Aug 222016
 

tt

Wacana kenaikan harga rokok sampai Rp. 50 ribu per bungkus yang dihembuskan dan rencana akan direalisasikan pemerintah RI di bulan September 2016 mendatang, mulai menulai polemik. Ada sejumlah pihak yang mendukung wacana ini, namun juga tidak sedikit yang memberikan penolakan keras, karena pemerintah dinilai terlalu buru-buru dengan tidak mempertimbangkan secara cermat.

Perbandingan harga rata-rata rokok Malrboro di sejumlah negara.

Perbandingan harga rata-rata rokok Malrboro di sejumlah negara.

Pihak yang mendukung, wacana kenaikan harga rokok, diantaranya datang dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia. YLKI mendukung usulan kenaikan harga rokok menjadi Rp 50 ribu per bungkus.

Jika ini benar direalisasikan artinya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) harus menaikkan tarif cukai signifikan supaya rokok dijual seharga tersebut.

Oleh karena itu, Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mendesak Kemenkeu segera menaikkan tarif cukai rokok sehingga harga jual rokok di Indonesia setara atau lebih dari negara lain. Contohnya di Singapura, Malaysia dan Thailand yang menjual rokok seharga Rp 30 ribu-40 ribu per bungkus.

Tulus memperkirakan, jika harga rokok naik lebih dari dua kali lipat, misalnya dari harga Rp 15 ribu atau Rp 20 ribu per bungkus menjadi Rp 50 ribu per bungkus, maka pemerintah bisa mendapatkan kenaikan pendapatan cukai lebih dari 100 persen.

“Jika sekarang ini penerimaan cukai rokok Rp 150 triliun, maka dapat naik sampai Rp 350 triliun. Jadi tidak perlu tuh dana dari tax amnesty,” terangnya.

Dampak positif lainnya, dengan harga rokok Rp 50 ribu per bungkus diyakini Tulus, dapat menekan konsumsi rokok, utamanya kalangan remaja dan anak-anak. Ia mengaku, selama ini salah satu pengeluaran terbesar masyarakat miskin adalah untuk rokok.

“Kalau harga rokok lebih mahal, orang tidak akan membeli atau mengurangi konsumsi rokok, termasuk remaja dan anak-anak. Tapi menghapus (konsumsi rokok) tidak bisa,” ucapnya.

Syaratnya, kata Tulus, pemerintah harus mengeluarkan aturan pelarangan rokok dijual eceran atau ketengan. Menurutnya, sebagai barang kena cukai dan berdampak negatif bagi kesehatan, rokok harus dijual dengan harga lebih mahal.

Ketua YLKI, Tulus mendukung wacana harga roko dinaikan menjadi Rp. 50 ribu per bungkus.

Ketua YLKI, Tulus mendukung wacana harga roko dinaikan menjadi Rp. 50 ribu per bungkus.

“Kalau butuh uang banyak, pemerintah harus secepatnya menaikkan cukai rokok. Apalagi anggaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan habis untuk meng-cover peserta yang punya penyakit akibat rokok,” paparnya.

Tulus juga menyebut bahwa industri rokok tak akan bangkrut jika harga rokok dinaikkan menjadi Rp 50 ribu. “Industri rokok tidak akan mati kalaupun harganya naik sangat mahal. Di negara lain juga dijual mahal,” katanya.

Sementara pendapat yang menentang wacana tersebut datang dari Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo. Yustinus berpendapat, harga rokok Rp. 50 ribu per bungkus jelas tidak masuk akal karena kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) tahun depan juga belum ditetapkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (DJBC Kemenkeu).

Yustinus juga meyakini, kenaikan CHT tidak akan melonjak drastis dan tidak jauh berbeda dengan kenaikan tahun 2016 rata-rata sebesar 11,19 persen.

“Kenaikan harga rokok hingga Rp. 50.000 per bungkus itu tidak berangkat dari kajian yang benar. Pasalnya pengkaji ide wacana itu juga tidak memikirkan subsitusi dari industri hasil tembakau,” kata Yustinus, dikutip CNN Senin (22/8).

Jika memang benar harga rokok melonjak sedemikian tinggi, ia meramalkan dua hal buruk bakal terjadi. Pertama, industri rokok akan rontok karena produknya tidak ada yang terjual. Akibatnya pemerintah tidak mengantongi pendapatan dari CHT. Kedua, kenaikkan harga setinggi itu juga akan memicu kenaikkan peredaran rokok ilegal.

Harga jual rokok yang meroket juga akan berdampak buruk bagi petani tembakau, cengkeh, hingga pedagang asongan dan pedagang rokok kaki lima.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo, menentang wacana pemerintah merealisasikan kenaikan harga rokok.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo, menentang wacana pemerintah merealisasikan kenaikan harga rokok.

“Ini bukan soal industri memberi dampak buruk atau tidak, tetapi substitusi pengganti industri hasil tembakau (IHT) tidak ada. Apakah sudah dipikirkan 6 juta pekerja yang terlibat di IHT bisa ditampung sektor lain?” tandasnya.

Yustinus juga berpendapat, tidak tepat membandingkan harga rokok di Indonesia dengan harga rokok di negara lain yang lebih mahal.

“Katakan harga rokok di Singapura lebih dari Rp100 ribu per bungkus, tapi dari sisi pendapatan per kapita masyarakat jelas sangat jauh jika dibandingkan pendapatan per kapita masyarakat di Indonesia. Itu hanya simplifikasi masalah,” tegasnya.

Penolakan senada juga disampaikan oleh Gerakan Masyarakat Tembakau Indonesia (Gemati) yang menilai gagasan menaikkan harga rokok hingga Rp. 50 ribu per bungkus hanya akan menguntungkan produsen rokok. “Pabrik yang diuntungkan, belum jaminan petani sejahtera karena belum tentu harga tembakau ikut naik,” kata Sekretaris Gerakan Masyarakat Tembakau Indonesia Syukur Fahrudin, Ahad,(21/08).

Syukur menilai gagasan menaikkan harga rokok hingga Rp 50 ribu per bungkus hanya sebuah tekanan terhadap pemerintahan Joko Widodo, yang belum meneken ratifikasi kontrol tembakau internasional atau Framework Convention on Tobacco Control (FCTC). “Di sisi lain, kebijakan pemerintah belum dirasakan berpihak terhadap mata rantai pertembakauan,” Syukur menambahkan.

Syukur mencurigai wacana menaikkan harga rokok sengaja digerakkan kelompok antitembakau dengan agenda internasional. Menurut dia, naiknya harga rokok diasumsikan menekan konsumen rokok. Sedangkan sektor produksi bahan baku, yakni petani tembakau, diabaikan.

Ketua DPR RI sekaligus politisi Partai Golkar, Ade Komarudin, mendukung langkah pemerintah merealisasikan kenaikan harga rokok.

Ketua DPR RI sekaligus politisi Partai Golkar, Ade Komarudin, mendukung langkah pemerintah merealisasikan kenaikan harga rokok.

Sementara dari kompleks senayan, Ketua DPR RI sekaligus politisi Partai Golkar, Ade Komarudin, menyetujui adanya kenaikan harga rokok hingga menembus Rp 50.000 per bungkus. Dalihnya, naiknya harga rokok bakal mengurangi kebiasaan masyarakat merokok dan rokok merupakan musuh bangsa.

Selain itu, menurut Ade, naiknya harga rokok hingga menembus 400- 500 persen tersebut , secara otomatis akan menaikkan pendapatan Negara dan APBN bakal terbantu.

Namun demikian persetujuan Ade terkait wacana tersebut, mendapat tentangan dari rekan satu partainya yang juga merupakan anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun. Misbakhun berpendapat pemerintah justru harus waspada terhadap agenda di balik wacana itu.

Misbakhun mengatakan, pemerintah harus diingatkan agar tidak terjebak pada kampanye anti-rokok yang ditunggangi kepentingan asing. “Saya bukan perokok. Tapi saya harus ingatkan agenda asing yang hendak menghabisi industri rokok kita,” ujarnya.

Jika pemerintah sampai menuruti ide tersebut, papar Misbakhun, maka industri rokok di dalam negeri akan gulung tikar. Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu menegaskan, saat ini saja industri rokok baik golongan industri kecil dan menengah sudah terpukul oleh kebijakan pemerintah tentang penerapan cukai rokok.

Secara kalkulasi, kata Misbakhun, jika harga setiap bungkus rokok rokok sampai di atas Rp 50 ribu maka industri rokok dalam negeri yang berskala besar pun akan rontok. Dan jika industri rokok dalam negeri gulung tikar, sambung Misbakhun, maka efek turunannya akan sangat serius.

Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun, bersikukuh menolak rencana pemerintah menaikan harga rokok, karena dinilai berdampak di sektor lain.

Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun, bersikukuh menolak rencana pemerintah menaikan harga rokok, karena dinilai berdampak di sektor lain.

“Jika pabrikan rokok gulung tikar, maka jutaan pekerja di sektor tembakau akan menganggur, dan catatan kemiskinan Indonesia akan semakin besar. Para petani tembakau jelas kena imbasnya dan berdampak pada perekonomian nasional,” ulasnya.

Wacana kenaikan harga rokok ini pertama kali diusung Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Hasbullah Thabrany. Thabrany mencetuskan ide ini bukan tanpa alasan, karena telah didasari hasil penelitian dan survey yang dilakukan pada 1.000 responden pada bulan Desember 2015 lalu.

