Dec 272014
 
 MiG-29N Malaysia


MiG-29N Malaysia

ACTIVE NUMBER OF AIRCRAFT AIR FORCES OF MALAYSIA: 253 – 265

18x Sukhoi Su-30MKM multi-role fighters (TUDM)
8x Boeing (McDonnell Douglas) F/A-18D multi-role fighters (TUDM)
10x Mikoyan-Gurevich MiG-29N single-seat air-defence fighters. Planned retirement in 2015. (TUDM)
2x Mikoyan-Gurevich MiG-29NUB two-seat air-defence fighters. Planned retirement in 2015. (TUDM)
6x British Aerospace Hawk 108 advanced trainers and light attack aircraft (TUDM)
13x British Aerospace Hawk 208 light attack aircraft (TUDM)
10x Aermacchi MB 339AM jet trainer and light fighter aircraft (TUDM)
8x Aermacchi MB 339CM jet trainer and light fighter aircraft (TUDM)
1x Lockheed C-130MP Hercules maritime patrol and transport aircraft (TUDM)
4x Beechcraft 200T Super King Air maritime patrol aircraft (TUDM)
1x Boeing Business Jet 737-700 VIP transport aircraft (prime minister’s flight) (TUDM)
1x Airbus A319CJ VIP transport aircraft (TUDM)
10x Lockheed C-130H Hercules tactical airlifter (TUDM)
4x Lockheed KC-130T tanker aircraft (TUDM); 2 are refurbished C-130MPs
8x IPTN Indonesia (CASA / Airbus) CN235-220M tactical airlifters. Operate as the airlift for the 10 Paratrooper Brigade. (TUDM)
1x Bombardier Global Express 700 VIP transport aircraft (TUDM)
1x Dassault Falcon 900B VIP transport aircraft (TUDM)
1x Fokker F.28-1000 Fellowship VIP transport aircraft (TUDM)
10x Cessna 402 utility aircraft (TUDM)
30x Pilatus PC-7 trainers (TUDM); might be partly retired
17x Pilatus PC-7 Mk II trainers(TUDM)
20x SME Aero Tiga MD3-160 primary trainers (TUDM)
12x Eurocopter EC725 Caracal transport and CSAR helicopters (TUDM)
17 – 29x Agusta (Sikorsky) S61A Nuri transport and SAR helicopters (TUDM)
2x Agusta (Sikorsky) AS-61N VIP helicopters (TUDM)
2x Sikorsky S-70 Black Hawk VIP helicopters (TUDM)
1x Agusta A109C utility helicopter (TUDM)
10x Agusta A109LOH utility and armed support helicopter (TD)
6x Westland Super Lynx 300 anti-submarine and anti-ship helicopters (TLDM)
6x Eurocopter (Airbus Helicopters) AS 555SN Fennec surveillance and anti-submarine helicopters (TLDM)
13x Aérospatiale Alouette III training and utility helicopters (TUDM)

 F/A-18 D Hornet Malaysia


F/A-18 D Hornet Malaysia

AIRCRAFT ORDERED: 9

4x Airbus A400M tactical transport aircraft. To start entering service in 2015.
5x Pilatus PC-7 Mk II trainers. To start entering service in 2016

 CN235-220 Malaysia


CN235-220 Malaysia

CN235-220 Malaysia
AIRCRAFT RETIRED IN 2014

4x Northrop F-5E Tiger fighter-bomber (operational reserve retired in December 2014) with another 12 already in semi-reserve (TUDM)
2x Northrop RF-5E Tigereye tactical reconnaissance aircraft (operational reserve retired in December 2014) (TUDM)

Sumber: jejaktapak.com

Bagikan :

  82 Responses to “Kekuatan Udara Malaysia”

  1.  

    Ehemmm

  2.  

    malon katanya munyewa su35 ????

  3.  

    Jangan takut…Kirim saja anak pedalaman…tentaranya saja nggak kuat lapar…..Hihihihih

  4.  

    siang semua

  5.  

    ternyata pesawat tempur malaysia lbh byk dr indonesia..singapore apalagi..kita menang yg goib2 doank

  6.  

    Biasa Biasa Aja, Masih Kalah Hebat Sama Pespur Singapur

  7.  

    Itu pilot nya malon coba diadu dog fight sama pilot AU indonesia?

