Jun 212017
 

Ilustrasi Su-27 rusia (photo : Theaviationist)

Satu pesawat tempur Su-27 Rusia yang bersenjata lengkap mendekati dengan cepat pesawat pengintai RC-135 AS di atas Laut Baltik pada hari Senin.

Su-27 dengan cepat mendekat dan menempel dengan jarak kurang dari 2 meter. Saat pesawat terbang berdampingan, pilot Rusia mulai melakukan manuver ‘provokatif’ dengan terbang ‘tidak menentu’ kata seorang pejabat AS.

Meskipun sudah biasa terjadi pertemuan antara pesawat tempur Rusia dan Amerika di atas Baltik, namun insiden di ketinggian dengan kecepatan tinggi, menjadi tidak biasa karena manuver pilot Su-27 Rusia dianggap ‘tidak aman’ bagi pesawat AS.

Insiden tersebut terjadi sehari setelah militer AS menembak jatuh sebuah jet tempur Suriah dekat Raqqa karena melakukan pemboman di lokasi dekat pasukan gabungan AS.

Sesudah insiden ditembak jatuhnya Su-22 Suriah oleh AS, Rusia yang sekutu setia Presiden Suriah Bashar al-Assad, mengatakan akan menjadikan pesawat koalisi pimpinan AS yang terbang di barat Sungai Efrat di Suriah sebagai target potensial sistem rudal dan pesawat tempurnya.

Dailymail

Bagikan:
 Posted by on Juni 21, 2017