Hasilnya, 41,3 persen responden menikmati rokok 1 – 2 bungkus per hari. Artinya, bila ditotal dalam satu bulan, seorang perokok aktif akan mengeluarkan biaya berkisar Rp. 450.000-Rp. 600.000 per bulan. Terkait hal itu, sebanyak 80,3 persen responden menyetujui kenaikan harga rokok untuk membiayai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). (marksman/ sumber : liputan6.com, cnnindonesia.com, tempo.co dan jpnn.com)

 Posted by on August 22, 2016

  194 Responses to “Kenaikan Harga Rokok Rp. 50 ribu per bungkus Disinyalir Ditunggangi Pihak Asing”

  1. Kurangi rokok.. rokok temen maksudnyaa..

    • Rokok harga 10rb sd 15rb sj bisa bikin impoten dan serangan jantung..

      Apalagi klo harga 50rb..

    • kata ketua YLKI “Jika sekarang ini penerimaan cukai rokok Rp 150 triliun, maka dapat naik sampai Rp 350 triliun. Jadi tidak perlu tuh dana dari tax amnesty,” terangnya.
      “Kalau harga rokok lebih mahal, orang tidak akan membeli atau mengurangi konsumsi rokok, termasuk remaja dan anak-anak. Tapi menghapus (konsumsi rokok) tidak bisa,” ucapnya.

      itu nyurh pemerintah meres rakyat ya ? kalau udah tau rakyat gak akan bisa berhenti merokok.. bajingan nih ketua YLKI

      • Beli Rokok yang banyaak, ditimbun. Kalo harga udah naik, di jual ecer.

      • Setuju naik 50rebu…tp yg nanggung semua dampak terutama negatif spt pabrik bangkrut dll jadi tanggung jawab ylki ama ketu dpr…biar mreka yg komeng menggunakan seluruh buah pikir dn tanggung jawab bukan sekedar sensasi sekedar eksis…

      • menghapus konsumsi rokok tdk bisa…

        wah… klo sakau nikotin berabe donk.
        tindak kriminal d kalangan preman tongpes, bahkan mungki z da yg sampe jual diri hanya tuk sekedar bisa nyetun.

        ha… ha…

    • Bahayanya segi bisnis ekonomi.
      Rokok bila jadi 50 RB/kotak,
      1) pabrik rokok kita jadi kerdil atau tutup.
      2) pengangguran nambah luar biasa.
      3) rokok tradisional menjamur/ klobot jagung
      4) yg semponsori liga bola gak ada lagi.
      5) kertas habis gantinya rokok asli.
      6) rokok luar negri menjadi menjamur disini.

      Kalau punya ide nambah APBN ya jangan guoblok kayak gitu.
      Kalau asal njeplak lambene tak tapok sisanya.

      Amin.

      • Itulah perhitungan dan kalkulasi para ahli yg bodoh. Secara matematis emang benar, tapi secara XXX tak terpikirkan oleh ahli bodoh tersebut. 150 T menjadi 350 T itu perhitungan ahli bodoh. Emang tak terpikirkan dampak segala hal kah?? Emang siapa yg mau beli rokok 50rb?? Drpd beli rokok mahal mending beli sabu sabu dan teman temannya. Emang jokowi mau gak terpilih lagi?? Atau bisa bisa diturunkan sebelum waktunya akibat menyakiti hati rakyatnya. PIKIR DONK….

    • gue demen dirokok

    • Silakan rokok dinaikkan 1000kalipun, kita gak akan beli rokok. Tapi rakyat akan beralih ke NARKOBA yg harganya lebih terjangkau. Ide penaikan harga rokok adalah ide bodoh dari para ahli di negeri ini (mengutip kata presiden philipino). Kalkulasi dan prediksi atas hasil dari penaikan harga rokok oleh para ahli tersebut hanyalah kalkulasi kertas kosong semata. Dan imbasnya besar pada negara ini, perputaran ekonomi terganggu, kesejahteraan rakyat belum memadai, pasar gelap merajalela, konsumsi narkoba makin meningkat, petani, buruh, dan pelaku ekonomi terkena dampak dan masih banyak lagi. Atas alasan demi kesehatan, sejak jaman kerajaan rokok sdh jadi budaya di negeri ini dan terbuktikan usia orang dahulu lebih panjang dari orang sekarang. Biar tdk merokok tapi makanan dan minumannya mengandung formalin dan zat kimia usia manusia tersebut akan cepat dipanggil Tuhan juga. Jadi wacana penaikan harga rokok hanyalah ide seorang ahli di negeri ini utk mendapatkan sensasi semata, bahkan mungkin membawa misi asing untuk menghancurkan ekonomi negara ini. Apa mau Presiden Jokowi tak terpilih lagi karena dibenci rakyatnya sendiri???? Well mich of cucUmbie tal til tut

    • DPR SETUJU ??? pake analisa dari mana ??? Atau sekedar ” cari muka saja”. Atau jg pengalihan issu ???

      Bagi kaum perokok kagak bingung masih ada “Tengwe” alias Linteng Dewe(meracik rokok sendiri). Rokok elektrik,Rokok KW nantinya dll..gimana dgn nasib karyawan rokok,pabrik,petani dll?

      Kalo alasanya bpjs gak bisa mengcover karena sakit yg ditimbulkan oleh rokok? Emang semua penyakit yg ditanggung oleh bpjs semua dari rokok?

      Kalo alasanya anak dibawah umur skrg bnyak yg merokok? Dibuat aja sistem membeli dgn KTP ato apalah kan jg bisa..

      Kalo alasanya untuk meningkatkan pajak negara? Beneran meningkatkan pajak ato malah menjeblokkan pajak negara,karena gag ada yg beli pada “TENGWE” sendiri.

      Gag semudah membalikan telapak tangan. Contoh sederhananya adalah miras,walaupun dimahalkan. Miras oplosan masih merajalela.

    • DPR SETUJU ??? pake analisa dari mana ??? Atau sekedar ” cari muka saja”. Atau jg pengalihan issu ???

      Bagi kaum perokok kagak bingung masih ada “Tengwe” alias Linteng Dewe(meracik rokok sendiri). Rokok elektrik,Rokok KW nantinya dll..gimana dgn nasib karyawan rokok,pabrik,petani dll?

      Kalo alasanya bpjs gak bisa mengcover karena sakit yg ditimbulkan oleh rokok? Emang semua penyakit yg ditanggung oleh bpjs semua dari rokok?

      Kalo alasanya anak dibawah umur skrg bnyak yg merokok? Dibuat aja sistem membeli dgn KTP ato apalah kan jg bisa..

      Kalo alasanya untuk meningkatkan pajak negara? Beneran meningkatkan pajak ato malah menjeblokkan pajak negara,karena gag ada yg beli pada “TENGWE” sendiri.

      Gag semudah membalikan telapak tangan. Contoh sederhananya adalah miras,walaupun dimahalkan. Miras oplosan masih merajalela.

  2. Jelas ada pihak lain merusak APBN kita, padahal cukai rokok merupakan Sumber APBN kedua setelah migas

  3. heeemmm kembali ke teng we

  4. Zaman Jokowi nie byk nyeleneh2 aturanx.. Qu nie Perokok jg,klo kya gnie sm aja melanggar ham scra halus..Aneh klo muncung putih brkuasa..Ampun dh…

    • jangan sepotong memahaminya bung,
      petunjuk buat anda: semisal anda dan saya tangan kanan kuda bocor dan keboy biru, dan anda beserta saya mendapat tugas menghancurkan citra Pemerintah yg jujur dan baik seperti Jokowi kira apa ide anda. Dana pasti melimpah buat tugas kita berdua. Kebayang kan… setelah sejak pemilu hingga kini, seolah2 “segalanya berjalan tampak sempoyongan”.

  5. Teng we ja bebas cukai haaaaaaa

  6. waduh….,kita hrs bagaimana..??!
    klo rokok harganya segitu.gaji kita bisa naek ga

  7. Kl niatnya untuk menambah APBN…jng 50rb/bngkus….sekalian saja 150-200rb perbungkus…

    Pemerintah ki mbok yo mikiiiiiirrrrr…!!!!.
    Penghasilan rakyat ki sedino ki piro ?…
    Opo wes siap mbuka lapangan kerjo, nk pabrik rokok do tutup…?

  8. Ntar banyak kertas cukai palsu!

  9. Klo harga Rokokx Naek Perlahan dimaklumi kya hrga bbm,Tp klo yg nie lbh dahsyat Kya Perang LCS udh bener2 terjadi..Klo pndpt yg g merokok y g mslh,tp Bijimna yg perokok..kgk smudah gto Trnsfer mulut kgk doyan lg…Hadeeh cpe dc..Derita Pecandu Rokok….

  10. Okelah per bungkus 500.000,- tapi harga beras 1.000.000 per kg…mampus lu..pada makan kulit kayu semua..

  11. Peraturan aneh…di singapura harga mahal krn disana gak ada petani tembakau sebanyak di indonesia,pemimpin jngn hanya berfikir dsatu sisi sja tp pikir delapan sisi nya jg.lebih manfaat mana dr kebijakan trsebut..kebijakan nyleneh.

    • Pemimpin kalo disuruh mikir ya malah mau menaikan harga rokok lah., karena lebih bermanfaat buat seluruh rakyat kalau dibandingkan dengan petani tembakau. petani tembakau ngk sampe puluhan ribu tapi rakyat indonesia yang terselamatkan lebih dari separuh penduduk indonesia.

    • Singapork dan Monako, gak ada tempat buat menanam tembakau. jangankan tembakau ; mayat aja gak ada tempat.
      Norwegia, Islandia, Inggris dan Irlandia? negara hujan, tembakau gak bisa panen.
      Sonotan dan Nu Sialan : gak boleh nanam tembakau / ijinnya super ketat.
      Pakistan, Vietnam, Philiphina, Indonesia rokok kok murah ? karena mau nanam tembakau sebanyak apapun bisa. Buminya mendukung.

      Jelas bukan perbandingan yang fair. Pinter kok keblinger.

