Nov 262014
 

keretacepat3

Jakarta -Berselang sepekan lebih kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Tiongkok, investor kereta cepat asal Tiongkok hari ini datang ke Jakarta. Presiden Jokowi sempat mengundang investor Tiongkok untuk membangun kereta cepat di Indonesia.

Staf Khusus Wakil Presiden H.M. Alwi Hamu mengatakan, sore ini investor dari Tiongkok bertemu dengan Menko Perekonomian Sofyan Djalil. Mereka membahas soal rencana investasi kereta api cepat Jakarta-Surabaya yang bakal memiliki kecepatan sampai 380 km/jam. Sayangnya belum terungkap siapa nama investor Tiongkok tersebut.

“Investor dari Tiongkok ini menjawab undangan kemarin dari Pak Jokowi di Tiongkok. Mereka datang lalu difasilitasi untuk bertemu dengan perekonomian,” kata Alwi di kantor Kemenko, Jakarta, Selasa (25/11/2014)

Ia mengatakan, pertemuan ini masih tahap awal, karena untuk mencapai tahap realisasi butuh banyak tahapan seperti studi, survei. Namun secara umum, potensi pembangunan kereta cepat di Indonesia, khususnya di Jawa sangat memungkinkan. Bahkan sejak 2010-2011 pemerintah sebelumnya sudah menyiapkan proyek serupa membangun kereta ‘shinkansen’ ala Jepang.

Alwi mengatakan investasi kereta cepat memang butuh dana sangat besar, misalnya untuk kereta saja butuh investasi 2 miliar yuan. Selain Jakarta-Surabaya, ada rencana membangun kereta serupa di Jakarta-Bandung, Bandung-Cirebon.

“Kita dikasih kredit 40-50 tahun,” katanya.

Sementara itu, Menko Perekonomian Sofyan Djalil menambahkan investor tersebut masih sebatas memberikan presentasinya soal produk mereka.

“Mereka mau jualan saja, ingin menjelaskan produknya bagaimana. Saya dengar saja soalnya itu masih jauh kan ceritanya,” katanya. (finance.detik.com).

Bagikan Artikel :

  42 Responses to “Kereta Super Cepat dari China”

  1. Pertamax urang….

    kenapa dri china ? gak dri jepang ?

    • Kalo mau jadi poros maritim, kenapa harus kereta cepat, lebih baik duitnya untuk mengembangkan jalur laut cepat semisal Ekranoplans ataupun Hovercraft….

      Seharusnya swasta juga dimudahkan jalannya ke arah laut, kalo ke darat lagi ya cuma jadi retorika poros-porosannya….

    • Dengan dana segede itu coba menilik indonesia timur, dan khususnya kalimantan, bagaimana keadaan jalan di sana, tak payah muluk2 kereta api , cukup jalan raya saja, di lihat dari sintang ke pontianak, atau entikong pontianak,, bagaimana rasanya menikmati jalan tanah, (bukan aspal) yg sudah tak beraspal ,,, coba di tilik kembali,,,
      Kalao wilayah kalimantan lhususnya memiliki jalan raya yg bagus, saya yakin ekonomi disana akan meningkat, krn perhubungan adalah hal utama, bisa menyalurkan kebutuhana disana,,

      • benar, di liat lah jalan pontiank ke sanggau / sintang…yg kayak kubangan sapi kalau musim hujan, apa itu imbal balik bagi kalimantan yg udah banyk nyumbang banyak hasil bumi bagi devisa indonesia? berapa banyak hasil tambang, hutan yg di ambil untuk devisa indonesia? wajar kan kalau kalimantan dibangun sama kayak di jawa? jangan ikuti konsep trilogi pembangunan ala pak harto, yg salah satunya mengatakan daerah yg paling banyak penduduknya yg lebih banyak dibangun…. kalau ikuti konsep ini…daerah luar jawa kapan mau maju majunya …pasti pulau jawa dulu yg dibangun …. indonesia ini bukan pulau jawa saja …..

        • belum skr juga.dibangun kereta cepat…jg g pake duit negara…lagipula penduduk Jawa itu paling feasibel utk proyek macam ginian,,,..Monorel di Makassar itu ditunda krn g feasibel dari segi penumpang..di China juga pembangunan susah utk merata krn daerah padat penduduk di Timur pesisir China sdh susah utk dikejar daerah barat , utara, maupun selatan..yg dilakukan pemerintah adalah percepatan pembangunan infratruktur diwilayah Utara(Harbin) sampe Selatan Chungkin(yunnan)..atau Barat Xian…yg dibiayai APBN…sdgkan daerah Timur dilepas ke swasta krn selalu feasibel…Indonesia kemungkinan ikut model spt ini tapi tdk seluruhnya atau dgn variasi lain..spt Medan , Palembang, Balikpapan, Pekan Baru, Makassar…Sorong…Bali mungkin sdh bisa dilepas ke BUMN dan swasta..tapi yg lain harus dieffort dgn dana pemerintah…via APBN..

