Des 132018
 

Konsep kapal selam spesial, Sub 2000 Angkatan Laut AS yang tak pernah dibangun © H.I. Sutton

JakartaGreater.com – Meskipun Sub 2000 dianggap sebagai desain kapal selam ultra-modern, Amerika Serikat tidak pernah bermaksud untuk mengembangkan kapal jenis ini, seperti dilansir dari laman Popular Mechanics.

Informasi tentang kapal selam spesial Sub 2000, yang diterbitkan Popular Mechanics, mengatakan bahwa desain kapal selam diperkenalkan sebagai alternatif dari struktur kapal selam tradisional AS. Desain tradisional bentuknya tabung silinder, kepala bulat dan ekor ramping, dek atas yang tinggi dan sistem propeller pada buritan.

Ketika gambar diumumkan, dek atas jauh lebih rendah dan menyatu dengan lambung datarnya. Tidak ada sirip T-tail yang digunakan seperti kapal selam tradisional dari Angkatan Laut AS, Sub 2000 menggunakan pipa ekor berbentuk X.

Sub-2000, berbentuk anggun dengan panjang hanya 79 meter, secara signifikan lebih kecil dari kapal selam kelas Virginia (114 meter). Kapal selam ini dirancang mamakai lambung ganda.

Perlu diketahui, bahwa kapal selam AS sudah tidak memakai lambung ganda sejak tahun 1950-an, yang jelas merupakan desain yang sepenuhnya berbeda, tapi mereka mengurangi mampu kebisingan maksimum dan meningkatkan kelangsungan hidup para pelaut didalamnya.

Desain konseptual kapal selam nuklir kelas Virgina © US Navy via Wikimedia Commons

Pompa propulsi dimasukkan ke dalam lambung daripada menggunakan baling-baling di dalam tabung buritan. Kebisingan terbesarnya adalah mesin jet, yang benar-benar tersembunyi di dalam lambung.

Solusi ini membuat perang jauh lebih senyap daripada kapal selam saat ini. Di dalam pertempuran bawah air, mode stealth sebagian besar adalah akustik rendah, tenaga mesin jet adalah keuntungan yang dimiliki oleh kapal selam AS dan Inggris selama bertahun-tahun. Namun, saat ini kapal selam Rusia juga menggunakan jetpump.

Meskipun berukuran sedang, Sub 2000 dilengkapi persenjaan berat. Ini memiliki dua peluncur torpedo yang terletak pada shelter peluncuran terbuka.

Peluncur torpedo horisontal, saat tidak digunakan, akan ditutup untuk memastikan kapal selam dapat bermanuver tanpa suara. Sub 2000 dilengkapi dengan dua belas rudal jelajah vertikal termasuk jenis rudal atau senjata lain, memungkinkan kapal selam untuk melakukan berbagai misi, termasuk kemampuan seperti kapal perang permukaan dan misi serangan darat.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, menurut media Rusia, Sub 2000 dirancang dengan sistem pompa dorong yang dapat menyebabkan Amerika Serikat gagal dalam operasi yang sebenarnya.

ilustrasi: Kapal selam Kilo buatan Rusia. ( U.S. military via commons.wikipedia.org)

Sumber itu mengatakan bahwa di maritim, dorongan pompa jet sangat besar karena kecepatannya yang tinggi, menghasilkan lebih sedikit suara, sehingga meningkatkan kemampuan kapal selam didepan sistem navigasi air (sonar). Tata letak mekanis dari sistem propulsi pumpjet dapat terdiri dari baling-baling yang ditempatkan di wadah penyemprot atau pompa sentrifugal dan pompa injeksi.

Prinsip operasi sistem propulsi pumpjet dapat digambarkan sebagai berikut: baling-baling bertindak sebagai pompa hisap untuk masuknya air laut (biasanya di bagian bawah kapal), air didorong melalui nosel dan nosel mengubah tekanan air menjadi aliran berkecepatan tinggi, yaitu efek percepatan air yang membuat propulsi tersebut menggerakkan kapal selam.

Sistem ini dianggap memiliki banyak keuntungan termasuk: kebisingan kecil ketika beroperasi; mencapai kecepatan yang lebih tinggi sebelum erosi karena peningkatan tekanan internal; resistensi rendah terutama ketika beroperasi di kecepatan tinggi; bekerja dengan baik di perairan dangkal.

Namun, faktanya adalah bahwa sistem pompa jet tidak benar-benar efisien karena kecepatan mesin jenis ini hanya setara dengan mesin baling-baling konvensional. Angkatan Laut Rusia telah menggunakan jetpump pada kapal selam Kilo Alrosa bermesin tunggal.

Salah satu “permasalahan utama” dengan sistem propulsi tersebut adalah biayanya yang tinggi. Selain itu, kinerja jetpump lebih rendah dibandingkan dengan propeller ketika kapal selam berjalan dengan kecepatan rendah dan rumput laut, sampah serta puing-puing terjebak didalamnya.

Itulah sebabnya kenapa Angkatan Laut AS (US Navy) tak pernah membuatnya.

  6 Responses to “Kelemahan Kapal Selam Modern Rancangan AS”

  1.  

    kelemahanya cm satu yaitu kl jualan pk maksa.dan pk di batasi.
    cb kyk apache nya kita blh buat buru para KKB xi papua ga.

  2.  

    Oh itu yaa penyebabnya kasel modrn amerika sub 2000 tdk dirancang, karna russia lbh dulu mengembangkannya & tau kelebihan & kelemahannya

  3.  

    Semua yg banyak kelemahannya bakal di ekspor biar kalah dengan amer, itupun harus dilakukan dengan paksaan dan ancaman

    😎

  4.  

    jadi ingat film “the hunt for the red october”

  5.  

    Itu koq mirip ikan patel ya?