Jul 102017
 

Pasukan Irak di Mosul (Iraqi Day)

Mosul – Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi tiba di Mosul 9/7/2017 dan mengucapkan selamat kepada pasukan bersenjata untuk “kemenangan” mereka atas kelompok ISIS setelah hampir sembilan bulan melakukan peperangan.

Kekalahan kelompok ISIS di Mosul setelah tiga tahun mengambil alih kota itu, merupakan pukulan besar bagi mereka, yang juga kehilangan basis operasional di kota Raqqa, Suriah, tempat mereka merencanakan serangan global.

Pertarungan untuk merebut Mosul, yang sejauh ini merupakan kota terbesar di bawah kendali petempur ISIS, telah menyisakan kehancuran wilayah yang luas, menewaskan ribuan warga sipil dan memaksa satu juta orang mengungsi.

“Panglima angkatan bersenjata (Perdana Menteri) Haider al Abadi tiba di kota Mosul yang terbebaskan, mengucapkan selamat kepada para pasukan heroik dan warga Irak atas kemenangan yang agung,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Televisi negara Irak menyiarkan cuplikan ketika Abadi berkeliling Mosul dengan berjalan kaki bersama warga kota terbesar kedua di Irak.

Pasukan Irak di Mosul (Iraqi Day)

Serangan udara dan baku tembak masih dapat didengar di jalan-jalan sempit Kota Tua Mosul, tempat kelompok itu berada, kedudukan terakhir mereka melawan pasukan Irak yang didukung pasukan gabungan internasional pimpinan AS.

Di Mosul barat, Abadi bertemu dengan para komandan yang memimpin pertempuran, namun ia belum mengeluarkan pernyataan resmi bahwa seluruh kota telah direbut kembali dari kelompok ISIS.

Juru bicara Abadi, Saad al-Hadithi, mengatakan kemenangan tidak akan dinyatakan secara resmi sampai beberapa petempur kelompok ISIS yang tersisa disingkirkan dari Mosul.

Meski begitu, Prancis dan Inggris, anggota pasukan gabungan yang melakukan serangan udara dan memberikan pelatihan serta bantuan kepada Pasukan Irak di medan perang, menyambut penaklukan tersebut.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi, di Mosul 9/7/2017 (Haider Al-Abadi)

“Mosul dibebaskan dari ISIS: Prancis memberi penghormatan kepada semua pihak, yang bersama pasukan kami, memberikan kontribusi untuk kemenangan ini,” ujar Presiden Prancis Emmanuel Macron melalui akun Twitternya.

“Saya mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Abadi, dan pasukan Irak yang telah berjuang dengan penuh keberanian dan perhatian menghadapi lawan yang brutal,” ujar Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon.

Di Washington, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Michael Anton, saat ditanya apakah pertempuran untuk merebut Mosul sudah selesai, ia menjawab: “Situasi belum terselesaikan, namun kami sedang memantau”, dilansir Reuters/Antara, 10/7/2017.

Bagikan Artikel :

  8 Responses to “Kemenangan Militer Irak di Kota Mosul”

  1. Syukur Alhamdulilah… ?? Selamat atas kemenangannya buat Irak.. salam persembahan dari Indonesia 🙂

  2. Gk ada peperangan yg menang melawan pemerintahan yg sah..selamat buat pemerintah dan tentara irak salam dari NKRI

  3. serius nih pertamax..apa masih laku..

  4. Semoga Daesh/ISIS cepat Musnaah saja.

  5. itu semua ulah As dan sekutunya

  6. Slamat. Buat irak dn pasukan
    Mliter!
    Isis jgan biar kn hdup dlam
    Dunia nyata.. Di buka bumi
    Gempur hbis2an..
    Klompok isis hbiss kn
    Smua aggota nya..

  7. Selama AS masih ada disana,irak gak akan bisa bebas

 Leave a Reply