Aug 052019
 

dok. Uji tembakan Rudal Korea Utara. (@ Nknews.org)

Tokyo – Jakartagreater.com, Menteri Pertahanan Jepang Takeshi Iwaya mengatakan bahwa Tokyo harus meningkatkan sistem pertahanan rudal nasionalnya setelah Korea Utara meluncurkan dua rudal lainnya awal pekan ini, dirilis Sputniknews.com pada Jumat 2-8-2019.

“Korea Utara sedang berupaya meningkatkan kemampuan dan berbagai senjatanya. Kita harus memperkenalkan sistem pertahanan rudal yang dapat menanggapi semua jenis tantangan”, kata Iwaya, seperti dikutip oleh kantor berita Kyodo.

Pada hari Rabu 31-7-2019, Korea Utara menembakkan 2 Rudal Balistik jarak dekat yang meluncur 250 kilometer (155 mil) ke arah Laut Jepang. Kantor berita KCNA yang dikelola pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa Pyongyang melakukan uji coba sistem roket berpeluncur ganda berkaliber besar di bawah pengawasan pemimpin negara itu, Kim Jong-un.

Selain itu, minggu lalu, Pyongyang melakukan uji coba menembakkan 2 Rudal lain yang juga tampaknya merupakan Rudal jarak pendek dalam tes Rudal pertama oleh Korea Utara sejak Presiden AS Donald Trump bertemu dengan Kim di zona demiliterisasi pada Juni 2019.