  12. nggak merokok gak bikin mati, justru senang merokok bikin orang berpenyakitan dan bikin cepat mati.

    • Saya sbnrnya gk peduli ada org ngerokok di sekitaran saya.. tapi sangat sediih hati ini saat ngliat anak kecil ngerokok dgn bebasnya.. anak SD looh sdh lihai mainin asap rokok saat pulang sekolah..

      • Didaerah saya (Madura) banyak orang nanam tembakau, tapi saat panen harganya jeblok pas-pasan petani hanya untung sedikit, yg untung banyak yg punya gudang(bukan petani) atau mafia. Karena itu saya tdk perduli harga rokok naik, toh saat ini saja petani tdk untung. karena itu untuk masyarakat Madura mulai sekarang ganti tanaman tembakau dg tanaman pengganti yang lain seperti tebu, melon, semangka atau yang lain.

        • Trus yg diuntungin itu bukan petaninya, makelar sama produsen nya dong.. hahaha.. kalo tau hgak nguntungin knapa nanemin, pindah ke tanaman lainn nya aja.. yg ginian nih udah mumet.. tpi kalo cukainya dinaikin bertahap ane sih setuju kasih kesempatan buat prepare alih profesi, kalo mendadakgini bakalan dimanfaatin sama oknum yg gak bertanggung jawab.. naikin aja 25% pertahun.. lima tahun juga kelar nih masalah..

        • IMO.. Biarin dinaikin.. abis yg punya pabriknya. Duitnya dibawa kabur nyimpen dinegara lainn… walhasil susah mungut pajaknya.. mangkenye tax amnesti amnestian… hayo coba tebak siapa yg kaya direpublik ini gara2 udut..

    • Hidup,mati di tangan tuhan……coey

  13. Lambe u jhon..mbah q ngrokok dr umur 17thn jg awet hidup sampe skrang umur 96.

  14. Saya 100% bukan perokok aktif. Dan saya tidak setuju dengan kenaikan sampai harga 50rb.
    Dan memang benar ini akan berdampak efek domino ke segala bidang. Dengan naiknya harga rokok ini akan berdampak pada industri rokok itu sendiri, terus bagaimana dengan nasib para petani dan buruh yang terlibat dalam industri rokok tersebut? Di perkampungan seperti di tempat saya yang bekerja di orang para pekerjanya mendapat jatah rokok perharinya ini akan berdampak pada upah kerja. Dan masih banyak lagi efek yang lainnya. Haruskah rokok naik lebih dari 100% sedangkan harga kebutuhan pokok pun gk kunjung turun.
    Kapan atuh NEGERIKU INI BEBAS DARI POLEMIK.
    Smoga NKRI tetap jaya.
    Mau bagaimana pun dan mau apapun yang terjadi AKU TETAP CINTA INDONESIA.
    NKRI HARGA MATI.

  15. Mengutip pernyataan tulus di atas..kl sekarang penerimaan cukai150 triliun,maka dapat naik nenjadi350 triliun.jadi nggak perlu tuh dana tax amnesty…amnesty?hemmm memang ada indikasi titipan asing ni hehehe…

  16. jangan gampang nuduh asing, rokok yng dihisap kita temkaunya banyak import dari usa, padahal kita butuh lahan untuk pertanian pangan, intinya janganlah gampang nuduh orang

  17. Satu lagi hal bodoh yg mau dilakukan pemerintah..
    Wes… Payah tenan….!!!

  18. Negara opoooko ko ??

    Apa tidak di pikirkan dulu atau hitung di atas kertas dulu baru tdipublish ..
    Untuk trit ini saya sependapat dgn bung ruskye
    Yg mendukung kebijakan ini antek asing

  19. Kalau beneran naik harga rokok…slogan nya di ganti aja pak…SALAM ISEP JARI wkwkwkwk

  20. rokok ilegal akn menjamur, sy tolak harga rokok naik, apa para admin ada yg ngerokok ?

  21. Joko ingin keributan antara rakyat sbg konsumen dengan para cukong konglomerat banyak upeti,… mesti dipikir2 dulu sebelum star perlu jajak pendapat dengan kepala daerah se indonesia untuk persolan ini.

    klo memang harus dinaikan yg bersifat rokok luar okelah gpp Marlboro semisal.
    untuk produk lokal spt 234 sampurna. GG apakah ikut naik juga?? wah sudah kualat banget nih pemerintah

  22. Baguslahh .. dimana mana perokok nyampah gak tahu malu … tukang ojek cari duit bukannya beli susu buat anaknya malah buat ngrokok.

  23. Ya pasti lah Ada Pro kOntra kalo soal Tembakau dan Rokok di kementerian saja pada beda pendapat, kementerian kesehatan menyoroti soal kesehatan, Kementerian Tenaga Kerja Pasti akan Melindungi Buruh disektor Rokok, Kementerian Pertanian akan menyoroti Soal Petani Tembakau nah bingung kan?
    Yg tidak bingung adalah Pabrik Rokok Putih sekelas PM krn semuanya dikerjakan oleh Mesin jadi berapa pun harga jualnya pasti akan bisa ditutupin biayanya oleh mereka dan itu yg mereka incar Menghilangkan Produk Rokok Kretek menjadi Rokok Mild yg dibuat mesin

  24. Tutup aja pabrik rokoknya….rempong nih pemerintah…

    jadi inget plastik bernbayar yang bikin kaya perusahaan mini market….

    ntar produk rokok elektrik dari luar membanjiri pasaran indonesia…

    cuma akal2 an pihak2 yang di untungkan…

  25. Saya heran indonesia selalu membanding harga dengan luar negri…sekarang bbm kita yg paling tinggi di asia tenggra. Pajak kendaraan kita paling tinggi didunia.tapi apa terjadi jalan diindonesia jalan kita kualitas rendah pembangun jalan tidak sebanding dgn semestinya…rokok juga mau dibandingkan hargannya…

  26. Akan ada rokok palsu bermunculan made in china

  27. Yg ga setuju harga rokok naik = perokok aktif…..
    Buat yang perokok aktif cobalah main2 ke RS Harapan Kita dan RS Dharmais,lihatlah sendiri berapa banyak korban berjatuhan akibat rokok….. Berapa trilyun uang BPJS hilang untuk biaya korban rokok, dan saya yakin 100% uang cukai rokok ga akan mampu menutup biaya pengobatan korban rokok (sakit jantung, stroke, kanker)…..

    Jadi di pihak manakah anda???
    Turut menghancurkan negeri ini dengan membiarkan rokok murah??

    • Kok orang merokok anda sebut menghancurkan negara,,

      Jangan cuma main saja kerumah sakit. ,tapi juga ngomong 4 mata sama dokter ahlinya..rokok cuma kambing hitam saja
      Banyak dokter yg lebih ganas merokoknya..haha
      Coba bung tanya ke dokter !! Pasti di jawab habis merokok ada obatnya..
      Kakek saya perokok aktif sampai di usia 90 thn masih merokok dan masih bisa baca al quran ..
      Yg menghancurkan bangsa itu yg mendukung kenaikan..
      Seharusnya rokok di permurah saja ..jadi uang kesehatan bisa di tabung,,

    • Jadahtempe@ Turut menghancurkan Negeri dg membiarkan rokok?apa nggak berlebihan pertanyaan anda bung?ya bnr dana Bpjs nggak akn mampu atau nggak cukup buat membiayai rakayat yg kena Penyakit yg anda sebutkan dn sprt yg kita ketahui bnyk orang yg bukan perokok aktif jg mengidap penyakit”sprt yg anda sebut,kl kenaikan rokok msh di tingkat wajar rakyat pst nggak akn membantah rencana pemerintah menaikan harga rokok dn perlu di fikirkan dampaknya jg sprt pekerja di sektor tembakau seandainya industri rokok negara kita hancur akibat rencana ini…..salam.

    • Kalo yg gak perokok sekali kali main ke RSU terdekat. Berapa banyak penyakit dan pesakitan meski tak merokok. Selama manusia hidup punya lubang dan pori pori akan kena penyakit dari manapun atau dari apapun. Gulai sate kambing yg sedap saja bisa membawa kematian. Aplg yg lo makan dan minum setiap hari mengandung formalin dan aneka zat kimia itu yg memperpendek hidupmu yg sebenarnya. Sejak jaman kerajaan berapa banyak jumlah rakyatnya berusia hidup panjang?? Gak macam jaman sekarang, katanya gak merokok tapi daya hidupnya tdk lama. Jadi bukan ROKOK yg mengurangi daya hidup manusia, tapi kimiawi yg masuk dalam tubuh yg mengurangi daya hidup manusia jaman sekarang.

