Sep 122017
 

Pesawat Su-57 Rusia (photo : Andrey Neyman – RussianPlanes.net)

Vladimir Zinenko, admin untuk halaman grup Facebook “Rusia”, sebuah halaman untuk penggemar Angkatan Udara Rusia, telah berbagi foto baru dari contoh yang kesembilan pesawat tempur generasi kelima stealth (siluman) Sukhoi, Su-57 yang baru. Pesawat ini disebut sebagai pengembangan T-50 dan merupakan hasil program pengembangan tempur PAK-FA Rusia. Program ini ditujukan untuk mengedepankan pesawat superioritas udara gen 5 yang memiliki kemampuan mirip dengan Raptor F-22 A.S.

Satu perbedaan penting antara F-22 Raptor Angkatan Udara AS dan T-50 / Su-57 adalah soal kecanggihan, kemampuan serangan udara-ke-darat presisi yang direkayasa ke dalam pesawat dari asalnya (original), yang mana F-22 Raptor memperoleh kemampuan ini setelah melakukan program update ““increment 2” pada tahun 2005 dan sejak saat ini telah menunjukkan kemampuan serangan presisinya di Suriah.

Pesawat baru Su-57 itu terbang melalui Bandara Internasional Zhukovsky 9/9/2017 ketika sejumlah spotters memotretnya. Foto-foto tersebut dengan cepat muncul di forum fotografer dan spotter pesawat tempur Rusia RussianPlanes.net.

Prototipe T-50 menggunakan beberapa skema cat dan sejauh ini, merupakan contoh terakhir yang memakai kamuflase pixel dua warna terlihat setidaknya pada satu T-50 / Su-57.


Media Rusia menyebut pesawat baru ini “Hantu” mungkin karena dimaksudkan sebagai pesawat yang tidak bisa terdeteksi. (news.com.au)

Pesawat yang pertama kali terbang 6 Agustus 2017 ini, melakukan penerbangan panjang dari Komsomolsk-on-Amur, transit kira-kira 6.066 kilometer ke Zhukovsky dimana foto-fotonya diambil tanggal 9/9/2017. Pesawat tersebut membawa sepasang external tank di bawah sayap selama penerbangan.

Pesawat baru ini, yang memakai nomor ekor “511”, telah ditandai sebagai pesawat uji produksi versi final dari badan pesawat Su-57. Dikatakan telah dilakukan uji kemampuan produksi untuk dibuat dalam jumlah kecil di awal produksi.

Pertanyaan terus muncul seputar program mesin Su-57. Kritik juga muncul di media barat mengenai kemakatakan sukses namun mendapatkan sorotan dan kritikan tajam di media di luar industri pertahanan.

Ada juga pertanyaan seputar program mesin Su-57. Pesawat tersebut menggunakan mesin NPO Saturn / Izdeliye 117, atau AL-41F1 dengan kemampuan vektor dorong. Kebakaran mesin pada bulan Juni 2014 merusak secara serius prototipe PAK-FA / T-50 kelima selama pengujian. Pesawat tersebut sejak itu telah diperbaiki menyusul penggantian mesin yang memakan waktu lebih dari satu tahun. Ada laporan tentang sebuah program untuk mengganti mesin pesawat pada tahun 2025 dengan mesin yang sama sekali baru yang ditujukan khusus untuk Su-57. (theaviationist.com).

  10 Responses to “Kemajuan Program Tempur Pesawat Su-57 Rusia”

  1. Tempo menulis:
    Menurut Putin, negara yang bakal menjadi penguasa di Bumi adalah negara yang mampu menguasai ilmu Kecerdasan Buatan.

    https://dunia.tempo.co/read/news/2017/09/06/121906641/ini-kata-elon-musk-putin-dan-zuckerberg-soal-kecerdasan-buatan

  2. Dulu saya kira si PAK FA alias T-50 ini akan menyandang nama Sukhoi 50. Ternyata pake nama Su-57.
    Mungkin supaya sesukses Su-27 atau entahlah…
    Bagaimana bung Jimmy?

  3. Apakah bs se siluman Raptor? Kasi nama T-Rex aja yg mana T-Rex pemangsa terbesar dibumi yg bisa memangsa Raptor!

  4. Gimana kalo saya kasih nama Beruk Terbang ??….. 😆

  5. Nama yg Pass utk pesawat tempur Su57 sudah ada, jika memang sudah masuk uji terakhir uji lapangan dgn pakaian khususnya bubo badai & kirke badai.
    Hahhahaaa

 Leave a Reply