Jul 132016
 

Washington – Pemerintah AMerika Serikat mengomentari keputusan mahkamah arbitrase internasional Den Haag 12/7/2016, terkait sengketa wilayah di Laut China Selatan, yang diajukan Filipina menggugat Klaim China.

Washington mengatakan, keputusan mahkamah arbitrase yang menyebut China tidak memiliki hak historis atas seluruh kawasan Laut China Selatan bersifat mengikat secara hukum.

Selama ini, Washington sangat berhati-hati dalam menempatkan diri dalam hal gugatan Filipina terhadap klaim maritim China.

Namun, setelah mahkamah arbitrase internasional menjatuhkan keputusannya, Washington meminta Filipina dan China mematuhi keputusan tersebut.

“Pemerintah AS meminta kedua pihak memenuhi kewajiban mereka,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, John Kirby.

Sebelumnya, pengadilan arbitrase internasional di Den Haag, Belanda memutuskan, China tidak memiliki hak historis untuk menguasi seluruh kawasan Laut China Selatan di bawah klaim “nine-dashed line”.

Amerika Serikat tidak memiliki klaim wilayah di perairan seluas tiga juta kilometer persegi itu, tetapi Washington menekankan semua kapal dagang berhak melintasi wilayah yang selama ini sebagai perairan internasional.

Di sisi lain, AS merupakan sekutu dari beberapa negara Asia Tenggara yang bersengketa dengan China terkait Laut China Selatan, salah satunya, Filipina yang mengajukan gugatan ke mahkamah arbitrase internasional.

“Keputusan yang ditetapkan mahkamah arbitrase terkait sengketa Filipina-China merupakan kontribusi penting dalam mencapai penyelesaian sengketa Laut China Selatan secara damai,” ujar Kirby.

image

Menurut Kirby, pemerintah AS kini sedang mempelajari keputusan itu dan belum memiliki komentar lebih jauh terkait sengketa ini. Namun, pemerintah AS menekankan, keputusan mahkamah arbitrase harus dihormati.

“Pemerintah Amerika Serikat sangat mendukung penegakan hukum. Kami mendukung upaya penyelesaian sengketa wilayah dan maritim di Laut China selatan secara damai, termasuk melalui sidang arbitrase,” ujar Kirby.

“Seperti yang tertuang dalam konvensi, keputusan mahkamah arbitrase adalah final dan mengikat secara hukum, baik untuk China dan Filipina. Kami mendesak kedua pihak tidak mengeluarkan pernyataan provokatif,” Kirby mengingatkan.

Namun, pemerintah China langsung menanggapi keras keputusan mahkamah arbitrase dan menegaskan pemerintah China tidak akan menerima atau mengakui hukum internasional yang telah ditetapkan pengadilan arbitrase di Den Haag, Belanda.

Sumber : Kompas.com

  40 Responses to “AS : Keputusan Den Haag Mengikat. China : Kami Tidak Patuhi”

  1. Udah ketauan

  2. Yg punya pulau si Pinoy, yg ribut China vs AS….lucu banget.

    • Seharusnya Filipina mengajak bersatu bekerja sama dengan negara negara Asia Tenggara beserta negara negara di kawasan Laut Cina seperti Taiwan, Jepang dan Korea,, Mengadakan patroli bersama misalnya,, Bukannya malah mengajak kerjasama China,, Ketauan banget langsung takut dengan kebesaran namanya,, Besar nama bukan jaminan memenangi sesuatu,, Kecil pun dia tapi solid bisa menghancurkan yang besar,,

  3. semoga asu yang mengaku polisi dunia bisa ‘membereskan’ china,.
    biar kawasan LCS aman

  4. panda songong, keroyok aja yuk nih negri rakus, kerjanya ML mulu sampai rakyatnya 2 miliar

  5. Sdh terbukti kerakusan china seperti apa, mereka tdk menyetujui kepetusan international, itu artinya china ingin mengklaim lcs dgn kehendak mrk sendiri, sangat di sayangkan, filipines dan as jg tdk akan mengiyakan keras kepalanya china, cara satu2nya yakni ancam dan kecam china, seluruh dunia hrs satu visi dan misi kita harus kecam tindakan china yg tdk mengakui keputusan abitrase denhag, belanda.

  6. susah bro
    untuk memusnahkan bisa dimulai dari mbah bowo dulu 😀
    kalau sukses baru dilanjutkan

    xixixixiiii

  7. semoga perang fisik cina melawan as benar terjadi..amin, biar hancur dua duanya, absennya dua biang kerok dunia mungkin akan lebih membawa kedamaian dunia, si cina baru jadi negara super power udah belagu, si as dari dulu selalu ingin jadi polisi dunia dan atur sana sini kayak negara lain pembantu mereka, ayo kita panas panasin mereka biar cepat perang

  8. hahahaha

  9. china mempercepat alussita khusus lautnya dengan class Type 052D destroyer(khusus Yinchuan diluncurkan tgl 12 juli 2016 pas waktu keputusan denhaag)

    tahun depan china mengenjot 4destro baru untuk angkatan lautnya class ini,dengan xian y20 si gendut(pesawat angkut jarak sedang dan jauh sudah operasional 2buah rencana tahun ini selesai 8 buah)menambahkan logistik pulau2 pangkalan china kalo terjadi konflik.pesawat ini digandang setara dengan a400m,c17globemaster,Ilyushin Il-76.(perang harus disiapkan dengan sangat ati2 apakah alussita cukup tidak skrg bukan jaman bambu runcing)

    masalah diindonesia khusus tni au dan al sudah siap belum dalam hal menyerempet alusssitanya(kebanyakan sudah tua peralatan baik au,al dan ad)kita kebanyakan masalah di korupsi dan politik membikin pusaran tidak ada ujungnya.

    pagar itu bukan dinatuna saja,diselatan juga harus,diujung borneo dan sulawesi juga daerah rawan.

    cuma kasih opini saja,kalo mau melihat bukan soal membenci,diskusi apa terbaik dan antidot misal konflik didepan pintu,biarpun tetangga kebakaran akhir kita kena kebakaranya(perang)

    salam damai selalu:)

  10. hemm pengen liat reaksi polisi dunia.. dan apa yg akan di lakukan amerika selanjutnya. mungkinkah mengirim f 22 apa pembom B 1 nya wakawaka..