  28. Sekalian Aja Rokok Diharamkan krna trmasuk Narkoba…Tangkap aja yg Perokokx Sklin…Streees…

  29. Coba bandingkan kebodohan orang indonesia dgn negara tetangga..coba kita bandingkan pemerintah indonesia dgn pemerintah as….mungkin kita malu terhadap pemerintah indonesia ….rokok naik narkoba tambah pengguna…

  30. naikan saja kalo perlu hapuskan , rokok tidak ada manfaatnya sama sekali

    yang bilang menghidupi buruh dan petani, kerjaan lain masih banyak tidak harus jadi buruh rokok dan petani tembakau, tidak akan ada yang mati kalau rokok naik

    yang bilang rokok ilegal dan palsu akan bermunculan , resiko penjara tanggung sendiri jadi pengedar dan penimbun rokok palsu

    yg mau pake rokok elektrik silahkan kalo mau resiko bibirya jontor nanti kalo kesetrum

  31. MBAH SUDAH SIAPKAN MESIN ROKOK…WALAUOUN HARGA NAIK MBAH GAK NAIK DI CAMPUR DAUN CEMARA SAMA RUMPUT TEKI DEK…

  32. Bro ane mo liat berani g ente ambil rokok org yg sdg merokok trus rokok itu ente injak2 dhdpn Perokok itu…

  33. masih keliatan bnyak yg gagal paham ckckck…bahkan ane liat banyak yg udh sering nongkrong pertamax malah jd oot dan emosian xixixi…mbok ya dibaca yg teliti, ikuti dl alur critane baru ngomeng haduuhh biunggg, sumbu kok pendek bingit yak !!???
    Apalgi yg di artikel ada komen superkonyolnya….gak percaya !??
    Noh baca…: Ketua Pengurus Harian YLKI,
    Tulus Abadi mendesak Kemenkeu segera
    menaikkan tarif cukai rokok sehingga harga
    jual rokok di Indonesia setara atau lebih dari
    negara lain. Contohnya di Singapura,
    Malaysia dan Thailand yang menjual rokok seharga Rp 30 ribu-40 ribu per bungkus. Tulus memperkirakan, jika harga rokok naik
    lebih dari dua kali lipat, misalnya dari harga
    Rp 15 ribu atau Rp 20 ribu per bungkus
    menjadi Rp 50 ribu per bungkus, maka
    pemerintah bisa mendapatkan kenaikan
    pendapatan cukai lebih dari 100 persen. “Jika sekarang ini penerimaan cukai rokok
    Rp 150 triliun, maka dapat naik sampai Rp
    350 triliun. Jadi tidak perlu tuh dana dari tax
    amnesty,” terangnya.

    Jelas toh ??
    Sarap toh !?
    Picek nek ra rumongso wkwkwk ….

    • Hahaha setuju bung….

    • itu benar bung DC Zonk

    • Itu hitungan keuangan koplak,,
      Seratus ribu yg beli siapa??
      Bukan pn dr pajak naik yg ada jeblok..haha

      Dr kesehatan omong kosong
      Dr pajak omong kosong

      Jika rokok yg di naikan akan byk yg turun kejalan
      Sedikit gambaran
      1 petani tembakau ,cengkeh
      2 buruh pabrik rokok
      3 sales rokok
      4 persatuan buruh
      5 para petani dan perkebunan ,nelayan seindonesia
      6 para medis karena rumah sakit sepi
      7 para ibu rumah tangga yg jatah bulanan dan harian di kurangi 35 ribu satu hari,,akan turun kejalan
      8, anak 2 akan turun kejalan karena uang jajannya di kurangi
      9, sopir angkutan akan sepi karena org lebih suka jalan kaki ,,akibat jajan dikurangi
      10. Akan banyak kekerasan di dlm rumah tangga dan di jalan
      11, penjara membludak
      12…dst
      Seharusnya harga rokok di turun kan,biat rakyat sejatera

  34. Para perokok pada mewek semua, masih mending harga rokok 50rb, rencananya malahan 100-130rb. Kalau harga nya segitu masih ada yang mau beli tanpa liat isi dompet ya wassalam.

    Kalau masih mau merokok dengan harga murah ya cerutu lokal pakai bungkus kulit jagung segede rpg…ngebul nya manteb…gratis kalau dikampung mah…

  35. Quote:
    Wacana kenaikan harga rokok ini pertama kali diusung Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Hasbullah Thabrany. Thabrany mencetuskan ide ini bukan tanpa alasan, karena telah didasari hasil penelitian dan survey yang dilakukan pada 1.000 responden pada bulan Desember 2015 lalu.

    Hasbullah Thabrany calon menteri Kesehatan Jokowi yang gagal

    Pernah bekerja dengan Rand Corporation, sebuah perusahaan riset terkemuka di Amerika Serikat saat dia belajar di Amerika Serikat. Setelah kembali ke Indonesia pada tahun 1995, beliau menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Administrasi Program Pascasarjana di Universitas Indonesia.

    Ada kemungkinan pernah bersinggunan dengan US Chamber of Commerce (USCC) ato Kamar Dagang Amerika waktu bekerja di Rand Corporation ?

    Quote:
    Syukur menilai gagasan menaikkan harga rokok hingga Rp 50 ribu per bungkus hanya sebuah tekanan terhadap pemerintahan Joko Widodo, yang belum meneken ratifikasi kontrol tembakau internasional atau Framework Convention on Tobacco Control (FCTC). “Di sisi lain, kebijakan pemerintah belum dirasakan berpihak terhadap mata rantai pertembakauan,” Syukur menambahkan.

    Ini salah satu taktik industri rokok di dunia dalam melawan penerapan kebijakan pengendalian rokok.

    Hubungan-hubungan semacam ini di Indonesia harusnya bisa menjadi bahan investigasi oleh media Indonesia, untuk kemudian diurai agar supaya jelas bahwa gerakan-gerakan anti pengendalian rokok di Indonesia ini sebenarnya adalah salah satu proxy dalam perang nikotin yang didukung industri tembakau secara global.

    Bentuknya bisa macam-macam: lobby pejabat tinggi, pressure groups dan frontliners seperti komtek, dll.

    RUU Pertembakauan di DPR juga melibatkan lobbyist-lobbyist yang membagikan dokumen-dokumen pro posisi industri kepada para anggota DPR dan KPK pernah diminta menggunakan kemampuan khususnya untuk menelusuri kemungkinan praktik korupsi terkait proses legislasi mengenai RUU Pertembakauan.

    Kemungkinan ini karena dalam Pasal 121 ayat 1 Tata Tertib DPR Nomor 1 Tahun 2014, disebutkan bahwa jika ada RUU yang masuk dalam daftar prioritas, maka pelaksanaan harmonisasi dan pemantapan dilakukan dalam dua kali masa sidang (1 tahun).

    Dan, RUU Pertembakauan sudah dua tahun mangkrak tanpa ada pembahasan yang jelas.

    RUU Pertembakauan tidak dapat dikatakan sebagai prioritas. Sebab, setidaknya ada 14 undang-undang yang sudah mengatur sebagian besar pasal dalam draf RUU Pertembakauan.

    FYI
    Indonesia saja, bisnis rokok saat ini mayoritas dikuasai oleh Sampoerna a.k.a. Philip Morris.

    Keuntungan bagi pemerintah AS dari relokasi industri rokok ke negara-negara berkembang adalah mereka bisa melakukan pengendalian demi kesehatan warga tanpa harus kehilangan pendapatan.

    Dari sudut pandang ketenagakerjaan, pemerintah AS juga tidak rugi wong industri rokok juga sudah full mesin. Dan yang tidak kalah penting, pemerintah AS tetap bisa memperoleh benefit dari pendapatan pajak dan dividen.

    • yg bikin isue adalah…. barisan kuda bocor dan keboy biru, masalah ini adlh isue, mereka sedang berpikir sangat keras utk menemukan dan membuat isue yg bisa dipakai menghantam pemerintah, bila meleset mereka tetap menang buktinya masyarakat sedikit demi sedikit terkikis trust nya pada pemerintah. Mulai menghitung 5 kesalahan Jokowi hingga penggulingan mentri esdm atau Jokowi di “gebukin” saat sidang di dpr sblm tujuh belasan kemaren.
      Tapi yang pasti dan belum dihitung oleh barisan kuda bocor dan barisan keboy biru adlh semakin sering bentrok isue dan intrik politik dipertontonkan, masyarakat Indonesia jadi semakin pintar dan paham. Siapa yg ingin membangun dan kelompok siapa yg ingin merusak.
      demikian kura-kura

    • yg jelas yg buat isu ini kepermukan yh siapa lagi kalo bukan ORANG GAGAL YG JADI MENTRI.

    • anggota barisan kuda bocor dan keboy biru yg sedang getol mengirim seluruh cyber agent nya membalik-balik pola pikir masyarakat.
      Mereka lupa, bila rakyat sekarang lebih pintar dari agent2 nya.

      salam kura-kura nusantra mikik kita makin jaya tanpa orba, Wijaya!!
      We Jaya! kita semua selalu dlm kejayaan, aamiin.

      • Iya kalau cuma isuu kalau tes opini saja gimana
        Sebelum terjadi yg harus di kritik
        Kalau kejadian kacau negara bung

        Saya juga pembela jokowi dan dijkgr ini sering di bully sama pendukung bapak besar

        Tapi klu menyangkut membahayakan negara dan merugikan rakyat ,saya lebih mendukung negara aman dan rakyat sejahtera

  36. Pola pikir seperti penjual nasgor dikampung saya: jika jumlah rumah’ 200, maka setiap keliling penjual nasgor akan dapat menjual nasgornya 200 piring juga.
    Apa gak mikir emang semua akan beli nasgor?
    Sama kasusnya, emang klo naek cukainya akan konstant jualannya? Orang Indonesia itu terkenal kreatif, sblm ada pabrik rokok, masyarakat sdh terbiasa dng istilah “teng we”, justru petani tembakau tetap akan eksis, yg kolaps adalah pabriknya

  37. pasti Akan datang rokok murah alias rokok KW…

  38. Kalo saya setubuh harga rokok naik…malah kurang tinggi tuh naiknya…hi..hi…

    Dalam membuat suatu keputusan pemerintah pasti udah pikirkan dengan matang efek nya…cuma kalau harga naik jadi 50rb dari 20rb janganlah pendapatan pabriknya jadi tinggi juga naiknya, artinya, kalau harga 50rb itu, harga jual pabrik 20rb dan cukainya 30rb….nah ini baru benar…rakyat ditekan untuk mengurangi rokok..disatu sisi kalau mau merokok juga negara dapat imbalan yang lebih baik dari cukainya…..

    Para perokok and the gang pasti protes…banyak pabrik tutuplah….petani akan kehilangan pekerjaan lah…buruh linting juga akan kehilangan lapangan kerjalah….sebenarnya kalau kita pikir2…banyakan mana yah manfaat atau mudharat-nya rokok ini?…..kalau menurut saya rokok itu lebih banyak mudharatnya dari pada manfaatnya….

