Jul 242017
 

MBT T-90S Rusia dilengkapi dengan peralatan bantu pertahanan “Shtora”. © UVZ

Vietnam telah memesan 64 unit tank tempur utama (MBT) T-90S/SK dari Rusia, kantor berita Vietnam di Hanoi telah mengkonfirmasi hal tersebut pada tanggal 21 Juli yang lalu seperti dilansir dari laman IHS Jane.

Laporan yang mengutip sejumlah komentar dari pejabat pertahanan Rusia menyebut dalam sebuah konferensi pers pada pameran dirgantara MAKS 2017 di Moskow berkata bahwa akuisisi tersebut akan didanai lewat kredit yang diberikan oleh Moskow.

IHS Jane pertama kali melaporkan bahwa diawal Juli bahwa produsen UralVagonZavod Rusia dalam laporan tahunannya menyebutkan bahwa mereka mendapatkan pesanan dari Vietnam untuk memasok MBT T-90S/SK. T-90S merupakan varian dasar tank T-90 versi ekspor, sedang kode ‘K’ adalah referensi untuk versi “komando”.

Nilai kesepakatan untuk pengadaan T-90S/SK tidak di ungkapkan, namun diperkirakan sekitar $ 250 juta atau sekitar $ 3,9 juta per unit. Investasi T-90S tersebut, merupakan pesanan MBT pertama oleh Angkatan Darat Vietnam sejak bertahun-tahun yang lalu.

Pembelian selama lebih dari 10 tahun terakhir lebih berfokus pada modernisasi armada Angkatan Laut dan Angkatan Udara Vietnam.

Selain MBT, laporan tersebut juga menyebut bahwa Vietnam juga akan mendapatkan empat resimen sistem rudal S-400 Triumf untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udara. Vietnam juga akan menerima jet tempur multiperan MiG-35 untuk mengganti jet tempur MiG-21 milik Angkatan Udara Vietnam, yang diperkirakan telah pensiun.

Jumlah jet tempur MiG-35 yang dipesan Angkatan Udara Vietnam dalam pengadaan itu tidak disebutkan, tetapi Angkatan Udara Vietnam sebelumnya mempunyai lebih dari 30 unit MiG-21. Angkatan Udara Vietnam diketahui memerlukan jumlah pesawat tempur tambahan yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan udaranya.

Untuk mendukung pembelian tank T-90 dan alutsista lainnya, kantor berita Vietnam di Hanoi melaporkan bahwa industri pertahanan Rusia ingin memperluas kehadirannya di Vietnam.

Bagikan:

  33 Responses to “Keren, Selain Tank T-90 Vietnam Bakal Beli MiG-35 dan S-400 Triumf”

  1.  

    Woowww….. Emejing..,

    •  

      Seperti yang dikatakan panglima TNI ” TNI butuh Alutsista canggih ,terutama TNI_AU & AL..semua untuk menghadapi musuh jika terjadi perang dengan negara’ tetangga terutama VIETNAM yang mulai berani dengan kita , semua karena mereka memiliki Alutsista canggih , seperti kapal selam kilo classical (6 unit )” . Saya harap DPR bisa menekan Kemenhan untuk segera membeli pesawat Su35 dan kapal selam kilo untuk TNI “

  2.  

    wahhh vietnamm MANTAPPPPP

  3.  

    Busyeeet… Ga pake lama borong lagi Vietnam wow sekali…

  4.  

    Kereeen….Gak Pake Lama…daaah…boooorrrrooong

  5.  

    negara sosialis kalau kuat sedikit belagunya minta ampun. Sudah terjadikan kemarin di Natuna. Hati2 dngan negara seperti itu..

