Feb 262018
 

Purwarupa jet tempur generasi kelima Su-57 Rusia. © Rulexip via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pada hari Jumat, 23 Februari yang lalu telah beredar citra satelit yang mengkonfirmasi bahwa Rusia mengerahkan dua pesawat canggih ke pangkalan udara Khmeimim di Suriah, seperti dilansir dari Israel Defense.

Seorang pejabat senior Rusia mengatakan bahwa kehadiran Su-57 akan menghalangi negara-negara tetangga untuk melanggar wilayah udara Suriah.

Rusia telah mengerahkan pejuang siluman generasi kelima Sukhoi Su-57 di pangkalan udara Khmeimim di Suriah. Su-57 adalah jet tempur militer Rusia yang paling canggih dan merupakan pesawat tempur pertama Rusia yang menggunakan teknologi siluman.

Khmeimim awal tahun ini diserang sehingga menyebabkan rusaknya sejumlah pesawat Rusia yang ditempatkan di pangkalan tersebut. Moskow mengklaim serangan tersebut dilakukan oleh pemberontak menggunakan pesawat tak berawak.

Vladimir Gutenov, Ketua Komite Industri Militer di parlemen Rusia, mengatakan bahwa kehadiran jet tempur Su-57 di Suriah akan menghidupkan kembali kekuatan penangkal negara tersebut terhadap pesawat tempur yang tidak tepat di negara-negara tetangga tertentu yang telah melanggar wilayah udara Suriah.

Citra satelit menunjukkan hadirnya Su-57 Rusia di Suriah. © Military Advisor/Twitter

Sukhoi Su-57

Dirancang oleh produsen pesawat terbang Sukhoi, Su-57 merupakan sebuah pesawat tempur multiperan bermesin ganda, berkursi tunggal, yang di rancang melaksanakan operasi serangan dan superioritas udara.

Pejuang ini dilengkapi sejumlah senjata mematikan dan dipasangkan dengan teknologi siluman mutakhir. Jet tempur juga menawarkan radar udara array bertahap aktif, yang memungkinkannya melihat target di udara, darat dan laut dari kejauhan melampaui sistem paling modern yang ada saat ini.

Su-57 ini juga dilengkapi dengan sistem avionik revolusioner yang mampu melakukan perhitungan otonom atas dinamika medan perang untuk membantu pilot.  Meskipun masih dalam tahap pengembangan, dengan mengirimnya ke Suriah, kemungkinan ini adalah jet tempur yang dilengkapi dengan avionik yang mewakili secara operasional.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, jet tersebut di jadwalkan akan diperkenalkan ke pasukan Rusia pada tahun 2018, dan total 12 unit telah dipesan oleh pemerintah Rusia untuk pengujian tempur.

Disaat sudah dalam pelayanan penuh maka Su-57 tersebut akan mampu menyerang musuh dengan berbagai senjata modern, termasuk rudal udara ke udara jarak dekat, jarak menengah dan jarak jauh, rudal udara ke permukaan serta rudal anti-radar khusus.

Ada beberapa penjelasan masuk akal mengenai penempatan Su-57 ke Suriah:

Respon atas penyebaran F-22 AS ke wilayah tersebut

Penyebaran Su-57 dilakukan Rusia karena Amerika Serikat menggunakan pesawat jet siluman F-22 dalam sejumlah serangan terhadap sasaran di Suriah.

Penyebaran jet tempur siluman Su-57 ini juga terjadi setelah sejumlah interaksi agresif antara pesawat taktis Rusia dan pesawat siluman F-22 Raptor AS yang kian meningkat di Suriah Timur.

Pada bulan Desember 2017, dua jet tempur siluman F-22 Amerika Serikat dicegat oleh jet tempur Su-35 Rusia yang beroperasi di Suriah. Sebelumnya jet siluman F-22 AS itu melepaskan tembakan peringatan kepada dua jet tempur Su-25 Rusia.

Itu dilakukan setelah dua jet tempur F-22 AS menganggap sepasang jet Su-25 Rusia melewati garis dekonflikasi beberapa kali. Tak lama setelah tembakan peringatan F-22 AS, kemudian datang sebuah jet tempur Su-35 menghampiri dan akhirnya kedua jet tempur siluman F-22 AS pun menghindar.

Suriah sebagai tempat uji coba senjata baru

Rusia menggunakan Suriah sebagai kesempatan untuk menguji senjata baru. Suriah, yang sebagian besar, telah digunakan untuk ajang pembuktian senjata baru buatan Rusia dan hal ini mungkin tidak berbeda untuk Su-57.

Sejumlah persenjataan canggih untuk pertama kali diuji dalam kondisi tempur di Suriah, seperti helikopter serang Ka-52, rudal jelajah Kalibr yang di luncurkan melalui platform angkatan laut, sistem rudal pertahanan udara S-300, S-400 dan Pantsir-S1, tank T-90 serta sistem peperangan elektronika.

Respon atas kehadiran F-35 dan serangan udara Israel

Pada tanggal 10 Februari, Israel telah melancarkan serangan udara yang menargetkan lokasi disekitar pangkalan udara Rusia di dekat Palmyra serta baterai pertahanan udara Suriah, termasuk menjatuhkan pesawat tak berawak milik Iran (klaim dari Israel – red).

Salah satu penyebab Rusia menyebar Su-57 di Suriah adalah kehadiran jet tempur F-35 milik Angkatan Udara Israel. Su-57 tentu akan berpotensi meningkatkan risiko bagi jet tempur AS dan Israel yang beroperasi di Suriah.

Su-57 Rusia akan memiliki efek untuk mengurangi arogansi Angkatan Udara Israel atas Suriah dan Lebanon yang suka mengerahkan jet-jet tempurnya.

Rusia telah memproduksi selusin jet tempur siluman Su-57 yang mana akan masuk ke skuadron operasional secara resmi tahun depan. Dijuluki sebagai “F-22 Killer“, Su-57 telah diperuntukkan oleh militer Rusia sebagai pesaing langsung dari jet F-22 Raptor Amerika Serikat.

Dengan kedatangan pesawat tempur Su-57 dan tambahan pesawat lainnya, tampaknya Moskow menimbang eskalasi besar di Suriah selama tahun 2018 dan ingin sepenuhnya siap menghadapi situasi drastis yang mungkin timbul.

Penyebaran Su-57 terbaru kemungkinan sebagai peringatan ke negara-negara seperti Amerika Serikat, Turki dan juga Israel yang melakukan intervensi di Suriah. Pengerahan Su-57 sebagian besar bersifat simbolis namun merupakan indikasi kuat dari niat Rusia.

Berbagi

  146 Responses to “Kenapa Rusia Kerahkan Su-57 ke Suriah?”

  1.  

    Makin panasssssss…

  2.  

    SILAHKAN YANG MAU RIBUT YG PRO RUSIA VS PRO BARAT … XIXIXIXI

    •  

      Ane masih utang pertanyaan gimana cara senjata AAW USA mengatasi Jammer Pod Rusia ya. .

      •  

        caranya adalah USA ngajak Malaysia latihan bareng beberapa tahun lalu , …. dan Knirti di analisa dan di uji simulasikan ….hasilnya tentu tidak dipublikasikan.

        dan lucunya Fansboy disana , SANGAT-SANGAT BANGGA bisa latihan bareng ama RAPTOR …

        kembali ke SAP518, diakui oleh USA sendiri bahwa pod ini efektif terhadap AIM120 dengan menduplikasi electronic signature pespur dan echo palsu.
        seeker electro-optical dari Phyton Israel mempunya kans besar ke depan untuk hal ini.

