Sep 022018
 

Network Electronic Warfare System (NEWS) milik Pasukan Bela Diri Jepang © @phantom2navy via Twitter

JakartaGreater.com – Pasukan Bela Diri Darat Jepang (JGSDF) meluncurkan sebuah kendaraan militer baru yang misterius untuk pertama kalinya di depan umum dalam latihan Fuji Firepower 2018 di Higashifuji, Prefektur Shizuoka dekat Gunung Fuji, Jepang.

Pasukan Angkatan Darat Jepang pada tahun ini menampilkan skenario “pemulihan pulau-pulau terpencil dari pasukan musuh” dan terlihat partisipasi perdana komponen peperangan elektronik terbaru yang ada dalam persediaan mereka.

Kendaraan untuk Sistem Peperangan Elektronika Jaringan atau disebut juga Network Electronic Warfare System (NEWS) berbasis pada chasis truk lintas desa Toyota Type 73. Fungsi kendaraan NEWS adalah memberikan peringatan tentang perubahan dalam postur musuh atau kehadiran aktivitas musuh menggunakan fitur teknologi unik untuk mengganggu komunikasi musuh.

Tugas utama kendaraan pernika NEWS adalah intersepsi dan memonitor perintah melalui alat elektronika (komunikasi) musuh dalam pertempuran, menemukan dan memposisikan kekuatan musuh, mencegat serta mengganggu komunikasi musuh.

Pengembangan generasi terbaru dari kendaraan pernika menunjukkan penekanan Kementerian Pertahanan Jepang dalam upaya memperkuat kemampuan Jepang untuk menghadapi serangan dari luar angkasa dan dari dunia maya.

Bagikan: