Dec 312014
 

Jenderal Purn. Riamizard Riachudu dengan Dirut Rosoboronexport

Demikian kalimat yang diucapkan oleh Nicholas Dimidyuk, Direktur Besar dan kepala delegasi Rosoboronexport di pameran Indo Defense 2014 di Jakarta

Pada pameran internasional senjata dan peralatan militer Indo Defense 2014, yang digelar 5-8 November di Jakarta (Indonesia), Rosoboronexport, bagian dari perusahaan negara “Rostec”.

Kepala delegasi Rosoboronexport Nicholas Dimidyuk diwawancarai oleh Michael Khodarenok , Khusus untuk media «VPK»

Pertanyaan Pemimpin Redaksi «VPK» setelah pameran Indo Defense 2014 dgn kepala delegasi Rosoboronexport Nicholas Dimidyuk.

Nikolai Mikhailovich, menunjukkan beberapa sampel peralatan militer dan senjata dibuatkan stan khusus promosi dipajang di pameran Rosoboronexport di Indonesia?

  • Pertama-tama, kami fokus pada orang-orang sampel yang memiliki prospek yang baik untuk promosi ke pasar Indonesia. Mi-8 ini / 17, pesawat tempur multirole Su-35, kendaraan infanteri BMP-3F, sistem artileri self-propelled otomatis, sistem rudal anti-tank “Kornet-EM”, rudal anti-pesawat dan sistem senjata “shell-C1″ dan  sistem rudal anti-pesawat “Buk-M2E”, kapal selam diesel-listrik proyek 636, kapal patroli, rudal anti-kapal. Saya terutama ingin menyoroti presentasi sistem keamanan terpadu unit utama administrasi, fasilitas kritis dan batas-batas negara, yang diselenggarakan ahli Rosoboronexport selama pameran. Proyek ini kami mulai aktif mempromosikan hanya tahun ini, tapi sekarang kita dapat mengatakan banyak kepentingan di dalamnya dengan mitra asing. Terutama karena ini bukan kata-kata hanya cantik di atas kertas, sistem tersebut telah dibentuk untuk menjamin keamanan Olimpiade di Sochi dan bekerja sebagai “sangat baik”. Hal ini dlm  presentasi kami, kami dapat dengan yakin mengatakan bahwa sistem ini adalah prospek ekspor yg sangat baik.

– Pameran di Indonesia adalah semacam platform untuk promosi pesawat Rusia ke negara-negara lain di kawasan Asia-Pasifik. Apakah Anda melakukan negosiasi dengan mitra kami dari Vietnam, Malaysia, India dan negara-negara lain? Berapa proporsi kawasan Asia-Pasifik total ekspor senjata Rusia?

  • Kawasan Asia-Pasifik secara tradisional menyumbang volume terbesar dari pengiriman. Selama sepuluh tahun terakhir adalah sekitar 60 persen. Hari ini negara-negara Asia melakukan modernisasi dan kembali melengkapi angkatan bersenjatanya, berusaha untuk mengembangkan industri pertahanan nasional. Jadi, tentu saja, kami mengambil keuntungan penuh dari Indo Defence untuk berkomunikasi dengan banyak mitra tradisional kami.

– Para ahli mengatakan bahwa penggantian fighter Amerika F-5 Tiger Angkatan Udara Indonesia sudah lama terlambat. Jika pihak Indonesia memutuskan untuk memperbarui armada pesawat tempur, fakta bahwa Rusia siap untuk menawarkan mitranya?

  • Pada tahun 2013, selama pertunjukan udara “MAX”, kami membuat presentasi dan demonstrasi dari Su-35 delegasi yang dipimpin oleh wakil komandan Angkatan Udara Indonesia Marsekal pertama Mawardi. Musim panas ini juga mengadakan sejumlah presentasi perwakilan dari Kementerian Pertahanan Indonesia. Mengingat bahwa Pesawat tempur di Indonesia sudah memiliki Su-27/30, mempunyai rencana membeli fighter terbaru Su-35, yang secara aktif dipasok ke Angkatan Udara Rusia, itu akan menjadi solusi yang cerdas. Kami siap untuk bekerja sama dalam arah ini.

– Bagaimana layanan purna jual pesawat tempur disediakan sebelumnya untuk merek Sukhoi, ada masalah dengan pasokan suku cadang?