        •  

          halahhh…yg lebih hebat tu gurunya Malaysia…pespur sendiri buatan soviet aja di kasih ke US…freeport dikasih ke US..tambang migas dikasih ke US… lucunya…ngaku negara besar..mana ada negara asean lain punya prestasi sehebat itu..

          •  

            Hantu Air,
            Senjata Soviet di Indonesia akhir tahun diambil USA karena Indonesia Terjepit, satu sisi di tikam oleh komunis (soviet-china) disisi lain memerlukan suplai senjata alternatif (barat-USA).
            Freeport juga begitu, tahun 70an Indonesia belum mempunya budget dan teknologi untuk explorasi itu, dan Amerika memanfaatkan Kondisi SULIT Indonesia.

            Memanfaatkan Penderitaan Indonesia untuk kepentingan sendiri memang ciri-ciri negara Rakus , dan contoh paling dekat adalah sipadan-ligitan (Indonesia krismon) … correct ??

            Kerakusan itu menjadi Wajar ketika menjadi HAUS PUJIAN hanya karena latihan bareng dengan RAPTOR mengorbankan KNIRTI , padahal anda tidak dalam KONDISI TERJEPIT sama sekali ???

          •  

            mana ada negara asean yang mengklaim budaya orang menjadi miliknya???
            Yg membuat penasaran adalah mengapa sekarang ini menjadi pendiam??? Padahal dulu profokatif berat… Ingat saja insiden kapal yg sampai dinaiki prajurit marinir dan di usir…

          •  

            senopati pamungkas

            Terjepit?? 1 negara besar kaya sda & sdm..potensi melimpah mgaku tjepit?? Malaysia,Singapore,Brunei yg waktu itu lebih parah ekonomi & military..tbukti masih wujud sampai skrg..Indonesia mengklaim sejarah kemerdekaan melalui titisan darah…bambu runcing melawan peluru tajam…skrg anda ngaku Indonesia kasih pespur ke US..hanya kerana alasan tjepit?? lucu !!!! anda benar2 Indonesian apa bukan??

            Malaysia tidak kasih knirti pada us cuma Latihan bsama.selebihnya hanya omong kosong tanpa bukti…sedangkan Indonesia kasih pespur ke US yg jelas tujuannya utk apa..

            anda benar..mmanfaat penderitaan negara lain demi kepentingan sdiri itu ciri negara rakus… cthnya..

            Malaysia yg hampir lumpuh gara2 komunis…malah diserang indonesia atas kepentingan sdiri..

          •  

            Nah, ini ada sumber referensi. Ada orang Malaysia berani bicara soal masa Dwikora disini. Silahkan dilanjutkan Bung Hantu Air.

          •  

            maka sering gue bilang orang asli melaysia atau cuma sekedar menyamar aja….rata rata dungu…tidak bisa melihat keadaan dalam bingkai sejarah maupun kenyataan….INI HARUS DIPAHAMI DENGAN JELAS SEJARARAHNYA DAN DUDUK PERKARANYA…MASALAH PERALIHAN KEKUASAAN DAN POLITIKNYA….SUHARTO BISA NAIK ATAS DUKUNGAN USA…TENTU HARUS BAYAR SETELAH MAKAN…KARNA TAKDA MAKAN SIANG YANG GERATIS…YOU PAHAM LAH MASALAH MACAM NI.
            JADI MASALAH TAMBANG DAN DAN LAIN SEBAGAINYA…ITU KENAPA…
            JADI SAYA PUNYA SARAN UNTUK ANDA BUNG KUTU AIR…JANGAN PERNAH SAMAKAN MASALAH YANG MENIMPA INDONESIA DENGAN MALAYSIA…KARNA ITU BEDA…
            KENYATAAN MENGATAKAN SEMUANYA.WATAK DAN SIFAT DASAR BANGSA BERBEZA LAH…!!!

          •  

            Hantu air… anda mendingan belajar sejarah negara Indonesia terlebih dahulu biar anda tidak terlihat begitu bodoh, jika anda mempelajari sejarah secara benar anda akan menemukan jawabanya dengan sendirinya…
            Anda harus belajar masalah spionase terutama yang dilakukan oleh USA… memangnya siapa yang mengusir Belanda dari Indonesia selain niat besar negara Indonesia??? jelas USA… karena mereka tahu mengapa Belanda terus bercokol dan tidak mau melepas Papua barat…
            Siapa yang rakus??? yang rakus ya USA… Indonesia??? bahkan ketika Indonesia sedang berdarah2 bukanya memberikan pendidikan dan pembibingan yang baik untuk Indonesia justru mereka memanfaatkan sumber daya alam Indonesia untuk kepentingan mereka…
            Mengapa tiba2 USA melakukan embargo kepada pemerintahan Soeharto padahal sebelumnya mereka selalu mendukung dan memberikan senjata??? karena tujuan mereka sudah tercapai, dan mereka tidak suka dengan mitra yang terlalu rewel…
            Mestinya anda bertanya mengapa ketika mereka memberikan sangsi kepada Indonesia tetapi justru Freeport tetap mereka keruk… siapa yang rakus haaa??? jawab

          •  

            Haaaaah ?

            Bung Seno dijepit siapa ?

          •  

            Hantu air… anda mendingan belajar sejarah negara Indonesia terlebih dahulu biar anda tidak terlihat begitu bodoh, jika anda mempelajari sejarah secara benar anda akan menemukan jawabanya dengan sendirinya…
            Anda harus belajar masalah spionase terutama yang dilakukan oleh USA… memangnya siapa yang mengusir Belanda dari Indonesia selain niat besar negara Indonesia??? jelas USA… karena mereka tahu mengapa Belanda terus bercokol dan tidak mau melepas Papua barat…
            Siapa yang rakus??? yang rakus ya USA… Indonesia??? bahkan ketika Indonesia sedang berdarah2 bukanya memberikan pendidikan dan pembibingan yang baik untuk Indonesia justru mereka memanfaatkan sumber daya alam Indonesia untuk kepentingan mereka…
            Mengapa tiba2 USA melakukan embargo kepada pemerintahan Soeharto padahal sebelumnya mereka selalu mendukung dan memberikan senjata??? karena tujuan mereka sudah tercapai, dan mereka tidak suka dengan mitra yang terlalu rewel…
            Mestinya anda bertanya mengapa ketika mereka memberikan sangsi kepada Indonesia tetapi justru Freeport tetap mereka keruk… siapa yang rakus haaa??? jawab

          •  

            yulihantoro

            anda kata saya bodoh sejarah Indonesia..anda punya bukti majoriti rakyat Indonesia pandai melihat sejarah Indonesia dari sisi pandang yg benar?? klu anda ada bukti..kasih saya 1….

          •  

            hantu air :
            “Terjepit?? 1 negara besar kaya sda & sdm..potensi melimpah mgaku tjepit?? Malaysia,Singapore,Brunei yg waktu itu lebih parah ekonomi & military..”

