Kemhan – PT PAL Bersiap Kembangkan Desain Kapal Selam

kapal selam tni al

Jakarta Selatan, Jakartagreater.com  –   Badan Penelitian & Pengembangan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan PT PAL Indonesia menggelar paparan Transfer of Technology Pembangunan dan Pemeliharaan Kapal Selam Class 209, di kantor Balitbang Kementerian Pertahanan, Jakarta Selatan.

Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan menyampaikan bahwa Transfer of Technology Pembangunan dan Pemeliharaan Kapal Selam Class 209 ini, dibuat dalam rangka mendukung program nasional.

Pada tahun 2019 yang dikembangkan baru sebatas joint production and MRO (Maintenance Repair & Overhaul) dengan Korea Selatan. Mekanisme Transfer of Technology Kapal Selam sangat komplek, memakan waktu yang cukup lama.

Lebih lanjut Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan menambahkan, untuk ke depan perlu adanya kerja sama antara Balitbang Kementerian Pertahanan dengan PT. PAL, untuk pengembangan desain Kapal Selam, dirilis situs Kemhan RI, 11-12-2019.

Mengakhiri sambutannya, Kapuslitbang Strahan mengucapkan terima kasih dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada narasumber, moderator dan undangan yang telah meluangkan waktunya.

Kapuslitbang Strahan berharap pelaksanaan paparan ini dapat memberi masukan dan saran untuk meningkatkan penguasaan teknologi yang nantinya dapat berfungsi sebagai alutsista TNI yang handal serta dalam rangka ikut mengurangi ketergantungan import produk alutsista dari luar negeri.

Paparan dihadiri oleh Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng, serta para pejabat di lingkungan Balitbang Kemhan. Sebagai narasumber dari PT. PAL adalah Laksda Purn. Mulyadi, Kolonel Laut (T) Wiranto, dan Chabibi Nur T. serta moderator Kabid Matra Laut Kolonel Laut (E) Aab Abdul Wahab, S.T., M.T.

10 thoughts on “Kemhan – PT PAL Bersiap Kembangkan Desain Kapal Selam”

    1. Dari jenis ini kita akan Belajar…
      Setelah itu kita bisa kembang kan sendiri versi yang kita butuh kan …
      Mau Bagaimana lagi .. ? Harus sabar ..
      Karena Tidak ada negara NATO yang mau begitu saja kasih sedikit sekali ilmu untuk kita dalam memproduksi submarine ..rocket .. radar ..torpedo ..Missile dan satelit…

  1. Keren tapi kapal selam mini yg dr jaman ” mojopahit” apa kabarnya yah??? Mbok fokus yg itu dulu. Kalo gue pribadi, harus ngejar KS kelas KILO!! TOT dr Mr putin.

  2. Perlahan tapi pasti indonesia menjadi negara pertama dikawasan asia tenggara yg mampu membuat dan mengembangkan kasel seperti halnya jepang yg menjadi negara dikawasan asia yg membuat dan mengembangkan kapal selam.

Leave a Reply