      • kalimantan selatan, utara, timur itu masuk indonesia bagian tgh.

      • Bung sarkamah boleh tanya dikit, gimana pengaspalan jalan TAYAN di tanah bergambut sepanjang 55km apa sukses pengaspalanya?, karna lintas PONTIANAK-TAYAN-BALEKARANGAN-ENTIQONG. puluhan tahun tak jadi jadi. tks’h.. salam

      • Saya setuju banget nih ….coba adanya pemerataan pembangunan jangan di jawa terus kek….dan soal kereta cepat ..kalau dari sintang ke pontianak jarak nya kurang lebih 500 km kalau pakai kereta cepat palingan 2-3 jam udah sampe..

  2. Keduax, pak jojo lebih suka sama RRC.

    • tdk bro..dari APEC…Presiden Xi Jin Ping yg paling agresif menawarkan kerjasama ekonomi…mungkin China lagi pusing belanjakan tumpukan obligasi dollarnya yg R/I (bunga) hampir2 g ada itu sdgkan Mr Putin..relatif mendikte soal keamanan dan persenjataan..(ini saya baca di media2)..

  3. dari tadi gk bisa komen, eh ternyata tau2 dah ada 3 aja 😀 kabarnya pak habibie gimana ya? dia kan dulu salah satu perancang kereta cepat di jerman, kenapa gk ajak jerman dan pak habibie saja ya.

  4. balas jasa ? hehehe.kreta import kualitas kayak trasj.. Gak nyadar jg..

  5. haha asiik pembangunan sudah mulai dibenahi Gapa Made in Rusia atau china… Asal Kualitas nya Seperti “Lenovo” Bukan produk china yang sebulan pakai langsung Rusak…

  6. Lho yang sy dengar KaLau di SuLawesi ReLnya yang dari PLA , Tapi kereta apinya jepang atau Eropa , mungkin PLA kaLi Lego Pak JKW , ini kan baru ProposaL dari PLA , tapi dengar2 kita juga sudah bisa bikin kereta api kok tapi keLas standar dan ekonomi ??! Insya ALLAH aja pemenangnya dari Eropa dan Jepang kaLau bisa minta TOT sama saat di waktu kita kerjasama dengan ASU membuat kereta apai standar!! Semoga 🙂

  7. lagi lagi cina yang ditawarin proyek, proyek rudal C-705 juga belum ada bayangan !!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. Klo rel nya dari china, mesti di uji dulu kuat tekan baja nya, dan daya lentur nya, daya aus nya thdp panas , jangan sampai umur nya cuma sampai 10 thn doank, bs rugi lg nanti nya…

  9. Buat apa kereta super cepat
    Rel di pulau jawa aja blum bnyak yg doubre track
    Di jabodetabek aja rel campur aduk antara kereta jarak jauh,kereta ekonomi lokal,commuter line dan kreta barang…
    Di kalimantan infrastruktur rel blum ada , di papua juga blum
    Klo seluruh pulau pny rel kereta dan ada kereta yg cukup memadai lebih baik membangun infrastruktur dulu…
    Stasiun2 di indonesia blum semua ya di perbaiki
    Stasiun manggarai yg jadi persinggungan segala jenis kereta udh padat banget ampe2 nambah jalur lg biar semua kreta bisa msuk dan lewat di stasiun ini
    Fasilitas persinyalan kereta jg blum semuanya memadai sehingga msh sering adanya kereta yg mogok dan antri untuk sekedar lewat
    Jd tolong di pikirkan lg

    • ya nanti kan di evaluasi kan gak sembarangan jg naro kereta cepat pasti ada di pelajarin dl kondisi relnya dll, jgn sampe uda beli pas di libas 350km/jam malahan jadi kereta terbang, wassalam semua lg 1 kereta semua.

  10. pernah liat uji nyali extreem tiduran di tegah rel saat kereta super cepat melintas atau bahkan berpegangan di body luar saat kereta melaju ratusan kpj, kalau disini pernah liat supir truk bahan bakar adu nyali terobos jalur perlintasan kereta api yg sudah bersiap ditutup.

  11. Takutnya tar keretanya meleduk kaya bis transjakarta sangat rawan apalagi menyangkut nyawa manusia , cari pembading lah jgn cuma dari tiongkok. Kalau perlu diundang dari jepang, korea n eropa.

