai ilmiah dan intelektualitas yang bisa mencerahkan membangun dan membuka wawasan, saran bung peaceman , masalahnya kalo nyelipin koment bermutu, keburu kesalip deh.. πŸ™‚ , buat bung nowy tolong dong kasih petunjuk emoticon ,masak dari dulu posting cm bisanya” πŸ™‚ “.

          • waduh.. bung @sas, saya pikir sudah pada tau. bentar ya saya cariin

            saya posting di contact saja ya, biar gampang nyari

          • sudah saya posting di contact. nitip di komen no.2 bung Satrio (kamus warjag)

        • memang di warjag ada koq kamus warjag, itu karena sharing , guyonan, diskusi dll muncul dech kamus tsb :
          coba liat di “CONTACT” nomer 2 (sm bung satrio)

        • SEPULUHMAXX…..HE…HE…HE……PAK MOELDOKO BERKOMENTAR AGAR SEOLAH-OLAH TNI TIDAK “IKUT” MEMODERNISASI DAN MEMPERBESAR ALUTSISTANYA. TERUTAMA PRODUK DAN KERJASAMA DGN CHINA.

      • ekspresi antusiasme??? walaupun cuma pepesan kosong.yupp mantap gan.saya adlah pecinta negri ini sekaligus fans JG tujuan saran kritikan saya hanya agar warjag ini kedepan lebih baik tetap memberi pencerahan tampil lebih baik, kritis,logis dedikatf dan edukatif.MONGGO JADI PERTAMAX NDORO.xi xi xi

      • Bener yg bung sas bilang… tadi nya saya berpikir ni ngapain sih orang2 pada demen pertamax… suatu hari dapet kesempatan tuk nyobain, wah ternyata mak nyussss…
        Uenaak tenan nendang abizzzz!!!

    • Santai saja Bung Peaceman. Anggap saja hiburan. Coba di mana kita bisa dapat warung seperti ini. Infonya bukan resmi tapi dengan seabrek clue membuat berpikir, menganalisis, harap-harap cemas, optimis, dan seabrek perasaan lain. Bukan hanya itu, warung ini juga menuntut pembacanya tidakenelan begitu saja, membuat kritis, analitis, dan cerdas, dengan pengetahuan yang melimpah. Jadi, anggap saja itu bagian dari memberanikan diri untuk eksis dan bercengkerama supaya lebih segar. … Salam bung … πŸ™‚

      • Ralat: … tidak menelan begitu saja ..

      • anda benar bung, mbak,om,tante ghi.tapi yang saya maksud kenapa di samping lulucon kita tidak mengungkapkan mutiara pemikiran kita kepada warga warga di sini?maksud saya di dalam keseriusan ada humor atau leluconatau dan didalam lelucon/humor ada unsur serius dan dedikasi.bukanya pertamax dan pertamina tok.bukankah itu kritik yang membangun wahai sodara sodara sebangsa setanah air.terlepas dari semua itu dengan segala kerendahan hati saya hanya saran.selanjutnya terserah warga semuanya,sedangkan saya hanyalah wong cilik

    • Hehehe..seru juga jadi yang 1st, walau msh 2 kali.
      walau tanpa koment, jadi yang pertama itu menandakan atensi yg tinggi terhadap sebuah artikel yang baru dilaunching di warjag ini..maappp msh newbie…
      Bung Now saya yakin merasakan sensasi tersendiri jadi yg pertamax bensin..

    • Huhuy..! Nama saya kesebut nih, masuk nominasi. Hehehe..! Terima kasih Bung Donnie..! Pertamax, bensin, tabung elpiji 3 kg, dan lain-lain sebaiknya jangan dilihat sebagai sesuatu yang serius. Sekecil apapun ruang humor yang kita miliki, sebaiknya kita manfaatkan untuk memulai langkah yang lebih serius, agar tensi tetap terjaga, menghindari lahirnya komen yang bernada menghujat, akhirnya warung ini malah berubah menjadi ruang atau media emosi dan intimidasi ketimbang ruang diskusi. Kalau sudah begini, apa manfaat yang bisa dipetik? Lebih baik balik kanan dan bubar jalan. Gak kebayang, seandainya cerita pewayangan hanya terdiri dari keluarga Kurawa dan Pandawa, tanpa kehadiran para punakawan dari keluarga Semar Badranaya, remaja sekarang sudah gak bakalan kenal dengan yang namanya wayang, karena akan menganggap wayang hanya sebagai simbol konflik dan sangat tidak humanis. Saya percaya, ciri orang yang modern, selain open mind, juga bisa menjaga sense of humournya. Hehehe..!

      • salam kenal untuk semua warjag, selama hampir 3bulan saya SR dan berdampingan dengan warung sebelah (GM) yang tidak ada koment maupun diskusinya, JKGR terasa lebih lengkap, untuk saya yang tadinya kurang paham tentang perkembangan kemiliteran INDONESIA. Walaupun kadang-kadang mencari potongan-potongan berita di berbagai media. Pelan tapi pasti saya coba mengenali masing-masing yang komentar disini. Salam buat para sesepuh, Ulasan dan analisanya memberikan pencerahan dan harapan serta pengetahuan yang berguna buat saya. Mari kita manfaatkan blog ini untuk diskusi dan berbagi informasi tanpa harus bersitegang. Terima kasih.

    • setuju bung peaceman,

      saya paham komen pertama sangatlah sulit, tapi setidaknya berikan lah koment…dari posting artikel, lama2 nih jkgr kaya warung sebelah yang ada rebutan

      pertamax,keduax dsb tidak lah dilarang,tapi setidaknya sisipkan lah pendapat yang menambah wawasan…

      cuma kritikan dan saran
      maaf cucu lancang

    • Betul bung macam anak kecil, ne blog militer

      • kan penikmatnya bukan cm kalangan militer bung, ada yg mbah2,ada yg centil2, ada yg cupu kayak anak2 πŸ™‚ , justru blog militer harus terlihat lebih merakyat, tp saya setuju juga dgn bung peaceman diatas..pertamax satu dua kata ok,tapi sebaiknya dilanjut koment bermutu,dan menambah wawasan dr yg pertamax td, hayo yg pertamax nambah lagi kewajiban tuh. akur bung peaceman.

        • yup bung saya sekarang kita peace.setidaknya kita telah beri suri tauladan kepada warga kita warga JG tercinta kita saling serang/berbalas kritik namun kritikan yang disampaikan adalah bersifat membangun merangkul menyempurnakan edukatif bukan kritik yang menghujat menghina melecehkan dan tendensius untuk menjatuhkan dan menghakimi orang secara sepihak.beginalah demokrasi itu idealnya.demokrasi sejati bukan democrazy.salam peace.

    • kalau info A0 siapa yang buat itu bung?? πŸ™‚

    • bung harusnya bersyukur bertemu rekan-rekan yang antusias dengan dunia militer..sedang di lingkungan saya yang berkembang antusiast matematika absurd-metafisika…senin, selasa, rabu, sabtu, minggu..

    • MKA = Masih kaku Aja

    • Bung peaceman, jika anda inginkan komentar prtama pada warjag ini jadi bermutu, silahkan anda yg komentar dluan. Rajin2 lah refresh warjag ini di browser anda, biar anda bisa lbih prtama dpat berita baru, dan bisa komentar prtama dngan komentar yg bermutu..

      #repot amat sih jadi org.. lain kali klo msuk warjag jgn baca komentar 1-5 bung, pasti anda kecewa krna dpat komentar “gk bermutu mnurut anda”.

    • He..he..he bung maaf jadi serius. Setau saya A1,A2,dst itu adalah grade informasi dalam dunia intelijen. Jadi bukan bikinan siapa2 tapi boleh jadi salah sesepuh di sini memperkenalkan istilah tsb kepada para pembaca di sini. Kode tsb berkaitan dengan TINGKAT AKURASI & TINGKAT SUMBER INFORMASI BISA DIPERCAYA ATAU TIDAK. CMIIW.

    • kalo istilah ra ono poto yo ra percoyo dari mana ya πŸ™„

    • Nama ane juga disebut, hadeuuuuhhh T_T
      haahahahahhaa, bercanda

    • saya pikir point bung peaceman valid,

      candaan yang orisinil/kreatif adalah selingan yang menyegarkan, tapi jika diulang2 terus sehingga monoton dan tidak memiliki greget/nilai tambah lagi, ada istilah khusus, ‘garing’…

  2. Numpang boleh…

  3. Kedua kah!

  4. weh baru ternyata

  5. kedua

  6. intinya perkuat alutsista kalau alutsista kita kuat, china pasti akan berpikir untuk klaim Natuna

  7. Bangga euy sama pak Moel, mana jacket kulitnya keren lagi .. πŸ™„

    Datuk Seri Panglima Hishammuddin bin Tun Hussein ga berani ngomong begitu secara terbuka he he he .. apa Pak Mul modal nekad atau ada andalan di balik kepercayaan dirinya?