            Krismoneter , krisis politik dan pemberontakan PKI 65, revolusi pergantian politik yg brutal dengan tewasnya 4 juta orang, kamu bilang tidak terjepit ????
            Seluruh perpur ex komunis tidak bisa diterbangkan karena part tidak dikirim karena hubungan diplomatik putus , itu tidak terjepit.
            Kalian negara persemakmuran saling bantu ekonomi dan militer / FPDA mengelilingi indonesia dan klaim-klaim wilayah perbatasan masa itu ? kami tidak terjepit?
            Hutang negara kami sangat tinggi , inflasi 100 rupiah menjadi 1 rupiah , dibilang tidak terjepit ? freport kala itu menjadi salah satu penolong sumber devisa …
            ————————————————
            “Malaysia tidak kasih knirti pada us cuma Latihan bsama.selebihnya hanya omong kosong tanpa bukti…”
            anda ciri ciri Fansboy di sono, …sini aku jelasin :
            Latihan bersama itu gunanya bagi Raptor dan USA ngerti cara kerja ini Pod. Bagaimana Pod ini bisa menduplikasi electronic signature dan echo palsu.
            Bagaimana respon pod ini terhadap Siluman.
            Terus yg anda maksud itu latihannya cuma terbang sliwar sliwer, bikin formasi, navigasi, etc … gitu ajah?
            ———————————————-
            “Malaysia yg hampir lumpuh gara2 komunis…malah diserang indonesia atas kepentingan sdiri..”

            Kamu baca sejarah sekali lagi sebelum ditertawakan banyak orang. Malaysia Mengkhianati Persetujuan Manila, Membuat Indonesia dan Filipina Marah Besar

            Pada tahun 1963, Malaya, Indonesia, dan Filipina setuju untuk membiarkan Sabah (Kalimantan Utara), Sarawak, dan Brunei supaya menentukan nasibnya sendiri. Namun kemudian Malaya menyatakan pembentukan Federasi Malaysia yang mencakup Sabah dan Sarawak. Jelas hal ini bertentangan dengan Persetujuan Manila, sehingga membuat Indonesia dan Filipina marah besar. Bung Karno sebagai Presiden Indonesia pun langsung menyatakan perang dengan Malaysia. Pasukan militer Indonesia dan pasukan tidak resmi Indonesia mulai menyerbu Sabah hingga pasukan Malaysia tidak bisa berbuat apa-apa. Hal ini memicu Inggris untuk ikut campur dengan mengirim pasukan dari Selandia Baru dan Australia yang dipimpin Jendral Sir Walter Colyear untuk melawan pasukan Indonesia yang dipimpin Laksamana Omar Dhani dan Jenderal Besar A.H. Nasution. Perang terus berlangsung selama 3 tahun, berakhir pada tahun 1966 ketika Presiden Sukarno digulingkan oleh rezim Orde Baru. Presiden baru Suharto meminta maaf dan menyatakan damai dengan Malaysia.
            Jadi memang sikap suka merebut itu dari dulu sudah ada DNA nya
            =============================

          •  

            senopati pamungkas

            bila sy bilang “Indonesia tdk tjepit” ???

            yg saya kata.. masakan “tjepit” dijadikan alasan oleh 1 negara besar spt Indonesia yg merebut kemerdekaan dgn darah..klu Singapore yg klaim begitu..sy maklum.mereka bgantung hidup dari sumber luar..ini Indonesia..negara superkaya…

            krismon,pemberontakan pki,revolusi pergantian politik,4juta tewas..tjepit..bla bla bla…

            itu isu internal semua..apa kaitan nya dgn pespur?? sejak bila pespur jadi elemen tpenting dlm soal internal sampai tak ada Jalan lain selain mnyerah pespur sdiri ke US??

            FPDA membantu Malaysia bla bla..FPDA mengelilingi Indonesia..daerah perbatasan bla bla…

            Mana daerah kedaulatan Indonesia yg direbut pakatan FPDA?? lupa FPDA itu wujud disbabkan Indonesia?? lupa FPDA itu sebatas pertahanan??

            Anda blh kata Malaysia mengkhianati pjanjian…tapi jgn lupa sabah & sarawak BUKAN kedaulatan Indonesia..pengkhianatan Malaysia itu bukan alasan wajar utk Indonesia menyerang Malaysia…rakyat sabah & sarawak memilih malaysia & tbukti sampai skrg..belum ada pmberontakan senjata Di sabah sarawak utk lepas dari Malaysia..jauh beza dgn situasi daerah2 Indonesia..

            skrg..malah ada daerah2 KEDAULATAN Indonesia yg bergolak akibat dalang dari luar.. kalau dulu isu sabah sarawak yg bukan kedaulatan Indonesia,Malaysia diganyang…kenapa skrg yg malah dalam Kedaulatan, Indonesia sekadar berdiam diri??

            bila saya kata f22 & mkm cuma berseliweran,bentuk formasi??

            saya kata LATIHAN..dlm LATIHAN begitu tentu ada input yg ingin diperolehi…baik dipihak US,baik dipihak Malaysia.apa pun inputnya itu bukan soalnya..memang ada yg salah?? mengapa anda mlihat Latihan itu mengikut cara pikir anda sdiri ?? apa doktrin pertahanan Malaysia dibina dari cara pikir Indonesian spt anda?? hahaha gila…lucu sekali anda itu..sibuknya soal ilmu knirti yg didapat US dari Malaysia nauzubillah…Apa yg didapat US dari negara sdiri tak pernah dipikir…aneh…

            skrg..user sukhoi yg pnh Latihan sama raptor hanya Malaysia & India… anda boleh kata pilot Indonesia lebih hebat.. tapi pilot Kami boleh kasi input berguna pada Russia soal raptor…klu Malaysia boleh berbisnes dgn korut saat negara lain(tmasuk Indonesia) tunduk pada arahan US..pasti pihak Russia tau ‘siapa Malaysia’…

            lagi 1,memang ada bantahan keras dari Russia selain omong kosong anda yg tak punya fakta itu??

            ini jauh lebih baik dari kasi pesawat utuh ke US spt dilakukan Indonesia…US dgn mudah boleh pelajari sedalamnya teknology soviet waktu itu..jgn anggap putin lupa Hal ini…

          •  

            Hantu Air,
            Saya lihat anda ingin membelokkan Diskusi Raptor / USA mempelajari Knirti Anda dengan diskusi sejarah yang tak relevan.
            Sejarah Sabah-Serawak semua pun tahu, masalah penduduknya setuju/tidak setuju tidak berarti menghapus sejarah Bahwa dahulu ada “INGKAR JANJI” disini.

            Back topik RAPTOR / US NAVY mempelajari Knirit bisa anda bca disini :
            http://aviationweek.com/awin/us-navy-aims-curb-enemy-jamming
            Tahun 2012 USA sudah mengirim f18 untuk mempelajari Knirti.

            https://malaysiaflyingherald.wordpress.com/2014/07/07/ex-cope-taufan-2014-turning-and-burning-with-the-best/
            tahun 2014, Raptor dan growler melakukan simulasi yang sama. BUKAN HANYA “bila saya kata f22 & mkm cuma berseliweran,bentuk formasi??” SEPERTI KATA ANDA.

            Fakta yang saya sampaikan bahwa USA mempelajari KNIRTI dari latihan dengan SU30MKM adalah FAKTA, itu yang saya sampaikan dari awal.
            Anda mencoba mengalihkan dengan berbagai issue dan rumor dan ocehan ngawar ngiwir …itu bukan style saya diskusi di forum ini.
            Tapi menurut pengalam saya memang diskusi dengan fansboy di sana , kita akan capek dengan Opini Kesana kemari tak karuan , out of topik

          •  

            Nah… tadinya bilang rakus sekarang, jawab dulu siapa yang rakus???
            Mengapa sekarang berbelok masalah mayoritas pemahaman sejarah Indonesia?? hanya pengamat sejarah yang akan mempelajari sejarah dengan baik dan cermat, mayoritas penduduk Indonesia sama seperti mayoritas penduduk negara2 lain, bahkan tidak semuanya mempelajari sejarah sebagai sebuah ilmu yang memang diminati…
            Bicara sejarah ya dengan orang yang suka mempelajari sejarah, tidak akan nyambung jika berbicara dengan orang yang misalnya suka teknik, karena mereka tidak tertarik dan tidak mempelajari sejarah…
            Justru yang aneh itu mengapa Malaysia tiba2 mengaku2 budaya negara lain, padahal secara runtut sejarah tidak akan ditemukan di situ… Budaya itu bagian penting dari sejarah sebuah negara bahkan lebih detail menjadi bagian penting dari sebuah wilayah tertentu, sangat aneh tiba2 diklaim oleh negara lain, padahal tidak ada jejak sejarah adanya perkembangan budaya itu disana…

        •  

          Ya bung, tapi masih belum menjawab apakah AIM 120 AMRAAM D bisa mengatasi jamming. Dual data link atau tambahan sensor IR yg berfungsi saat mendekati sasaran pada AMRAAM bisa menjadi jawaban sederhana saat menghadapi perang jamming.

