Jan 122016
 
Kapal perang AS di Korea Selatan

Kapal perang AS di Korea Selatan

Mari kita mengenal dan melihat kekuatan USA Force di Semenanjung Korea Selatan, khususnya SatGab Command Korsel dan militer AS di sana.

Semenanjung Korea adalah dua negara bersimpangan dari sejak perang dunia kedua, dan perang 1950-1953 merupakan saudara cuma dipinggirkan oleh politik, ideologi dan kepentingan luar (China, USA dan Rusia).

Satu negara kaya raya dijaga banyak bodyguard kekar, bersenjata lengkap dan muda. Dan satu lagi saudara tetangga lebih miskin dijaga banyak bodyguard, cuma sudah tua perlengkapannya, tapi saudara kaya raya masih memerlukan bodyguard asing untuk menjaga daerahnya (nggak pede).

Korsel dengan GDP sekarang mencapai USD 1,4 triliun (tahun 2013) , siapa tidak mengenal produk Korea di pasaran dunia: SAMSUNG, HYUNDAI, KIA, LG hingga supermarket besar Lotte. Bandingkan dengan GDP Korut hanya USD 40 miliar lebih, merupakan ranking 15 ekonomi dunia (biarpun kini juga krisis gombalisasi) sedangkan Korea Utara masuk 180.

Kekuatan Komponen Militer AS di Korea Selatan:

  •  Angkatan kedelapan AS merupakan komponen penting bila terjadi konflik dengan Korea Utara (sekutu)dengan divisi 2 sebagai tulang punggung: 20.000 pasukan darat mekanis.
  • 7th USAF dengan 8000 Airman.
  • Markas naval forces dengan 300 pelaut.
  • Marfor-k: 100 personil mengordinirkan gabungan marinir korsel dengan marinir us dipasific berkuatan puluhan ribu marinir bisa pecah perang di semenanjung.
  • Pasukan khusus gabungan: 100p sk mengkordinirkan pasukan di belakang garis Korea Utara bila terjadi perang.

Alussita Militer AS di Korea Selatan:

  • 140 Tank M1A1 Abrams.
  • +-200 Kendaraan tempur Bradley.
  • 30 Pucuk howtezer M155.
  • 30 MLRS.
  • 3 PAC Patriot sistem unit.
  • 70 Helikopter Apache.
  • +-100 pesawat F16 sebagai cas (close attack support).
  • 20 Pesawat A10 Wathorg.
  • Berserta unsur awacs, reueling, transports (Hercules J, C-17 Globemaster) tidak disebutkan berapa unit.

Nah sekarang kita melihat sekilas kekuatan militer Korea Sealatan :

Angkatan Darat Korea Selatan :

  • Mempunyai 495.000 pasukan.
  • Tank:2400 (MBT K2, K1).
  • Kendaraan Tempur :2600 (termasuk K21).
  • Arteleri 5800 (termasuk MLRS).
  • Rudal:+-100 (darat ke darat).
  • Pasukan khusus: 10.000 (swc ini mungkin termasuk yon 707).

Angkatan Laut Korea Selatan :

  • Mempunyai 70.000 pasukan (termasuk 2 divisi marinir).
  • Kapal perang 110 permukaan (termasuk destroyer King Sejong Great, Kapal perang induk helikopter, Dokdo).
  • Kapal Selam operasional sekarang: 10 buah.
  • 40 kapal pendukung (logistik, survei, penyapu ranjau dan lain-lain).

Kekuatan Angkatan Udara Korea Selatan :

  • 65.000 personil pasukan
  • Pesawat tempur F5 E/F Tiger; +-170 unit
  • Pesawat tempur F4 Ephantom: +-40 unit
  • Pesawat tempur KF-16 c/d: +- 160 unit
  • Pesawat tempur F15 :+-60 unit
  • Pesawat AWACS 737: 4 unit
  • Pesawat A330 MRTT: 4 unit
  • Puluhan pesawat pendukung : Super Hercules, Hercules tipe lama, dan lain-lain.

Pasukan cadangan korea Selatan siap pakai +-3 jura personil, pasukan dengan wajib militer 2-3 tahun.
Melihat kekuatan udara, laut dan darat Korea Selatan dengan gabungan 8 armada AS menghadapi Korea Utara slogan: si vis pacem parabelum (kalau ingin damai harus siap perang) komando gabungan ini juga didukung sub kordinat dari Armada ke 7 dan armada pasifik (di Hawai dan San Diego).