    • Kenaikan harga rokok bukab dari pemerintah, tapi si hasbullah dari UI demi risetnya utk mendapat gelar akedemis. Aplagi dibiayai oleh LSM amerika, enak itu Si Hasbullah Tabrani dpt gelar Plus dapat dana asing dlm risetnya. Pasti ada udang di balik batu antara si Hasbullah tabrani dgn LSM asing terhadap negara ini(pengakuan hasbullah tabrani dlm debat dgn Misbakun DPR RI di kompas Tv).

  39. MORI$ awas kao

  40. Santai sejenak

    Kisah Kerajaan Rokok …

    Dahulu kala ada sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Rokok. Kerajaan tersebut dipimpin oleh seorang raja bernama raja Ardath. Raja Ardath mempunyai seorang anak bernama Kansas. Suatu hari, ketika sang Surya tenggelam di ufuk barat dan Star Mild menyinari angkasa, Kansas diculik oleh tiga penjahat bernama Dji, Sam, Soe. Kansas disekap di Gudang Garam yg dijaga Retjo Pentung.

    Raja Ardath mendapat informasi bahwa putranya disekap di Gudang Garam dan ia mengutus seorang ksatria yang bernama Marcopolo. Sesampainya di Gudang Garam, Marcopolo bertarung dengan Dji, Sam, Soe mendapat pukulan bertubi-tubi sehingga wajah mereka penuh dengan Bentoel Biru. Akhirnya Marcopolo berhasil menyelamatkan Kansas tetapi kondisi tubuh Kansas lemah karena ia disiksa selama disekap.

    Marcopolo membawa Kansas kepada tabib Marlboro. Marlboro menyuntik obat kepada Kansas dengan Djarum Super. Akhirnya Kansas sehat dan tumbuh dengan Sampoerna.
    Wkwkwkwk

  41. Naikkan saja!! Sudah jelas merugikan bg masyarakat!! Gila emang yang ngerokok!!

    • betul bung,sekalian saja pabrik rokoknya suruh tutup atau suruh pindah ke luar negri. ..yg ngerokok emang gila bung tapi yg lebih gila lagi yg g merokok, bahan bahan kimia doyan di konsumsi terus……wwkwkwkwkkkkk

  42. sy bkn perokok aktif, kalau perokok tdk termasuk pelaku kejahatan, misalnya anak smu pulang dr sekolah naik motor sambil ngerokok nggak ganggu org juga, tp kalau minum miras & narkoba pasti jd begal dan tancap gas main seruduk krn ngerasa berada di sirkuit F1, shrsnya pabrik miras & narkoba yg di tutup

  43. bayar pemandu karaoke 200rb bisa
    rokok naik pusing xixixi

  44. Duit rakyat terus yang diemban demi APBN….nasib nasib… Rokok naik Gaji harus naik….wkwkwkwkwkwk

  45. Yg perokok akhirx mati….yg gak perokok jg akhirx mati….lebih baek isep rokok smpe matiiiii hahaha….

  46. Saya nga setuju soalnya klo misalnya naik saya nga bisa ngrokok lagi

  47. baru tau nih… klo rokok sudah menjadi bahan kebutuhan pokok yg paling penting untuk sebagian orang… bukan lagi beras dan pakaian.

  48. MBAH SETUJU KALO ROKOK DINAIKKAN HARGANYA,MANA TAU BISA NGURANGI POLUSI UDARA..

  49. Sampoerna sudah dikuasai Philip Morris, Gudang Garam dibeli Jepang, Djarum pun sudah dibeli Japan Tobacoo, bentoel di beli BRitish AMerican tobacoo hampir 80 persen saham perusahaan rokok di kuasai aseng? Next perusahaan mana yang akan di kusai asing?
    Gak masalah rokok mau naik yg penting perusahaan milik negeri ini bukan ASING hadech…..

  50. kuncinya cuma satu nasionalisasi industri rokok

  51. naikkan aja,kalau perlu 200rbu sekalian,biar bangkrut pabrik rokok,lumayan nambah2 pengangguran,kan udah banyak juga tka ilegal dari cina.

    • hahaha… om debu, terkurung doktrin oposisi ya, hahaha.. tapi Wijaya maklum lah, prof. yusril saja salah telak tentang jutaan pekerja cina.

      Gmn kabar kuda bocor… apa sudah langsing skrg bung, secara pemasukan dari proyek2 pemerintah udah super seret.
      Jika kontraktor2 pemerintah warisan keboy bekerja profesional, turnkey project dgn cina tentu tak akan ada.

      mungkin anda juga sudah tau slogan tertutup: biarkan Jokowi moncong putih yg memerintah dan menggunakan seluruh anggaran, tapi pastikan barisan kuda dan keboy kita yg menampung paling banyak bocoran-bocoran. hahahaha…

  52. wacana ini bener2 heboh, temen2 di markas yg pada doyan ngerokok udah pada kaget kelimpungan, nantinya yg ngerokok adalah orang2 berduit, ato minimal ga ad lagi perokok berjalan kaki, semua pake driver..

    tetap positive, smoga naiknya rokok diiringi pula dengan kenaikan rejeki rakyat Indonesia 1000x lipat.
    Aminn

    • trus karyawan pabrik rokok nganggur gitu? pikirlah, hampir 5 juta orang… efek dari pengangguran adalah bakal maraknya tindak kejahatan…. 5 orang pekerja itu belum dihitung bersama anggota keluarganya lho

    • Gue juga perokok, nurut gue sih rokok sebenarnya gak ada manfaatnya. Beneran.. sumpah gue.. hikss. tpi kenapa kepingin mulu ya.. herann.. heran gue.. apa rokok nanti naik gw jadi gak heran lagi yak.. hadoww jadi asem nih, seruput dulu ahh..

  53. Buah simalakampret….

    Jika hrg rokok dinaikan secara drastis menjadi seumpama…ini seumpama menjadi 50 rb maka dampaknya adlh:
    – Pabrik rokok skala kecil dan menengah akan kolap, terjadi PHK, padahal rokok dr industri kecil dan menengah banyak diserap pasar, terutama di pedesaan dan perkampungan krn hrg yg murah.
    – Pabrik rokok skala besar akan terseok-seok krn menurunnya pembeli, maka berdampak pd PHK pegawainya.
    – Secara umum akan terjadi PHK masal di industri rokok.

    Banyak petani yg beralih menanam tembakau ketimbang menanam tanaman sayur maupun padi dan buah, alasannya :
    – lebih mudah diserap pasar akibat banyaknya penjual tembako kiloan dipasar2 traditional sebagai akibat masyrakat beralih ke rokok lintingan.
    – Rokok lintingan maupun tembako kiloan akan luput dr objek pajak, sama seperti miras ilegal.

    Alih2 sasarannya ingin meningkatkan pendapatan dr sektor cukai rokok, malah pajak rokok tdk terpenuhi akibat dr masyarakat banyak mengkonsumsi rokok lintingan sendiri.

    Dampaknya jika rokok masih murah :
    – Masyarakat menjadi perokok aktif, sampai ke anak sekolahpun sudah mulai mengkonsumsi rokok.
    – rokok merusak kesehatan bagi yg daya tahan tubuhnya lemah.

    Kalaupun hrs naik, mungkin naiknya tdk hrs drastis namun secara bertahap atau maksimal 30%.
    Hrg rokok yg tinggi diluar negeri blom bisa jd contoh, krn berkaitan dng pendapatan perkapita masyrakatnya.

    Itu menurut hitung2 saya diatas kertas. Mungkin ada pencerahan dan pendapat yg lebih bagus dari agent ubed.? Atau analisa yg lebih dlm dr agent ubed.?
    Monggo dibabar pencerahannya agent ubed.! 😉

    • Hukum Ruskye: [ …Kalo sdh ada hitung2an diatas kertasnya baru boleh kita babar… ]

      “Itu menurut hitung2 saya diatas kertas” -ternyata sendirinya omdo, mana hitung2an-nya ?, babar sekalian..

      gak aneh, samasekali gak aneh, 3M -mister mencla mencle !

      • Agent ubed yg lg berasap kepalanya, yg makin lama makin kerdil pemikiran dan ucapannya.

        Gak liat ya komen saya diatas. Itulah itung2 saya diatas kertas bukan dikertas.
        Kok napsu amat minta hitung2 an saya.? Emangnya agent ubed mau jd penjual tembako kiloan ya atau mau jd penjual rokok lintingan tanpa pajak.?
        Masih banyak bidang usaha lain, gak usah gelap mata mau usaha ilegal tanpa pajak…..xixixi
        Maaf agent ubed, kalo utk yg usaha yg ilegal saya gak mau kasih hitung2an nya….wkkkkkkk
        😉 😉 😉

        • yang pasti ente agen kelas kacang, setiap agen yang terlihat gamblang misi yang sedang diembannya adalah agen kacangan

          si anak deli levelnya masih dibawah ente, dia agen kroco..

    • betul bung ada hampir 5 juta karyawan pabrik rokok yang dipertaruhkan disini… juga 1.2 juta petani tembakau… pencetus ide ini sudah pasti salah perhitungan….

    • Kalo dampaknya pabrik rokok pada bangkrut kok point berikutnya petani pd beralih tanam tembakau dr sayuran, apa tdk keliru itu om, lha emang siapa yg mau beli tembakau kalo pabrik rokok pd bangkrut?