    • gagah banget

    • Bung@nowy.. Pak Moel kpan pensiun nya ya.? Boleh nie jd Kandidat the Next RI 1..
      Sya suka dgn style nya Beliau.. Kalem tp Tegas..

      • Oooh kirain gak suka nanya kapan pensiun he he he, di link asli disebutkan usia beliau 56 tahun. jika pensiun usia 58-60 masih ada 2-4 tahun masa aktif

        • Kalau ga salah Pak Moel itu angkatan 81 gak si?

        • Pas deh klo gt..tahun 2019 dah blh nie diajukan jd RI 1.. He he he..

          Sbnrnya sya jg suka dgn sikap tegas nya Pak Ryamizad R. Syg karir Beliau hrs b’ hnti krn Ketegasan Beliau pd saat itu krg disukai oleh segelintir org.. I

          • Yah..anda betul. FYI, Ryamizard adalah anak buah SBY ketika menjadi Pangdam II Sriwijaya. Saat itu beliau adalah Danrem Garuda Dempo di Palembang. Jadi SBY paham betul watak beliau yang tegas dan saklek. Ini berbeda sekali dengan SBY yang kalem. SBY pasti punya pertimbangan sendiri ketika membatalkan pencalonan beliau sebagai Panglima TNI yang sudah masuk ke DPR. Analisa saya (ciee..sok intelek), waktu itu SBY lebih memprioritaskan penyelesaian Aceh secara damai. Apabila saat itu Ryamizard yang jadi Panglima TNI maka penyelesaiannya sudah jelas sikat sampai habis. Karena di mata beliau kondisi di Aceh saat itu adalah pemberontakan. Ini jelas berbahaya. Ryamizard adalah seorang yang bilang A adalah A tanpa embel2 lain.

      • ntar lagi di keker sama jokowi untuk jadi cawapres…menurut info nunggu selesai pileg dan pdip dapat 25% lebih…

    • mana berani bung si datuk ngomong seperti pak moel, mungkin secara tak langsung pak moel mau bilang terserah china mau obok2 kawasan selama tidak menyinggung kepulauan natuna maka indonesia akan netral, apalagi mau ngobok negara jaguh ya monggo hehehe. persetan dengan kawasan sudah terlalu banyak dosa mereka kepada indonesia

    • Kalo liat foto nya Pak Moel didampingi dengan diapit oleh beberapa pejabat Cina yang menggunakan seragam resmi darat dan laut seperti nya. Dan beberapa orang militer dan sipil dari Cina lainnya. Sepertinya ini menujukkan kedatangan beliau kesana sangat dihormati dan dihargai. Yang jelas pada pertemuan dengan otoritas dan pejabat Cina itu pasti Pak Moel sudah menyampaikan posisi Indonesia dalam LCS dan mereka pun sepakat. Barulah disampaikan pak Moel ke pers.

      • Tentu bung. China kan punya sengketa dengan beberapa negara Asia Tenggara. dan Indonesia adalah negara Asia tenggara terbesar. dari segi ekonomi, wilayah dan jumlah penduduk kita mewakili hampir 50% ASEAN. Jadi tentu saja Panglima kita layak dikasih muka oleh China πŸ™‚ ,apalagi jika mengingat sebelumnya China menolak kedatangan President Pilipina

      • Justru foto tsb menimbulkan tanda tanya bagi saya. Mengapa dari TNI hanya ada beliau di foto itu, tidak ada ajudan atau pejabat lain. Sedemikian rahasiakah topik yang dibicarakan sehingga sebegitunya?. Maaf uneg2 orang awam.

    • made in mana tuh jaket kulit nya bung Now…? πŸ™‚

    • Tentu saja, diakui ato tdk, suka ga suka, Alutsista militer kita kalah kelas dgn China. Tp tentu jg bkn itu ukurannya memimpin negeri sebesar Indonesia. Memang figur pemimpin sprti Pak Moel yg kita butuhkan. Kalem, cerdas dan tegas ketika bicara KEDAULATAN bangsa dan negera.
      Sepakat klo Pak Moel The Next RI 1. Ato bisa jg tuh dicuatkan RI 2 utk 2014 (Sipil + Militer).

    • Tentu saja, diakui ato tdk, suka ato tdk suka, Alutsista militer kita kalah kelas dgn China. Tp tentu jg bkn itu ukurannya memimpin negeri sebesar Indonesia. Memang figur pemimpin sprti Pak Moel yg kita butuhkan. Kalem, cerdas dan tegas ketika bicara KEDAULATAN bangsa dan negera.
      Sepakat klo Pak Moel The Next RI 1. Ato bisa jg tuh dicuatkan RI 2 utk 2014 (Sipil + Militer).

    • Orang kediri mewarisi gen petarung juga bung krn kediri dulu termasuk dlm sejarah kerajaan kerajaan negeri ini saya pernah ke kampungnya pak moel klrga beliau hidup sederhana dan bersahaja

    • Coba lihat yg sebelah kiri pak mul (yg pakai baju hijau) sepertinya dia iri sama pak mul mungkin dlm hatinya bilang panglima nya yg sdh tua masih begitu gagah apalagi prajurit nya yg masih muda2 hihihi……….

    • bangga sekali sy jd rakyat indonesia, secara tegas dan lantang panglima TNI qt berani ngomong lngsng mslh teritori & kedaulatan NKRI. hidup pak moel…….NKRI HARGA MATI

    • Pak moel layak nya karakter bruce lie, secara gentle berani menghadapi kelompok yang lebih besar,heheheheh

      Salut

      SATU JIWA SATU NKRI

    • Saya bayangkan ini seperti cerita komik Kho Ping Ho .. hhehhe .. pendekarnya tak takut menghadapi beberapa musuh sekaligus .. semua bergeleparan kena tenaga dalam yang dahsyat ..

    • BUKU MERAH DI TANGAN KANAN = DAFTAR BELANJA ALUTSISTA KE CHINA?

  8. slam knal untk para suhu2 smuanya….

  9. menyimak

  10. tegas….sipps ^_^

  11. nyimak dulu. . .sambil nunggu sesepuh2 yg lain nongol. . .hehe

  12. 11. . .triker. . .

  13. Sepi niiih

  14. Apa baiknya kita diem2 beli iskander aja ya buat jaga2. Bulava kalo perlu.

  15. om panda uda ngrti ama kita tenang ja….zg jelas tetangga kita sebelah ga bkal brani buat statement sprti p.mul….

  16. semoga apa yang diucapkan kemenlu china itu tulus. tapi saya harap pemerintah jangan terlena dengan pertanyaan itu. teruslah perkuat wilayah Natuna.

  17. Mantaab..!! China ga mungkin mau berseteru dg indonesia. Mereka juga butuh kawan dlm sengketa lcs .apalagi posisi Indonesia boleh di bilang memegang peranan dalam konflik lcs & kawasan. Karena indonesia negara netral dlm kata lain bangsa pengayom/penengah..

  18. Tenang dan Tegas….
    tanda Panglima Percaya Diri dengan Kekuatan yang dimiliki.
    salam NKRI

  19. Bahasa Diplomasi yang dipakai oleh China sangat berbahaya karena terkesan ambigu dan bisa ditafsirkan bermacam-macam sesuai dengan kondisi kawasan ke depan.

    ( “Natalegawa mengatakan Indonesia telah β€œdiberikan kesimpulan” oleh pihak China bahwa garis tersebut tidak memotong wilayah Indonesia” )

    Semua juga mengerti, bahwa garis putus-putus Claim China di Laut China selatan tumpah tindih dengan wilayah Indonesia. Jelas Itu wilayah Indonesia. Maksudnya “untuk saat ini”

    • @Mbah Moel, β€œdiberikan kesimpulan” itu hanya terjemahan saya dari kata β€œinferred”. kalimat aslinya:

      “Natalegawa said Indonesia had β€œinferred” from China that the line did not cross Indonesian territory.”

      Tadinya saya terjemahkan “diberi kepastian” , tapi karena ga yakin itu yang dimaksud sebenarnya saya pilih sesuai kata arti katanya saja

      • Pointnya bukan di kata “inferred” tetapi di kata “line ( chinese claim ) did not cross indonesian territory”

        itu sepertinya bisa dimaksud, bahwa China tidak mengakui ZEE Natuna sebagai wilayah Indonesia, itulah kenapa mereka mengatakan garis putus-putus claim china tidak tumpang tindih dengan wilayah Indonesia.

        “Untuk saat ini” ZEE Natuna adalah wilayah Indonesia. Jika China mengatakan tidak melanggar wilayah Indonesia, mereka harus mengubah peta mereka ( terutama gambar di paspor ) dengan mundur 200 mil dari pesisir Pulau Natuna terluar.