          •  

            Sudah ditambah???

          •  

            Ane belum tau. Tapi kemungkinan itu ada, walopun bisa saja wadah bagi sensor harus ditambah atau dilakukan research pengembangan senjata baru yg bisa menampung sensor tersebut.

          •  

            Infrared / heat seeker malahan teknologi pertama kali dulu digunakan pada missile. Awalnya dulu di manpad.
            Antidot yg umum adalah flare…
            Pada SU25 klo ga salah sudah pake sejak lama.
            Setahu saya Amraam masih pake inertia dan active radar homing, pengembangan lebih lanjut dari AMRAAM adalah fokus utk menambah kecepatan dengan Ramjet seperti pada meteor. Hal ini dilakukan untuk memperkecil No-Escape-zone.

          •  

            SU25 sudah pake sejak lama “Jaming anti infrared”

          •  

            Jammer ir belum ada teknologinya broo, tapi kalau utk diketahui bahwa rudal menggunakan ir menuju target sudah lama ada.
            Mungkin yg loe maksud jammer rudal jarak jauh yg menggunakan radar aktif, karna yg bisa dijammer itu radar, ini sudah lama digunakan soviyet pd saat melawan tentara nazi di stalingrad

            Hahhaahaaaa

          •  

            Bung Huha ,
            yang saya maksud bukan itu,… yg saya maksud adalah DIRCM/CIRCM …. untuk anti rudal IR.
            kenapa saya sebut SU25 jadul, karena memang sudah lama pake “Sukhogruz” ….

          •  

            Nazi dah pake radar di Stalingrad dan Soviet dah pake Jammer disana??? Linknya mana??? Jangan bilang cari sendiri ya…

    •  

      Bung Hantu Air, bahas Dwikora disini aja Bung. Saya support Anda berbicara disini.

      •  

        dia kagak ngerti sejarah, … dia bicara atas dasar “ingin dan mau” saja , tanpa dasar …
        Coba lihat apa yg dikatakan di atas , semua sumir….

        •  

          Tenang Bung SP, yang penting link data yg valid. No link=HOAX.

        •  

          Kalau bung SP mau merunut dari beberapa komen dia sebelumnya… sebenarnya dia ini tidak jauh2 dari sales Gripen kok bung…

        •  

          senopati pamungkas

          1st…buktikan y sy mnolak adanya fakta f22 Latihan sama mkm

          2nd..buktikan y saya mnolak adanya fakta bahwa US mndapat “ilmu” hasil Latihan sama knirti

          anda tak perlu susah2 cari link buat support argument anda..kerna yg saya permasalahkan skrg “kata2” anda ini

          “dan lucunya Fansboy disana , SANGAT-SANGAT BANGGA bisa latihan bareng ama RAPTOR”

          jelaskan maksudnya dari sisi pandang neutral yg bisa dipakai semua..bukan sisi pandang Indonesia yg tbatas dlm ruang lingkup sendiri…

          anda boleh kasih seberapa byk fakta sejarah ttg sabah sarawak..tapi tetap takkan melegalkan tindakan Indonesia menyerang Malaysia…titik

          Dan tindakan ilegal itu diambil dlm kondisi Malaysia sedang menghadapi insurgensi komunis…correct??

          anda itu justru harus neutral dlm menyingkapi persoalan..baik soal f22 & mkm..baik isu sabah sarawak..baik sipadan ligitan..anda itu condong memperjuangkan “keyakinan” anda sbg Indonesian…

          bukan minat saya utk bdebat dgn Indonesian..kerna sy tau susah menemukan Indonesian yg bisa keluar dari zona sdiri ketika berargument..

          itu sebabnya sy pakai cara anda..supaya anda belajar bahwa dunia ini bukan cuma ada inonesia..bukan cuma anda saja yg bisa berkomentar sesuai selera sendiri…sy juga bisa pak !!

          •  

            Indonesia di Pitch Black 2012 Australia menurunkan Sukhoi (27/30)… dan justru yang dilakukan Australia adalah mencoba mencari cara meredam dan sedikit banyak berusaha mempelajari cara menaklukan Sukhoi… dan terbukti dengan adanya 2 jenis simulasi, dengan AWACS dan tanpa AWACS, secara umum kelihatanya biasa2 saja dan menjadikan kedua pihak mendapatkan ilmu dari latihan tersebut… tetapi menjadi lebih menguntungkan bagi Australia karena mereka menjadi bisa mempelajari cara kerja dari Sukhoi… dan merugikan Indonesia karena itu pespur unggulan dan jelas sangat riskan ketika bisa dipelajari oleh negara lain… dan sekarang ini mana pernah Indonesia menurunkan Sukhoi untuk berlatih bersama negara2 barat dan koalisinya…
            Pitch black berikutnya Indonesia hanya mengirimkan F-16… bahkan latihan bersama USA di Manado Indonesia juga hanya menurunkan F-16 untuk berlatih bersama F-18…
            Tidak ada simulasi latihan yang hanya sekedarnya apalagi jika dilakukan untuk jenis pespur berbeda.. Knirti yang digunakan Su-30MKM dipelajari F-22 sudah ramai diberitakan kala itu… jadi memang benar2 salah satu tujuan untuk latihan itu memang Knirti nya… darimana USA bisa mempelajari padahal hanya sedikti saja pihak yang memiliki knirti…

          •  

            “Malaysia tidak kasih knirti pada us cuma Latihan bsama.selebihnya hanya omong kosong tanpa bukti…sedangkan Indonesia kasih pespur ke US yg jelas tujuannya utk apa..”…
            hantu air says:February 27, 2018 at 9:58 pm

            diulang lagi dengan :
            “saya kata LATIHAN..dlm LATIHAN begitu tentu ada input yg ingin diperolehi…baik dipihak US,baik dipihak Malaysia.apa pun inputnya itu bukan soalnya..memang ada yg salah??
            Hantu air says:February 28, 2018 at 4:03 pm

            Saya counter dengan artikel ….
            Anda mewek-mewek “tidak perlu artikel” ..
            Kelihatan bukan siapa yang Ngawar-ngiwir (ANDA) dan siapa yang pakai Data (SAYA)

            Masalah Komunis malaysia adalah PEMBENARAN Aneksasi Sabah/Serawak oleh MALAYsia …kita punya sudut pandang yang berbeda hal ini..closed.

            Kembali ke topik RAPTOR/ USA tahun 2012 – 2014 mencari tahu KNIRTI lewat SU30 MKM sekali lagi ini FAKTA … dan anda 2 x membantah fakta saya.

            KENATRALAN seseorang beragumen didasarkan dengan DATA dan FAKTA. Dimana saya NETRAL karena mensajikan DATA dan FAKTA.