  • Kami sedang bekerja sama untuk memberikan pusat layanan untuk perawatan pesawat tempur tersebut, serta jaminan sistem senjata pesawat mereka. Masalah ini diangkat dalam pertemuan antar pemerintah dan pihak Indonesia menegaskan kembali jaminan garansi. Sekarang kami sedang berkonsultasi.

– Rusia telah mengiirim ke Indonesia helikopter angkut militer Mi-17V-5 dan helikopter serang Mi-35P. Bagaimana hal yang terjadi dengan layanan teknologi? Apakah negosiasi untuk kontrak baru helikopter?

  • Awal tahun ini, delegasi Rusia mengunjungi Indonesia, di mana mereka membahas isu melengkapi fasilitas perbaikan di Semarang termasuk sistem checkout. Adapun dengan kontrak baru, kami mempromosikan transportasi militer Mi-8/17 militer Mi-35M dan Ka-52, serta helikopter angkut berat Mi-26T2. Sementara negosiasi tertentu pada pasokan tidak dilakukan, namun ketertarikan minat dalam pesawat sayap putar kita, kita akan terus melobi untuk itu

– Bagaimana Anda menilai kemungkinan promosi di Indonesia kapal selam diesel-listrik kami Proyek 636?

  • Untuk kebutuhan kapal selam dari kelas ini di angkatan laut Indonesia, karena kami ada negoisasi kapal selam Rusia proyek 636 yang sedang berlangsung. Untuk itu pihak delegasi Indonesia mendapatkan penjelasan produksi kapal selam tsb di Admiralty Shipyards. Menurut kriteria “efektivitas biaya” kami memiliki nilai yang sangat baik, saya tidak berbicara tentang karakteristik teknis dan kemampuan tempur. Rusia dengan sistem rudal terintegrasi Club-S di memiliki nilai tawar yang sangat tinggi dibandingkan dgn pesaing. Selain itu, kapal selam kami dibangun sebagai standar tidak hanya untuk mitra asing, tetapi juga untuk Angkatan Laut Rusia. Oleh karena itu, jaminan kualitas kita benar-benar baik.

– Hal ini diketahui bahwa sebelumnya menandatangani dua kontrak untuk pasokan ke Indonesia dari kendaraan tempur infanteri BMP-3F laut. Mereka telah terpenuhi atau tidak? Apakah negosiasi untuk pembelian batch tambahan BMP-3? Bagaimana layanan purna jual sebagaimana diatur dalam baju besi negeri ini?

  • Ya, pengiriman selesai pada akhir 2013. Layanan mereka dalam mode normal. Kami menawarkan beberapa pilihan untuk membuat pusat layanan, pertanyaan sekarang sedang aktif dibahas. Sehubungan dengan pembelian batch tambahan, kami berharap pada kesimpulan dari kontrak yang bersangkutan. Untuk Korps Marinir Indonesia BMP-3F – kendaraan tempur yang ideal. Ini adalah kendaraan tempur yang terbaik di kelasnya. Tahun depan akan menandai ulang tahun ke-70 sejak berdirinya Korps Marinir. Danini adalah kado atau hadiah terbaik untuk ulang tahun dengan teknologi terbaru

– Dilaporkan bahwa Rosoboronexport menawarkan Indonesia untuk membangun sistem pertahanan udara terpadu berbasis terutama SAM “Buk-M2E.” Ada presentasi kompleks ini untuk para ahli militer Indonesia. Bisakah kita berharap untuk menandatangani kontrak dengan Indonesia tentang masalah pertahanan, atau masalah dari agenda tsb?

  • Pertanyaannya tsb tidak dihapus dari agenda promosi kami. Kami menawarkan beberapa pilihan, termasuk penciptaan sistem pertahanan udara berdasarkan SAM “Buk-M2E” ZRPK «shell-C1″, serta radar produksi Rusia. Semua proposal tawaran sudah kami berikan, jadi tinggal kami menunggu keputusan dari pihak Indonesia.

– Pada hari terakhir pameran di Jakarta, diumumkan bahwa Rusia berencana untuk membantu Indonesia untuk membuat tank ringan. Apa yang telah dilakukan untuk menerapkan kerjasama tsb? Perusahaan apa yang akan ambil bagian dalam pekerjaan ini?