        • koreksi dikit kata-kata ini sepertinya belum selesai?
          β€œKami perlu selalu mengevaluasi kekuatan yang dikerahkan di dan sekitar wilayah Natuna. Kami harus mempertimbangkan spillover yang muncul yang akan harus kami, β€œ katanya

          mungkin dari sumber ini bisa membantu penjelasan artikel diatas:
          http://www.reuters.com/article/2014/04/03/us-indonesia-military-idUSBREA320GD20140403

          salam ‘NKRI’

        • Terima Kasih Bung Anoa709

          Link beritanya lengkap, tapi bener-bener gila itu jenderal TNI, masak masuk kandang Naga ngomong kayak gini :

          “I explained (to my Chinese counterpart) that we are a sovereign country, we will protect our territory, and we will do whatever is necessary to protect our sovereignty. They understand that,”

          Itu Jenderal dari Jawa Timur ya ?
          Orang China patut berpikir 2 kali karena leluhur orang-orang Jawa Timur terkenal nekat dan licin, termasuk berani memotong kuping utusan Mongol dan juga satu-satunya bangsa yang menghentikan ambisi mongol ke Bumi selatan.

          Tentara mongol boleh saja menguasai seluruh korea, menggilas Baghdad dan Timur tengah, menyapu Eropa Timur dan menaklukan Rusia, tetapi mereka harus mundur karena kelicinan orang-orang Jawa Timur, Maaf di Bumi selatan sudah ada “penunggunya” sendiri.

          Sejarah leluhur orang-orang yang hidup di belahan timur pulau Jawa itu terkenal Licin dan berdarah-darah, yang paling terkenal adalah Ken Arok dengan keris empu gandringnya, perebutan kekuasaan kerajaan Singasari, Kediri dan Majapahit, Penghancuran armada mongol, penaklukan Blambangan, Bali, Sunda, aneka pemberontakan yang haru pilu dll, Semua dipenuhi intrik, ambisi dan keberanian & keteguhan pada nilai-nilai yang mereka pahami.

          Jika Russia mampu bangkit dari kehancuran uni Soviet dan segera digdaya karena ada tangan dingin Putin, “mungkin” Orang seperti Moeldoko, cukup bisa membuat Indonesia kembali menjadi “penunggu menakutkan & penguasa” di belahan Bumi Selatan.

          ( Moeldoko jenderal aktive TNI, jadi saya tidak sedang kampanye )

      • inferensi (inference) menlu RI ini cukup lucu; the line did not cross Indonesian territory…

        analoginya:
        seorang korban kejahatan menerangkan ciri2 penjahat kepada polisi; rambut ikal, alis tebal, jidat lebar, hidung pesek, kumis jarang
        sulit membayangkan wajah pelaku berdasarkan rincian lisan tsb, sehingga polisi memiliki juru sketsa wajah, yang selalu berkonsultasi dengan korban selagi mengerjakan sketsa tsb.
        kesimpulan, sketsa lebih penting dari seribu kata2

        pertanyaannya:
        Indonesia had β€œinferred” from China that…
        β€œinferred” from-nya dari pernyataan lisan seorang petinggi china atau keterangan tertulis pejabat yang dikutip sebuah koran atau dari mana?

        karena sudah jelas bin gamblang dari gambar/peta (yang lebih akurat dari rangkaian seribu kata); the line DID cross Indonesian territory !

        peta seperti ilustrasi no. 1 sudah sangat banyak beredar dalam berbagai format dan versi…

        • sebelumnya biar lebih mudah saya gunakan kata “sudah diyakinkan”, tapi baca ulang saya sendiri ragu apa itu terjemahan yang tepat. diantaranya karena seperti yang anda sebutkan mengenai 9 dash line dan karena ini adalah ucapan dari menlu yang matang dengan pemilihan kata politis. jadi saya ubah sesuai dengan arti dasarnya saja karena khawatir keliru

        • pemahaman saya ‘infer’ adalah suatu kesimpulan (bisa sangat subyektif dan tidak akurat) berdasarkan sejumlah ‘clues’ yang tidak eksplisit.

          misal: suatu malam minggu pak toto melihat anak gadisnya titi menangis tersedu di kamar, sementara si otong pacarnya sudah 2x malam minggu tidak terlihat.
          pak toto ‘infered’ titi sedih karena putus dengan pacarnya.

          padahal titi sedih karena nilai ujian salah satu mata kuliah jeblok dan harus mengulang tahun depan, sementara si otong tidak ada masalah, hanya sedang kuliah lapangan ke luar daerah.

          lucunya disini: peta sudah eksplisit, kok masih di-infer…

          • Menlu theaa.. πŸ˜€ wajar kalo ucapan politis ambigu, saya malah merasa itu sangat tepat untuk ucapan yang datang dari pak Marty, kalo ada ‘apa2’ bisa ngeles

  20. china,india,dan rusia mempunyai pandangan jauh kedepan…dan mereka melihat potensi indonesia dimasa yang akan datang( TAK LAMA LAGI ) sehingga mereka akan menjaga hubungan yg baik dengan indonesia untuk kerja sama dalam jangka masa yang panjang.amerikapun mengetahui potensi itu,tetapi kerana keangkuhan dan menjaga statusnya,maka jalan yg diambil dengan cara berusaha menjegal kemajuan indonesia supaya kedudukan amerika tidak semakin terancam.badai bencana ekonomi yg dikirim oleh amerika dan konco2nya ke indonesia justeru semakin menunjukkan ke kancah internasional ketangguhan indonesia sbg negara berkembang yg mandiri..dan ini jarang terjadi pada negara lain….negara lain memang dikirim badai taufan ekonomi oleh amerika dan konco2nya…setelah sebuah negara itu lunglai,maka amerika dan konco2 nya itu datang menghulur bantuan,entah dari konsultasi penasihat keuangan,politik,program pendidikan dll..dari situ terbukalah pintu campurtangan tata negara oleh amerika ke sesebuah negara…tetapi keunikan indonesia dirasai oleh amerika,,,indonesia yg terdiri dari berbagai elemen alam setiap suku ( KEPALA BATU,HATI BATU,HATI KAYU,DARAH BIRU,MATA PUTIH,OTOT KAWAT TULANG BESI,ANGIN SEPOI SEPOI DLL)membuat amerika harus LEBIH EXTRA MULTI FORMULA untuk mengacau indonesia…dan ditemukanlah kelemahan ketika itu yaitu dari ketahanan militer…sekarang pak mol berusaha menutup kelemahan itu..maka bersiaplah indonesia karena amerika tidak menyerah begitu sahaja…BADAI TSUNAMI TAUFAN PUTING BELIUNG akan dikirim amerika sebagai jalan terakhir untuk menghapuskan INDONESIA….dan ini adalah usaha terakhir amerika untuk mengukur ketangguhan indonesia sebelum BERHASIL NAIK KELAS MENJADI SEBUAH NEGARA SEJAJAR DENGAN NEGARA MAJU LAINNYA..jika indonesia berhasil sekali lagi menghadapinya….maka INDONESIA menuju NEGARA NUSANTARA RAYA tak dapat dihalang lagi..terjemahan luas dari kitab karangan kironggo warsito

  21. Numpang lewat

  22. Sangat bangga dengan gaya diplomasi Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. Gaya diplomasi yang santun, kalem dan elegan, tetapi mempunyai greget yang luar biasa.
    Pak Marty memang seorang diplomat ulung, dan sudah terbukti bisa membuat Abbot mati kutu. Gaya tersebut sangat cocok dengan diplomasi Indonesia yang zero enemy.

    #NKRI

    • Ya Benar.

      Kelicinan dan kecerdasan beliau sebagai menteri luar negeri memang luar biasa. Gaya Diplomasi Beliau telah membuat Australia dan Singapura, Geram dan loyo lalu lemas sendiri.

      Melihat kuatnya cengkraman Asing dengan segala kekuatan yang mereka tanam, saya hanya bisa berharap Karir Menteri Luar Negeri Indonesia saat ini ( Bapak Marty Natalegawa ) tetap aman sentosa

    • Mengingatkan pada pak Mochtar Kusumaatmaja. Kalem, cerdas, tegas, elegan.

    • Ali Alatas Junior….hehehe

    • Setuju Bung..saya t’masuk pengagum Beliau.. Semoga sj Beliau masih diberi kepercayaan di pemerintahan mendatang..walau trend Bumi Hangus spt nya akan trs berulang..saya harap Beliau ttp Eksist..

  23. ini adalah bukti bahwa Indonesia Bisa memposisikan diri sebagai bangsa yang disegani China,,,tentunya didukung peran diplomatik yg kuat.saya yakin dengan statement pak moeldoko merupakan garis merah yang musti dipahami cina bahwa wilayah sengketa di LCS jgn smpe menyinggung wilayah nkri.malam kenal Dari kedoya sesepuh

  24. Indonesia nggak perlu kuatir, dgn clue2 kekuatan 5-10th kedepan kekuatan indonesia masuk 5 besar Asia pasifik .
    Apalagi benar klo kita bisa ngembangin rudal antar benua mk wilayah nkri aman2 aja.
    Gaya kepeminpinan mbak pur + pak moel + Mr.marty Sgt elegan dan cerdas, tdk salah SBY memilihnya . SBY sendiri jenderal cerdas dan pemikir jauh ke depan .
    Kita akan takjub klo benar apa yg disampaikan bung diego, bung nara dan bung satrio th 2015 sebagian akan mjd kenyataan .
    Dan akhir mef 2 hampirvkeliatan semuanya.

