Nov 072018
 

Jet tempur J-10B China dilengkapi 3D TVC melakukan manuver Super Kobra di Zhuhai Airshow 2018 © Kemenhan China via Youtube

JakartaGreater.com – Fakta bahwa sebuah jet tempur ringan J-10B China telah membuat manuver “super kobra” dengan mulus bukanlah sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh pesawat tempur buatan Rusia saja.

Pada ajang Zhuhai Airshow 2018, China meluncurkan jet tempur bermesin tunggal J-10B pertama, menggunakan mesin WS-10B3 yang dilengkapi dengan daya dorong vektor tiga dimensi (3D TVC), seperti dilansir dari laman Alert5.com.

China memang telah lama berniat untuk mengintegrasikan teknologi mesin 3D TVC-nya pada jet tempur domestik dan jet tempur J-10B adalah yang pertama mereka pilih karena membawa konten teknologi domestik. Teratas dibandingkan dengan jet tempur lainnya.

Perlu dicatat bahwa mesin WS-10 telah dilengkapi alat kontrol arah longitudinal yang telah dipelajari secara ekstensif oleh China sejak lama. Pada dasarnya China telah melakukan pemurnian ini sejak akhir tahun 2017, jadi ini bukanlah salinan mesin AL-41F1S yang terpasang pada Su-35SK yang telah diekspor ke negara ini.

Dengan dilengkapi mesin WS-10B3 3D TVC, jet tempur J-10B diharapkan dapat berkinerja lebih baik daripada yang ada saat ini karena juga dilengkapi avionik dan struktural yang sangat canggih untuk membantu meningkatkan mobilitas.

Baru-baru ini, jet tempur ringan J-10B dengan 3D TVC ini memberikan penampilan yang sangat mengesankan pada pembukaan China Airshow 2018. Dengan mesin WS-10B3 baru ia pun melakukan akrobat udara yang sangat terkenal, dan bahkan melebihi kemampuan dari Su-35 atau bahkan MiG-35.

Mesin WS-10B3 dengan 3D TVC buatan China © Hysplan

Menyaksikan kinerja jet tempur J-10B tentu Rusia harus merasakan fitur ini. Perlu dicatat bahwa dalam eksekusi manuver serupa yang digunakan oleh Rusia adalah pesawat tempur bermesin ganda.

Melakukan manuver “super kobra” pada jet tempur ringan dan bermesin tunggal dianggap jauh lebih sulit daripada melakukan manuver serupa pada pesawat tempur mesin ganda, yang membutuhkan perangkat lunak kontrol penerbangan mutakhir.

Rusia saat ini tak memiliki jet tempur ringan bermesin tunggal yang memiliki fleksibilitas yang sama seperti J-10B China, jika dimasa depan mereka berencana untuk melakukan pengembangan produk serupa, tentu saja itu akan memakan waktu untuk mengejar J-10B atau J-10C saat ini.

  52 Responses to “Keren, J-10B China Bisa Manuver Super Kobra”

  1.  

    F-16 buatan paman sam aja gak mampu 😆 hihihihihi

  2.  

    mantap

  3.  

    Ini baru lawan tanding sang kalkun terbang. Sama2 bermesin tunggal. Lawan yg sebanding utk kemampuan yg terbatas. Klo lawan SU-35, pasti ini kalah kelas dng SU-35.

    Sdh bisa dipastikan si kalkun terbang F-35 yg katanya slumun itu akan jd kalkun panggang jika berhadapan dng J-10B China…xicixicixici

  4.  

    Semua berawal dr jiplak sampai bs mengembangkan sendiri, mantap!

  5.  

    https://en.wikipedia.org/wiki/Rockwell-MBB_X-31

    proteksionis sja klo soal internet biar g kecolongan lgi

  6.  

    negeri yg dianggab biangnya komunis setelah rusia, ngak taunya sudah menguasai teknologi kelas wahid, dengan daya dan upaya dan jerih payahnya berusaha mempelajari, dan mencari inovasi teknologi dan kini memperoleh hasilnya, lain dengan negeri sebelah, mereka lebih mengedepankan demo berjilid jilid untuk menguasai kapling surga, mungkin mereka akan bilang memang ada teknologi tinggi untuk bisa mengukur surga, komunis adalah neraka, bla bla bla….

  7.  