  • Sementara pihak Indonesia sedang menentukan tank ringan konsep masa depan. Untuk bagiannya, Rusia siap untuk memberikan semua bantuan yang diperlukan dalam desain dan konstruksi. Sebagai salah satu pilihan yang dianggap penggunaan sasis dan bagian bagian dari BMP-3. Bicara tentang beberapa rincian lainnya masih terlalu dini/ prematur.

– Baru-baru ini, kerjasama teknik militer antara Rusia dan negara-negara asing, penekanan semakin bergeser ke pengembangan bersama dan produksi lisensi. Apakah ada rencana untuk melaksanakan proyek-proyek serupa dengan Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara?

  • Tentu saja, kami siap untuk kemitraan industri dengan banyak negara di wilayah ini telah bekerja lama dan mmeraih sukses ke arah ini. Dengan Indonesia dalam hal produksi dan kerjasama teknologi bekerja sejumlah proyek yang menjanjikan di bidang desain kolaboratif dan produksi kendaraan lapis baja, produksi berlisensi dan perbaikan BMP-3F dan senjata 30-mm dan 100 mm kepada Indonesia, ditambah lainnya.

– Anda menyebutkan kemungkinan membangun pusat layanan untuk pemeliharaan pesawat Sukhoi?

  • Sementara ini kami pertimbangkan hanya khusus suku cadang untuk masa depan.

– Hal ini tidak lagi tentang perjanjian khusus?

  • Belum. Pada tahap ini dalam pameran kami mampu mendengar pendapat dari pihak memesan dan keinginannya.

– Dan contoh Malaysia, yang menciptakan pusat yang sama apakah mungkin  mengilhami Indonesia?

  • Saya tidak berpikir tentang  itu.

– Selama pameran, Anda mengatakan bahwa Rosoboronexport telah menandatangani kontrak untuk pemasaran senjata. Bisakah Anda memberitahu kami tentang hal itu secara lebih rinci.

  • Ya, itu adalah kontrak kecil untuk penyediaan senjata Kalashnikov. Pihak Indonesia akan memeriksa Kalashnikov dalam kondisi iklim yang sangat keras. Kami berharap bahwa senjata kami layak lulus semua tes yang dilakukan oleh angkatan bersenjata Indonesia.

– Kita berbicara tentang mesin 100 series?

  • Ya .

– Mari kita kembali ke kapal selam. Seberapa serius adalah pemain baru di pasar kapal selam di wilayah ini di luar Korea Selatan?

  • Kau tahu bahwa ini bukan murni sebuah proyek Korea Selatan. Mereka membuat kapal yang baik. Tetapi jika kita mengambil sistem keseluruhan dan kapal selam yang kami tawarkan, kami menang di vitalitas, otonomi, kebisingan, dan tentang senjata. Tapi kemudian – itu adalah masalah negosiasi. Agaknya, tender akan segera diumumkan.

– Korea mereka maju dalam hal transfer sebagian besar teknologi pihak Indonesia. Apakah anda siap untuk pergi untuk transfer teknologi?

  • Kami siap. Tapi sangat siap, masalah yang sangat sensitif. Untuk ini kita perlu mengeksplorasi kemungkinan industri dalam negeri Indonesia. Hal ini tergantung pada apa yang mereka benar-benar bisa melakukannya. Jika tidak, akan sulit untuk merumuskan, yang pada akhirnya akan bertanggung jawab atas kualitas produk secara keseluruhan.

– Bisakah saya memeriksa pemahaman penuh pada kapal selam – Rusia telah merumuskan proposal, pihak Indonesia telah membaca dan anda menjawab mereka sekarang?

  • Secara umum, mungkin bisa.

– Tentang berapa banyak kapal selam kita bisa bicara?

  • Saya yakin bahwa pihak Indonesia semakin percaya , keyakinan mereka semakin baik. Tapi saya tidak berpikir kita berbicara tentang banyak kapal selam. Dua, mungkin Tiga kapal selam. Dan mungkin saja Satu Kapal Selam.

– Kami tidak memiliki data ttg ini?

  • Jangan menebak. Tapi kita tidak menjual kapal selam yang sama, tentu saja.

– Kita berbicara tentang proyek namun hanya 636, bukan pada “Amur”?

  •  Indonesia berkenalan dengan kedua proyek. Kami melakukan presentasi proyek 636, serta “Amur”.

– “Buk-M2E” Dalam pameran ini, tentang SAM tsb. Memberikan saran terbaik untuk sistem tsb?