  12. biarkanlah dari china, yg penting dapet ToT kereta cepat (hahay, meybi lho)

  13. Klo ragu.., sebagai permulaan bs untk distribusi barang. Keretanya untuk pengiriman barang biar cepet sampai. Klo sdh terbukti aman baru untuk angkutan manusia. Mudik bs lebih cepet sampai tujuan

  14. Boleh2 aja, tapi gimana perbandingan harga dan ToT nya? Di dunia ini kalo mau ambil kereta cepat pilihannya cuma 3: Jepang, Perancis, Jerman

    Di luar itu saya ragu gimana ToT nya. Contoh: Russia itu ambil license technology dari Jerman, Korsel dari Perancis. Cina itu jg tergantung jalurnya, mereka ambil Jepang, Jerman dan Perancis. Takutnya kayak Chang Bogo kemaren, mau ToT Jerman sempat protes

  15. Mau doubel track atau kereta cepat yang penting terwujud…

  16. Semangat pak! Ayoo bangun Indonesia semaksimal mungkin

  17. bagaimana pak Menko usaha peningkatan BUMN PT. INKA yang selama ini sudah bekerjasama dengan General Elektric dalam hal muatan lokal pembuatan Lokomotif seperti PT Barata yang membuat Boggie Roda Penggerak Lokomotif dan Kerangka, PT. INKA yang membuat kabin dan bodi lokomotif sekaligus merakit mesinnya dari General Electrik, PT. Krakatau Steel yang membuat rel..
    perusahaan General Electrik dan PT Inka juga bekerjasama dalam hal pelayanan perbaikan, service, penyediaan suku cadang lokomotif untuk pemasaran asia tenggara..
    kalo bisa industri industri dalam negeri inilah yang dipacu untuk semakin meningkat kinerjanya.. yang saya takutkan nanti kereta cepat dari china ini jangan jangan kasusnya seperti Bus Way Jakarta dari tiongkok yang gak karu karuan..

    • oya.. pembuatan jembatan suramadu pada bentang tengah yang menggunakan teknik kabel bentang tiang tinggi ini juga menggunakan teknoligi dari China dan dinilai sangat sukses dalam penggunaan teknologinya yang bisa ditiru tekniknya oleh para insinyur kita..

      jadi kesimpulannya dalam kerjasama dengan pihak asing manapun output dan outcome nya harus semaksimal mungkin diterima oleh pihak kita khususnya dalam hal pengembangan dan penguasaan teknologinya.. entah lewat Tot atau apa saja..

    • Pada heran kok pada negatif terus sama china…..perasaaan produk manufaktur china justru sekarang yg berkuasa di bumi eropa, amerika, asia…..merk2 top dunia juga buatnya di china….Audi, VW, Siemen, Boeing, Airbus juga manufakturnya dari china….KA cepatterpanjang dunia juga di china….China sgh berubah jadi raksasa dunia….yakinlah 10 th lagi eropa amerika di salip china….industri dirgantara china juga sdh maju pesat. hampir semua pesawat di US / eropa / Rusia sdh di buat baik tempur/ transport / heli dan mereka juga sdh pada tarap industri ruang angkasa…..Memang produk china abal-abal juga banyak, tapi jgn pandang sebelah mata produk bagus lainnya

      • benar, beberapa produk china juga kualitas dunia. laptop lenovo juga dibuat dichina dengan lisensi ternyata awet juga saya punya. soal trans J yang dodol oknumnya saja yang pingin hrg murah , bis buatan china yg bagus juga ada. tp klo bisa ya buat sendiri saja pesawat bisa kok buat bis memble.

  18. welcome sam pa

  19. Menurut saya, bullet train semacam ini cepat atau lambat akan dibutuhkan. Asalkan, dana bukan berasal dari APBN, jadi murni swasta. Karena itu hitungannya akan berdasarkan bisnis. Selain sebagai alternatif perjalanan selain menggunakan pesawat terbang. Adapun, pemerintah harus tetap fokus pengembangan di sektor maritim, dan konektifitas pelabuhan di luar pulau jawa, khususnya Indonesia timur. Kalau perlu, dibuat pelabuhan-pelabuhan udara diatas air untuk menampung pesawat2 amphibi. Jadi bukan hanya pelabuhan kapal laut saja. Sehingga perjalanan dan distribusi barang ke daerah terpencil bisa lebih cepat.Kan ngga perlu runway..

    cuma pendapat tukang pijet keliling..

  20. mereka datang hanya untuk menawarkan produk berdagang, ya dengerin aja…koq repot..

  21. Lebih bagus fokus dulu pd pembangunan poros maritim dn poros angkasa guna menunjang mobilitas manusia berikut barang dn jasa.

  22. Mau invest atau cuma mau jualan sih?
    Klu mau jualan, apa mungkin layak dibeli?
    Bukankah kereta api yg berkecepatan 380 km per jam itu perlu jalur khusus?
    Kayanya, ri masih perlu wkt lama utk bisa memiliki kereta api semacam itu.
    Tp mudah2an dlm wkt dekat ada investor yg bersedia mewujudkannya. Amin!

  23. Jangan lah dahulu dibangun kereta cepat, Coba tilik jepang dan singapura yang lebih maju karena sistem transportasi masal nya sudah di benahi . setelah itu baru dikembangkan hal-hal yang lain.Kan kalo rakyatnya sejahtera pasti secara tidak langsung pemerintah juga kan yang banyak mendapat manfaatnya.. Bukan begitu kawan…

  24. indonesia blm bs memiliki kereta super cepat…krn disiplin org indonesia msh jauh bgt dibanding negara china,apalg dgn jepang..tambah jauuuuuuuuuh bro hehe

 Leave a Reply