Kemana Israel Akan Jual 40 Unit F-16A / B Netz?

Israel akan mempensiunkan 40 pesawat tempur F-16 generasi pertamanya, jumlah yang sangat besar. 40 unit atau bisa dijadikan 2-3 skuadron tempur yang mungkin sangat membuka peluang negara-negara dengan keuangan tipis untuk mengakuisisinya.

Meski pesawat tempur tua, tetapi F-16A /B Israel yang yang berjuluk ‘Netz’ atau Elang adalah pesawat tempur dengan kualitas terbaik diantara pesaingnya. Konon F-16 Netz mampu menggotong beragam persenjataan canggih terbaru seperti rudal udara-ke-udara jarak dekat Phiton, rudal BVR Derby dan rudal anti kapal Popeye yang bahkan tidak semua pesawat tempur yang lebih baru mampu menginstalnya. Jadi bisa dikatakan F-16A / B Netz adalah ibarat elang tua yang masih mematikan.

Selama pelayanan di Angakatan Udara Israel, F-16A / B Netz melakukan 474.000 sorti serangan udara dengan total 335.000 jam waktu penerbangan. Kemenangan pertama dari F-16A / B dicetak pada bulan Mei 4/1981 saat berhasil menembak jatuh helikopter Mi-8 Hip Suriah.

Menurut berita yang beredar Israel akan menjual semua 40 unit F-16A / B Block 10 yang hingga saat ini belum diketahui negara peminatnya. Israel banyak menjalin hubungan militer yang sangat dekat dengan negara seperti India, Singapura, Vietnam dan Thailand, juga banyak menjalin hubungan rahasia dengan beberapa negara lainnya yang bisa saja menjadi peminat pesawat tempur F-16 Israel.

India saat ini sangat membutuhkan pesawat tempur medium dengan mesin tunggal seperti F-16, namun mengingat usia pakai F-16A / B yang mungkin tersisa 10 tahun, India mungkin tidak akan berminat. Thailand saat ini sudah memiliki pesawat tempur modern JAS-39 Gripen, dan akan menambah lagi pesanan pesawat tempur Gripen sehingga mungkin tidak berminat dengan F-16 Netz. Filipina yang saat ini sangat membutuhkan pesawat tempur supersonic mungkin bisa mempertimbangkan F-16 Netz atau Vietnam yang mungkin ingin menambah jajaran pesawat tempur ‘gado-gado’ setelah selama ini hanya mengandalkan pesawat tempur buatan Rusia.

F-16A / B Blok 10 adalah pesawat tempur multi-misi yang dapat melakukan berbagai peran strategis, seperti peran superioritas udara dan serang darat. Memiliki kecepatan maksimum hingga Mach 2 dengan jangkauan terbang 4.220 km dengan tiga fueltank eksternal atau radius tempur hingga 500 km. F-16A / B mampu menggotong beban persenjataan hingga 7,7 ton yang terdiri dari rudal udara-ke-udara, rudal udara-ke-permukaan,bom cerdas, bom free fall atau roket.

JakartaGreater

Sharing

Tinggalkan Balasan