  • Seperti yang saya sebutkan, kami secara aktif mempromosikan sistem ini di Indonesia dan di beberapa negara lain di kawasan itu. Dan saya dapat memberitahu kepada Anda dan dengan pengetahuan tentang ini, bahwa sistem ini terbaik di dunia untuk pertahanan udara jarak menengah “Buk-M2E”. SAM ini mengejar target pada jarak 45 kilometer, pada ketinggian target dari lima meter sampai 25 kilometer. Sistem ini adalah semi-otomatis. Dan omong-omong, banyak pujian dikatakan tentang “Tor-M2E”, dan ” Pantsir-S1″. Ini adalah sistem pertahanan rudal terbaik.

– Apa yang bisa Anda katakan tentang pameran, menurut pendapat Anda, secara umum?

  • Lebih dari 16 tahun (sejak 1992) bekerja di Rosoboronexport saya menghadiri hampir semua pameran senjata dan peralatan militer di kawasan Asia-Pasifik. Dan saya harus memberitahu Anda bahwa pameran hari ini memberi saya beberapa konsep lainnya, pandangan yang berbeda dan visi yang berbeda dari pekerjaan di kawasan Asia Pasifik.

Hampir semua negara melakukan pesanan pembelian  persenjataan atau yang lainnya, mengajak produksi bersama senjata dan peralatan militer di negara mereka sendiri. Kami jauh lebih hati-hati pertanyaan senjata yang sangat komprehensif.

Siapapun kepala negara  dan kepala militer pasti berpikir tentang berapa banyak pekerjaan dapat dibuat dalam pengadaan senjata dan peralatan militer dari kami. Dan kami melakukannya harus selalu diingat. Sampel Senjata , spesifikasi, transfer teknologi terkait dgn  pusat pelayanan/perawatan dan sebagainya.

Dan menurut saya, dengan pendekatan kami, kami mampu untuk menarik pelanggan potensial jauh lebih baik daripada di masa sebelumnya. Secara khusus, dua hari pameran, saya bertemu dua kali dengan Menteri Pertahanan Indonesia. Dan di stan kami, dan di kantornya. Kami punya pemahaman yang jelas apa yang diinginkan pelanggan potensial kami. Oleh karena itu, kontrak baru dengan Indonesia tidak dikecualikan. Mitra Indonesia kami tertarik untuk membeli lebih alutsista dengan teknologi, dan model-model terbaru yang diproduksi di Rusia. (vpk-news.ru)

 

Bagikan Artikel :

  82 Responses to “Kemungkinan Kontrak Alutsista Baru dengan Indonesia”

  1. 2 aja

  2. Selamat tahun baru.. Semoga 2015 banyak mainan baru

  3. umpan sudah d lemparrrrr,,,,,,,

  4. Akhir & awal tahun yg bagus..semoga..!! Tetap jaga persatuan & kesatuan, jgn sampe kite terpecah belah..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  5. Sepuluh besar

  6. ijin menyimak dulu

    selamat tahun baru

    NKRI jayalah selalu

  7. Semoga jadi kejutan di 2015

  8. Sedikit lega.. semoga 2015 ada babak baru yg lebh menggembirskn utk pemgadaan alutsista tni..amin

  9. wassalaam…….bung gue. selamat th baru 2015 bung, semoga rusia bnr2 mau berbagi ilmu dg kita, ada pernyataan yg saya cermati bahwa indonesia harus mepersiapkan diri untuk menerima TOT, krn akn sulit menerima TOT klo sarana dan peasarana di dlm negeri blm siap, semoga pemerintahan pak jokowi memperhatijan hal tsb. patut kita tunggu langkah yg akan di ambil tni tuk menambah kuat otot-ototnya di th 2015. happy new year from east kalimantan.

  10. kecap? Wajar kalo produsen sista melakukan promosi, entah itu langsung atau tidak langsung…. Selama yg dikatakan benar, menurut gw sah2 aja.