            ANDA yang tidak netral karena tanpa data/fakta MEMBANTAH/MENAFIKAN data saya ?

            tahu yang saya maksud? Sajikan DATA dan FAKTA untuk membantah saya, itu baru anda NETRAL

          •  

            satu lagi ,
            ““dan lucunya Fansboy disana , SANGAT-SANGAT BANGGA bisa latihan bareng ama RAPTOR””

            Kebanggan SU30MKM vs Raptor sudah sangatttttt mudah anda baca di forum MILITER anda sendiri.
            Anda akan semakin malu jika saya tunjukkan celoteh-celoteh forumer anda mengenai Kebanggaan berlatih dengan Raptor

          •  

            Jadi kenapa setelah angkatan udara amerika melihat jamming disudut sayap su30 malaysia yg di kemudian hari f16 amerika & hornet amerika memasang sperti yg dipasang su30 malay?

            Hahhaahaaaa

          •  

            senopati pamungkas

            nah..sekali lagi anda mnunjukkan anda amatir dlm menyingkapi persoalan..anda gagal keluar dari perspektif “Indonesia” tapi mau menyingkapi Hal2 angkatan udara negara lain yg sama sekali berbeza doktrin pertahanan & kerahsiaannya…

            1st..kedua US & Russia bukan musuh juga bukan sahabat Malaysia..Dan pespur adalah elemen penting dlm pertahanan..dalam soal ini..rmaf melihat adanya keperluan supaya mkm dibuktikan kemampuannya bdepan dgn pespur papan atas..bukan saja f22..mkm sudah LATIHAN sama typhoon,superhornet,f15 & tak lama lagi sama mki..jadi baik buruk “mkm” sudah dlm tangan User…jgn heran klu user tdk mau flanker dlm daftar MRCA…

            dibanding flanker milik tniau yg sbatas LATIHAN sama f18..apa yg dapat dibuktikan?? sudah jelas2 hornet bukan lawan flankers..bukankah ini Jalan utk menutup kelemahan sukhoi & membuat pembelian sukhoi itu 1 keputusan yg tak salah??? itu sebabnya su35 masih sering jadi gorengan disini..

            saya tak melihat adanya “kelucuan” ketika forumer Malaysia bangga mkm LATIHAN sama f22..sy juga boleh kasi anda bukti forumer Indonesia berbangga tniau LATIHAN sama hornet…padahal klu lucu jadi masalah..Indonesia lebih lucu..bawa pespur andalan LATIHAN sama negara FPDA..padahal FPDA dibentuk utk mencounter Indonesia…lucu bukan.Dan tambah lucu, hal ini terjadi jauh2 sebelum cope taufan…hahaha anda senopati pemungkas benar2 maling teriak maling…

          •  

            Hantu Air
            saya memberikan komentar bahwa USA mengambil “untung” dalam latihan SU30 MKM khusus knirti bukan pendapat saya saja, makanya saya link nyaaa…. bahkan hal itu sudah banyak dibicarakan di forum-forum barat sana. Makanya pihak US NAvy bias mengatakan bahwa AIM120 rentan dengan Knirti juga karena hasil latihan ini.
            Ngerti enggakkk ??? jangan dikira hal ini pendapat saya pribadi saja.
            Urusan Malaysia untuk menimba ilmu dan mengambil manfaatnya cope topan silakan saja ini urusan kalian, … tapi komen saya khususnya menjawab pertanyaan Agato mengenai USAHA USA antisipasi Knirti, saya kasih Link nya dan jawabannya.
            Karena FAKTANYA USA mempelajari Knirti yaa lewat latihan dengan SU30 MKM ini, tidak ada cara lain. Kecuali Anda kasih saya link artikel untuk membantah ini, seperti saya professional. (Yang amatir itu siapa jadinya hahahaha).

            Flanker dan Hornet Ausie latihan memang masing-masing mengukur kekuatan dan kelemahan lawan. Anda tertawakan hal ini pun tidak apa-apa, FAKTANYA kami tahu kuat di WVR dan lemah di BVR.

            Kenapa ketika FAKTA yang sama bahwa USA / Raptor mempelajari Knirti dan FAKTA Malaysia belajar di COPE TOPAN, Anda seperti kebakaran Jenggot dan menyangkal? Ga ada yang salah bukan jika Kalian (USA/RAPTOR vs Knirti) saling mempelajari kelemahannya? itu yg saya sampaikan, dan kenapa Anda seperti tidak bisa menerima FAKTA itu ??

            Mengenai FPDA, baca dengan teliti Komen saya, saya sampaikan FPDA adalah ketika tahun 70an kita condong ke Amerika setelah ditikam Komunis (tahunn 1965). Kenapa jadi anda lekatkan ke FPDA dengan Cope Topan ?
            Tapi terus terang saya bangga ketik anda bilang FPDA untuk meng konter Indonesia. Artinya :
            British, Ause, New Zealand + anak asuhnya Malayisa dan Sing berhadapan dengan 1 Negara saja. Terima kasih atas pujiannya.

          •  

            Saya juga sudah kasih linknya pd hantu air, mungkin masih nyangkut digiginya kalleee.

            Tapi begini sp mengenai komunis, bukan komunis yg menikam indonesia tapi militer indonesialah yg ribut sesamanya sampai penculikan 9 jendral itu yg dituduhkan ke komunis & yg menuduhkan itu adalah soeharto sesuai rencana cia, kalau link gak mungkin dibuat, jika dibuat? Kenerakapun soeharto diburu para 9 jendral itu

          •  

            senopati pamungkas

            Anda sadar tidak..yg sampai sejauh ini,anda itu muter2 & bingung sendiri pada fakta LATIHAN f22 sama MKM ??

            padahal yg membuat saya merespon anda sampai sejauh ini adalah kerana kalimat anda yg berbunyi….

            ” dan lucunya Fansboy disana , SANGAT-SANGAT BANGGA bisa latihan bareng ama RAPTOR”

            anda juga kata…

            “kerana haus pujian,sampai sanggup mengorbankan knirti..bla..bla…bla”

            betul kan??

            Dari situ…jelas anda mempersoal “KEWAJARAN” rmaf LATIHAN sama mkm…Dan ketika anda mempersoalkan itu…anda masih dlm sisi pandang Indonesian…bukan neutral…

            Sudah faham belum???????

            Atas sebab inilah, saya bawa isu pespur tniau yg Di serah ke US… kerana saya mau lihat “kewajaran” apa yg digunakan tniau saat menyerahkan pespur ke US….

            Atas sebab itu juga sy minta anda stop kasi saya link @ data,atau komen US navy segala..

            kerana tak mungkin ada link @ data @ komen US navy yg menjelaskan topic “kelucuan melihat forumer malaysia sangat sangat bangga LATIHAN sama f22” atau topic “Malaysia haus pujian”……..jelas ini hanya omong anda sendiri….

            sekali lagi saya tanya…

            anda sudah faham belum wahai senopati pamungkas?????????

            susah rupanya bicara sama pro…

          •  

            senopati pamungkas

            sy bkn mau tertawa soal Latihan tniau sama ausie..sy cuma mrespon anda..ketika anda dgn YAKIN bkata anda punya bukti “forumer Malaysia bangga LATIHAN sama f22″…kebetulan sy juga punya bukti forumer Indonesia sgt bangga LATIHAN sama hornet…yg bikin sy mau ketawa justru keYAKINan anda itu…

            klu saya melihat LATIHAN flanker tniau & hornet ausie sebagai malaysian..ya wajar & wajar diteruskan..jadi LUCU klu mendengar ada forumer indonesia bilang tak boleh lagi flanker LATIHAN Di ausie kerana menjaga kerahsian pespur andalan tniau…kerna data kelebihan & kekurangan flanker yg lebih superior aja ausie punya…

            tapi itu tidak bermakna saya boleh semaunya merendahkan tindakan Indonesia yg tidak mau meneruskan LATIHAN sukhoi Di ausie…sy tidak diposisi memahami persis kondisi hubungan indo-ausie..sy juga tidak tau tingkat kerahsiaan tni..jadi,jika saya berkomentar seenak perut saya..berarti saya sama sperti anda…