  25. Keren banget sikap Indonesia yang dibawakan oleh Pak Moel ya? “Kami akan melakukan apapun yang diperlukan untuk melindungi kedaulatan kami” Kata lainnya ” Kalau lu claim wilayah gue, perang juga gw jabanin”

    Coba bayangkan sekarang sikapnya Malaysia mendengar panglima kita ngomong gitu ke China. Gak bakalan lagi dia mikirin Ambalat, nyari penyakit namanya.. Elegan, sopan dan tegas dan jelas “Jangan coba macam-macam dengan Indonesia” Keren Pak Moel!!

  26. Tak ada kawan abadi. Semua negara mendahulukan kepentingan nasionalnya. Melihat konstelasi di LCS tampak bahwa Asean tidak utuh karena hubunga masing-masing negara punya karakteristik hubungan yang berbeda-beda dengan China. Apalagi setelah Rusia memasukkan kembali Crimea, makin meningkat kekhawatiran bahwa China akan terinspirasi, meskipun negara itu mungkin belum akan mewujudkannya dalam waktu dekat dengan memperhitungkan perimbangan kekuatan di kawasan.
    Belajar dari pengalaman bahwa Perang Dunia III tidak terjadi justru karena masing-masing kutub punya daya musnah yang masif, maka tak terhindarkan karakter alamiah berlakunya hukum rimba, jika tidak ingin berperang bersiaplah untuk perang, atau perkuatlah diri sendiri jika tidak mau perang.
    Resep sederhana itu kemudian harus dijabarkan dalam detil strategi. Kenapa Irak, Afganistan, dan Libya diserang, sedangkan Iran, Korut, dan Suriah tidak?
    Irak tidak punya backing yang nyata. Berbeda dengan tahun 1980 an yang dibackup penuh oleh Uni Soviet. Demikian pula Afganistan dan Libya. Ketiga negara itu terutama Irak, meskipun punya kuantitas yang cukup, tapi tak punya kualitas angkatan perang yang memadai jika dihadapkan pada pasukan sekutu. Apalagi Afganistan.
    Sebaliknya Iran dan Korut yang ditakutkan punya kemampuan nuklir, membuat Amerika berpikir ratusan kali untuk menggebuk selain pertimbangan untung rugi lainnya. Sedangkan Suriah secara historis adalah sekutu Rusia. Dengan dasar itu ditambah posisi geografis yang penting di jazirah Arab, keberadaan rezim Assad di Suriah masih sangat penting bagi Rusia, yang kebetulan ekonominya kembali menguat dan cukup percaya diri membackup.
    Bagaiman dengan Indonesia? Posisi geografis, sumberdaya alam, tak perlu dibantah bak ratna mutu manikam. Semua menelan ludah, sangat sangat menelan ludah. Bayangkan misalnya Amerika punya pangkalan AL di Kalimantan. Betapa perimbangan kekuatan sontak berubah total. Mungkin akan menjadi salah satu heboh terbesar dalam 100 tahun terakhir.
    Dengan dasar itu, jelas bahwa memperkuat diri di semua aspek menjadi keniscayaan agar Indonesia tetap netral. Kekuatan ideologi, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan dan keamanan harus terus ditingkatkan. Salah satu yang paling esensial adalah pemberantasan korupsi, karena korupsi serupa dengan kanker yang akan menggerogoti semua bagian tubuhn negara ini. Hal-hal lain juga harus ditingkatkan termasuk yang esensial lainnya ketahanan energi baik pangan maupun non pangan.
    Selain ketahanan nasional yang menjadi sangat menentukan adalah kelihaian hubungan internasional. Di sinilah dituntut kecermatan, kecerdikan, dan kecepatan serta kemampuan melihat masa depan.
    Keep moving forward begitu lebih kurangnya. Masa lalu dilihat bukan untuk dijadikan candu yang memabukkan atau sebaliknya disesali, tapi digunakan untuk berbenah. Berorientasilah ke masa depan, terus melaju bersama menjaga warisan para pendiri bangsa, negara dan ideologinya. Bangsa ini harus bisa mewujudkan cita-citanya, masyarakat adil dan makmur.

    • Statement yg Sangat Mencerahkan & Mencerdaskan Bung@ghi.. Statement2 spt inilah yg prlu & trs kita gelorakan dlm berdiskusi & berdialog..

      Saya setuju dgn Tidak ada kwan yg Abadi.. Semuanya kembali pd kepentingan masing2 Negara.. Saya yakin Pemimpin Bangsa ini jg gak akan mungkin menelan mentah2 & lgsg percaya begitu sj dgn pernyataan dr Pemerintah Tiongkok. Semuanya psti sdh dipikirkan solusi nya.

  27. Keren statemen pak Moel. Ini baru statement yang gentle statemen tegas yang jarang terdengar,,..
    sopan tpi bikin nyesek siapapun.

  28. Mantab kali nih Pak Moel dan Pak Marty…
    Seperti kata Carl von Clausewitz “strategi militer adalah tujuan yang ditentukan oleh politik dan perang alah kesinambungan politik dengan cara militer,” dan Bernard Brodie pernah β€œstrategy is a field where truth is sought in the pursuit of viable solutions”

  29. Kmi bangga padamu. Jendral..trimakasih mr. Nata legawa.. Anda adalh putra terbaik bangsa..mr sby juga trimaksih…smoga tuhan yg maha esa melindungi langkh mu

  30. sudah tidak asing lagi bangsa indonesia bagi dunia….siapa zg pertama kali menentang markas pbb ada di amerika…indonesia,siapa zg menggelorakan bahwa semua bangsa didunia adalah sama derajatnya…indonesia…siapa zg berani membuat organisasi tandingan pbb yaitu nefo(new emergencyng force)..indonesia…siapa pencetus konferensi asia afrika..indonesia…..ingatlah saudara2 kita ditakdirkan sebagai bangsa yang besar……tpi kenpa masi ada saudara2 kita masi ragu pada bangsanya sendiri????? sungguh menyesakkan hati….mohon ma’f terlalu panjang krna saya ingin membuka sedikit mata hati saudara2 zg ada disini bahwa bangsa kita bukanlah bangsa lemah….

  31. Indonesia ibarat sarang lebah,banyak madunya,banyak pula semut yg mau mencurinya,maka jika ada semut yg mau mencuri siap siap menghadapi sengatan lebah yg menyakitkan,semoga Indonesia menjadi lebah yg ganas dan siap menyengat jika ada semut yg mau mencuri madunya…..NKRI HARGA MATI,JAYALAH NKRI……Salam dari BHUMI BUNG KARNO….

  32. Kebayang ga sih ngomong “gue akan perkuat natuna, siapa berani caplok, gue sikat.” tapi bukan di Indonesia tapi didepan media china langsung didalam kandang sang naga. Ada dua kemungkinan pertama Pak Moel memang siap dengan alutsista dan TNI atau kedua, Pak Moel bonek.

    • Like…

    • haha.. (sumpah ngakak saya) kemungkinan besar opsi yang kedua om.. tapi memang sudah darah kita dari dulu kok om.. kita bonek. Kalo kita gak bonek gak pernah mampu berlayar sampai afrika (lintas samudra) sementara eropa pada jamannya masih menyusuri pantai. Kalo ga bonek kita ga bisa buat borobudur, prambanan (bayangin pada jamannya, sudah bisa bikin seperti itu) software rancang bangunya pake apa ya.. pastinya bukan autocad πŸ™‚ kalo gak bonek majapahit dan sriwijaya wilayanya tidal akan seluas itu (tapi sayang jaman orba, majapahit dan sriwijaya tidak diajarkan secara mendetail.. wilayahnya sampai mana, bagaimana cara mereka menguasai wilayah itu.. yang diajarkan hanya kerajaan yang kecil-kecil, denger ini pesan sponsor agar tidak mengajarkan kejayaan kedua kerajaan tersebut) kalo ga bonek ya gak merdeka.. Kita memang bonek, tapi yakinlah ras Indonesia adalah ras yang cerdas..

  33. zg jelas alutsista kita uda mumpuni bung kobu@….di tretmen sebelmnya bung nara uda kasi kisi2 klo tetangga uda kapok liat barang ajaib kita baik didarat,laut,dan udra…..

  34. Ini baru tegas..pak moel emang keren dah.. kalo “iya ya iya kalo kagak ya kagak” Klo boleh jujur pak moel jadi RI 1 ane langsung dukung tanpa ragu..dia “masih” punua jiwa nasionalis πŸ˜€

  35. Darah ini terasa mendidih

  36. PAK MOEL, DIKAW DAMBAANKU TUK NEXT RI-1. JANGAN NUNGGU RI-2. KELAMAAN. BURUAN MASUK KANDIDAT JANGAN ITU-ITU SAJA YANG MASUK IKLAN RI-1. SEBAGAI ALTERNATIF GETU…..HE…HE…..