  11. Untuk kali ini saya dukung cina…isi dan tempatkan perangkat perang di lCS UNTUK MENEGASKAN KLAIM CINA DI LCS…

  12. China kalo mau seenak udelnya, kuasai dunia dulu,baru terserah lu deh mau di apain dunia ini. Mudah2an lu dapat kesengsaraan yg abadi di akherat……,karena dunia dibuat acak2 oleh lu dgn sewenang2…,padahal lu tau penguasa dunia yg hakiki ini bukanlah manusia…

    Lu juga bakal merasakan mati….

  13. Hajar saja pinoy sampai jadi perkedel udah itu buang ke teluk subic.

  14. Kerakusan china harus dicegah….jgn sampai klaimnya sukses,krn sekali sukses,maka akan diikuti klaim”berikutnya hingga dunia mereka gulung dan kuasai

  15. komporrrr

  16. MUDAHAN CHINA JUGA MAU SADAR. AKU JG SUDAR SADAR BANYAK NYAKITIN TEMAN JG.

  17. LCS MILIK CHINA HARGA MATI…

    http://www.reuters.com/article/us-southchinasea-ruling-stakes-idUSKCN0ZS02U

    silahkan asal jangan mengklaim 200 mil perairan disekitar natuna

  18. ohh…rusu ikut 2 tan dukung china di LCS…
    silahkan rusu..bantu china..asal jangan masuk zone 200 mil dr natuna UNCLOS..
    kami tidak takut akan anda berdua..china & rusu..
    karna kami punya backing ini.!

    https://www.youtube.com/watch?v=T9sDxvsbsnA

    hayo kalau berani ..rusu dan china..!
    ingat 200 mil di sekitar perairan natuna milik indonesia…!!

    ha ha ha

    • ooppssss….cuma nanya…USA mengakui unclos..apa ngak yah..? sepertinya TIDAK!
      jadi ingat kasus bawean…
      usa kadal buntung…!! rusu beruang celeng ooppss kaleng,..! china panda buduk..!
      ha ha ha

  19. Si Asu malah ngapain

  20. dlu irak d hjr hbis”an oleh psukn multinasional saat menginvasi kuwait … skrg cina invasi lcs smw pda diam … ayo dong hncurin cina kampret it jg … biar adil gitu loh …

  21. tinggal menunggu waktu …..

  22. Bbm sudah tersedia angin sudah dihembuskan tinggal tunggu setitik anak api maka semuanya akan terbakar horee…. siap kacang godog plus kopi pahit

  23. Boikot orang & barang yg melalui kawasan asean.

  24. Era perang dunia ke 2 jepang melakukan invasi ke seluruh asia pasifik dikarenakan:
    1. Jumlah penduduk yg sangat besar.
    2. Ekonominya sangat tinggi dan kuat.
    3. Militernya sangat kuat yg didukung industri hankam yg mumpuni
    4. SDA minim buat kebutuhan negaranya.
    5. Terjadi konflik perang di eropa antara sekutu plus sovyet vs nazi jerman.
    Sekarang perhatikan china:
    1. Jumlah penduduk yg sangat besar hingga kekurangan SDA buat negaranya.
    2. Ekonomi juga kuat.
    3. Militernya jg sangat kuat serta didukung industri hankam yg maju dan mandiri di segala macam.
    4. Ada konflik antara sekutu plus rusia di timur tengah, termasuk juga di afrika.
    Sangat dimungkinkan cina melakukan invasi ke seluruh asia pasifik dimana sekutu/ nato serta rusia sibuk dg konflik di timur tengah, afrika, dan teroris. Dengan jalan menjajal kemampuan invasi kecil2an di LCS sebelum ada sesuatu hal yg bisa memancing alasan buat cina melukan invasi besar2an.
    Yg bikin tanda tanya???
    Siapkah Indonesia (TNI) dg alutsista tuanya, dengan jumlah pas2an,serta kalo beli alutsista terkenal ribet, ruwet, mumet, penuh dg rencana2 aja?!
    “Kalo Ingin Damai Maka Siapkan Angkatan Perang Yang Kuat”…. Sedia payung sebelum hujan, bukan beli payung setelah kehujanan.

  25. Tanda tanda cina melakukan invasi adalah adanya gesekan militer sedikit aja dg negara asean/asia setelah cina menolak hasil sidang pengadilan arbritase internasional mereka tolak. Cuma sayangnya filipina ternyata bernyali kecil pemimpinnya sekarang ini, beda dg pemimpinnya terdahulu. Beda jauh dg vietnam, biarpun jelas ga akan mampu militernya mengalahkan cina tetapi bisa bikin rugi besar buat PLA kalo perang. Beda lagi dg pemimpin indonesia Mr. Jokowi, biarpun berdiri di atas kapal perang tua, jadul, bekas lagi…masih berani berdiri tegak di natuna sambil mengisyaratkan Jangan Coba Coba ganggu Kedaulatan NKRI…

  26. santai aja … kita punya 8 Su-35 … dalam rencana …

  27. Semoga perang diundur hingga alutsista TNI siap

 Leave a Reply