Kendaraan Intai-Tempur Panhard CRAB

Panhard CRAB adalah kendaraan lapis baja multimisi, dirancang sebagai kendaraan pengintai, CRAB (Kepiting) juga dapat digunakan sebagai kendaraan pendukung pergerakan infanteri karena dilengkapi persejataan berat dan lapisan baja yang kuat. CRAB juga dapat berperan sebagai kendaraan tempur anti tank dan kendaraan rudal anti pesawat.

CRAB dilengkapi lapisan baja dengan perlindungan STANAG 4569 Level 3, atau mampu menahan tembakan senapan mesin ringan kaliber 7.62 mm amunisi Armor Piercing (high velocity round). Lapisan baja CRAB dapat diupgrade ke Level 4 yang kuat menahan tembakan dari amunisi kaliber 14.5 mm yang merupakan senapan mesin berat dan senapan anti material yang banyak digunakan pasukan Rusia, selain itu juga dapat melindungi dari tembakan meriam kailber 155 mm pada jarak 30 meter.

Lambung CRAB didesain berbentuk V, yang berguna membelokkan arah ledakan ketika kendaraan terkena bahan peledak IED. Jendela depan CRAB terbuat dari kaca anti peluru kualitas tinggi, dan kursi kru dirancang mampu menyerap ledakan ranjau yang mampu menghindari cedera kru dari hentakan ledakan.

Panhard CRAB dapat dilengkapi persenjataan meriam otomatis Cockerill CPWS kaliber 30 mm atau Bushmaster kaliber 25 mm, dengan cadangan 150 amunisi siap tembak. CRAB juga dapat diinstal persenjataan anti tank MMP (Missile Moyenne Portee), yang merupakan pengganti dari rudal anti tank MILAN. MMP adalah rudal dengan hululedak tandem untuk mengalahkan tank dengan perlindungan lapisan ERA.CRAB juga dapat berperan sebagai kendaraan anti pesawat dengan dipersenjatai rudal anti pesawat Mistral SAM.

CRAB dilengkapi kamera yang memberikan tampilan penuh 360 derajat. Para kru memiliki display layar lebar berwarna untuk melihat informasi jaringan dan situasi sekeliling kendaraan. Kendaraan menggunakan suspensi hydropneumatic, yang memungkinkan perjalanan pada kecepatan tinggi di medan off-road secara nyaman. Tekanan ban kendaraan juga bisa diatur dari atas kendaraan. CRAB didukung oleh mesin Austria 320hp Steyr M16 turbocharged diesel ditambah dengan Mercedes 6 gearbox otomatis, yang mampu dipacu pada kecepatan hingga 110 km/jam.

Ada beberapa kemampuan unik Panhard CRAB yang sejatinya dirancang sebagai kendaraan pengintai ini, seperti memiliki tenaga generator motor listrik untuk bergerak secara diam-diam, dan kedua as roda kendaraan yang bisa memutar (mirip seoerti kepiting).

Leave a Reply