  37. Pak moel Next RI-1 2019

  38. Sangat membanggakan, bentuk jelas pengakuan dari China akan negeri kita.
    kalo analogi bung Satrio rayuan janda terhadap jejaka tampan πŸ™‚

  39. walaupun panda tidak secara “terbuka” tidak klaim, untuk sekarang untuk yang akan datang saya kira akan berubah sikap si panda, untuk sekarang saya yakin peranan NKRI sangat diperlukan oleh panda, bila untuk saat ini panda berani terbuka untuk natuna, saya yakin panda akan frustasi dalam menjalankan misi area dragon klaimnya, yang ada hanyalah isolir baik disegala aspek khususnya asean.

    tapi tetap NKRI harus mewaspadai dan bermain “cantik” dalam menyikapi masalah panda dengan tetangga kita.

    NKRI harus tetap fokus menjalankan penguatan basis militer di natuna di sekitarnya jangan sampai lengah, sukur2 pusat pemerintah NKRI di pindah ke luar jawa. seperti pemikiran bung karno.

    ingat natuna mempunya kekayaan alam sangat amat berharga ditambah letak yang strategis..

    harus tetap waspada dengan sonora dan pandan terkait natuna.
    tancapkan merah putih
    cengkram natuna.

    cuma pendapat
    maaf cucu lancang

  40. Mendung bergayut di langit Kuala Lumpur, ketika saya harus beranjak ke KLIA untuk menjemput teman-teman dari China, Vietnam, Korea dan Philipine. Saya berjanji pada mereka untuk menjembatani pertemuan mereka dengan Menhan Malaysia, Datuk Seri Hishamudin Husein, hari Minggu besok. Pesawat Qantas yang ditumpangi sahabat saya dari China sudah landing, tidak sabar menunggu kedatangannya. Tidak lama berselang, dari kejauhan terlihat lambaian tangan penuh kegembiraan. Ya, sahabat saya. Tapi mata saya lebih tertuju pada sosok yang mengikutinya. Perempuan hitam manis, tinggi semampai, dengan rambut dibiarkan tergerai. Cantik, sebagaimana kebanyakan wanita-wanita India yang cantik. Hehehe..! ‘Dhara..!’ ujarnya mengenalkan namanya. Kami bergegas ke tempat parkir untuk segera meluncur ke KL. Di mobil saya baru mengetahui, bahwa wanita hitam manis itu adalah orang CNBC, Dhara Ranasinghe, seorang senior writer, journalist..! Dan tadi sore, dia menyodorkan kisi-kisi pertanyaan yang akan disampaikan pada pak Menhan. Sangat detail, mulai dari hubungan diplomasi China-Malaysia, kerjasama ekonomi, pencarian MH370, kerjasama pertahanan dan konflik LCS. Karena temanya sangat menarik, akhirnya saya coba mengajaknya diskusi sambil menikmati suguhan kopi luak asli Lampung, kiriman teman yang bekerja di Air Asia. Ada satu hal yang membuat saya terkejut tentang isu LCS ini. Dan hal ini pulalah yang membuat saya mengerti kenapa panglima TNI Jenderal Moeldoko harus melakukan kunjungan ke China..! Ternyata ada perbedaan cara pandang yang begitu besar antara kita, China, Malaysia dan negara-negara lainnya yang terlibat konflik LCS. Selama ini kita selalu berpikir bahwa kita tidak terkait dengan konflik LCS, tetapi apa yang menjadi persepsi bersama justru sebaliknya. Di mata China, Philipine, Vietnam, Malaysia bahkan Amerika, Singapore dan Australia, kita justru berada di dalamnya dan menjadi bagian integral dari konflik tersebut. Kesan yang muncul selama ini di mata mereka adalah mengapa negara sebesar Indonesia harus berdiam diri dan sama sekali tidak bereaksi. Jika diamnya Malaysia diketahui karena disebabkan oleh kurangnya atensi dari rakyatnya dan adanya keyakinan besar bahwa mereka punya keistimewaan di mata China berbanding negara Asean lainnya, tetapi diamnya Indonesia justru disebabkan oleh faktor ketidaktahuan dan ketidaksadaran. Saya yakin bahwa keberangkatan pak Moeldoko ke China, menunjukan bahwa kita baru tersadar dan dianggap belum terlambat untuk beraksi.

    Konflik LCS memang bukanlah sebuah konflik daratan dan sama sekali tidak menyentuh sejengkalpun tanah yang menjadi teritori Indonesia. Tapi nun di balik air laut nan biru itu ada karang yang kokoh dan menjadi relief bumi, yang kelak akan menjadi sebuah instrumen untuk mengukur sejauh mana klaim wilayah kekuasaan suatu negara. Disinilah mungkin awal dari kesadaran itu terbangun. Tidak heran jika US dan sekutunya belakangan ini begitu gencar menawarkan hibah dan penjualan alutsista canggihnya pada Indonesia, selain untuk uang, jelas mereka lebih mementingkan kekuatan dan kekuasaan. Sayangnya, karena ada ketidaksamaan cara pandang kita terhadap konflik, kedekatan Indonesia dengan US telah dianggap sebagai ulah nakal dan ancaman bagi China, tidak heran jika kerjasama pertahanan RI-China sejauh ini belum memuaskan keduabelah pihak, sehingga akhirnya panglima merasa perlu untuk mengklarifikasi. Kunjungan ini diharapkan bisa membuka sumbatan bottle neck dalam hubungan kerjasama kedua negara, dan tidak melahirkan kecurigaan dan disharmoni pada hubungan RI-USA.

    • Wah terima kasih infonya Bung Yayan, jadi ngerti maksud dan tujuan mamarika bersama gengnya kemari…

    • Penjelasan yang sangat menarik bung, tapi saya agak kurang setuju jika kita harus ikut campur masalah sengketa wilayah. Mendamaikan dan mengarahkan ke meja perundingan adalah solusi satu2nya dari kita bagi claimants LCS agar kondisi kawasan tetap kondusif. Tidak adil mengapa kita harus bertindak lebih jauh dan membahayakan kepentingan negara kita dengan China yg merupakan mitra dagang kita nomor satu. Ketika Timles lepas semua negara FPDA datang ke Timles ‘menjaga’ peralihan, 2 negara diantaranya sedang tegang dengan China. IMHO- tidak sulit bagi kita jika harus memilih pihak untuk berteman

      dan kita bukan satu2nya. US saja yg kelas berat memilih menghindari konflik yg tidak perlu dengan China, demkian juga pada Russia di Crimea. Bahkan Taiwan tidak dipekenankan mendapat F-35 atau sekedar upgrade F-16nya hanya karena AS mempertimbangkan reaksi China

      • Betul bung Nowyoudont..! Secara pribadi saya juga tidak setuju jika kita harus masuk lebih dalam pada pusaran konflik. Bahkan Malaysia sendiri yang secara nyata terlibat, lebih memilih untuk mempertahankan jalinan hubungan kerjasama ekonominya dengan China. Bisa dimengerti, negara sekecil Malaysia yang ekonominya sangat bergantung pada eksport, tidak akan semudah itu untuk mengubah diri menjadi yang serius bagi China. Saat ini, Malaysia adalah mitra dagang China terbesar di Asia Tenggara. Meninggalkan China hanya akan menjauhkan harapan dan cita-cita Malaysia untuk menjadi negara maju pada 2020. Sedang saat ini saja yang masih bersama China, ekonomi Malaysia sedang mengalami penurunan, apalagi kalau tanpa China…

      • Maaf yah, kalau sengketa LCS dalam batas saling klaim, akan relatif tidak sulit untuk menunjukkan kenetralan kita. Namun jika sengketa LCS sampai meledak menjadi konflik, hampir pasti masalah besar muncul di depan mata. Paling tidak dari keberadaan ALKI. Bagaimanakah sikap kita pada pihak-pihak yang bersengketa yang ingin menggunakan ALKI dalam situasi seperti itu. Karena membiarkan begitu saja salah satu pihak menggunakan ALKI sebagai jalur armadannya bisa dipersepsikan sebagai pemihakan oleh kubu lawannya.
        Belum lagi kalau ada armada pihak yang bersengketa melewati batas teritorial kita, apakah kita akan biarkan atau bagaimana.
        Akan sangat rumit dan berat saya kira jika sengketa LCS meledak menjadi konflik terbuka.
        Maka tampaknya strategi model perebutan Irian Jaya melalui pembelian secara besar-besaran peralatan tempur tak bisa dihindarkan meskipun pada batas tertentu mungkin akan ada pengorbanan kualitas integratif karena pola gado-gado, sembari terus menerus meyakinkan semua tetangga dan sekutu-sekutunya bahwa tindakan ini benar-benar justru untuk meneguhkan posisi netral Indonesia dalam sengketa LCS, dan mempercepat kemampuan memproduksi peralatan tempur secara mandiri yang berkualitas tinggi. imho.