          •  

            Hantu Air,
            setelah mbulet-mbulet ga karuan akhir nya ditarik kesimpulan komen saya yang pertama release
            “caranya adalah USA ngajak Malaysia latihan bareng beberapa tahun lalu , …. dan Knirti di analisa dan di uji simulasikan ….hasilnya tentu tidak dipublikasikan.
            dan lucunya Fansboy disana , SANGAT-SANGAT BANGGA bisa latihan bareng ama RAPTOR …”

            Anda menambahkan Indonesia – Ausie pun latihan untuk saling memahami kelemahan-kelebihan lawan.
            Indonesia kalah di BVR dan Ausie kalah di WVR.
            USA-Malaysia juga latihan untuk memahami kelemahan-kelebihan lawan. SU30MKM memahami dan menjajal kemampuan Raptor, dan Raptor memahami cara kerja Knirti dan SU30.
            Done … kita sepakat

            Kedua, saya menganggap lucu klo Forumer Malaysia sangat Bangga dengan latihan RAptor vs SU30MKM…
            dan Anda pun menganggap lucu kebanggan Flangker Vs Ausie.
            Sama bukan, … kita sepakat ..done.

            Jadi diskusi panjang lebar di atas sebenarnya “kosong” , percuma saya kasih link dll, … tapi tidak apa…
            sekarang anda puas bukan Bahwa USA-Malaysia latihan untuk saling memahami kekurangan/kelebihan demikian juga Flanker TNI vs Ause…
            jadi apa yg slaah dari KOMEN saya yg pertama itu ?
            closed…

          •  

            Senopati pamungkas

            Salahnya bila anda kata “lucu melihat forumer Malaysia bangga latihan sama f22”

            Salahnya lagi bila anda kata “Malaysia haus pujian latihan sama f22”

            smpai skrg…anda belum jwb kenapa lucu…Dan atas dasar apa anda kata Malaysia haus pujian??

            cara anda berkomentar itu seolah2 knirti itu super sakti..terlalu rahsia hingga harus disimpan baik2 dari pengetahuan US…Dan membuka kelebihannya pada US sesuatu yg bodoh..

            skrg sy kasi anda kesempatan mjawab..tak perlu link..cukup logika anda saja..tapi luaskan cara pandang anda itu..jgn melihat dari Mata tempurung kelapa bali… dunia bukan cuma ada Indonesia…

      •  

        Hantu air telalu lama hidup di dalam gua….terang saja dia low banget pengetahuannya. Mbelgedes kalau ada yg mau bantu dia….

        •  

          Hantu bukan terlalu lama hidup dalam gue, tapi senopati p bilang guru amerika dari segala beruk kampret adalah malay, tapi kenapa bisa beruk kampret tergoda & terlena dengan rayuaan amerika? Mungkin pisang amerika gede kalleeee

          Hahhaahaaaa

  3.  

    “Su-57 ini juga dilengkapi dengan sistem avionik revolusioner yang mampu melakukan perhitungan otonom atas dinamika medan perang untuk membantu pilot”
    hal ini juga dikembang di Mig35 (OLS) ..

    doktrin yang berbeda 180 derajat dengan Gripen NG (with network centric) …

    Jika Mig35 percaya diri pergi jauh dari homebase , .. klo Gripen NG pengennya deket-deket homebase atau minimal dengan kelompoknya ( + AEW&C)

    jadi pada pilih yg mana ????

    •  

      Pilih 48 F-16 V dg Offset 65%

      •  

        Ingat Mesir sudah kena embargo..dari Amerika….

      •  

        Rupanya warjager satu ini ngotot banget sama si elbot, oot banget apa nggak mau belajar… pahami ini.. biar membuka wawasanmu yang CEKAK BANGET… wkwkwk…

        https://jakartagreater.com/as-blokir-deal-rafale-prancis-mesir-khawatir-penyebaran-teknologi-rudal/

        •  

          apa yang terjadi dg mesir gak terlepas dari konteks geopolitik timteng dengan israel sebagai sekutu abadi amrik.

          gak bisa begitu aja di-copy paste ke RI

          tapi emang f-16 udah desain jadul

        •  

          Ini juga, itu masalah aturan MTCR….

        •  

          Ini juga, itu masalah aturan MTCR…. Paham gak??

          •  

            ahhh masakkkkkk ????

            Iya , itu ada benernya (Mesir tidak ratifikasi MTCR)
            tapi kenapa Israel bukan termasuk MTCR gampang ajah dapat teknologi itu ?

            Jujur ajah dech , ga usah nyolot bego begoin orang

          •  

            ah masakkkk ?
            memang ada betulnya (Mesir belum ratifikasi MTCR) ….
            Tapi Israel juga belum, gampang ajah dapat teknologi itu.
            Jujur ajah dechh ….. ga usah nyolot b3g0 b3g0 in orang

          •  

            wkwkwkwk….doi gak bermaksud b3g0in orang kok bung SP, cuman dollar udah masuk kantong, all action is halal…

          •  

            awas jaga jarak SUGIGI galak. hhh

          •  

            Saya gak yakin kalo Israel 100% diberikan ToT ttg pengembangan rudal jarak jauh, pembelian sparepart hingga pembuatan senjata nuklir dari negara lain seperti USA. Jika dibantu secara personal/pribadi oleh ilmuwan USA yg juga seorang Yahudi itu bisa saja terjadi. Walaupun ada fakta bantuan keuangan dari USA sebesar USD 3 Billions untuk militer Israel, bantuan tersebut tidak disebutkan termasuk ToT juga. So, bantuan secara langsung antar negara untuk masalah pengembangan rudal Israel tidak ada karena tak ada bukti, beda dg bantuan secara umum.

          •  

            Dan lagi Bung SP, warga USA yg juga seorang Yahudi biasanya punya dua kewarganegaraan termasuk paspor. Jadi bisa saja Ilmuwan yg membantu Israel memposisikan dirinya sebagai warga negara Israel, bukan US Citizen.

          •  

            Ah masak??? Hla mesir mendapatkan rudal juga bukan untuk alasan ToT… Justru kasus ini sangat kental dlm usaha USA memblok usaha Prancis dengan dagangannya yg mengandung teknologi USA…

          •  

            Kita tak tau apakah Mesir minta ToT juga seperti kita yg getol minta ToT atau enggak.

            Yang jelas, reserve engineering bisa saja dilakukan termasuk oleh pihak ketiga.

          •  

            mtcr mbelgedess sampai dimari juga..masi aja cari pembenaran dan ga mau berfikir rasional.

          •  

            Percuma ngomong sama antek zionis sama aja ngomong sama anak kecil walaupun analisis nya ngawar-ngiwir tetap aja benar.. walaupun dia sendiri nya lumayan beg0*.. xixixi..

          •  

            Loh, emang seperti itu. Lah, mau pake logika mana?? Logika kok cuman Israel yg dibantu?? Kan sudah Ane jawab gak ada bukti yg jelas bahwa pengembangan rudal Israel didukung oleh negara lain, beda kalo personal yg maju. Lagian Ilmuwan asing yg bantu kebanyakan memang punya kewarganegaraan ganda dg Israel. Nah, pake logika mana lagi??