  11. selamat tahun baru rekan2..smoga tahun depan Indonesia smakin kuat dan jaya slamanya

  12. Semoga terealisasi secepatnya amin. Amur, project 636, dan buk beserta alih teknologi perawatan dan suku cang nya. Dan 1 lg pengganti f5 tiger semoga SU 35s . Amin

  13. pernyataan Nicholas Dimidyuk terpampang di atas lebih bermajas diplomasi dan terukur. Pertemuan 2 kali dengan menhan sendiri menjadi ucapan yang menarik . Apa yang disampaikan beliau pun sesungguhnya bukanlah hal yang baru, mengingat 2 tahun lalu pemaparan produk-produk itu juga sudah ada. Justru pembicaraan lebih lanjut lewat dari 2 tahun itu sendiri tersirat lebih unik.
    Industri militer sendiri sesuatu yang khusus, di mana selalu penjual alutsista ini menggelar “industri perang”. Indonesia mesti melihat ini untuk tidak terjebak dalam “industri perang” tersebut di mana wahana yang diciptakan bukan tidak mungkin terjadi di beranda rumah Kita. Vietnam dengan keadaan ekonomi tidak secemerlang kita, dengan seronok mempertontonkan “aurat sistanya” menanggapi “industri perang” di beranda rumahnya. Kita mestinya tidak perlu seseronok itu, dan hanya cukup tampil “muslimah” menanggapi “industri perang” di beranda rumah Kita…!?..imho…

    • Buat alusista yg beli dr luar, sulit mungkin untuk menutupi atau ditutupi, kecuali barang yg kecil2 (rudal misalnya). Lg pula dgn begitu tdk mengurangi maksud pembelian alusista tsb.

      • bung AB, mungkin terasa sebagai sebaran. Namun mengapa wacana proxy war terus didengung-dengungkan pada momen kini. Kabar dari rekan-rekan yang debatable mengenai penyertaan alutsista kita di vietnam, pula masa lalu keikutsertaan kita menangani krisis kamboja-vietnam lalu menjadi warna wacana “proxy war” kita. Dan atau memang benar proxy war sesungguhnya. Laten tapi gejalanya dapat kita rasakan, sebagaimana fenomena. Peningkatan status Natuna, kunjungan panglima ke China, pergeseran kekuatan armada terutama laut dan udara, wacana pembukaan terusan kra. Itu semua bukanlah tanpa antisipasi dan konsesi bung. Menurut saya, laku dari vietnam dan berita dugaan manuver kasel kita di china yang mencoba rudal s club, bukanlah testing the water view.
        IMHO indonesia telah terlibat perang proxy dengan falsafahnya sendiri dan pihak lain melihat batasan permainan kita dan mereka bersikap. imho bung ab. salam tabik.

    • Bung Blaze anda cerdas. Bung itulah strategi gerilya modern
      Amda pernah dengar Bung?

    • Tapi kita hsrus maklum dengan yang di lakukam Viet. Ancaman cukup jls,bagaiman cina sangat agresif
      Mereka prrlu sesuatu untuk daya tawar
      Tapi efek negatifnya akanembawa dampak serius di.kawasan.

      • salam tabik bung tono. Pertunjukkan kekuatan semacam yang dilakukan vietnam, tentu saja menimbulkan duga yang bermacam. Dengan penghadapan semacam itu dalam falsafah tempur mereka sama sekali tidak menghadirkan kecemasan untuk china, (yang bahkan dengan patroli j11 nya mengusir patroli orion amerika di lcs). Tentu china lebih khawatir terhadap kesepahaman beberapa negara kawasan yang mempengaruhi keberlangsungan kepentingan mereka. Isu mengenai spratly sendiri melulu ambisi China memiliki batasan mercu suar seperti negara adi daya lain ( as di guam, diego garcia, okinawa yang lebih menonjol aspek militer daripada ekonomi). Mereka tahu betapa ketidaksiapan akan doktrin tersebut sangat rentan dalam pelaksanaannya. Menurut saya rusia telah mengukur ini dan telah cenderung untuk memilih menjaga kepentingan negara serta tidak terjebak dalam periode perang dingin baru. imho…bung tono. salam tabik.

    • Analisa cukup cerdas bung blaze. Memang itulah dunia bisnis. Siapa yg menguntungkan buat mereka, mereka akan kejar sampai dpt dgn embel2 te o te. Wlo pake istilah bengkel perawatan. Itu sdh cukup.

      Dan lagi kita kalkulasi, di asteng ini negara yg keluar duit beli senjata rusia adl vietnam.
      Apakah vietnam jd anak emas rusia di wilayah ini. Blm tentu, klo terjadi konflik di lcs blm tentu rusia mau bantu krn yg dihadapi adl china.
      Indonesia dgn anggaran minimalis berusaha memenuhi kebutuhan alutsista mendekati ideal dgn kenyataan jauh dari ideal.
      Untung rusia masih berbaik hati dgn memberikan pinjaman 1 milyar dolars th 2007.