Perang kedua Korea yang bersaudara ini adalah perang yang dilupakan (forgotten war). Perang ini dari perang dunia kedua, perang Korea, Perang Dingin, Perang Vietnam, Perang Irak 1-2, Perang Afghanistan babak 1 Rusia dan babak 2 koalisi USA sampai sekarang masih belum berbuah PERDAMAIAN, BIARPUN secara de facto perang sudah berakhir puluhan tahun (biarpun ada provokasi kedua pihak).

Selamat membaca bila ada kekurangan tolong dicross cek kembali.

Sumber : Comando, Angkasa, Wikipidia, Globalsecurity, Warontherocks.,usfk.mil.

Salam damai selalu :)

Bukek Siansu

Bagikan Artikel:

  21 Responses to “Kekuatan Militer AS – Korea Selatan di Semenanjung”

  1. emm;-)

    • Setiap peristiwa selalu ada hikmahnya. Bagi kita keadaan yg selalu tegang antar 2 Korea adalah kesempatan emas untuk mengundang investasi Korsel, bagaimanapun pengusaha Korsel akan selalu memperhitungkan kemungkinan pecahnya perang, sehingga mereka akan berupaya mengamankan aset mereka dg memindahkannya kenegara lain yg jauh dr kemungkinan perang/serangan Korut dan salah satu negara itu adalah Indonesia krn kita juga sahabat korut lihat saja banyak investasi Korsel di negara kita juga kemudahan transfer teknologi pespur, kapal perang dan selam. Tinggal pendekatan yg tepat dr penguasa dan pengusaha kita.

  2. wah kedua

  3. Kok korut ngk disebutuin kekuatantya, ngk adillah

    • Personel aktif 1.106.000, cadangan 8.200.000 & SDM tersedia 12.933.972 orang

      AD berintikan pada ribuan Main Battle Tank, terdiri dari T-34, T-54, T-55, T-62, T-72 ditambah MBT lokal Chonma Ho & Pokpung Ho.
      APC/IFV, Self-Propelled gun, Mortar, senjata anti tank, senjata anti pesawat, kendaraan logistik.
      Artileri bertumpu pd Meriam” Howitzer tarik maupun swagerak kaliber 122mm, 152mm, 170mm & ribuan MRLS buatan soviet.

      AL terdiri dari 2 armada utama (barat & timur dngn kekuatan utama bertumpu di timur).
      73 KS dari berbagai jenis.
      whiskey class, Romeo class, KS kecil berkapasitas 18 awak & Midget berkapasitas 2 awak.
      frigate 3, kapal patroli 471, kapal penebar ranjau 58,, kapal bersenjata 158, Kapal pendarat amfibi 273 unit.
      persenjataan mencakup Artilleri kaliber 122mm & 130mm. rudal SS-N-2 Styx.

      AU bertumpu pada 250 unit MiG-21MF Fishbed-J, MiG-19 Farmer, 60 unit MiG-23ML Flogger & MiG-29 Fulcrum.
      khusus MiG-29A & MiG-29UB (varian kursi ganda) hanya ditempatkan di Pyongyang.
      MiG-21 & MiG-23 disebar diseluruh pelosok negara.
      MiG-15 & MiG-17 ditempatkan di perbatasan.
      Kekuatan pembom berintikan pada 80 unit pembom medium Ilyushin Il-28 Beagle yg berkemampuan meluncurkan rudal jelajah antikapal SS-N-2 Styx yg juga diproduksi lokal.
      serang darat terdiri dari Su-25 Frogfoot & MiG-23BN flogger-D.
      helikopter terdiri dari Mi-2,, Mi-4, Mi-8, Mi-14, Mi-24 buatan Soviet & Hughes MD500 buatan Us.

