Kementerian Pertahanan Rusia Berencana Beli 200 Tank Per Tahun

T-14 Armata (photo : via commons.wikimedia.org)

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Rusia berencana untuk membeli sekitar 200 tank setiap tahunnya, menurut Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yury Borisov yang dilansir dari laman TASS.

“Ada sebuah tugas, menyelesaikan semua program pengadaan pertahanan negara. Tahun depan, kami akan membeli sekitar 200 tank dengan berbagai versi per tahun”, katanya pada hari Jumat setelah mengunjungi perusahaan riset dan produksi Uralvagonzavod (UVZ).

Pabrik Uralvagonzavod tersebut telah berhasil menangani masalah substitusi impor, kata Borisov.

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yuri Borisov secara khusus mencatat bahwa kontrak untuk pengadaan dua batalyon tank T-14 dan satu batalion dari kendaraan tempur infanteri berat T-15 telah ditandatangani.

Setelah pengujian, keputusan akan dibuat untuk pembelian berskala besar. “Tak perlu mempercepat pekerjaan. Karakteristik teknis produk itu terus dimodernisasi sekaligus menyelesaikan pengerjaan amunisi baru bersamaan.

Karakteristik kendaraan tempur lapis baja yang ada saat ini dirasakan cukup puas oleh pasukan dilapangan.

Evaluasi operasional akhir untuk T-14 “Armata” telah ditetapkan pada tahun 2019. Dan sesuai dengan Program Persenjataan Negara 2018-2027, produksi massal dari tank T-14 berdasarkan platform Armata direncanakan dimulai pada tahun 2020.