      • maaf sedikit melenceng bung gatot, kita kembali pada masa kampanye. Presiden menunjukkan ketidakmampuannya dalam memandang visi pertahanan kita. Tapi, bukan berarti setelah menjabat segala aspek dan potensi dari pengejawantahan pertahanan tidak beliau laksanakan. Lagi, wacana poros maritim sendiri tentu meski prematur sejajar dengan ide perang bintang Ronald Reagan pada skala tertentu bagi Indonesia. Doktrin Green Water, dus kemudian Blue Water Navy merupakan pilihan pasti meski sebagian menyatakan terlalu ambisius.
        Terlalu penting untuk tidak dilakukan, dan nampak terlalu prematur dengan apa yang sudah dilakukan? betulkah? atau memang demikian?. melenceng lagi bung gatot, kembali lebih dari sepuluh tahun lalu ketika ksad kita waktu itu menginginkan gugus satuan elit . Tidak lama kemudian satuan ini memiliki ak 74 su. Bagaimana kesepakatan ini dulu dan bagaimana 2 tokoh tersebut mengusahakan visinya..suatu yang khas sekali. imho bung. salam tabik.

        • andi wijayanto adalah ahli pertahanan kelas satu.semoga posisi jabatanya yang melekat dengan lembaga kepresidenan dapat membantu presiden untuk memutuskan yang terbaik bagi indonesia.bila tidak ya pulang saja ke UI jualan bakwan malang g

          • bung mendol, idem dito! semoga jangan sampai presiden salah melangkah! dan jangan lagi menimbulkan kontroversi. salam tabik bung.

          • Maaf Um, parameternya apa sampai Andi Wijayanto dikategorikan sebagai ahli pertahanan kelas I. Basic beliau apa ya?

  14. bahasa penuh sayap.

  15. Selamat tahun baru 2015

  16. secanggih2 nya indonesia membeli dari rusia atw eropa maupun as… bisa juga dibeli dan dijual oleh mereka ke negera tetangga indonesia… buat apa kita bangga… klo yg kita punya juga dipunya oleh tetangga… sebab yg mereka pikir bukan melindungi menjaga negara yg membeli senjata mereka… tapi bagaimana mereka dapat meraup untung dari kita… sebab itu saya sangat mendukung yg namanya TOT dan kemandirian dlam alutsista…. kita msih ingat saat pemerintah membeli kapal selam chang bong.. banyak yg mengejek bahkan menghina.. knpa kita tdak beli ks kilo atw u-214 yg lebih canggih dan memiliki daya getar.. kita lupa bahwa klo pun kita beli kilo atw u-214 maka negara tetangga pun bisa membelinya, ingat saat kita su-27/30 malaysia pun langsung membeli bahkan lebih banyak dan canggih yg kita punya… TAPI… klo kita renungi bersama seandainya proyek IFX/KFX berhasil otomatis tetangga tidak bisa membeli apa yg kita punya dan seandainya pun bisa dibeli teknologi nya pun masih dibwah kita.. oleh sebab itu biar teknologi chang bong msih dibawah kilo atw u-214 tpi dengan dibuatnya ks ketiga disini maka kita dapat meningkatkan teknologinya bukan tdk mngkin saat pemerintah memesan kembali ks ke pal ( indonesia membutuhkan 18 ks kta kasal ) maka teknologinya bisa lebih canggih dari ks pertama yg dipesan.. dan negara tetangga tdk bisa memilikinya apa yg kita punya.. dari situ lah kita patut bangga… jadi buat apa bangga klo yg kita punya,negara tetangga juga bisa memiliki apa yang kita punya….

  17. MULA-MULA ”Selamat Tahun Baru 1 januari 2015”

    Mudah-Mudahan Di Tahun 2015 Indonesia Bisa Bertambah Maju,Kuat,Dan Aman.
    Juga Semakin Mempererat Hubungan Indonesia-Rusia,Amin…!!

    Jayalah Indonesia..

