Nov 092016
 
New KAPA (Kendaraan Amfibi Pengangkut Artilery) proposed by PT Republik Defensindo (Photos : Defense Studies)

New KAPA (Kendaraan Amfibi Pengangkut Artilery) proposed by PT Republik Defensindo (Photos : Defense Studies)

Produsen peralatan militer PT Republik Defensindo asal Jakarta menampilkan model kendaraan amfibi KAPA (Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri) RD Mk I roda rantai, yang sudah dikembangkan selama beberapa tahun. Kendaraan ini dibangun untuk Korps Marinir Indonesia, yang akan digunakan terutama untuk mengangkut pasukan dan pendukungnya dari kapal menuju pantai, selama operasi pendaratan dan pendudukan pantai musuh, serta pasukan pendukung dalam menjaga pos.

PT Republik Defensindo sedang mempersiapkan pembangunan dua prototype Kapa RD Mk I, yang akan digunakan untuk uji lapangan. Uji coba akan dimulai tahun 2017 dan akan dilakukan di lahan yang disediakan oleh Korps Marinir. Pada tahun 2018 Departemen Pertahanan akan memesan batch pertama yang berjumlah 14 kendaraan. Pengiriman akan selesai pada 2019.

New KAPA (Kendaraan Amfibi Pengangkut Artilery) proposed by PT Republik Defensindo (Photos : Defense Studies)

New KAPA (Kendaraan Amfibi Pengangkut Artilery) proposed by PT Republik Defensindo (Photos : Defense Studies)

Di masa depan, Korps Marinir dapat memesan kembali kendaraan amphibi Kapa RD Mk I. Keputusan akan tergantung pada anggaran Kementerian Pertahanan, serta pengalaman operasi batch pertama kendaraan ini.

Pengguna lain kendaraan amphibi Kapa RD Mk I kemungkinan dari pelayanan SAR Indonesia. PT Republik Defensindo mengasumsikan pihak berwenang dari 34 provinsi memesan setidaknya 2 unit kendaraan. Kapa RD Mk I dalam versi sipil akan digunakan untuk operasi pencarian dan penyelamatan, serta untuk mengevakuasi korban bencana yang terluka.

kapa

Berat maximum kendaraan amphibi Kapa RD Mk I adalah 25 ton. Kendaraan ini didukung oleh mesin diesel Iveco L6 6-silinder dengan kekuatan 590 hp. Kapa RD Mk I mampu bergerak 70-75 km/ jam di darat dan 7-8 km/ jam di air. Kendaraan dapat membawa kurang lebih 50 tentara tanpa peralatan tambahan.

Penambahan senjata bisa beragam, mulai dari kaliber 7,62 mm sampai senjata dengan kaliber yang lebih besar. Tapi, dengan penambahan senjata akan sangat mengurangi kapasitas yang mampu dibawa Kapa RD Mk I.

Sumber : Altair.com.pl

Bagikan:

  31 Responses to “Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri Marinir”

  1.  

    Designnya bagus jg. Mantap.

  2.  

    Wew bang rusky, pertama lagi

  3.  

    mantaaapp….lanjutkan….. lam kenal smua…

  4.  

    berangkat

  5.  

    kendaraan ini dilihat secara fisik sangat futuristik,… akan menjadi andalan perang greliya dimasa depan. Salut. Beli yang banyak Konrad 81Den

  6.  

    HMMM

  7.  

    kenapa penutup rodanya tidak dibuat streamline/segaris dgn moncong body, kenapa dibuat sudut seperti panah, harus dipertimbangkan aspek hydrodynamicnya?jangan hanya sekedar stylish ini kendaraan suport operasional. fungsi dan effisient lebih di utamakan, semakin minimalis bentuknya semakin murah biaya produksinya.

    baguslah sekarang banyak bermunculan produsen kendaraan militer.

  8.  

    D

    •  

      Kalau ini sebagai pengganti KAPA .. tentunya bagus sekali …
      Alhamdulillah …
      Ditangan yang baik …KAPA akan sangat bermanfaat ..Dan sangat membantu ..
      Indonesia Dan Mesir adalah operator KAPA yang professional …di lapangan ..

  9.  

    sejauh mana nih perkembangan tank amphibi yg di kerjakan Pindad atau jgn2 mentok krn keterbatasan dana utk membeli T.o.T

  10.  

    Design track wheel nya ga ada specnya, masih ga jelas.. Pindad aja belum bisa bikin design yang OK, bisa bikin tapi ringkih, musti kerja sama ama FNSS + Rheinmetal… Mudah mudahan udah OK designnya

  11.  

    langsung test…. xixixiiii

  12.  

    mirip LVT 7E yang hibah dari Korea dan buatan Amrik

  13.  

    bisa ngangkut 50 personil, gede jg ya..

    •  

      Itu dia agak aneh bung@dangxel.. ini kaya naik truk kebuka kali yah.. apa model bus tingkat bisa muat 50 orang..

    •  

      @welleeehh : Modelnya memang seperti truk bak terbuka yang mempunyai muatan maks 25 ton.
      Hal tersebut di karenakan kendaraan amphibi ini di khususkan membawa / mengangkut altileri Korps Marinir TNI AL.
      Jika kendaraan amphibi ini si berikan penutup atas, besar kemungkinan alutista altileri Korps Marinir TNI AL tidak semuaya dapat terangkut / terbawa.
      Dengan ciri khas warna hitam doff selain APC dari karoseri Tugasanda, kendaraan amphibi dari perusahaan swasta / PT Republik Defensindo ini menjadi incaran pengunjung INDO DEFENCE 2016.
      Btw saya malah kurang sreg dengan hidrolik pintunya, kesannya seperti terlalu kecil.
      Atau mungkin karena faktor miniaturnya saja?

  14.  

    #cintia klo gak ngrti alutsista gak usah komen !! Emang nya km bisa buat apa ?? Ini kan kendaraan pengangkut ampibi sama dgn truk tp bisa berenang
    Sekolah dulu yg pinter jgn sok tahu ente!! Biar jelek tp hasil karya sendiri patut bangga.

    Klo bosen jd warga NKRI silahkan resign angkat kakimu dri indonesia.

  15.  

    CAKEPLAH ,,,lo ini emang sangat dibutuh kan TNI sesuai medan indonesia segera produksi masal yg ini 5000 unit cukup.

  16.  

    CAKEPLAH ,,,lo ini emang sangat dibutuh kan TNI sesuai medan indonesia segera produksi masal yg ini 5000 unit cukup.
    saya lebih setuju yg ambifi ni dr pda tank boat, tinggal cantelin senjata yg besar armor yg kuat dan kapasitas ankut personel yg besar..

  17.  

    Pake Rudal? hahahaha nggak sekalian RHIB dipakein Rudal.
    Neng Cintia ini sepertinya overdosis rudalnya mbah bowo

  18.  

    wuiih…sudah pakai stealth style…bagus. kasih rcws dong…yg buatan rgeinmetal…boleh lah.

  19.  

    Semoga jadi diproduksi …

  20.  

    Wkwkwkwkw..neng chintia sekalian aja pake rudal antar benua, boleh dong bebas brpendpat …wkwkwkwkwkwkkw

  21.  

    pake rudal ………… ???
    buat nge rudal loe ……….. ???

  22.  

    Modelnya keren n ganas..masih mendingan New kapa wujudnya dr pada panser anoa n anoa amfibi kaku

 Leave a Reply