  8.  

    Woi…bangun bangun….sudah siang…mimpinya ketinggian…tuh..

  9.  

    Jangan biarkan malon makin besar kepala dan menganggap remeh kita, perkuat alutsista TNI, jangan permalukan negeri ini dengan masalah BBM, kekurangan suka cadang dll, !!!

  10.  

    Jika f5 tiger alias si macan sudah di ganti dengan SU 35 . Dijamin kekuatan udara indonesia akan bertambah signifikan kekuatan nya.

  11.  

    test

    •  

      pesawat mig dan f5 tudm akan dipensiunkan pd 2015 dan akan diganti mrca, jd pd 2015 nanti pesawat tempur yg operasional tinggal 18 su mkm dan 8 hornet serta beberapa hawk..sambil menunggu tender mrca dg kandidat typhoon, rafale, grippen, dan super hornet.. sukhoi tdk dilirik oleh tudm

      •  

        Mig gak jd persiun..malah diupgrade menjadi mig 29nM..setara mig 29smt..penukaran radar terkini,tangki tambahan,daya angkut rudal lebih canggih dan banyak..ia menigkatkan upaya 3 kali lipat dari yang asal

  12.  

    tak banyak cakap kami lebih unggul dibanding negara yg akan akan

  13.  

    Maaf kawan, kita harus bangga dengan Negara kita sendiri … TNI menuju proses kemandirian memang membutuhkan waktu yg panjang tapi kita harus yakin saatnya sudah dekat … Seluruh Industri Strategis saling macu diri, saling konekti itas dan sonergi untuk menciptakan alutsista yg mumpuni … PT Pal, PT Pindad, PT Kodja Bahari, Pt Krakatau Steel, PTDI, Pt. Lunsin, Pt. LEN, Batan, Lapan, Bppt, PUSPITEK Dan banyak lainnya .. bekerja keraa untuk INDONESIA TERCINTA ..

  14.  

    Apanya yang hebat :

    – 18 MKM VS 16 MK2/SKM (+ 16 SU35)
    – 10 Mig 29 + 8 Hornet VS 34 F16 blk52ID

    TNI AU lebih TOP laah.

    NB: asal SU35 jadi dibeli yaa..

  15.  

    Ngk kn dy boleh kalahkan kekuatan rakyat indonesia yg slu setia ma NKRI,,,,,biarpun kmi wong cilik klu sama askarnya malon mah kecil,, tak ewer2 biar tau rasa dia.

  16.  

    Nggak ada yang baru lagi dah bangkrut nampaknya malon yang sok jagoan itu peringkat gfp 38 malon berani nantang kami? kucongkel biji matamu dan kumakan jantungmu mau?

  17.  

    kita jadi auisisi yang mana nich utk pengganti F 5??
    Typhon, Rafale, F16 C/D, Gripen, Su 35
    mungkin kita perlu polling nih.. hahaha
    kalo aku Su 35. haha

  18.  

    malaysie nak beli pesawat penempur tak bise karna uangye dibuat berwisate sama PM nye….

  19.  

    Kita boleh bangga tapi jgn sampai menjadi sombong kawan, jangan pernah meremehkan kekuatan lawan selalu waspada sambil menguatkan otot alutsista TNI kita…
    terus genjot kemandirian inhan dalam negeri & lanjutkan program MEF jilid II & III

    TNI kuat Indonesia hebat

    •  

      Ini baru komentar bagus, saya jadi ingat waktu Israel dikurung beberapa negara dengan peralatan canggih yg kebanyakan dari Uni Soviet. Tapi yah begitu, akhirnya ketahuan siapa yg kalah??

      Saya bukan orang yg mendukung Israel atau yahudi, tapi ambillah pengalaman itu. Saya jadi ingat di Afganistan, Amerika dan sekutu dengan peralatan canggih dan pengalaman segambreng keteteran melawan milisi2 mujahidin. Jadi jangan pernah meremehkan lawan…

      Segede-gedenya gajah, tetap bisa tumbang oleh kawanan semut… Ingat dunia ini penuh ketidak-adilan, yg terlihat belum tentu kuat….

      Salam

  20.  