      • bung Rojali
        Begini maksudnya :
        – Jika harga rokok mahal, peminat rokok hasil industri akan berkurang karena harga mahal.
        – Bagi pecandu rokok tentu hrs tetap menghisap rokok dng cara beli tembako kiloan utk dijadikan rokok lintingan.
        – Di Indonesia banyak perokok aktif mulai dewasa sampe ke anak remaja. Jika mereka tdk mampu beli rokok industri maka mereka beralih ke rokok lintingan dng cara beli tembako kiloan.
        – Para penjual tembako kiloan akan meningkat penjualannya, maka memerlukan supplier tembako.
        – Petani melihat peluang yg bagus dng hrg yg baik akan beralih menanam tembakau karena kebutuhan pasar yg tinggi. Istilahnya lebih gampang menjualnya.
        – Lahan yg terbatas pun mereka tanami tembakau. Dan pasar tembako rakyat akan tumbuh di pasar2 traditional. Akibatnya tembako kiloan mudah didapat. Lalu gmn cara mengutip pajak mereka.?
        Itu yg saya maksudkan.

  54. yg salah tuh yg punya warung krn menjual ke anak anak,bapaknya jg salah karena nyuruh anaknya beli rokok ke warung. akhirnya si anak punya alasan ke pemilik warung jika anak itu ingin merokok

  55. Mengutip pernyataan tulus di atas..kl sekarang penerimaan cukai150 triliun,maka dapat naik nenjadi350 triliun.Lha kalo rokok nya ada yang beli, kalu tidaK??, wakakakak itu asumsi orang ngk sekolah, harga naik kalau pembelian turun ya sama aja bohong…walh walahh dagelan

  56. jebakan betmen full day school & cukai rokok naik

  57. yang punya ide ini adalah orang saraf…

  58. min tolong disekolahin tuh ^

    • kaga ada sekolah yg mau nampung murid udah tua bangkir begitu bung….hihihiii
      gurunya juga pada takut lihat murid ora waras otake bung apalagi gurunya cewe…..

  59. Wah piye toh…yg namanya musuh bangsa
    Kahiji…NARKOBA
    Kadua …KORUPTOR
    Alias antek
    asing tukang
    Maling duit
    rakyat
    Ade komarudin kau terlalu lebay.. payah kau ini !

  60. “Hasbullah Thabrany calon menteri Kesehatan Jokowi yang gagal”…

    ternyata idenya orang gagal 😛 hahahaha

    • anggota barisan kuda bocor dan keboy biru yg sedang getol mengirim seluruh cyber agent nya membalik-balik pola pikir masyarakat.
      Mereka lupa, bila rakyat sekarang lebih pintar dari agent2 nya.

      salam kura-kura nusantra mikik kita makin jaya tanpa orba, Wijaya!!
      We Jaya! kita semua selalu dlm kejayaan, aamiin.

  61. KABAR DUKA bagi orang yg tidak merokok..
    tidak merokok akan menyebabkan kegemukan..dan anehnya lagi yg tidak merokok akan mudah terserang penyakit yg aneh aneh dari makanan yg aneh aneh…,hiiii
    alamat rokok klobot dari daun aren akan booming kembali….. lieur lah aing.

    • 5 manfaat merokok yang jarang diketahui dan cenderung disembunyikan:
      – Turunkan Risiko Operasi Sendi Lutut
      – Jauh dari Parkinson
      – Obesitas Berkurang
      – Turunkan Risiko Kematian Akibat Serangan Jantung
      – Obat Jantung Clopidogrel Bekerja Lebih Baik

      sumber: livescience

  62. kata ketua YLKI “Jika sekarang ini penerimaan cukai rokok Rp 150 triliun, maka dapat naik sampai Rp 350 triliun. Jadi tidak perlu tuh dana dari tax amnesty,” terangnya.
    “Kalau harga rokok lebih mahal, orang tidak akan membeli atau mengurangi konsumsi rokok, termasuk remaja dan anak-anak. Tapi menghapus (konsumsi rokok) tidak bisa,” ucapnya

    Ketua ylki G punya otak. Kalo konsumsi berkurang, artinya penjualan berkurang. Gimana bs dpt 300T?? Yang ada pendapatan cukai NOL. Trus negara digadaikan ke luar buat nutup defisit..

    • mungkin dia lelah jadi itung itunganya kaga moncer dan ngaco bung …..hhiiiii
      parah banget ketua ylki,jangan jangan jeblok pelajaran matematikanya dia bung…….wkwkwkwkwkkkkkk

  63. pendapatan cukai 150 trilyun
    setelah rokok naik 350 trilyun

    tapi kenyataan yg terjadi rakyat tidak akan beli rokok karena tidak terjangkau,dan memilih rokok ting we,

    alhasil pendapatan cukai turun drastis menjadi 5 trilyun saja.

    dan kita hanya bisa tertawa ala colibri…
    KWAAKK…KWAAKK…KWAKK…

  64. Pak ade…mas tulus…mending naekin hukuman koruptor minimal jd 50 taon…drpd naekin pita cukai…ujung2nya dikorup juga…pita cukai gede tp dikorup…podo bae toh cak….

  65. satu kehebohan menutup kehebohan lainya,,,mo sampe kapan cuuuy,,,
    klo pembelinya berkurang krena mahal, yg ada tekor bandar,,,mau situ tekor? lha wong kita lagi butuh dana besar buat infras dll

  66. Gpp harga rokok naik jadi 50rb/ bungkus…asalkan pajak cukai…dialihkan tuk pembeliaan alusita gahar….semisal S400-500…sukhoi pakfa 50….destroyer….tuk ditempatkan dinatuna….karna si ENCEK ENGKOH Diutara sdh mulai gila….
    Xixixixi edisi mimpi disiang bolong

  67. gampang bnget klw ngitung soal duit 159T klw naik maka akan dpt 300T 😀 iya klw tetap dibeli scra normal misalnya biasa 2bngks/hari pas naik tetap 2bngks/hari nah bijimane klw krn kemahalan orang yg biasa 2bungkus/hari jadi beralih ke tmbakau mole 1bngkus bs ampe seminggu 😀 😀 gile lu ndro giliran ngitung duit sigap banget

  68. Arep rokok mundak 50rb opo satus, mbok ben Nem. Sak karepe pemerintah. Biarin…biar senang mereka. Tenang, wae, sesuk nanam tmbakau sendiri atau nglinting lagi. Yen nanam tembakau tetap dilarang, yo, berarti mung mbel…

  69. bung diego…mimin ko coment saya pada kaga nongol mulu min….? email orang juga pada nyangkut mulu,sekian laporan terkini…hiiii.

  70. Weeh masih rame nih artikel pd komeng..

    Perokok sihh gak masalah harga naik berapa kali lipat sajaa..tapi hrs diimbangi dgn fisik rokok jg dinaiikan
    Umpama harga naik 3x lipat harusnya panjang rokok jg harus di naikan 3x lipaaaat..
    Mau naik harga 5x lipat harusnya panjang rokok jg naik 5x lipaaaattt..

    • bung @pkb gw tambahin dikit ya…..dan jangan lupa klw harga rokok naik 5x lipat bahkan lebih tolong pemerintah siapin Rumah sakit umum di perbanyak juga dan yg lebih penting lagi jika harga rokok naik,pemerintah harus siapin rumah sakit jiwa juga di setiap kelurahan minimal satu rumah sakit jiwa…….wkwkwkwkkkkkk

  71. Ha Ha Ha
    Syeeemmm

  72. 50 ribu mending buat beli nasi padang di RM Padang Garuda enak AC-an adem pisan wkwkwkwkw

    • tumben pemikirannya normal……dari pada mulut bau kenalpot…kasihan istri…:))

      • Biasa Marat… Seneng Buat Ulah…Pusing… tuh isi Kepala Negara
        Laporannya Sampai Istana Merdeka Utara.
        Lha Inyong Yang Kalang Kabut, Katanya Laporan SMS Itu dari Temen Kerja Inyong,
        Hadeuh…
        Berapa Triliun itu…. selama berapa tahun…. ” Itu yang Ngitung Orang Ahli Pakarnya ”
        Hadeuh…
        Mohon Maaff Biasa Marat seperti Bocah Tua Nakal

  73. untungnya saya udah dua tahun berhenti merokok wkwkwk

  74. ada apa dengan mimin…..? coment gw ilang mulu wadeeuhhhh ampun DJ
    by Najong…..

    maaf bung @teler nick name anda saya pake sekali ini ajah habis nyangkut di hp gw dan coment gw di anulir terus dama wasit jkgr bung…..hikss hikss hiksss.

  75. pemerintah cap aspal, tiap hari kerjanya bikin gaduh mulu

  76. Ya beginilah nasib kalau pemimpinya plongaplongo kerjaanya selalu bikin gaduh rakyat terus,kalau tak punya uang tak usah mbangun tak usah beli ini itu digedein hutang terus..kalau kere ya kere…

  77. Singapura, australia, selandia baru emg dipatok mahal soalnya disana ga ada petani tembakau, jadi mengurangi impor, kalau indonesia latah naik jg, petani tembakau yg paling kena dampaknya.

  78. Sak karepe pemerintah bae…

    Seng usul rego mundak ben pendapatan negoro mundak d catet…nak bar mundak 50rb pendapatane ora tekan 350T…
    d tagih wae…piye kang disik itung2an mu?….koq empuk koyok tahu kalkulasimu…tapi seret koyok dondong ng gulu hasil itungan mu….