        • gue ada premis begini.

          Indonesia disebut Netral justru jika menggoreng masalah LCS ini tetap hangat.
          tidak panas juga tidak dingin. keadaan regional sebelum menghangatnya LCS bukan lah keadaan Normal tapi dingin.

          Jika dingin Irian jaya lepas, jika panas bencana kemanusiaanlah yg terjadi.
          jadi lebih baik HANGAT. sekedar klaim2an …udah biasa itu..
          πŸ˜€

        • kita bisa netral dengan berbagai cara. Jika cukup kuat melarang digunakannya wilayah perairan, udara apalagi daratan sebagai ‘alat’ salah satu pihak. Tapi itu sulit, lembaga think tank dibawah Mindef US sudah lama menyarankan melakukan upaya2 mendekati/menekan Indonesia agar bisa memanfaatkan wilayah kedaulatan kita sebagai bagian dari strategi menahan China.

          Saya lupa baca dimana, tapi waspadai komen2 di berbagai forum. karena salah satu usulannya adalah dengan merubah cara pandang negatif kebanyakan masyarakat Indonesia terhadap barat (khususnya US/Australia). Selain lewat berbagai LSM juga disebutkan dengan spesifik melalui berbagai media sosial berbasis internet karena pesatnya perkembangan internet di Indonesia saat ini yang sampai ke desa2

          • Ya itulah, ternyata untuk netral tampaknya juga harus berotot. Yah yang dibilang bung Donie ok ok. Tapi kemungkinan terburuk harus dipikirkan. Percepatan kemandirian tak bisa ditawar lagi. Karena makin tinggi tingkat kemandirian, makin mudah memposisikan diri sebagai netral, dan sebaliknya, karena akan selalu dicurigai dan bisa-bisa disabot kanan kiri.
            Untuk menempuh jalur yang makin aman dalam pengadaan model gado-gado, sebisa mungkin ambil dari negara yang dianggap paling netral. Memang faktanya yang ideal tak ada. Tapi paling tidak bisa menurunkan kecurigaan pihak-pihak bersengketa.

        • Menurut saya, kita tdk perlu terlalu antusias dalam menengahi konflik LSC; yg terpenting wilayah kedaulatan kita tdk diganggu oleh negara manapun. Apalagi 2 negara FPDA (spt kata bung nowyoudont) dulu sok gagah perkasa ikut masuk ke Timles. Disaat yg bersamaan, sebaiknya kita terus menumpuk alutsista kita

          Malah klo menurut saya, kita harus pro aktif mendorong supaya pihak2 yg bertikai segera berperang, khususnya spt negara jaguh; saya ingin sekali melihat negara jaguh ini terbirit2 diuber2 China.

          Sdh sangat lama saya tdk menyaksikan perang modern ala perang Malvinas dulu. Konflik/perang belakangan ini spt di Irak dan Afganistan saya rasa tidak seru.

          Utk negara jaguh, jgn hanya doyan mengclaim tapi tdk punya nyali!

    • Nice info bung Yayan…membuka sudut pandang baru.
      Mudah2an dgn kunjungan Pak Moeldoko seperti yg diharapkan hasil akhirnya.
      Adalah Asu, dimana terlatih dlm menikam terhadap kolega nya sekalipun.
      ketika bahasa “Hibah” masih dianggap manis dan santun nya ASu oleh kita,
      dan mempromosikan satu2nya negara asean (nkri) yg akan menjegal kepentingan china di Asean, calon duel China dlm waktu dekat. alih2 China dan jepang masuk gelanggang, tapi mendorong NKRI yg masuk gelanggang dgn fpda sebagai panitia-nya. entah knapa gue punya feeling kaga beres dgn informasi seputar 9 dashline ini.

      Kasus MH370 bukannya setelah kejadian PLAN jalan2 dan Pak Moel diterima dgn baik dibeijing.?
      dan sonora sudah pula mencoba menelikung nkri dgn tuduhan terlibat dlm hilangnya mh370..?
      dlm suasana duka pun, (walau editorial tidak resmi), sonora membirakan natuna.?

      # semoga pemimpin kita selalu jeli dalam merespon gerombolan siberat ini.

      • Amien..! Saya juga berdoa semoga kita tidak masuk dalam perangkap mereka. Jika konflik ini berubah menjadi perang terbuka, maka Natuna akan menjadi satu-satunya daratan yang paling memadai dari segala aspek. Perang LCS akan menjadi perang maritim murni atau perang balistik jarak jauh. Dari sini bisa kita lihat, kontestan yang layak maju ke final hanyalah China dengan US yang mendapat mandat dari sekutunya, karena cuma merekalah yang memiliki aset-aset perang kelas berat yang diperlukan. Kita siapin tribun yang nyaman aja di Natuna, biar para wisatawan bisa menyaksikan liputan langsung perang LCS, dan lama tinggalnya bisa terus diperpanjang. Hehehe..!

    • wah..diksi jurnalismenya asik sekali..bung yayan dari majalah Intisari ya?..he..he..he..karena penjelasannya langsung menghujam ke intinya. Saya merasa Indonesia perlu memberikan tekanan betapa signifikan peran asia (dan asean) pada ekonomi global. Dan pembicaraan serta penyelesaian kesepakatan untuk kemudian hari musti dibicarakan jauh hari. Maaf bung, meski naif , saya masih melihat lenyapnya MH 370 menjadi konspirasi yang dikondisikan agar malaysia berpaling pada kepentingan seperti dekade-dekade lalu. Masalah LCS sendiri menjadi tarik ulur who’s the boss bagi China kepada negera asean yang lain. Karena setelah masa-masa ini peran jepang akan tereduksi secara signifikan di asean, jika asean menetapkan arah dan proyeksi ekonomi mereka pada triangulasi China-India-Rusia..maaf kalau ngawur..CMIIW..

    • terima ksih atas infonya bung…

    • terus apa yang dilakukan pemerintah kita dengan karang di laut nan biru itu?

  41. apa yg ini di natuna..?

  42. Asyik dah…

  43. Jangan Pak Moel ini punya ilmu hipnotis ya bung Nar?

  44. Bung Nara bs jd PLAAF memperlihatkan itu jg untuk shock terapi : ”Jgn coba2 cari masalah dg apa yg kami perbuat, anda lihat ini N anda sdh tau kekuatan kami (PLAAF) sesungguh’y..”.

    (**Ma’af mencoba melihat dg analisa terbalik)

    Maka’y selama negri ini blm bs menerbangkan satelit sendiri N satelit’y hasil buatan sendir (spt GPS), sy blm benar2 puas, meski clue bung nara bikin sy 70% puas, sy merasa masih ada yg mengganjal… kita punya senjata sehebat apapun, menjangkau belahan dunia manapun tp tanpa mata akn sia2….

  45. ma’af OOT bagamna pendapat anda ttang org ini?

    https://www.facebook.com/annis.werinussa

    suwun.

    • Perbatasan antar bangsa juga masih kaya gini….??

      kalau indonesia pengin jadi negara maju dan besar bukankah harus sehat dari dalam dulu ya??ibarat orang kalau mau sehat harus sembuh dari penyakit yg menggerogotinya..??

  46. Kok ga ada update artikel/info baru lg di JKGR ya…??? Mlm minggu jd makin kelabu neh.

  47. Untuk bung nowy kira2 jam berapa upload beritanya setiap hari biar tau curi start nya..pengen juga pertamax ..he2

    • saya aja jarang dapet πŸ˜€
      moody bung, kalo jam segini sepulang jalan santai update kopi dan pisang goreng

      • @bung now
        Kasih bocoran dikit dong nmr lambung 543 ….
        kisi-kisinya gk jadi pulang , dan udah ganti KTP…
        Bner gk bung…?

        • waduh, saya hanya tukang beres2, ga tau yang begituan dan ga ada rilis resminya
          Tapi katanya sih bgitu, sudah perpisahan di laut dengan crew lama-nya, yang saya pnasaran apa full gembolannya ditinggal juga πŸ™„

          • wow.. terima kasih infonya bung, bakal geger dunia persilatan Asia tenggara. saya baca2 dulu armament-nya ah :mrgreen:

          • Gembolannya edan banget…pantes pada geleng2 ya…bisa dibayangin nih klo dibagi kesemua kogabwilhan.. πŸ™‚

          • Malah mungkin ada paket hemat laen yang ikut nangkring didalamnya…. hehehehehehe πŸ™‚ IMO

        • nomor 543 ini dikasih nama setelah kita punya presiden baru x ya.?

          dari capres yg kuat konsituennya:
          – kalo presiden dari militer, langsung ke tema Nusantara Raya,
          – Kalo yg satu lagi, tema Nama pahlawan, Yos Sudarso lagi..?

          # acara mancing2 sesepuh.. πŸ˜€

          • Bung@nara
            klw memang bener udah ganti KTP, kira2 kapan ni bung di publish oleh kemhan, apa pas LATGAB 2014 nanti , trus apa gk curiga pihak tetangga , secara pihak papa bear pulangnya ko gk ada satu anggotanya…..

