Jun 082018
 

KRI RE Martadinata saat melakukan UNREP dengan USNS Rappahannock. (photo: Commander U.S. Pacific Fleet).

Laut Cina Selatan, Jakartagreater.com – Armada Pengisi Minyak Military Sealift Command’s (MSC) USNS Rappahannock (T-AO 204) Amerika Serikat, melakukan underway replenishment  (pengisian) (UNREP), kepada frigat Angkatan Laut Indonesia yang dipandu-Rudal di perairan wilayah Indonesia di Laut Cina Selatan, 20 Mei 2018, dilansir situs Commander U.S. Pacific Fleet, 21-5-2018.

USNS Rappahannock, kapal kelas Henry J. Kaiser, memindahkan lebih dari 13.000 galon bahan bakar ke KRI Raden Eddy Martadinata (FFG 33), sebuah guided-missile frigate Martadinata-class Angkatan Laut Indonesia.

KRI RE Martadinata saat melakukan UNREP dengan USNS Rappahannock. (photo: Commander U.S. Pacific Fleet).

“Indonesia adalah mitra penting di kawasan ini dan latihan seperti ini membantu mempromosikan interoperabilitas, meningkatkan kemitraan kami dan meningkatkan teater kerja sama keamanan,” kata Kapten Robert R. Williams, komisaris MSC Far East.

“Kami telah bekerja dengan Angkatan Laut Indonesia di berbagai latihan, seperti Kemitraan Pasifik dan Komodo, dan itu adalah peluang besar untuk memupuk hubungan militer-ke-militer dengan mereka.

UNREP adalah cara kami membangun hubungan Angkatan Laut-ke-Angkatan Laut dengan orang Indonesia. membantu peningkatan kapasitas angkatan laut mereka. ”UNREP diminta oleh Angkatan Laut Indonesia, setelah mengetahui keberhasilan UNREP dengan Angkatan Laut Malaysia bulan lalu, menurut Cmdr. Dave Cho, petugas operasi, MSC Far East.

Pada bulan April 2018, kapal kargo kering dan amunisi MSC USNS Washington Chambers (T-AKE 11) melakukan UNREP dengan kapal Angkatan Laut Malaysia untuk meningkatkan jangkauan kapal, yang akan memungkinkannya untuk melakukan perjalanan lebih jauh ke timur dan mendukung Rim of the Pacific (RIMPAC) tahun ini.

Latihan RIMPAC yang disponsori oleh Armada A.S. Pasifik, latihan Angkatan Laut internasional terbesar di dunia, diadakan 2 tahun sekali di bulan-bulan musim panas bahkan bertahun-tahun di perairan di sekitar Kepulauan Hawaii dan California Selatan.

UNREP empat setengah jam ini berfungsi sebagai bentuk praktik sebelum partisipasi KRI Martadinata di RIMPAC 2018. KRI Martadinata juga tidak memiliki jangkauan untuk mencapai lokasi RIMPAC dan membutuhkan UNREP.

dok. USNS Rappahannock. (US Navy).

“Kapasitas Angkatan Laut Indonesia untuk mendukung kegiatan TSC lainnya tidak lagi dibatasi oleh jarak,” kata Williams. “Ini akan menjadi bukti musim panas ini selama RIMPAC. Kemampuan UNREP sangat penting bagi kapal yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Melalui kerjasama kami sekarang, Angkatan Laut Indonesia akan memiliki kapasitas untuk mendukung RIMPAC dengan kapal kelas Martadinata. ”

The USNS Rappahannock saat ini beroperasi di wilayah tanggung jawab armada Angkatan Laut AS ke-7. MSC mengoperasikan sekitar 115 kapal non-kombatan, kapal sipil yang mengisi kembali kapal Angkatan Laut AS, melakukan misi khusus, mengutamakan secara strategis kargo tempur di lautan di seluruh dunia dan memindahkan kargo militer dan pasokan yang digunakan oleh pasukan dan mitra koalisi AS yang diterjunkan.

Bagikan :

  6 Responses to “Kerja Sama KRI RE Martadinata dan USNS Rappahannock”

  1.  

    memang,,,kri 10514 cocok dengan strategi fleet underwaynya amrik !!!

    ayo bikin lagi kri-333….kri-334 dan kri-335.

  2.  

    Dlu pernah ada pembahasan PKR ini.. bentuk dan dimensi kapal yg di perbesar.. skrg masih berlanjut atau udah mandeg gara gara kurang duit..

  3.  

    Blm bikin yg besar krn mgkn takut draft nya terlalu dalam krn laut di indonesia banyak yg dangkal dan banyak karang, yg msh aman ya jalur ALKI 1, 2 dan 3.
    Belum lg kalo muatan penuh tangki ballast, fw tank, f.o tk dll.
    Ya mgkn tim hidro oceanografi kapal rigel msh bikin pemetaan jalur laut yg aman utk lewat baik kapal besar maupun utk jalur kapal selam mondar mandir dgn aman, tentram, gemah ripah loh jinawi halaaahhhh…

  4.  

    Dipeluk mama rika.sudah….langsung terbuai kitanya mahhhh.padahal pas musim dingin mama rika jarang mandi,sepet.tpi onderdilnya itu lho…..yahud punya.asoooyyyy.padahal ketika dekat ame tante rusky….kantong kita tebal(teritory bertambah luas) & servisannya manteppp.sma mama rika……jangan harap.yg ada duit gaji & tukin ludesss buat jajannya.

  5.  

    Jualan bbm keliling jg tuh kapal US Navy!canda.peace.he3.

 Leave a Reply