          •  

            https://jakartagreater.com/as-blokir-deal-rafale-prancis-mesir-khawatir-penyebaran-teknologi-rudal/

            “Paris sebelumnya telah memberikan lampu hijau untuk mengekspor rudal Scalp setelah sebelumnya lolos melewati komisi interministerial untuk mempelajari ekspor material perang (CIEEMG), namun Amerika Serikat memblokir penjualan tersebut.”
            “Washington mengikuti International Traffic in Arms Regulation (ITAR). Perang yang baik untuk orang Amerika.”
            Saya tidak menemukan alasan MTCR sebagai alasan utama, tetapi memang MTCR tercakup dalam ITAR… justru kalau alasanya kena MTCR mengapa Prancis justru meloloskanya??? kalau Prancis meloloskan mengapa USA memblokir??? kalau masalahnya MTRC kan sepele, di downgrade saja supaya memenuhi persyaratan MTCR…

          •  

            AS mendesak Turki untuk meninggalkan pembelian sistem rudal anti pertahanan udara S-400 dari Rusia. AS memperingatkan Ankara akan konsekuensi dari keputusannya tersebut, seperti diberitakan Haberturk mengutip sebuah sumber di Washington.

          •  

            Saya tidak yakin bahwa Prancis bisa dengan mudah meloloskan penjualan SCALP EG Strom shadow tanpa ada kepentingan yg lainnya, penjualan Rafale misalnya. Selain Qatar dan India, hanya Mesir yg beli Rafale dan seluruh sparepart Rafale dibuat oleh Prancis sendiri jadi takkan diintersep oleh negara lain seperti USA. Masalahnya karena murni produksi sendiri makanya harganya menjadi mahal dan Prancis sendiri jadi kesulitan dalam menjual produknya ini (padahal Prancis berharap dg semakin banyaknya jumlah yg dibeli maka skala ekonomi Rafale juga akan turun). Maka menurut analisa saya, Prancis berani menjual SCALP EG dg syarat Rafale juga dibeli dan Mesir pun memang menginginkannya dari awal. Nah barulah kena kartu kuning sama USA. Begitu Bung Yuli. Saya akan memahami mengapa Mesir menginginkan Strom shadow, yah pemikir strategi militer mereka sangat luar biasa. Makanya bisa berhasil menguasai kembali wilayah Sinai sejak kekalahan perang 6 hari dan bahkan memasuki wilayah Israel.

          •  

            loh kan bung agato…cuma sampean yang beralasan MTCR. AS udah biasa yang begituan..parahnya anda mengembangkan suatu pendapat sebagai pembenaran. hehe pissss

    •  

      Berarti kalo AEW&C nya kena hajar rudal, pasti deh anak buahnya pada kelimpungan.. trus rontok satu persatu…

      •  

        Betul Bung Suwono, tapi juga tidak serta merta Pespur rontok begitu saja

        Konsep single engine + network centric (AEW&C) adalah hanya cocok untuk Pertahanan titik, tidak akan cocok dengan Negara yang wilayah luas dan/atau punya garis pantai/ZEE yang jauh.

        Misalnya pun AEW&Cnya masih hidup, .. range dan combat radius dari single engine akan membatasi Misi nya dan kembali ke homebase.

    •  

      “. klo Gripen NG pengennya deket-deket homebase atau minimal dengan kelompoknya ( + AEW&C)”

      Njiirrr, gak beda ma kidz sekolah jaman now, ngumpul aja dulu sebelum tawuran, kalo gak ngumpul??? mene tehennnn wkwkwk

      •  

        betul 100% bung Nuncako.
        Memang Gripen NG dipromosikan seperti ikan “Piranha” di Brasil sono.
        Kecil tapi Banyak dan keroyokan. Awalnya Brasil memilih double Engine karena faktor luas wilayah, tetapi detik terakhir ketahuan NSA membantu spionase dari Boeing dan Brasil memilih ikan Piranha Gripen NG.
        Konsekuensi nya, Brasil harus membangun lebih banyak pespur untuk masing-masing Homebase di sepanjang bordernya, yang jelas untung besar dengan Quantity ini adalah SAAB.

        •  

          Jadi dengan sendirinya alasan lebih ekonomis itu ada konsekwensi yg sama beratnya, seolah murah tetapi memiliki keterbatasan akut yg pada akirnya sebanding dengan resiko yg ditimbulkan… Keroyokan jelas akan menaikan cost juga, dan payload minim rentang terbang minim berakibat sering naik turun dan itu juga ajan menaikan cost juga…

      •  

        Diantara obat anti dot AWACs untuk pespur Sukhoi milik TNI AU adalah Rudal Zvezda Kh-31P atau istlah NATO AS-17 Krypton

  4.  

    taring

  5.  

    Saya dukung Rusia, karena AS bersekutu dengan Israel dan Inggris.

  6.  

    Katanya Indonesia udah beli drone nya china yak?

  7.  

    Asu dan anteknya akan berpikir 100.000 kali utk nyelonong ke suriah

  8.  

    mantap
    para penyelusup akan berpikir berkali kali sebelum menyelusup lagi
    tidak bisa leluasa seperti sebelumnya

  9.  

    Kita butuh Sukhoi Su-35 2 skuadron (36) dan 24 Sukhoi Su-57 ..

  10.  

    kemudian datang sebuah jet tempur SU 35 menghampiri dan akhirnya kedua jet tempur siluman F 22 raptor itu kabuuuuur ..! atuuut.

  11.  

    Dijuluki sebagai ” f-22 killer”.. mudah2n turut dipertimbangkan kedepannya utk diakuisisi TNI setelah su35

    •  

      engak dijual apa lagi dibarter…setidaknya dalam waktu dekat…!!!!

      •  

        Itu f22 kalau sudah kena pendetek irst? Gak bakal bisa diserapnya itu radar irst, Produk gagal kok dipertahankan siiih

        Hahhaahaaaa

        •  

          laa napa tu irst mendetek f22…???
          napa juga jadi produk gagal setelah puluhan tahun digunakan…???
          mungkin kalo tuu pesawat punya RCS
          yang kecil sulit dideteksi…tapi itu bukan hanya masalah IRST semata mata tapi bisa jadi memang belum ada tehnologi yang efectif untuk benar benar mendetek siluman kali haa…!?!?!?

          •  

            IRST hanya mendetek gelombang panas pada target, kalau material penyerap radar hanya menyerap gelombang radar yg mengenainya kemudian dipalsukanny, tapi tidak bisa menyerap ir, dikarnakan material penyerap radar harus memalsukan kepanas yg lain, kemana? Tidak kemana mana & memang tidak bisa dipalsukan, kecuali f16 bantar gebang tiba tiba dibakar ariev w, mungkin irst bisa dialihkan kesitu, kecuali rudal yg menggunakan ir yg bisa diberi umpan anti rudal, itupun rudal yg menggunakan ir sudah canggih

            Hahhaahaaaa

          •  

            setau saya infra red cukup efektif digunakan sebagai pengunci dan pemadu rudal…tapi kalo masalah deteksi kurang paham…karna teorinya sulit…untuk memancarkan gelombang electomagnetik sebagai mana dilakukan radar…jadi ribet…infra red mengkonfersi kegelombang electro…dan belum lagi panjang spectrum gelombang…waduh udah haa biar anak fisika aja yang jabarin ribet tau…!!!!