      berikut ini adalah daftar inventory rudal balistik dibawah komando Strategic rocket forces korea utara :
      1. FROG-7, tactical ballistic rocket buatan Soviet (70km).
      2. KN-1, rudal jelajah antikapal berbasis SS-N-2 Styx (160km).
      3. KN-2, Rudal balistik jarak pendek (SRBM) buatan lokal (120km).
      4. Hwasong-5, SRBM buatan lokal (330km).
      5. Hwasong-6, SRBM buatan lokal (700km).
      6. Scud-ER1 (Extended range) rudal balistik soviet scud yg dimodifikasi lokal (800km).
      7. Rodong-1, Medium-range ballistic missile (MRBM) buatan lokal (1000km).
      8. Rodong-2, MRBM buatan lokal (2000km).
      9. BM-25, Intermediate range ballistic missile (ILBM) buatan lokal (2500km).
      10. Taepodong-1, MRBM buatan lokal (2500km).
      11. Taepodong-2, Intercontinental ballistic missile (12.500km).
      12. Musudan-1, rudal balistik yg diluncurkan dari KS (SLBM) (4000km).

      maaf klo salah… salam.

  4. semoga tidak terjadi perang di sana

  5. Besar sih..? Tapi kalo korea utara gabung sama cina? Bagaimana? Ingat perang korea yang dulu cina ada di belakang korea utara,, mungkin sampe sekarang kalo perang terjadi tetap membantu

  6. hadir..

  7. @bukek siansu … arsenal nuklir nya mhn dibabar jg bung … plus antidot nya, maklum kalo terjadi perang bakal mirip saling timpuk antar tetangga

    • setahu saya kalo arsenal nuke korut uji coba(nah berapa arsenal siapa pun tidak tahu)cm analisis barat diperkirakan ada +-6-9nuke,nah yg tgl 6-01-2016 uji coba bom hidrogen adalah ujicoba sangat ditakutkan kalo misal dimiliki oleh korut,mengapa karena kalo dipakai untuk menghantam sasaran2 padat penduduk dan vital(markas militer)maka tidak perlu perang konvesional dihadapin oleh korsel dan sekutunya,balasan pasti pakai nuke(habis sudah bangsa korea dua pihak)tetap korban ada dipihak sekutu baik itu china maupun usa(juga japan,rusia)

      sejak kolapsnya unisoviet,denuklirsasi(tidak adanya nuklir)disemenanjung korea sudah dijalankan enam negara(rusia,china,korut dengan korsel,usa,japan)jd senjata utama arsenal nuklir usa sudah ngk ada dikorsel sana(nah kalo kamu nanya kasel nuke usa yg patroli di laut dekat korsel atau japan heheeh sama ghoibnya dengan saudara2 warjager sering bahas ghoib saya juga tidak tahu xixixixi)

      kalo perang konvesional sampai kapanpun korut tidak akan bisa melawan korsel dibantuin amrik,nah dimana letaknya sekarang,adalah bom nuke dan hidrogen itu pemicunya(siapa tahu pemimpin korut sekarang lebih gokil,setengah gila sampai pamannya sendiri merupakan tangan kanannya,juga pangabnya juga dihilangkan)

      judul diatas harusnya united states forces korea(usfk pasukan gabungan amrik dikorsel)

      saya cm analisa yg saya baca,kalo terjadi kekurangan ya harap maklum salam selalu

      salam bung den bdg met malam.

    • sampai sekarang sistem thaad belum masuk operasional korsel karena diancam oleh china secara langsung karena menghalangin keamanan nasional,sistem pac patriot dan destro korsel sudah sistem aegis cm bisa menghalangin rudal balistik korut dan china saya tidak tahu heheeheh(karena belum perang)

      bebagi info salam bung:)

  8. Yach pasukan yonhap doang,pasukan jong un mana…?

  9. si vis pacem parabelum

    selogan yg bagus

  10. bung @Bukek Unifikasi korsel korut kira2 gmana klanjutanya stelah aksi profokasi korut, dr pada mereka perang saudara mending damai, tp berani nggak korut tendang cina dan korsel depak asu

    • @bung asbun unifikasi semenanjung sebenar sulit3 gampang bedanya dengan jerman barat dan timur bersatu adalah kolapsnya peyangga utama uni soviet(jerman timur)

      sedangkan siapa tahu sekarang pemegang ekom dunia no1 dan 2 itu milik siapa?sekarang siapa iklas untuk korea bersatu?china atau usa,sepertinya tidak ada mengalah hehehehehehe KEPENTINGAN adalah no1lah diatas segalanya,kalo ditanya kalangan bawah mungkin kalo damai pasti pengen bersatu,kalo sudah perang pasti lain urusannya

      salam damai selalu met malam bung:)