  79. presiden kita ini emang rocker aliran heavy metal kaya jurgen klopp, tak peduli harga minyak dunia turun, di kita malah di naikin, walaupun sempat turun harga lagi, di lain kesempatan, presiden tau, bagi pecandu berat rokok, kau berapapun harga rokok apalagi cuman 50rb/bungkus, tidak jadi soal buat mereka, pasti mereka embat juga, alhasil saya yakin presiden sudah punya prakiraan kalkulasi seberapa efektif kah kenaikan harga rokok dalam mendongkrak pemasukan pajak cukai, yang jadi masalah itu bagaimanakah dengan nasib karyawan pabrik rokok? atau pun juga petani tembakau? saya yakin walaupun nilai total keseluruhan penjualan rokok tidak turun drastis tapi tetap saja jumlah produksi rokok pasti menurun, maka dari itu pasti ada pengurangan karyawan pabrik rokok/petani tembakau, ibarat jika pemerintah mah menggusur pemukiman atau pedagang kaki lima, maka harus ada solusi lain yang dilakukan, mau di tempatkan dimana pemukiman/pkl tersebut mau dipindah, jangan maen gusur aja, begitu juga dengan karyawan pabrik rokok/petani tembakau, disamping selama ini produsen2 rokok selalu mendukung kemandirian & prestasi anak bangsa sbg contoh pb djarum dalam mendukung program pembinaan bulu tangkis usia dini, kesimpulannya sudahkah pemerintah menghitung langkah dengan sangat tepat & cermat? mari kita saksian…

  80. Gantinya ngemut permen kaki kaki….
    Lidah bisa jadi warna warni….
    Mama senang…. Papa meriang….
    Kecut…..

  81. minum alkohol katanya haram anak muda yg biasanya minum jamu intisari secara berlebihan yg dulu harganya 7000 per/botol di razia abis di warung. pas harganya jadi 25 ribu perbotol di naikan aman saja dari razia. karena pajaknya di naikan mengikuti aturan pemerintah. akhirnya anak muda beralih ke minuman murah ramuan tolol tukang dagang. akhirnya banyak yang mati konyol. rokok di naikan efek dominonya juga bakal ada penjual tolol daun kecubung di oplos bako lokal. di jual murah di pakai buat lingwe. apalagi judulnya rokok karena ulah aseng tapi isinya menaikan harga cukai untuk pendapatan dan masalah kesehatan. pabrik rokok juga gk tolol dah ada gambar rokok berbahaya, dan efek ke kesehatan juga di paparkan. kenapa masih di beli penikmat? karena sudah kebiasaan abis makan ra udud paru – paru ra smile. ngobrol ra udud ra ono isinya. ra ngombe mendem udud ae. kalau gangguan kesehatan tutup saja pabriknya bukan menaikan harga rokoknya. nah di luar negeri rokok mahal tapi ganja daun kats legal lebih murah dari pada rokok…

  82. Mbah saya dari bujang umur 15thn sudah merokok sampai sekarang umur 81 tahun tak mati mati,malah tak pernah sakit sakitan lagi,sedangkan tetangga baru umur 55th tak merokok malah sudah mati duluan…berati merokok menambah umur panjang

  83. Klo memang rokok musuh bangsa btapa munafiqnya bngsa ini mmbiarkan pbrik rokok ttap berdiri….sbgai warga yg baik lbih baik ikut saja kbjakan pmerintah krna sgala kbijakn pasti ada baik dan bruknya.

  84. Kita siapkan lahan ganja, pasti mereka lebih suka.

  85. Salah satu Kekuatan Indonesia mau dihantam lagi

    Industri Rokok salah satu Industri Mandiri andalan Indonesia…kenapa??
    Supply = ada di Indonesia
    Produksi = ada di Indonesia
    Konsumen = ada di Indonesia

    Mau diluar Krisis kayak apa pun, Industri ini tidak bergeming. Industri yg dicemburui banyak Negara Asing.
    Mereka dari dulu mencoba menggoyang terus Industri ini mulai dari Kampanye Anti Rokok dengan ancaman sakit jantung, kanker, bla bla bla.

    Ketika Barat gencar2nya Kampanye Anti Rokok, kenapa Philip Morris justru beli Sampoerna?? Apakah para Direksi Philip Morris gila, rokok sudah mau dilarang malah beli perusahaan rokok?? Trus sekarang, Rugi atau Untung kah Sampoerna?? Sekarang penjualan Rokok Sampoerna tertinggi di Indonesia, mengalahkan Djarum dan Gudang Garam.

    Apakah sekarang akan terulang lagi??
    Djarum dan Gudang Garam perusahaan kebanggaan Indonesia, terpaksa akan “dijual” ke Asing?

    Pikir dengan cerdas, jangan terlalu gampang ikut arus.

  86. Diajak berubah kearah yg lebih baik ko susah.y minta ampun, mungkin efek mhal.y rokok menyebbkn pengangguran bertambah n bll blah lah…smua msalah itu trliht dan bisa diatasi dibandingkn dg rusak.y gnerasi2 muda bangsa akibt rokok sulit u/ diatasi n perlu jangka panjang,
    .
    Terinspirasi dri anak sd yg minta uang ke ibu.y ngaku.y u/ beli jajan tpi mlah belih rokok.

    • jo iki koe

      • Huuffftttt
        Jhoe hanyalah Nama FB di tahun 2010
        Hanya untuk Menunggu Campur Tangan Tuhan Yang Maha Esa. Sebuah Keajabaiban Tuhan Yang Maha Esa bisa Melihat ” Gerhana Matahari ”
        Jika untuk Meng’aktifkan Facebook inyong kembali ea Bicara 4 mata dulu dengan Mbak yu inyong terlebih dahulu. Soalnya Mbak yu inyong tidak Ikhlas… Bahwa ada kepentingan Kepentingan Kelompok Terselubung Perkumpulan Sesat, Gelap, sehingga Terkesan Ada Kuasa Perintah dari Mbak yu. Dan Terkesan Mengatur Menyuruh Pihak Aparat Yang Berwenang Di Dalam Ruangan Maupun Di Lapangan , Apakah Hal Tersebut Gratis ,
        Dan Hal tersebut Membuat Bp Tito Karnafian Mencari Pengakuan Secara Tertulis, Tersurat ,

    • 5 manfaat merokok yang jarang diketahui dan cenderung disembunyikan:
      – Turunkan Risiko Operasi Sendi Lutut
      – Jauh dari Parkinson
      – Obesitas Berkurang
      – Turunkan Risiko Kematian Akibat Serangan Jantung
      – Obat Jantung Clopidogrel Bekerja Lebih Baik

      sumber: livescience

  87. Naikan saja biar nyaho lo…berapa juta laki2 dewasa peroko aktif di kita ?..dia akan paksa anak saudaranya,hilangnya suatu kebiasaan itu sakit apalagi hal yg menyenangkan!! balasanya mereka akan sembelih banteng di 2019 buat tumbal bair indonesia bebas roko.

    • 5 manfaat merokok yang jarang diketahui dan cenderung disembunyikan:
      – Turunkan Risiko Operasi Sendi Lutut
      – Jauh dari Parkinson
      – Obesitas Berkurang
      – Turunkan Risiko Kematian Akibat Serangan Jantung
      – Obat Jantung Clopidogrel Bekerja Lebih Baik

      sumber: livescience

  88. di malaysia harga roko mahalpun takde hal yg buat gaduh..kerana perekonomian yg masih bagus untuk malaysia..so warga msih boleh beli..

  89. DPR SETUJU ??? pake analisa dari mana ??? Atau sekedar ” cari muka saja”. Atau jg pengalihan issu ???

    Bagi kaum perokok kagak bingung masih ada “Tengwe” alias Linteng Dewe(meracik rokok sendiri). Rokok elektrik,Rokok KW nantinya dll..gimana dgn nasib karyawan rokok,pabrik,petani dll?

    Kalo alasanya bpjs gak bisa mengcover karena sakit yg ditimbulkan oleh rokok? Emang semua penyakit yg ditanggung oleh bpjs semua dari rokok?

    Kalo alasanya anak dibawah umur skrg bnyak yg merokok? Dibuat aja sistem membeli dgn KTP ato apalah kan jg bisa..

    Kalo alasanya untuk meningkatkan pajak negara? Beneran meningkatkan pajak ato malah menjeblokkan pajak negara,karena gag ada yg beli pada “TENGWE” sendiri.

    Gag semudah membalikan telapak tangan. Contoh sederhananya adalah miras,walaupun dimahalkan. Miras oplosan masih merajalela.

  90. DPR SETUJU ??? pake analisa dari mana ??? Atau sekedar ” cari muka saja”. Atau jg pengalihan issu ???

    Bagi kaum perokok kagak bingung masih ada “Tengwe” alias Linteng Dewe(meracik rokok sendiri). Rokok elektrik,Rokok KW nantinya dll..gimana dgn nasib karyawan rokok,pabrik,petani dll?

    Kalo alasanya bpjs gak bisa mengcover karena sakit yg ditimbulkan oleh rokok? Emang semua penyakit yg ditanggung oleh bpjs semua dari rokok?

    Kalo alasanya anak dibawah umur skrg bnyak yg merokok? Dibuat aja sistem membeli dgn KTP ato apalah kan jg bisa..

    Kalo alasanya untuk meningkatkan pajak negara? Beneran meningkatkan pajak ato malah menjeblokkan pajak negara,karena gag ada yg beli pada “TENGWE” sendiri.

    Gag semudah membalikan telapak tangan. Contoh sederhananya adalah miras,walaupun dimahalkan. Miras oplosan masih merajalela.

  91. Terus kira2 bung diego setuju ga klo harga rokok jadi 50.000 per bungkus, klo saya sangat amat setuju, krn rokok sangat mengerikan bagi yg perokok pasif, kasihan anak2 balita yg kena asap roko dari bapak, kakak dan dari pamannya yg perokok…klo sy setuju bgt rokok 50rb, bilaperlu samakan dgn hrg di australia diatas 100rb

  92. Pemasukan Cukai dr150 T ke 350 T …
    Itukan klo rokok kebeli ????
    Lah klo pd nyimeng smua apa pemerintah gk Mrongos ????