          • kalo dong feng apa yang segede gaban juga? he he he banyak typenya, tapi yang paling ‘sederhana’ saja jangkauannya bisa bikin tetangga sakit perut tapi mendadak santun

          • Sorry ni bung@nara
            Satu lagi ni ane mau tanya…..? smoga gk bosen ye…?
            Dengan masuknya 543, apa ada hubungannya dengan pembatalan hibah lontong….?
            Secara ni barang kan fungsi utamanya sbg ASW, jadi untuk meng counter lontong sonora, sonotan dan si upil kita tidak jadi mengambil hibah lontong, tetapi mengambil ni barang……..

          • bung @Siantan, beberapa tulisan di berbagai blog kadang hasil copas langsung dan/atau informasi hasil dengar dari diskusi di Topix (dan mungkin juga di sini). makanya mereka di sana ga melayani pertanyaan dan diskusi πŸ’‘

          • Gremyashchiy (406) – ???????? – Thunderous (originally Vedushchiy – ??????? – Leading) (25.6.1991) –
            In Service, Northern Fleet
            Sovremenny class destroyer
            Hull Numbers : Bezuderzhnyy: 682(1991), 444(1992), 435(1993), 406(1994)

            Bystryy (715) – ??????? -Quick (or Rapid) (30.9.1989) –
            In Service, Pacific Fleet
            Bystryy: 676(1989), 786(1991), 715(1993)
            Sovremenny class destroyer

            Built as guided missile destroyer by the Severnaya Verf 190 in Leningrad (now St. Petersburg) for the Russian Navy.
            29 October 1985 laid down.
            28 November 1987 launched as the BYSTRYY or BYSTRY one of Project 956 Sarych Sovremennyy class.
            Displacement 6.300 standard, 7,900 full load. Dim. 156 x 17 x 5.99m. (draught).
            Powered by two steam turbines, 100,000 shp., twin shafts, speed 32.5 knots.
            Armament: Missiles 4 – 2 3M-80/Moscit (SS-N-22), 2 9K-90/Uragan SAM system (48 9M-38/38MI/SA-N-7 Smerch/Gadfly). 4 – 2 3M-82/(SS-N-22) and 24 9M-38E-1/SA-N-12 Yozh/Grizzly.
            Guns 2 – 2 AK-130Dp (130mm, 2,000 rounds.) and 4 AK-630 gattling AA 96 – 30mm;6,000 rounds/m/mount, 20,000 cartiges.
            Torpedoes2x2 – 533 mm torpedo tubes. 2 – 6 RBU-1000 ASW RL (48 rockets) and can carry 40 mines.
            One helicopter KA-27.
            Crew 296.
            30 September 1989 commissioned for the Russian Pacific Fleet based in Vladivostok

            Marshal Shaposhnikov(543)

            The Marshal Shaposhnikov (BPK 543) is an Udaloy-class destroyer of the Russian Navy laid down in 1985. The vessel serves in the Russian Pacific Fleet, and is currently undertaking operations to combat piracy off the Somalian coast.Her namesake is Boris Shaposhnikov. In early May 2010, the Marshal Shaposhnikov recaptured the motor tanker MV Moscow University, which had been attacked and seized by pirates east of Socotra Island.
            Class and type : Udaloy-class destroyer
            Name : Marshal Shaposhnikov
            Launched : 1985
            Status : Active
            Displacement : 6,200 t (6,102 long tons) standard
            7,900 t (7,775 long tons) full load
            Length : 534 ft 9 in (162.99 m)
            Beam : 63 ft 4 in (19.30 m)
            Draught : 20 ft 4 in (6.20 m)
            Propulsion : 2 shaft COGAG, 4 gas turbines, 120,000 hp
            Speed : 35 knots (40 mph; 65 km/h)
            Range : 10,500 nautical miles (19,400 km) at 14 knots (16 mph; 26 km/h)
            Complement : 300
            Armament :

            2 x 4 SS-N-14 anti submarine missiles
            8 x vertical launchers for SA-N-9 surface to air missiles
            2 x 1 100 mm guns
            4 x 30 mm Gatling guns
            2 x Altair CADS-N-1 Kashtan CIWS
            2 x 4 553 mm Torpedo tube, Type 53 ASW/ASuW torpedo
            2 x RBU-6000 anti submarine rocket launchers

            Aircraft carried: 2 x Ka-27 ‘Helix’series helicopters
            Aviation facilities: Helicopter deck and hangar

  48. Slava class lama banget datangnya … Ayo mampir di natuna …

  49. Kalau menurut saya pemerintah Indonesia punyak kebijakan /utk mempasilitasi Jepang berbaik hati dg negara2 wilayah, atas kesalahan PD II utk membuka lembaran baru atas kemajuan perokonomian Asia Pasifik dan memberikan penjelasan kepada Jepang bahwa PDII adalah otak nya adalah AS/Yahudi. Sehingga gesekan militer hrs disingkirkan karena ada otak dibalik kisruh militer di wilayah Asia Pasifik, utk itu harapan wilayah Asia Pasifik sbg pemimpin pertumbuhan ekonomi dunia dan tatanan ekonomi dunia ada di Asia Pasifik utk memberikan kemakmuran bersama abad 21. Ma’af pendapat e wong cilik, he………..he……………..

  50. nyimak

  51. Mbah yakin, indonesia akan ikut dalam gelanggang 2022.

  52. sebtulnya yg terjadi ..ya seperti koment bung desperado πŸ˜€

  53. Terjawab sudah pertanyaan saya mengapa pada foto yang diupload bung Nowy komen no.7 hanya ada Mbah Moel eh Pak Moel dari pihak Indonesia tanpa ada ajudan / pejabat lain yang mendampingi. Ternyata diajak meninjau jeroan yang TOP SECRET toh…

  54. Intinya cuma satu,semuanya demi kepentingan negaranya.lain tidak oleh sebab itu INDONESIA harus jeli dlm menyikapinya bila perlu ambil keuntungan yg bisa di dapat dari konflik lcs ini & jgn sampai ikut terseret.perkuat alutsista secepat mungkin, hati2 dg tawaran manis dari negara” ibliz yg ingin menghancurkan & mengadu domba bangsa ini, lihat yg jeli mana yg ikhlas mana yg ga, mana teman mana lawan walaupun tdk menutup kemungkinan semuanya demi kepentingan..selama kita kuat kuat militer,kuat diplomasi& kuat persatuanya bangsa ini akan aman dan diperhitungkan oleh bangsa lain

  55. * Menakar Ke Netralitas-an Indonesia *

    – JIka Janda Bule Ngambek, lari kepelukan Janda Oriental.
    – Jkan Janda Bule wellcom, dipeluk tapi tidak lupa satu tangan kebelakang genggam tangan janda oriental
    – begtitupun sebaliknya, jika janda Oriental mesra dan ngambek.

    bener2 JEJAKA kurang ajar
    πŸ˜€

    (ga kuat pengen koment begini)

    satrio..satrio… wkwkkwkwk

  56. Asalamu’Allaikum Wr WB
    For your info buat para sesepuh om diego. Om satrio om yayan om naraya dl nanti malam jam 20 di metro DIALOG NKRI HARGA MATI memilih caleg pembicaranya p’moeldoko. Chepy hakim. Mahfud sidik. Dpr komisi 1 jngan lupa trim salam

  57. KOPI LUWAK AND THE BLACK LEATHER JACKET

    Saya memilih salah satu meeting room di lantai 7 salah satu hotel terbaik di Kuala Lumpur, untuk memfasilitasi pertemuan rekan-rekan saya dengan Menhan Malaysia, Datuk Seri Hishamudin Husein. Sesuai perjanjian awal, saya bertanggung jawab untuk menjaga pertemuan ini agar tidak berubah menjadi pertemuan formal. Kopi luwak Lampung, kacang goreng khas Bali, manisan bunga pala Bogor, dodol Garut, dan tentu saja menu makan siang, semua saya setting menjadi bercorak sangat Indonesia. Untuk hal yang satu ini, saya tidak pernah ragu, karena saya adalah salah satu ahlinya. Hehehe..! Pede aja lagi..! Obrolan berjalan lancar diselingi canda tawa dan penjelasan saya tentang silsilah makanan dan daerah asal makanan tersebut. Tidak terhitung entah berapa pertanyaan yang berhasil terekspose dengan baik. Suasana sedikit memanas ketika sahabat saya dari CNBC menanyakan esensi kunjungan Hishamudin ke Pentagon bebera