    • yup bung Bukek…
      bersatu’a Jerman adalah simbol kekalahan USSR (secara halus) & bersatu’a Vietnam adalah simbol kekalahan US (secara kasar)

      seperti’a akan sulit menyatukan Korea melalui kekerasan.
      persekutuan Cina-Korut dikukuhkan dngn penandatangan Treaty of Friendship, Cooperation and Mutual Assistance. diantara isi’a antara lain saling memberikan bantuan militer apabila salah 1 dari ke2 negara diserang.

      belum lagi kesamaan ideologis yg membuat Cina mendukung Korut.
      saat Soviet runtuh, Beijing melihat Pyongyang sbg satu”nya “rekan ideologis” yg msh tersisa. ini terkait erat dngn legitimasi politis rezim komunis Cina. makin banyak rezim komunis terguling berarti makin sulit pula bagi yg msh ada tuk mengukuhkan legitimasi’a.

      Cina khawatir, jika rejim Korut runtuh, atau jika Korea bersatu kembali, Us bisa maju sampai ke perbatasan negara’a.
      jika Korut runtuh, 1 atau 2 jt pengungsi akan berbondong-bondong menyeberangi perbatasan. ini akan menjadi beban berat.

      dlm Kongres Nasional Rakyat Cina, beberapa anggota delegasi pernah berdebat tentang politik negara itu menghadapi Korut.
      yg jadi perdebatan adalah, apakah Cina perlu terus mendukung Korut, atau sdh saat’a menarik dukungan.

      antara Tradisi & Strategi baru kalangan politik Cina msh blm sepakat, bagaimana menghadapi Korut.
      kubu tradisional msh berpegang pada gambaran yg dipropagandakan oleh pemimpin besar Mao Zedong.
      Cina & Korut ”sangat dekat, seperti bibir dan gigi”. bagi mereka, Us adalah musuh besar. Korut dilihat sbg negara penyangga penting tuk menghadapi Korsel & Jepang, mitra Us yg terpenting di kawasan itu.

      menurut Jia Qinggou, Profesor Ilmu Politik di Universitas Beijing, strategi ini sdh usang.
      Cina sebaik’a melihat kasus Korut sbg alasan tuk memperbaiki hubungan dng Us.

      Wamenlu Korsel Chun Yung-woo menyampaikan hasil percakapan’a dngn 2 pejabat senior Cina kpd dubes Us Kathleen Stephens, yg mengatakan bahwa mereka percaya Korea seharus’a dipersatukan kembali dibawah kendali Korsel.

      Cina mulai berpkir ulang thd konsekuensi senjata nuklir Korut.
      Us bisa saja bertindak & menjatuhkan rezim Kim Jong-un, atau sebalik’a Pyongyang menggunakan nuklir tsb tuk mengancam Cina.
      selain hrs mempertimbangkan besar’a dana yg hrs dikeluarkan jika ekonomi Korut runtuh, kondisi ini bisa mempengaruhi Korsel yg saat ini memiliki hubungan ekonomi yg terus berkembang dngn Cina.

      dlm tulisan berjudul “SSI: Projecting Pyongyang-The Future if North Korea’s Kim Jong Il Regime” yg dimuat situs Council of Foreign Relations , Scobell menulis, “Beijing kemungkinan besar akan berhenti membantu Pyongyang & membiarkan kegagalan Korut apabila mereka percaya bahwa Korea yg bersatu di bawah Seoul lebih menguntungkan bagi Beijing.”

      salam y bung…

  11. lha korsel masih pake F-5 ya…..wah malon keterlaluan bilangin F5 pesawat sepuh,mungkin malon iri F-5nya gak bisa terbang lagi kerana enginenya hilang di curi ATM kah kah kah

    • @bung nka bukannya sudah tertangkap oknum tentara tuldm yg melakukannya,bukannya enginenya konon sampai amrik latin(uruguay) sana jauh ya hehehehehe

      nah konspirasi sampai enginenya kesana itu yg kurang beritanya dan infonya(ada bisa kasih tahu termasuk bung nka?)
      kemungkinan pengganti f5tiger adalah kfx9katanya ratusan pespur)dan f35(berjumlah 40)

      met malam selalu

  12. Korea selamanya dalam bayang2 perang saudara, 1 saudara pecah akibat saling serang pengaruh politik barat dan timur….
    Berharap kedamaian akan selalu menaungi semenanjung korea.

 Leave a Reply