  6.  

    tenang pembelian yang pasti cuma tank doang, bisa aja pembelian mig-35nya kaya indonesia mau beli su-35 dari dulu cuma akan, bakal, tinggal tanda tangan kontrak, siap dikirim, sudah disetujui, DLL. tapi sampai sekarang belum ada hasilnya hahahahahah 🙂

    •  

      wah, bung Alto berusaha untuk menenangkan hatinya yang lagi gundah gulana dengan menganggap bahwa negara lain juga seperti negaranya dalam hal pembelian alutsista ya? hehehe 😆

    •  

      kita terkendala dengan UU syarat pembelian alutsista harus ada tot. mgkn knp indonesia tidak ambil seri S mgkn karena tidak mgkn rusia beri tot nya. mgkn klo sukhoi di kasih tot cuma bikin bom sendiri. klo tidak ada UU tot pasti kalah tuh belanja vietnam. mereka tdk mikir masadepan hahahha

      •  

        Bukannya semua pesyaratan dlm UU sdh terpenuhi spt yg sdh d beritakan sebelum2nya… ToT sdh d sepkati… imbal dagang jg sdh… pembayaran separuhnya d kasih hutang dr Rusia… persyaratan yg msh belum kan tinggal tandatangan kesepakatan pengiriman saja… apa masih harus nunggu ada bonus dr Rusia…. beli 1 gratis 1 ato beli 2 gratis 1… kalo belinya 12 ekor entar gratisnya 6 ekor… apa ini yg belum d sepakati…? TNI nya sdh g betah lho menunggu pengganti yg pensiun… pilot2nya hanya jd sopir tembak lho itu…

    •  

      bung alto, vietnam ga butuh2 kali tot sprt negara kita.
      bagi mereka yg penting
      borooooong…

  7.  

    Kita borong akan saja lah

  8.  

    sehebat itu kah vietnam..??.. pertanyaan mendalam untuk para punggawa bangsa….

  9.  

    Di temani kopi hangat malam ini.. Pftt.. Tersedak setelah baca klo Vietnam borong MIG35 :V

  10.  

    Indonesia memborong apa?

  11.  

    Vietnam paham, apa yg rakyat nya inginkan…
    Indonesia ngerti, apa yg rakyat nya tunggu2…
    Beda nya…
    Vietnam bisa merealisasikan keinginan rakyat dgn cepat, banyak dan lengkap!!!
    Indonesia belum bisa atau belum mau merealisasikan apa yg rakyatnya tunggu (su35,nasamsII,panduur,changbogo,apache,s300,kaplan,kilo,beriev be 200,chinook dan howitzer fr belgium)…
    T E R L A L U ! ! !

  12.  

    Segera …… Segera. ……segera ……. .

    Ayooo……….hmmmmmmmmmmm

  13.  

    Apa perlu kita naturalisasi Menhan Vietnam??

  14.  

    mgkin mrk ga tahu mig-35 itu produk yg lama bgt lakulnya, mesir membeli mig-35 krn mrk baru melengkapi jajaran pespur khusus role-biasa, mesir jagonya tank ama rudal, pespur belum

  15.  

    Wajarlah vietnam beli S400…1.karena aset investasi utk persenjataan ditambah (mig 35…kalo jadi)..2.negaranya kecil..jadi gak butuh banyak sistem S400, 3.dia butuh pembaharuan yg cepat,mungkin kalo TOT dipikir nomer 10..dikita..pespurnya juga belom banyak..katakanlah banyak..masih ompong…negara kepulauan..besar lautnya…mau tambahan investasi stiap pulau besar harus kuat matra daratnya dulu(utk menjaga aset)..mau tambah matra darat…lautan harus steril dulu..karena lebih luas…kasel juga baru 2 hadeeeeh..mungkin begitu tahap strategi pengadaannya…lautan sudah steril..akses daratan, penempatan markas2 besar dan kecil..harus yg strategis..kereta api saja yg dikalimantan baru dimulai..pembuatan markas..jadi masih banyak yg harus disiapkan..masak mau kandangin macan..pake kayu…hancur mina jadinya…

    •  

      Mari kita kawal MEF ini…siapapun presidennya..utk investasi kedepan..utk anak cucu kita…jadi mereka kedepannya hanya tinggal perawatan dan upgrade saja…karena jumlahnya sudah dicukupi di era kita..SEMOGA ALLOH SWT SELALU MEMBERIKAN KESEJAHTERAAN DAN KEJAYAAN..SAMPAI DI AKHIR JAMAN…AAMIIN!!..

 Leave a Reply