Des 052018
 

Fregat Admiral Grigorovich Proyek 11356 Rusia © Vitaly Nevar via TASS

JakartaGreater.com – Dewan Akuisisi Pertahanan India (DAC) di Kemhan India telah menyetujui rencana akuisisi rudal jelajah BrahMos untuk fregat Project 11356 yang akan dibangun oleh Rusia untuk Angkatan Laut India, seperti dilansir dari laman Naval Today.

Keputusan untuk memperoleh rudal BrahMos dalam jumlah yang tidak disebutkan itu datang setelah Komite Keamanan Kabinet India (CCS) mencapai kesepakatan akhirnya dengan Rusia untuk pengadaan empat fregat Project 11356 pada bulan Oktober tahun ini.

India diproyeksikan untuk menerima 2 (dua) fregat pertamanya dalam 4 (empat) tahun sementara yang dua unit lagi akan dibangun oleh perusahaan milik negara, yakni Goa Shipyard Limited, dalam skema transfer teknologi.

Rudal BrahMos Blok I dikembangkan bersama India-Rusia © Mubeenk02 via Wikimedia Commons

Empat fregat akan melengkapi fregat kelas Talwar Angkatan Laut India yang dikirim oleh dua galangan kapal Rusia dalam dua batch terpisah antara 2003 dan 2013.

Fregat Proyek 11356 yang dibangun untuk Angkatan Laut Rusia dipersenjatai dengan rudal jelajah Kalibr-NK dan sistem rudal permukaan-ke-udara Shtil-1. Rudal BrahMos yang dirancang secara lokal akan menjadi senjata utama pada kapal-kapal India dalam Proyek 11356.

Fregat berukuran 124 meter ini dirancang untuk peperangan anti-kapal dan anti-kapal selam di laut lepas, dan tindakan anti-pesawat baik secara independen maupun sebagai kapal pendamping.

Bagikan:

  4 Responses to “Kemhan India Setuju Beli BrahMos untuk Fregat Buatan Rusia”

  1.  

    Wah, ngeri nih kapal. Jadi inget dagangan masa lalu. Jadi semakin kalah tuh Destroyer Type 55 China. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

    •  

      Klu India-China konflik teknologi militer yg mn paling unggul dr kedua rival tsb bung?

      •  

        Seimbang. India banyak alutsista hardware canggih tapi kebanyakan hanya bisa merakit. China bisa buat alutsista lebih banyak dari India walopun kebanyakan hanya barang KW.

        Kalo bicara software, harusnya India lebih unggul dalam perang siber karena mereka terkenal jago dalam hal IT. India unggul baik kualitas maupun kuantitas. China, jelas lebih unggul dalam pengalaman dalam perang siber. Tapi hacker mereka tak lebih kuat dari India atau bahkan Indonesia.

  2.  

    India mmborong lg
    😆 😆

 Leave a Reply