  93. LIHAT AJA NANTI JIKA BENER NAIK JD 50RB, OMSET TERJUN PAYUNG, AKIBATNYA PABRIK MENURUNKAN PRODUKSINYA DAN DAMPAKNYA BURUH BS KENA PHK MASSAL.

    KREDIT MOTOR DAN ELEKTRONIK MACET, ANAK ISTRI SIAP KELAPARAN, BANYAK PENGGANGGURAN BISA BERAKIBAT MENINGKATNYA ANGKA KRIMINALITAS.

  94. ngawur hitungan pendapatan dari statment anda sebagai Ketua Pengurus Harian YLKI:
    “Jika sekarang ini penerimaan cukai rokok Rp 150 triliun, maka dapat naik sampai Rp 350 triliun. Jadi tidak perlu tuh dana dari tax amnesty,” terangnya.
    1. yg ada akan ada penurunan dari 150 triliun menjadi 50 triliun… turun 66.7%
    masyarakat otomatis akan memilih mengurangi bahkan berhenti merokok…
    2. yakin gak butuh dana dari tax amnesty ??? setelah ada kenaikan harga rokok…
    kalau cukai rokok pendapatanya turun menjadi diangka 50 triliun…
    gimana dengan statment nya ??? berarti dana penurunan 66.7% ketua harian yg
    nanggung… ya bang ??
    3. dari pemerintahan apa ada yang tahu…? Level menengah ke bawah kalau
    pendapatan sudah tidak sesuai dengan biaya pengeluaran hidup… ??
    bahan2 pangan / baku sdh diatas harga normal… ??
    contoh harga daun bawang 1kg di usser sdh 20rb… mendekati harga daging..
    blum seperti daging2/ ikan2 lainnya…
    bagaimana mau menciptakan bangsa yang pintar kalau
    harga 4 sehat 5 sempurna tidak dapat dirasakan kalangan
    menengah ke bawah..??
    4. layanan konsumen target nya bukan komunitas saja sy rasa…perokok termasuk
    komunitas boss..seiring dengan perubahan jaman..
    mestinya target Layanan konsumen anda juga membantu harga bahan2 pokok
    pangan menjadi normal yg bisa di nikmati oleh kalangan masyarakat
    menengah & bawah
    4. Ylki identik dengan konsumen… apa pembeli rokok bukan konsumen ??
    5.banyak sekali manuver2 politik yg dilakukan yg terlalu beresiko yg blm tentu
    hasilnya bagus buat masyarakat & bangsa ini…ntah kepentingan apa dsb kita ga
    tau..
    6.Terlalu di bikin ribet..

  95. Jika rencana ini benar”terealisasi saya rasa pemerintah sekarang ini termasuk pemerintah yg lalim,sudah tahu mayoritas rakyatnya perokok eh harganya naik gila”an…ini pemerasan namanya….mbok ya dipikir baik”dulu klo bikin keputusan…jgn grusa grusu kyk anak abg saja….

  96. ane setuju aja klo harga rokok dinaikin jdi 50rb, toh ane bukan perokok, lagian klo gk mampu beli rokok harga segitu yaa gausah beli, kebiasaan buruk kok dipiara mending ditabung duitnya

  97. Tenang nti jg bakal nongol lgi tuh rokok2 hrg murah,sama kya wktu jaman krismon bnyk rokok2 merk baru harga murah…atau malah nti bisa jadi ada rokok2 made in china…tau sndri kan produk china murah2….

  98. dulu alkohol naik malah makin banyak anak muda mati karena oplosan
    sekarang rokok naik lihat saja besok makin banyak pemuda indonesia yang menghisap ganja
    karena lebih murah….

  99. Kalau naik pajaknya? Apakah pemerintah berani menjamin uang hasil pajak rokok tersebut akan tetap tersalur kepada masyarakat luas dan terlebih apakah akan dirasakan hasilnya oleh masyarakat miskin? Jangan sampai uang uang cukai ini masuk ke kantong kalangan tertentu saja dan dijadikan lahan baru untuk korupsi atau mengeruk kekayaan negara..

    Dampak positive kenaikan harga rokok harus bisa tepat sasaran dan pemerinrah harus menilai dari hal itu juga.. Jgn cuma ngomong di media ini itu.. Tapi buktikan!

    • Mohon Maaff
      Aku nggak bisa ambil Keputusan Tengah
      Setiap Keputusan Kebijakan Ada Di Sektor Pemerintah.
      ea Aku Anggap Saja Semua itu Saling Korelatif.
      Antara Petani Tembakau dengan Pengusaha Pabrik Rokok ~ Karyawan/ti Buruh. Sektor Bidang Kesehatan Sektor Pemerintah Aparat Yang Berwenang Tingkat Kabupaten Sampai Pemerintah Aparat Yang Berwenang Tingkat Pusat.
      Distributor – Suplier – Agen – Reseller -Konsumen.
      Seperti Gurita ” Octopus ”
      Di Komentar Atas Sudah komentar kepada Kawan Lama ku Marat Wkwkwk bahwa Aku juga Takut

      Boker Tov ,Lehitrout , Todah.

  100. saya sih cuek bebek harga selangit, karena saya bukan perokok yg penting buat saya sop daging,butut,soto ayam, dan nasi padang gk boleh naik!!!!

  101. Narkoba dijual mahal pasti ditunggangi asing untuk membunuh industri dalam negeri…

    #uteke… narkoba yg lebih mahal aja laris, lha rokok cuman segitu

  102. halah biasa dah,pemerintah sdh mulai kelimpungan,kebingungan,jd ya gini lagi2 rakyat kecil yg diperas,,itu org ngomong bacot nya asal njeplak ye,,jgn bandingkan INDONESIA dgn malaysia,new zeland,singapore,hongkong,taiwan,,BUKA MATA LOE LEBAR2….!!!!DINEGARA2 ITU KM CEK,,BRP GAJI BURUH,ATAU GAJI PKERJA2 PABRIK,ATAU KONTRUKSI???MELEK DAN BUKA MATA LOE DJANCOK…!!!DIMALAYSIA GJI BURUH DIBANGUNAN BERKISAR 80Ringgit,kl kurs rupiah 3000/ringgit sdh 240.000/hari,harga bensin 2 ringgit/liter,harga rokok gudang garam 12 btg 2 ringgit/bungkus,marllboro 2ringgit 80 cen,,kl skrg ini pling mahal 5 ringgit perbungkus,itu dimalaysia terendah hitungan gaji buruhnya diantara negara2 yg sya sebutkan tdi,,skrg bandingkan dgn negara kita indonesia,,gaji kuli bangunan paling banter 70 ribu/hari,tukang 100 rb/hari,kl rokok 50 rb/bungkus sebanding gak dgn hasil pendapatan??kl di negara2 yg km sebut td gak mslah rokok mahal,krn gaji sebanding,,lah dikita???jauh bgt bedanya,,kl ngomong jgn asal jeplak,blm pernah dicombor comberan mulut loe…!!!blg aja negara kere,lagi bikin program memeras rakyat membuat kbijakan yg timpang,,sbentar lg buat kbijakan lagi naikin tarip dasar listrik,naikn tarif PDAM,naikin harga2 obat2 an petani,naikan harga2 pupuk,kenapa gak sekalian sja km bom rakyatmu biar pd mampus???buatlah kbijakan itu sesuai dgn keadaan,emg km sdh mrasa membuat rakyat sejahtera???boro2 sejahtera,,makin ngenes iya yg ada,,,haduh heran deh punya wakil rakyat banyak yg bego,punya pemimpin jga banyak yg gak punya hati,,komplit dah…!!!

  103. Terus kalo genduri dan hajatan gx pake rokok gitu….atu gx seru lah…

  104. 50rb/bungkus >> 500rb/pak

    klw ada orang bangun rumah pegawai 10 orang sehari 1pak (sebungkus/orang) klw bangunan dikerjakan 30hari mka abis rokok 30 pak

    30x500rb =15jt itu hnya untuk rokok saja 😀 😀

    biaya rokok setara dengan 200sak semen (hrga 75rb/sak)

  105. hahahahha sudah di bahas ILC semalam dan di bahas sama orang bea cukainya.
    ternyata LSM dpt uang dolar untuk mengangkat isu ini

    • Makanya bung yg pro terhadap rokok tdk semuanya semata2 memperjuangkan hak mereka.

      Kontra: sejak kapan sok peduli thdp petani & produsen?
      Pro: Eh,sejak kapan sok peduli dengan kesehatan bangsa dan peduli dengan angka populasi perokok?
      masih banyak faktor2 lain yg lebih merusak lingkungan&kesehatan bangsa..tapi apa?? tutup mata dan telinga tuh yg koar2 ingin memuluskan FCTC.

      memaksakan hak org lain untuk mengikuti sebelum mereka menyadari takan pernah berjalan mulus sebab akan harus melewati tentangan2 yg terjadi.

      cuma aneh, spontan angkat bicara hanya ingin menelisik dan memberi pengertian, apakah ia regulasi itu murni harapan bangsa dan negara? atau ada yg ingin menyetir negara. bukankah sdh sejak lama industri rokok dan tembakau negri ini ingin diruntuhkan berkali2?
      Maaf,, bukan tak menghargai pendapat yg tak seirama, tak apa.. inilah negri demokrasi berazaskan pancasila sbg tempat berkumpul dan berbagi untuk org2 yg merdeka seperti kalian, seraya ingin menjelaskan…hati2 jgn hanya sekedar ikut2an tanpa meresapi dan memaknai hanya dari plintiran2 mencuat hangat yg secara tak lngsung anda2 dirangkul sbgi pendukung yg tak mnegrti apa2 dari rencana busuk mereka… ANTEK ASING!!!

      JAYALAH NKRI..!!

 Leave a Reply