Oct 302018
 

Jenderal TNI Mulyono juga mengungkapkan bahwa meski dalam beberapa dekade terakhir, hubungan bilateral kedua Negara mengalami pasang surut namun kerja sama antar kedua alat pertahanan ini terus berjalan.

Jakarta, Jakartagreater.com –  Kerja sama bilateral pertahanan antara Australia dan Indonesia harus didasari dengan landasan kejujuran, saling percaya, saling menghormati dan saling bersahabat. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono saat menerima kunjungan kerja Kasad Australia Letnan Jenderal Rick Burr, AO, DSC, MVO, pada Senin 29-10-2018 di Mabesad Jakarta.

Kunjungan kali ini merupakan kunjungan perkenalan dari Letjen Rick Burr sebagai Kasad Australia yang baru setelah dilantik pada 2 Juli 2018 lalu menggantikan Letjen Angus Campbell yang telah menjabat selama 3 tahun. Sebelumnya Letjen Rick menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Australia dan Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) USARPAC.

Selain perkenalan, kunjungan bilateral tersebut membahas masalah hubungan kerjasama bilateral militer kedua belah pihak yang telah terjalin cukup lama dan merupakan merupakan salah satu yang terbesar di antara kerja sama TNI AD dengan Angkatan Darat Negara-negara lainnya.

Kedua Angkatan Darat sepakat untuk memperluas bidang kerja sama bilateral pada kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan profesionalisme kedua Angkatan Darat, hal ini tersebut menurut Jenderal TNI Mulyono telah sejalan dengan pandangan TNI AD tentang perlunya terobosan-terobosan baru dalam kerja sama bilateral.

Selain itu, dalam sambutannya Jenderal TNI Mulyono juga mengungkapkan bahwa meski dalam beberapa dekade terakhir, hubungan bilateral kedua Negara mengalami pasang surut namun kerja sama antar kedua alat pertahanan ini terus berjalan.

“Hal tersebut dikarenakan antara Australia dan Indonesia merupakan mitra strategis yang saling membutuhkan dalam menjaga stabilitas keamanan baik kawasan regional maupun internasional” tegas Jenderal TNI Mulyono.

“Tentunya, kerja sama bilateral pertahanan antara Australia dan Indonesia harus didasari dengan landasan kejujuran, saling percaya, saling menghormati dan saling bersahabat,”jelas Kasad Jenderal TNI Mulyono .

Selain ke Mabesad, Letjen Rick akan bertolak ke Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) untuk memberikan kuliah umum didepan siswa Seskoad. Rencananya, Kasad Australia beserta rombongan juga akan mengunjungi beberapa satuan TNI diantaranya Mako Kopassus. (tniad.mil.id)

  8 Responses to “Kerjasama Bilateral TNI-AD dan Militer Australia”

  1.  

    biasanya juga main belakang ausi

  2.  

    cilik broh

  3.  

    Musuh dlm selimut tetangga.he3

  4.  

    Kalau sudah di tunjukan jati diri yang tangguh, malah si bule jadi sungkan lho…sumprit…klenjingan dewe

 Leave a Reply