    Lihat yg asli,kalau perlu beli,amatti,prethelli,,bikin tiruannya,,,saking rajin,nya niru jd bisa,itulah ilmu “CINA”.

    •  

      bukan disitu letak ilmunya namun di mentalitas profit adlah segalanya

    •  

      kalau indonesia nggak seperti itu…. indonsia mempunyai style sendiri yaitu style nya BJ Habibie, beliau kan yang meletakkan fondasi peengembangan industri dan teknologi indonesia sejak zaman suharto… sekitar tahun 80 an.

      •  

        Habibie cuma satu bidang tehnologi(desain badan pesawat)…sedang kan tehnologi dirgantara saja itu banyak macam nya…seperti engine,,,radar dan sebagai nya…bagai mana dengan tehnologi lain nya…???
        Sedang untuk belajar dan mengembangkan satu tehnologi saja banyak dana dan waktu yang dibutuh kan…lalu bagai mana kita mengejar tehnologi negara maju dan adi daya…sedang mesin jahit juga kita inport…ironis…!!!
        Tapi toh para pemimpin dan pembuat kebijakan aman tentram saja…seolah mereka tidak tau menau…atau mungkin mereka sudah tidak peduli ….mungkin juga pola fikir mapan dari para sepuh yang buat engan ambil kebijakan dan langkah besar apa lagi beresiko…!?!?!

        •  

          Siapa bilang hanya cuma satu bidang yang di kembangkan oleh habibie terutama di indonesia.

          Berarti anda belum pernah membaca sepak terjang pak habibie sewaktu menjadi/menjabat menristek selama puluhan tahun waktu zaman suharto. nih aku kasih tahu dikit… beliau yang membentuk BPPT , serta membangun 9 industri strategis (krakatau steel, LEN, PT PAL, PT DI, PT BBI, PT Pindad, PT dahana, dll) dan pembentukan BPIS (badan pengelolaan industri strategis) serta kolaborasi, integrasi dan sinergi dengan para peneliiti dan lembaga penelitian di kampus2 seluruh indonesia…..Dengan visi nya “membangun dari akhir dan berawal “….

          banyak sudah produk2 industri strategis yang dihasilkan sewaktu BJ habibies menjabat sebagai menristek selama kurang lebih 30 tahun dan era setelahnya yang menjadi andalan nasional waktu itu.

          ada CN235 dan N260 (PT DI), kemandirian di perketa apian terutama gerbong2 nya serta relnya dan akhirnya sistem persinyalan yang full digital. PT pindad dengan mortir, munisi serta senapan serbu SS1 dan akhirnya SS2, PT pal dengan FPB57, 28, dan akhirnya KCR60, 40, dsb,

          jadi di sinisi indonesia tak ada budaya kopi mengkopi tanpa izin alias maling seperti RRC. Karena sejak mula di ajarkan menjadi budaya terhormat yaitu peilitian dan pengembangan.

          •  

            Yang saya maksud keahlian beliau…kalao jejak beliau menjabat menristek selama berperiode priode memang…tapi tifak sesuai dengan dana yang luar biasa besar sebagai modal nya…sedang kita tau hingga sampai saat ini masih perlu dukungan pemerintah(negara)baru bisa berjalan…itu juga tidak memuaskan banyak proyek gagal atau dihentikan ditegah jalan hanya karna tidak mampu bersaing dengan prodak dari negara lain…dan saya ragu akan berkembang bila masih mengandalkan komponen dan suku cadang inport…mungkin bila sista ringan iya karna sebagian besar kita mampu memproduksi nya seumpa SS series atau anoa panser walau engine masih inport tapi sebagian besar kandungan lokal…dan itu kita bisa bersaing walau keuntungan yang minim..mum…!!!
            Tapi nanti kita liat sista berat seperti tank mediu atau lain nya…!!!

          •  

            @AL£€… nah distulah letak ketidak tahuan kamu tentang keahlian beliau dalam penguasaan teknologi selain teknologi dirgantara. Dia sewaktu masih mahasiwa pernah magang di pabrik gerbong kereta api di jerman dan menyelesaikan sebuah proyek perancangan dan pembuatan gerbong kereta api yang sudah lama tak bisa diselesaikan. Dimana gerbong KA itu harus maksimal ukuranya tetapi harus mampu menghadapi terowongan yang sempit dan tidak boleh mengalami getaran dan ketidakseimbangan yang berarti. lalu pak habibie mampu menyelesaikanya dg perhitungan yang tepat dan cepat.
            Dan keahlian beliau ini kemudian diterapkan ke industri kereta api di indonesia.
            dan juga keahlian beliau dalam merancang kapal selam canggih pada saat dia masih kuliah doktoral di jerman….pada masa itu. tetapi rancangan serta perhitangannya kemudian di ambil alih oleh profesor pembimbingnya… karena di anggap sensitf. jadi selain teknology dirgantara, beliau juga ahli dalam angkutan darat (KA) dan angkutan laut). karena menurut dia ilmu aerodinamica hampir tidak berbeda jauh dengan hydrodynamica.

