Jun 162016
 

Kendaraan tempur lapis baja Tigr buatan Rusia telah memperoleh popularitas di antara pasukan Suriah dalam perjuangan mereka melawan terorisme.

Foto dan video yang dipublikasikan di media sosial menunjukkan bahwa kendaraan tempur Tigr terlibat dalam serangan di kota Raqqa, ibukota de facto kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Kendaraan itu pertama kali tiba di Suriah pada hampir setahun yang lalu. Sejak itu, personel Angkatan Darat Suriah sangat menghargai kemampuan Tigr.

Russian-manned GAZ Tigr during Raqqa operation. (@bm21_grad)

Russian-manned GAZ Tigr during Raqqa operation. (@bm21_grad)


Gaz-2330 Tigr (Tiger) merupakan jenis dari kendaraan off-road Rusia, dikembangkan pada tahun 2000-an dan diproduksi mulai tahun 2004 di Arzamas Machine-Building Plant, bagian dari Perusahaan Industri Militer. Kendaraan itu diproduksi dalam berbagai konfigurasi, dan tersedia untuk digunakan baik sipil dan militer.

Prototipe pertama dipresentasikan pada pameran militer di Abu Dhabi. Pelanggan menyukai kendaraan itu, tetapi tidak ada kontrak yang ditandatangani. Inilah sebabnya mengapa Tigr dirancang untuk tampil baik di iklim Timur Tengah.

Kendaraan multifungsi itu dapat membantu Angkatan Darat Suriah dalam misi pengintaian karena Tigr sangat dinamis dan memiliki kemampuan off-road dengan tingkat kebisingan yang rendah.

Keuntungan lain adalah observability baik dan perlindungan tingkat tinggi bagi kru.

Kendaraan itu juga sempurna untuk melakukan pawai panjang dalam kondisi padang pasir.

Armored vehicles "Tigr" of the mechanized columns of the Central Military District's Moscow Garrison during the rehearsal of the military parade to mark the 71st Anniversary of the Victory in the Great Patriotic War, at the Alabino training ground, Moscow Region. (© SPUTNIK/ VLADIMIR ASTAPKOVICH)

Armored vehicles “Tigr” of the mechanized columns of the Central Military District’s Moscow Garrison during the rehearsal of the military parade to mark the 71st Anniversary of the Victory in the Great Patriotic War, at the Alabino training ground, Moscow Region. (© SPUTNIK/ VLADIMIR ASTAPKOVICH)


Tigr juga memiliki kemampuan perlindungan diri yang layak. Kendaraan itu dapat membawa berbagai jenis senjata, dari senapan mesin hingga peluncur rudal anti-tank.

Sumber: Sputnik News

Bagikan Artikel :

  15 Responses to “Kendaraan Lapis Baja Tigr Teruji dalam Konflik Suriah”

  1. Indonesia pakai anoa dan badak dulu aja
    sementara cukup

  2. Byk skali dagangan rusia…..kt ikut beli nggak ya.,,,,tp tdk da salahnya beli dikit buat koleksi buat ditiru kmudian lewat totnya…

  3. Owh…tigr ini semacam rantis komodo yak…

  4. Kl bentuk mobilnya nggak jauh beda ama komodo…..

  5. Rusia semua alat terbarunya diboyong kesuriah ajang promosi padahal belum lulus uji.,malah diuji disana layak jalan saja..
    Inget dulu diuji diindonesia pesawat komersil perusahaan shukoi kecelakaan digunung salak semua wartawan kenak musibah.

  6. yg penting di modif dulu mobil komodony baru bikin yg lebih canggih kn 1 kelas.

  7. kendaraan apapun itu yg pnting mata dan pisaunya meski itu delman kalo yg dibawa 1 Buk dan jamer yg handal rudal radar akan susah menembak dia

  8. Masih bagusan KOMODO, spek mesinnya apa yaa… bannya bisa jalan flat tire? Kena SPR2 tembus ga ini?

  9. Gak tembus mas… krn nembaknya dari Jakarta sementara ranpurnya di Suriah.
    Hahaha…

  10. kerenan komodo

  11. klo untuk ranpur sejenis saya akuin humvee asu lbh moncer dbanding ini

 Leave a Reply