  58. KOPI LUWAK AND THE BLACK LEATHER JACKET
    ditunggu nih kisah selanjutnya..

  59. KOPI LUWAK AND THE BLACK LEATHER JACKET

    Saya memilih salah satu meeting room di lantai 7 salah satu hotel terbaik di Kuala Lumpur, untuk memfasilitasi pertemuan rekan-rekan saya dengan Menhan Malaysia, Datuk Seri Hishamudin Husein. Sesuai perjanjian awal, saya bertanggung jawab untuk menjaga pertemuan ini agar tidak berubah menjadi pertemuan formal. Kopi luwak Lampung, kacang goreng khas Bali, manisan bunga pala Bogor, dodol Garut, dan tentu saja menu makan siang, semua saya setting menjadi bercorak sangat Indonesia. Untuk hal yang satu ini, saya tidak pernah ragu, karena saya adalah salah satu ahlinya. Hehehe..! Pede aja lagi..! Obrolan berjalan lancar diselingi canda tawa dan penjelasan saya tentang silsilah makanan dan daerah asal makanan tersebut. Tidak terhitung entah berapa pertanyaan yang berhasil terekspose dengan baik. Suasana sedikit memanas ketika sahabat saya dari CNBC menanyakan esensi kunjungan Hishamudin ke Pentagon beberapa waktu yang lalu. Saya bisa menangkap, bahwa Hishamudin tidak menginginkan hal itu menjadi konsumsi publik. Hal ini pulalah yang membuat saya tertarik untuk menyentil kunjungan panglima TNI ke China. Saya bertanya, kira-kira manakah yang lebih penting antara kunjungan panglima TNI ke China dengan kunjungan beliau ke Pentagon? Hehehe..! Akhirnya pancingan saya berhasil. Sang Menhan tersenyum dan tertawa, membuka suara.

    Harus diakui bahwa Malaysia sangat dilematis dengan adanya konflik LCS. Meskipun mereka pun berprinsip akan senantiasa menjaga dan mempertahankan setiap jengkal wilayah yang menjadi hak dan kekuasaannya, tetapi perang bukanlah skenario yang paling utama. Malaysia punya ketergantungan ekonomi dengan China, dan memiliki hubungan yang sangat erat dengan Philipine, Vietnam dan Indonesia. Langkah pendekatan dengan Pentagon bertujuan untuk mencari ballancing kekuatan selain untuk mencari potensi ekonomi dari sektor militer. Pendek kata, secara ekonomi, Malaysia ingin besar dan tumbuh bersama China yang kian menunjukan kekuatan cengkeraman ekonomi globalnya, sedangkan secara militer harus diakui bahwa ATM besar dalam asuhan US. Sayangnya, sikap ini telah dianggap sebagai sikap yang mendua, baik oleh China ataupun oleh US sendiri. China menuntut totalitas yang lebih besar. Begitu pula dengan US, mereka meminta kompensasi yang lebih atas dukungan dan jaminan stabilitas yang telah dikecapi Malaysia. Untuk penjelasan yang satu ini, beliau meminta kami untuk off the record.

    Untuk menurunkan tensi pembicaraan, saya menyinggung tentang foto penyambutan beliau yang mengenakan mantel musim dingin. Saya bilang bahwa panglima TNI kami terlihat lebih gagah dengan jaket kulit hitamnya ketika melakukan kunjungan ke China, mengapa anda harus menggunakan mantel sedangkan counterpart anda hanya menggunakan jas. Hahaha..! Tawa renyahnya keluar, seandainya acara penyambutan beliau sama seperti penyambutan panglima TNI di China yang dilakukan dalam ruangan, maka beliau akan memilih menggunakan jaket kulit yang memang sengaja udah disiapkan dari Kuala Lumpur. Tapi upacara penyambutan di Pentagon dilakukakan di halaman depan, yang kebetulan untuk beberapa dekade ini, beberapa tempat di US sedang dilanda musim dingin yang lebih dingin, bahkan terkadang salju turut serta menutupi jalanan, halaman, atap rumah dan dedaunan. Bahkan anginnya sangat kencang dan menusuk tulang.

    Melihat gelagat Malaysia yang menunjukan sikap politik yang mendua, akhirnya pihak China maupun US menjadi geram. Mendua dengan netral adalah dua sikap yang berbeda. Tidak heran jika kemudian Russia lebih memilih untuk mengatur langkah ke belakang dalam percaturan militer dengan Malaysia, yang akhirnya kita ketahui bahwa Russia lebih memilih Indonesia sebagai partner utamanya di Asia Tenggara. Dan lagi-lagi, sikap dan pilihan politik Russia ini dipandang lain, baik oleh US maupun oleh China.

    Bagi US, masuknya Russia bermakna bahwa lawan mereka di atas ring hot spot Asia Timur akan bertambah. Mereka khawatir Russia akan membuat sebuah korelasi konflik antara Crimea, Taiwan, Semenanjung Korea dan LCS. Jika hal ini terjadi, maka US akan lebih cepat menemui kegagalan dalam mempertahankan hegemoninya di Asia Pasific. Sedangkan bagi China, masuknya Russia sebagai partner penting Indonesia, seperti telah merampas bongkah emas dari genggaman. Mereka geram dan kecewa, walaupun di sebalik itu harus diakui bahwa mereka sangat memerlukan Indonesia. Lawan Jepang, China harus bermain sendiri. Bahkan selain menghadapi Jepang, China juga harus mengjadapi Russia dan tentu saja US yang ada dalam gendongan Jepang. Dalam konflik Taiwan, lagi-lagi China juga harus bermain sendiri dalam menghadang kekuatan US. Di Korea, meskipun China tidak terlibat langsung, tapi fakta berkata tegas dan telak, bahwa China hadir secara utuh dan penuh dalam konflik itu. Sedangkan di LCS, China lebih parah karena harus berhadapan dengan banyak lawan, termasuk Indonesia yang dimata China sangat membingungkan. Netral dimaknai sebagai abstain, yang artinya masih punya potensi perubahan sikap, dan ini dinilai lebih berbahaya karena membuat setiap kubu tidak bisa tidur nyenyak. Jika anda punya 5 pucuk rudal, maka tidak salah jika satu diantaranya diarahkan ke Indonesia sebagai usaha berjaga-jaga.

    Pelajaran yang saya petik dari konflik ini, adalah adanya penilaian dan pembenaran sepihak atau dengan kata lain, masing-masing negara telah merasa benar dengan sikap politik yang mereka ambil. Padahal untuk penyelesaian konflik, masing-masing kebenaran yang ada masih sangat absurd dan samar. Teringat dengan kata-kata teman saya yang dari Korea, bahwa kemungkinan untuk perang masih sangat jauh, walaupun mungkin nanti menlu kita akan lebih sibuk. Hehehe..! Semoga..! Langkah yang diambil oleh panglima TNI perlu diacungi jempol, sebaiknya beliau tidak terbatas hanya berkunjung ke China saja, tapi sangat penting juga untuk berkunjung ke negara-negara lainnya, bahkan kalau perlu, berkunjunglah lebih sering ke negara-negara Asean, yakinkan dan berikan jaminan bahwa Indonesia bukanlah sebuah ancaman dan jika perlu kita siap memberikan bantuan dan dukungan. Hahaha..! Biar perlahan namun pasti, legitimasi moral yang menganggap Indonesia sebagai Bossnya Asean akan terbentuk. Tapi kita juga harus berusaha keras untuk benar-benar bisa menjadi Boss yang mumpuni bukan sekedar pemimpi.

    • Sorry Bung, kalau beberapa tulisan saya sudah terposting sebelumnya. Tadi saya coba mengedit beberapa ejaan dan mencoba mengurangi bahasa asing yang ada. Bung Nowyoudont, nanti tolong delete aja yang dianggap gak perlu ya. Terima kasih l. Selamat petang..!

    • deskripsi bung yayan rapih dan runut,…
      jika membaca isi koment bung yayan ini.. gue malah jadi bertanya2 jatidiri bung Yayan sendiri.
      paling tidak anda seorang CEO dari Jaringan Hotel kelas dunia.
      bukan seorang Chef lagi.

      kabur akh…. maaf…
      πŸ˜€

  60. Indonesia, πŸ˜†

    bung @yayan, kirim ke email saya saja biar dijadikan artikel. Isinya menarik untuk disimak daripada kepotong potong begitu.

  61. dari bung yayan’…..Tidak heran jika kemudian Russia lebih memilih untuk mengatur langkah ke belakang dalam percaturan militer dengan Malaysia, yang akhirnya kita ketahui bahwa Russia lebih memilih Indonesia sebagai partner utamanya di Asia Tenggara.
    so….apa sih yang tidak buat kamu…..! su 35?kilo?slava?,…

  62. Request ngademin artikel tentang persaingan PKR Sigma 10514 vs Gowind, sigma vietnam, stealth fregate myanmar, formidable, dan brp ramon alcaras filipin.

  63. Mantap bung yayan

  64. @all
    Sudah buka metrotv blom skrg?
    Lagi talkshow dialog kebangsaan “NKRI harga mati”
    Ada panglima TNI…..

  65. @ bung now : tlg acara talkshow yg ada pak mul di rekamin… Wah lagi di kreta nih… Hiks3..

  66. wuih..tonggoku kueren tenan..

 Leave a Reply