          •  

            Yaa angap lah dia banyak keahlian nya…dan sudah meletak kan pondasi nya…lalu bagai mana …apa disuruh dia untuk menjabat lagi apa…???
            Sudah saya bilang sudah sewajar nya orang seperti beliau punya hasil yang terlihat dan dapat di bangga kan…beliau disekolah kan negara untuk tujuan seperti itu…lagian sudah saya kemukaan alasan nya dengan berapa periode beliau menjabat sebagai kemenristek dan berapa angaran dana negara sebagai modal nya itu pun masih dibilang kurang sesuai dengan hasil yang dicapai…!!!
            Jadi jangan terlalu berlebihan baik dalam mencintai maupun membeci…karna suatu yang berlebihan itu tidak baik dan dilarang agama…!!!

  8.  

    Sekarang mulai pada mendalamin aksi manuver cobra… USA dengan F15 nya cina dengan J10B nya. ntar eropa ntah dengan apanya….

  9.  

    Nabi telah bersabda “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina”.
    Dan sekarang mulai terbukti. Apa yang tidak bisa ditiru dan dibuat oleh cina? Bahkan lebih canggih, meskipun secara kualitas masih ada yang meragukan.
    Subhanallah….

    •  

      jaman dinasti Tang semasa Nabi berbeda dgn zaman dinasti komunis china

      lebih canggih sngat meragukan karena mahasiswa2 china sendiri sngat bergantung dgn universitas2 negara maju yg lain
      daripada menuntut kesana lebih baik menuntut ilmu ke negara yg produknya di kopi toh

    •  

      menurutku sih bukan negeri cina…. tetapi negeri “syin”. cina sewaktu zaman rasulullah hidup …negerinya hancur oleh peperangan antar kerajaan besar disna…..lah bagaimana mau dicontoh kalau negaranya hancur 2an begitu.

      Menurutku negeri “syin” adalah negeri2 kerajaan nusantara ini. waktu itu ndak ada peparangan besar yang melanda disini. Coba tengok peninggalan budaya berupa patung patung emas yang ada di eropa dan di USA dari peninggalan kerajaan2 nusantara terutama jawa dan sumatra anda akan takjub, karena indah dan halusnya patung2 buatan manusia tersebut. padahal itu baru peninggalan abad 15 Masehi.

      belum kesaksian seorang uskup dari italia yang tercatat dalam catatanya mengenai keadaan kerajaan majapahit yang di singgahinya. sangat luar biasa mengesankan.

      •  

        Ahh kamu jangan membesar besarkan itu tidak baik…karna sebagian ahli hadist menyatakan negri cina…jadi sebaik nya ikut saja…!!!
        Karna sejaman dengan jaman rosul cina sedang berkembang dengan pesat baik perdangan maupun budaya nya…kalo kita mungkin yaa tapi catatan serajah tidak mendukung nya…!!!

        •  

          noted, saya sependapat

        •  

          @AL£€ …sekarang coba lihat kenyataanys… kalau memang yang dimaksud negeri tersebut adalah cina, seharusnya cina adalah negeri dengan mayoritas beragama islamdari dulu sampai sekarang.. tapi kenyataannya tidak. malah budis dan komunis. malah negeri nusantara ini lah yang muslim terbesar dari sejak dulu. Itu karena sabda rasulullah merupakan suatu perintah halus kepada para sahabatnya dan kepada para keturunanya. Sehingga diwilayah sinilah banyak sekali tersebar para keturunan rasulullah…bukan cina. dan islam di indonesia tidak lepas karena pengaruh dakwah dari mereka juga. Coba baca cerita tentang kedatangan ali bin abi tholib ke garut dalam rangka berdakwah. Tahun berapa itu kedatangan dia bisa dikira2 lah.