  18. Selamat tahun baru 2015.
    Semoga tahun ini tidak ada bencana lagi dan mari introspeksi diri masing – masing

    NKRI HARGA MATI

  19. Sebelum tidur adzan dulu yuk (yg muslim)dlm hati untuk mengawali tahun 2015 dan berdoa agar alutsista kita makin gahar tahun 2015.dst.amiin

  20. Oke mister..kirimkan proposal sebanyak mungkin biarpun harus diangkut dgn sepuluh pesawat antonov. Jangan lupa dengan bahasa Indonesia.
    Yakinkanlah para petinggi militer disini kalo senjata mister berkualitas dan terbaik di dunia.
    Mumpung masih ada MEF.

  21. Akan kah Alutsista ghoib kita juga akan bertambah?
    Krn bahasanya yg bersayap bikin gagal paham ,apakah alutsista yg di tawarkan rusia oleh pihak kita sudah dieksekusi ato belum
    yg jadi pertanyaan pihak kita sebenarnya gmna
    1. Pihak kita Baru kan membeli
    2. Pihak kita Sudah dalam proses pembelian
    3. Pihak kita malah sudah membeli

  22. Klu boleh lisensi, mk mbok minah m2e sj. Jgn lisensi ditank ringan, itu sih kt sdh mampu.

  23. Industri kita masih berbasis blok barat, itulah yang membuat Rusia ragu-ragu akan kemampuan kita menyerap ToT. Gap bahasa adalah salah satunya. Bayangkan jika membeli ponsel saja ada buku manual yang hanya berbahasa Rusia, yakin bisa baca? Nah, pernik ToT yang demikian itu perlu dijembatani. Salah satu caranya adalah dengan memberi beasiswa banyak-banyak untuk teknik dan mesin belajar ke negeri Beruang.

  24. udah tanggal 1 . . . Omong2 senjata goib apa yang udah hadir y.. . .hehe

    SALAM NKRI

  25. Bung Diego mana ya?
    ko jarang muncul?

  26. Realisasikan saja daftar belanja alutsista 3 matra yang sempat dipublish tsb !!!

  27. ” Kau tahu bahwa ini bukan murni sebuah proyek
    Korea Selatan. Mereka membuat kapal yang
    baik. “” Tetapi jika kita mengambil sistem
    keseluruhan dan kapal selam yang kami
    tawarkan””, kami menang di vitalitas, otonomi,
    kebisingan, dan tentang senjata.”

    Sebenarnya, Chang Bogo itu proyek korea selatan dengan siapa? apakah dengan Rusia?

    • ” Kau tahu bahwa ini bukan murni sebuah proyek Korea Selatan”.

      “kami menang di vitalitas, otonomi,kebisingan, dan tentang senjata.”

      Ternyata Rusia tahu, CBG KS fotocopian, bising & loyo senjatanya.

      • itu cm pendapat rusia, karena tawaran 10 kapal selam yg di tawarkan ke indonesia tahun kmaren setelah dicek ternyata cm barang rosok tdk sesuai dg spesifikasi, dan ga jadi diambil.

      • itu pendapat orang jualan bung,bakul besi tua.U-209 series lebih segalax dibanding kilo series.kelebihan kilo cuma di torpedo-jelas saja karena badan kilo lebih besar.kalo yang lain;tingkat senyap!kecepatan,daya jelajah,capaian benaman kilo tertingal dari U-209 family.
        jangan rusian minded.seperti pesawat amphibi BERIEV 200 jauh tertingal dibanding U-2 jepang meski U-2 pesawat propeler.seperti boeing patmar 737 jey kita yang kalah dibanding P-3 orion ausie

        • Dunia sudah mengakui kilo is a black hole & land attack.

          ” Katakanlah yang benar itu benar dan…..

        • mungkin maksudnya shinmaywa us-2 ?

          bung mendol gosong, dalam faktor apa be-200 kalah jauh ?

          • koreksi anda betul bung US-2 syinmaiwa.keungulannya; TOT India mau beli pesawat ini selainkarena ketanguhannya juga karena TOTx,jepang rela membagi ofset samapi 50% senilai 1.65 miliar USD.dengan catatan pesawat dibangun&dirakit di India.kelebihan lain adalah STOL,jarak operasi yang lebih jauh(sortie),waktujelajah yang lama dan tentu saja yang palingkelihatan adalah 4 mesinRRAE 2100J.sehinga bila terjadi kerusakan pada salah satu mesintidak akan mempengaruhi misi secara signifikan.kelebihan berievadalah hargamuarah.dua beriev200 senilai dengan US-2 sebanyak 1 biji.trims komandan jalo.salam untuk bung sat&diego