          •  

            Irst itu seperti thermal optik yg memindai panas, bukan memancarkan gelombang elektromagnetik kemudiaan pantulannya diterima, tapi tidak memiliki pantulan, nah sekarang sudah ada thermal optik pemindai panas dijarak 300km, api korek api pun bisa dipindai dijarak 300km, ini teknologinya menggunakan mata satelite yg sudah dicanggihkan

            Hahhaahaaaa

          •  

            Kalaupun irst punya gelombang pantulan yg memindai gelombang panas? Memang tidak bisa di serap kemudian dipalsukan, karna irst hanya memindai gelombang panas bukan elekromagnetik, kecuali ariev w tiba2 membakar f16 bantar gebang, mungkin bisa dialihkan

            Hahhaahaaaa

          •  

            yaa mungkin saya kurang paham teori irst padahal tehnologi jadul yaa…!!!
            tapi kayaknya spectrum panjang gelombang infra red ada keterbatasan…mungkin lebar gelombangnya kali yaa haa…jadi tidak seperti radar bukan hanya panjang gelombang tapi juga lebarnya gelombang…hingga bisa mendetek bukan hanya jauh jangkauanya tapi juga luas wilayahnya…ini mungkin yaa…!!!

          •  

            Sistem kerja ir memindai gelombang panas pd target yg terdekat, kalau tidak ada yg terdekat yg jauh pun jadi & ini tergantung energi pemindainya juga

            Hahhaahaaaa

          •  

            makanya lebih cocok jadi pemandu rudal atau pengunci sasaran…jadi kalo dah kedetek baru IR digunakan agar target terkunci sistem tempur…jadi endak tehnologi ir lebih sebagai tambahan pengaman…!!!!

  12.  

    Wah..wah.. kalau sempat SU-57 pakai mesin generasi baru tentu lebih dahsyat lagi.

  13.  

    Hasil PKL di Suriah akan mnentukan pangsa pasar Su-57 di masa mendatang

    http://kasamago.com/su-57-dan-krisis-ghouta/

  14.  

    Tapi menurut sumber lain (primbon jumat legi) itu Su-57 parkir sebentar di Suriah untuk kemudian dikirim ke TNI-AU…..hahahhhhhhhh

  15.  

    Pemerintah Indonesia telah mengakuisisi empat unmanned aerial vehicle (UAV) atau pesawat nirawak dari China. Empat UAV Wing Loong I yang dibeli akan dioperasikan Angkatan Udara Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk operasi pengintaian.

    Empat pesawat nirawak itu diproduksi perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan milik negara Aviation Industry Corporation of China (AVIC).

    Kontrak pembelian ditandatangani pada tahun 2017. UAV tersebut akan dioperasikan oleh Skadron Udara 51 TNI AU.

    4 Unit Wing Loong I
    Kontraknya Udah dari thn 2017…

    hahahaa..

    asyik satu per satu mulai terlihat 😀
    pasti lebih heboh lagi klo Improved Kilonya sudah datang ke tanah air indonesia..
    48 Unit F16 Viper
    2 Unit Destroyer
    Tambahan 15-18 unit Su35
    Tambahan FA50 dari Korsel

    kita tunggu publikasinya 🙂
    salam NKRI

  16.  

    Alasan Rusiyah mengirim Su-57 adalah untuk menutupi berita dibantainya paramiliter mereka.

    Kasihan brow kena brondong apache, byk yg mati, tapi yg lebih kasihan lagi, mayatnya kagak boleh dibawa pulang ke kampung halaman.

    •  

      napa kasian kan matinya mati sangit tuu,,,merekakan belain keuangan…untuk memerangi orang kafir…!?!?!

    •  

      Saya heran dengan anda ini… apapun itu mereka berperang disana untuk memerangi teroris… bukan untuk memerangi USA… mengapa anda begitu bangga ketika justru USA membunuh orang yang memerangi teroris???
      Sebenarnya USA tujuanya apa sih??? kalau ngajak perang mengapa naggung??? kenapa ga tentara Russia sekalian yang di tembak???

      •  

        Teroris yg mana ?? Kurdi?? Atau ISIS???

        •  

          Dimana Kurdi yang diserang??? FSA yang diserang… diwilayah yang kaya hasil bumi… FSA itu pemberontak yang di dukung oleh USA…

          •  

            Pemberontak takkan muncul jika tak ada penyerangan aparat kepada warga sipil yg melakukan unjuk rasa damai.

          •  

            Oh ya??? Unjuk rasa damai kemudian berubah menjadi pemberontakan yang didukung negara koalisi barat??? Giliran kasus Yaman, justru sebaliknya… menganggap pemberontak sebagai tindakan yang salah…
            Ini kan hanya persepsi di sisi sebelah mana koalisi barat menempatkan pilihanya… jika dekat dengan pemerintah maka USA akan mendukung pemerintah habis2an seperti halnya di Afganistan dan Yaman, tetapi ketika berseteru dengan pemerintah maka mereka mendukung pemberontak seperti halnya di Suriah…
            Bahkan hanya menunggu alasan saja untuk memberlakukan Suriah seperti Irak… menjadikan Assad sebagai Sadamnya Suriah…

      •  

        waduh bung yuli, memang saya salah apa bung ?

        saya memberi asumsi dan juga informasi, kalau apache amerika membredel paramiliter rusia.

        kalau saya tulis lusiyah setelong sambil ketawa ketiwi kaya komen dibawah nah itu baru salah.

        •  

          Oh ya… untuk tujuan apa??? apakah karena paramiliternya orang Russia dan kemudian menjadi prestasi???
          Yang paling vital dari perang itu adalah tujuan… pemerintah Suriah jelas tujuan utamanya mengembalikan wilayah nya untuk kembali dikuasai… nah sekarang apa tujuan USA menembaki paramiliter Russia???

      •  

        dimana ada perang disitu pasti ada AS.
        negara penjajah sok bener sendiri , sok jdi polisi dunia ,
        ane juga bingung bung apa sbnrnya tujuan AS masuk suriah secara ilegal?.
        dunia tk akan pernah damai bila AS blm hancur.!

      •  

        itu beritanya bukan su-57 bung yg menggempur pasar, yg menggempur pasar dan pusat medis melainkan helikopter tempur yg menjatuhkan tong2.

        penulis berita memberikan asumsi bahwa mungkin saja yg menyerang adalah su-57.

        •  

          Makanya baca beritanya bung TN, jangan hanya judulnya saja… Judul beritanya tendensius dan sangat profokatif, padahal isi artikelnya tidak ada yang menunjukan kalau Su-57 beraksi menyerang pasar…
          Dan seperti pembebasan Allepo kala itu, sampai nanti Ghouta berhasil dibebaskan dari militan, berita seperti ini akan selalu muncul… dan kemudian akan hilang tak berbekas setalah berhasil dibebaskan… itulah yang terjadi di Allepo juga, bahkan parahnya justru bantuan kemanusaiaan PBB malah gencar ke posisi yang di kuasai militan, dan tidak ada bantuan setelah berhasil di bebaskan… termasuk membuat skenario iring2an truk PBB yang di bom, hal seperti ini akan terus terjadi dalam usaha militan dan koalisi barat yang memang tidak menginginkan Suriah segera bebas dari para teroris… setiap usaha memerangi teroris selalu di rusuhi, bukan teroris yang disorot tetapi justru pasukan Suriah yang disorot… memang aneh

        •  

          nah itu dia bung, kalau cari berita carilah sumber yang terpercaya seperti di channel Wong Indonesia atau Indonesia Defense Video…………………………

        •  

          Ogah… anda saja tidak netral… USA sentris

      •  

        kok ente yg nyinyir.? Apa urusan ente sampe segitunya….xicixicixi

  17.  

    Lusiah setelong,..xixi

 Leave a Reply