    Menurut saya kekuatan malaysia BIASA SAJA lah. Saya malah ketawa 😀

  21.  

    mudah2 negeri serumpun kita memiliki angkatan udara yg kuat,militer yg kuat..maju trus saudara serumpun dan mari bersama indonesia membangun kekuatan militer yg hebat..malaysia boleh,indonesia bisa..

    •  

      serumpun dari mana?
      mereka serumpun dengan sumatera dan kalimantan, tapi tidak dengan bangsa indonesia, karena mereka tidak serumpun dengan papua, maluku apalagi jawa!

      •  

        Maaf ya bung saya koreksi..bukan serumpun tapi eks jajahan Majapahit & Sriwijaya.

        •  

          Kalau boleh jujur terkadang saya kasihan dengan mereka setiap kali mereka klaim budaya kita. Yang terjadi adalah di alam bawah sadar mereka, hati kecil merasa sebagai bagian kecil dari sebuah negeri besar yang besar yang bernama Nusantara. Batik yang mereka klaim diwariskan turun-temurun oleh seorangan pangeran Majapahit; Paramisora beserta pengikutnya yang mendirikan kerajaan Malaka. Lagu daerah yang mereka klaim adalah warisan turun-temurun dari para petualang Nusantara yang lalu menetap di Malaka. Tak ketinggalan pula Perdana Menteri negeri mereka adalah warisaan turun-temurun dari petualang yang berasal dari bugis yang menetap di sana. Menhan mereka saat ini adalah orang Yogyakarta. Kebesaran negeri yang bernama Nusantara ini tidak untuk dibandingkan dengan Malaysia bung. Tapi kita perlu mawas diri, tidak baik menganggap remeh orang lain. Tidak baik pula selalu menganggap diri lebih dari orang lain. Salam

    •  

      Yg Ngomong serumpun Cuma Malon, WNI nggak akan Pernah Ngomong yg spt itu..!
      Frans Warga Maid Of London kah ?
      setiap coment di JKGR selalu miring …
      oooo ooo kamu ketahuaaannn !

    •  

      setuju dgn bung frans

      •  

        oh ya MIG 29 itu bisa di upgrade gak ya? harusnya Phillipine ambil kesempatan ini…mengingat mereka ga punya skuadron aktif, kecuali “pesawat latih” yg br diakuisisi thn ini.
        Yah, kecuali pinoy gak cs-an sama beruang merah.

    •  

      embahmu serumpun!!

  22.  

    baik nya urusin negara sendiri pemerintah pacu pembuatan IFX sambil itu siap akuisi dulu SU 35 16 biji trus ama nambah F 16 jadi 4 skwadron alias 16 x 4 baru bisa imbangi lawan

  23.  

    kenapa kita klo bicara kekuatan militer orientasi nya cuma d lingkungan asia tenggara,klo gk malaysia,singapor,australi.
    Level militer indo sudah kelas dunia.kita harus pede.
    Sama sperti sepakbola,pssi gk prnah bicara piala dunia,tingkat asia tenggara aj ngos ngosan.

  24.  

    Saya pengin denger Perwira kita ngeluh terus, Bbm ngutang, Pesawat tak laik terbang, sucad minus

  25.  

    pasukan khusus dukun santet harus harus jga dibentuk

  26.  

    TNI terkuat di Kawasan Bro,, saingannya bukan Asteng lagi,, Singapore apalagi Malaysia.. Lomba tembak2an aja diborong emas & pialanya sama TNI.. Yg pesimis pada kaga liat kemaren Exocet block 3 sama Yakhont ikut parade HUT TNI? Padahal bukan baru kemaren TNI punya ituh rudal… Klo Layangan pasti kalahlah TUDM, baik jml pesawat, varian, sama kualitas pilotnya sama TNI.. Kasian TNI ku klo masih dibanding2in sama TUDM,, beda kelas ituh antara kelas 1 sama kelas 9.. :mrgreen:

  27.  

    wah udah nyantai aja lah mending kita tidur nyenyak aja semua kita serahkan sama mef II sama kepada panglima tni jend moeldoko pasti indonesia maju jgn ada pesimistis….

    nkri harga mati….

  28.  

    tentara Malaysia itu yang gini ya? 😀
    http://youtu.be/nh819lwvp8I

    Hehehe bercanda dikit 😀 selamat berakhir pekan untuk semua

  29.  

    sudah terlihat kan bung skrg yang mana ular dan yang mana garuda.

 Leave a Reply