          • so ada itu mendol.bung danu.bisa pi baca disini,copasdari BS: http: //garudamiliter.blogspot.com/2014/12/antara-pesawat-amfibi-be-200-dan.html?m1

        • mendol gosong kowe ngomong opo?? kowe kuwi ora ngerti opo-opo, kowe ura usah kakean cangkeman, kowe meneng wae

  28. Selamat tahun baru, warjager, bung diego bung gue, dan bung-bung lainnnya.
    Sungguh bahasa yang diplomatis, perlu pemahaman tingkat lanjut. Semoga cita-cita luhur bangsa ini segera terlaksana. Kami hanya bisa melihat yang dipermukaan saja.
    Jayalah NKRI.

  29. Semoga di thn 2015 ini alutsista kita lebih gahar lagi seperti yg diharapkan oleh semua rakyat indonesia tercinta, semoga persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa bangsa yg besar ini makin tetap utuh, coba kita lihat pada saat bangsa kita ditimpah musibah jatuhnya air asia, semua kita merasa sangat terpukul dan ikut bersedih dan menitikkan air mata untuk korban yg menjadi penumpang air asia tersebut, semua elemen bangsa merasakan kepedihan yg dalam, sehingga semua kita ramai ramai berdoa kepada Allah SWT, dan banyak yg menggelar doa bersama di berbagai penjuru negri, karena ikut merasakan kepedihan yg sama sebagai sesama anak bangsa, dan kejadian malah makin memperkuat rasa persatuan dan kesatuan kita, walaupun tempat kita berjauhan, yg disurabaya, yg dimedan, yg disulawesi, yg di iran jaya,yg di bali,yg di kalimantan dan di suluruh penjuru nusantara merasakan kepedihan yg sama seperti yg dirasakan keluarga korban air asia, dan pada saat seluruh elemen bangsa juga memberikan bantuan melalui basarnas nya Indonesia, begitu bersatunya, tni,polri,dan semua kekuatan bangsa ini bersatu berusaha mencari dan menemukan posisi pesawat yg berada di kedalaman laut, dan mencapai hasil yg sangat membanggakan dan mengharumkan nama bangsa ini di dunia internasional, bahkan basarnas Indonesia di daulat menjadi basarnas yg terbaik di Asia bahkan , semoga semakin maju dan berkembanglah negriku tercinta, kita udah punya modal yg sangat besar yg diberikan oleh Allah, Tuhan yg maha kuasa, berupa wilayah yg luas, sda yg melimpah, rakyat yg patriotisme nya sangat tinggi, apa lagi yg kurang.

  30. Makanya India tdk mau memakai jasa Rosoboronexport lagi & langsung negosiasi Govenment to Government ditambah ancaman India yang akan menghentikan biaya pengembangan PAKFA / PGFA pada 2019 mampu membuat sikap Rusia berubah.

  31. Artinya ada 5 proyek alutsista yang kini diincar Rusia

    MEF 2
    2 skuadron interceptor TNI AU = Su-35 bersaing dgn Gripen NG & F16 Block60
    Air Defence Initiative Kohanudnas dgn 50 batere SAM komposit yaitu short (8-12km) + medium (20-25km) = kombo Tor M2 + Pantsyr S1 bersaing dgn Saab GBAD + BAMSE, Thales Forceshield & Norwegian SAM NASAMS
    4-8 helikopter angkut = Mi26 (tp Chinook sprtnx favorit TNI

    MEF3
    40 batre medium SAM (40-47km) Kohanudnas + TNI AU = bersaing dgn KM-SAM & Iron Dome

    MEF 2 & 3
    12 kapal selam (Korea masih favorit ditambah Saab Lundin siap menyalip)

  32. http://abarky.blogspot.in/2015/01/airbus-boeing-ingin-rebut-jet-tempur.html

    ini harus sedih atau bahagia yaaa ????
    ifx ooooooo ifx

  33. selamat tahun baru juga bung..ada pencerahan gak ne..he3

  34. Lama tak bersua Nung PS
    Salam.

  35. lagi sibuk dengan CATATAN KECIL MAHLUK HALUS ya bung????
    hehehehe

  36. bung ps copian pa asli ?

  37. bung PS palsu……
    ga ada pict nya

  38. Happy new year bung PS…..
    Klo palsu kayaknya ga mungkin diijinin bung diego….pasti kena BANNED….

 Leave a Reply