Kendaraan Perang Pandur II Ceko Kesulitan Suku Cadang

Pandur II Ceko dengan meriam Bushmaster dan peluncur rudal Spike (foto : Dmitri Mangiagalli )

JakartaGreater.com – Selama pertemuan dengan anggota Parlemen, perwakilan militer Ceko mengakui, sebagian besar kendaraan Pandur II yang digunakan oleh angkatan bersenjata Ceko tidak beroperasi karena ada “masalah serius dengan pasokan suku cadang”, lansir defense24.

Menurut Kepala departemen pendukung di Kementerian Pertahanan Ceko, Jenderal Stefan Muransky, masalahnya adalah waktu tunggu yang lama untuk suku cadang dari produsen – Rafael Advanced Defense Systems. Rata-rata, membutuhkan waktu 19 bulan, menyebabkan 21 dari 107 kendaraan Panduras II yang dibangun dengan lisensi dalam kondisi rusak, lansir IHS Janes.

Menurut Kepala Staf Angkatan Bersenjata Ceko, Jenderal Ales Opata, bahwa masalah umum adalah “kurangnya dana yang cukup untuk perbaikan Pandurs II, dan kondisi ini telah berlangsung lama”.

Solusi untuk mengatasi masalah itu adalah dengan membuat kontrak baru antara Kementerian Pertahanan Ceko dan Grup Cekoslowakia yang memiliki lisensi yang diberikan oleh General Dynamics European Land Systems untuk memperbaiki Pandurs II, berlaku untuk negara-negara Eropa Tengah dan Timur. Kontrak senilai US$ 103 juta akan berlaku selama empat tahun, penandatanganannya diharapkan dalam beberapa bulan mendatang. Ceko berharap bahwa setelah menandatangani kontrak baru, stok suku cadang yang tersedia untuk Pandurs II akan meningkat.

Sejauh ini Angkatan Bersenjata Ceko telah membeli 107 kendaraan angkut Pandur II senilai CZK 14,4 miliar berdasarkan kontrak dari 2009 yang telah menimbulkan banyak keraguan karena ada kecurigaan serius tentang adanya suap. Pada 2017 kontrak kedua ditandatangani untuk menyediakan pengiriman 20 kendaraan lain, termasuk enam dalam versi kendaraan komando.

Pabrikan menggunakan 107 kendaraan sejauh ini untuk tentara Ceko pada tahun 2012-2013, kendaraan tersebut adalah varian Pandur CZ M1. 72 unit kendaraan tempur infanteri yang dilengkapi dengan modul senjata otomatis RCWS-30, yang diproduksi oleh Rafael Advanced Defense Systems, dengan meriam otomatis ATK Bushmaster Mk.44, senapan mesin dan dua peluncur rudal yang dipandu Spike-LR. Kendaraan lain yang dimiliki Ceko adalah kendaraan komando (11 unit), kendaraan tempur pengintaian (delapan unit dilengkapi dengan radar, delapan tanpa radar), ambulan (empat kendaraan) dan kendaraan teknik (juga empat kendaraan)

6 pemikiran pada “Kendaraan Perang Pandur II Ceko Kesulitan Suku Cadang”

  1. Pandur/panser kobra pindad tak akan menemui masalah bila rafael advanced tidak menyuplai suku cadangnya, indonesia punya pengalaman dalam membangun medium tank harimau dan ranpur sanca untuk armaor anti ranjau dan yg lainnya’ ada kemungkinan besar kita menggunakan dan memproduksi suku cadang sendiri’ yg diambil dr pandur itu desain theknis membuat panser lebih stabil berenang di lautan, masalah speart part dll nya pindad selalu punya cara sendiri tuk memutuskan ketergantungan dr luar.

Tinggalkan komentar