          Kalau masalah pengertian yang salah diantara para kiyai ttg hadits tersebut….itu wajar

          •  

            Kontek sabda dengan faktor sejarah bukan lantas harus cina dengan ilmu keislamanya…disana sabda rosul lebih menekankan ilmu…jadi kontek berkembang pada sejarah cina jaman itu…dek…dan ahli menyatakan negri dimaksud cina…dengan alasan sudah saya sampaikan diatas…!!!

            Saidina ali.ra.kegarut…???
            Mungkin maksud kamu cerita raden kian santang dan saidina ali…yaa…!?!?!
            Kamu mencampurkan antara fakta sejarah dan cerita rakyat yang belum dapat dipertangung jawabkan…
            Randen kian santang hidup pada zaman majapahit atau sesudah nya…karna bukti sejarah mengatakan dengan berdiri kerajaan islam banten atau sejaman nya…dan saidina ali itu hidup pada ratusan tahun sebelum ada kerajan majapahit…!!!
            Jadi saran saya bila argumen harus punya data yang masuk diakal…jangan semata mata berlandasan dengan konon katanya atau konon ceritanya saja…!!!

      •  

        klo mau mempelajari sejarah silsilah peradaban manusia tentunya mulai dari nabi Nuh hingga sekarang 😀 akan bisa anda temukan China disana 😀

      •  

        tahun 1400 Masehi yg bung maksud zaman Mjapahit nabi hidup pada tahun ?583–609 Masehi

        sya kan sudah bilang Dinasti2 china pada masa dulu berbeda dgn dinasti Kiminis skrang karena ada mandate of heaven artinya tiap pergantian dinasti akan diiringi peperangan besar karena pemerintahan sentralistiknya dan penghapusan adat istiadat dinasti lama oleh dinasti baru.

        jadi klo mereka2 para sinosentris klaim segalanya dari cina ketawain sja, imigrasi seharusnya membentuk budaya baru smbil menjunjung bumi langit dimana kaki berpijak bukannya masih sja nyantol ke tempat lama entah kenapa sngat eksklusif bagi mereka setelah tahun 1700an
        Ethnosentrisme akan menjadi msalh di masyarakat multikultur yg egalitarian

        •  

          Engak nu mungkin maksud bung wawan dinasti sebelum nya…mungkin era dinasti mataram kuno atau sriwijaya lama…atau bahkan yanh sebelum nya ..
          .yang kurang hanya catatan sejarah nya saja…karna era kuno banyak catatan yang menyingung nya…seperti barus di sumatra tercatat dalam mesir kuno…dengan perdangan kapur barus nya,,,atau india kuno dengan swarnaduiva(gapura emas)itu juga nama sumatra kuno…!!!

          •  

            dia bilang dari abad 14 masehi yaitu tahun 1300an dimna waktu itu kita punya angktan laut terbesar dipermukaan bumi

            semasa nabi hidup kerajaan nusantara2 masih ngurusi politik intenal sendiri2 sambil berdagang satu sma lain belum ekspansionis meluas pengaruh hegemoni satu sma lain

            perdagangan kapur barus sumatra tercatat di naskah2 yunani kuno

            klo soal patung ada yg lebih lama dari tahun 500 sebelum masehi yg sekrang di new york dari budaya buni yg skrang msih diteliti

          •  

            Yaa maklum dia baru belajar sejarah sampai abad 14 masehi kali yaa…xaxaxaxa…

        •  

          @anu…. nah itulah, masa kelakuan dan kebiasan jelek (pembasmian peradaban di setiap pergantian dinasti) seperti itu akan dijadikan contoh untuk dipelajarai sebagai peradaban terbaik di bumi oleh rasulullah. Itu nggak mungkin.

    •  

      Itu HOAX tuh. Nabi Muhammad gak pernah bersabda kayak gitu. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

  10.  

    china bisa mengejar teknologi karena ga ada yg ngerecoki dari dalam, lain halnya di indonesia, dikit dikit demo dikit dikit merasa di zolimi, pret lah….

  11.  

    Versi asli J-10 dan J-10A, juga muncul dalam China Airshow 2018, namun versi paling maju dari J-10, yakni J-10C, tidak muncul. Varietas itu dapat dibedakan dengan tambahan missile approach warning system (MAWS) pada ekornya. Selain itu, ia juga telah dilengkapi dengan radar AESA.

 Leave a Reply