Kereta Cepat Jakarta-Bandung Direncanakan Tersambung Bandara Kertajati

Model Kereta Cepat Jakarta-Bandung di IBDExpo2017 (@KeretaCepatID)

Jakarta, Jakartagreater.com – Menteri Koordinasi bidang Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dimungkinan bisa tersambung dengan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

“Tadi bicara komprehensif kereta api Jakarta-Bandung dan sekarang ada peluang mungkin sekaligus dikaitkan dengan Kertajati sehingga ‘cost’-nya bisa ditekan ke bawah,” kata Menko Luhut setelah selesai menghadap Presiden pada Senin 23-10-2017 di lingkungan Istana kepresidenan Jakarta.

Menteri Luhut mengungkapkan bahwa pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung adalah bagian dari proyeksi pembangunan yang pada 2030 tersambung sebagai transportasi terpadu yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Jadi tidak melihat dari proyeknya saja, tapi melihat konektifitas Pulau Jawa, yaitu Jakarta-Bandung itu menjadi satu pada 2030,” ujar Menteri Luhut. Menteri Luhut juga mengungkapkan, Menteri BUMN Rini Soemarno menyampaikan bahwa pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, semua prospeknya jalan.

“Memang ada perhatian-perhatian khusus mengenai ‘elevated’ (jalur layang) oleh sebab itu hampir 81 kilometer, terowongan hampir 20 kilometer itu menjadi perhatian Kementerian PUPR terkait teknologinya sebab daerah gempa,” ujar Menko Luhut Bnsar Panjaitan, dirilis Antara.

Pembangunan kereta cepat ini sahamnya dipegang China Railway International sebesar 40 persen dan 60 persen dimiliki oleh PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI). PSBI itu sendiri adalah perusahaan yang merupakan gabungan dari 4 BUMN yaitu PT Kereta Api Indonesia, PT Wijaya Karya, PTPN VIII dan PT Jasa Marga.