Kerjasama Brodosplit Kroasia dan Indonesia

21
88

Kedatangan Duta Besar Kroasia Drazen Margeta ke Kementerian Pertahanan 16/2/2015, merupakan tindak lanjut dari kunjungan Kementerian Pertahanan Indonesia dan rombongan ke galangan kapal Brodosplit Kroasia, pada september 2014 silam. Brodosplit merupakan galangan kapal yang membangun frgate KRI KI Hajar Dewantara, Indonesia.

Tamu dari Kementerian Pertahanan Indonesia dan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) mengunjungi Brodosplit Shipyard, Kroasia  3 September 2014.
Tamu dari Kementerian Pertahanan Indonesia dan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) mengunjungi Brodosplit Shipyard, Kroasia 3 September 2014.

Delegasi Indonesia dipimpin Duta Besar indonesia Agus Sardjan, membawa perwakilan beberapa kementerian, pasukan darat, angkatan laut, perwira angkatan udara, polisi dan berbagai staf administrasi, berkunjung ke galangan kapal
Brodosplit, Kroasia 3 September 2014.

Direktur marketing Brodosplit, Teuta Duleti? menyajikan beberapa proyek dan mengumumkan sejumlah penawaran baru di sektor galangan kapal dan energi.

Kerjasama antara militer Brodosplit dan Indonesia menjadi sorotan utama, sebagaimana program pembangunan fregat 97 meter “KRI Ki Hajar Dewantara” yang dibangun di Brodosplit pada tahun 1981.

Setelah presentasi proyek-proyek dan kemampuan galangan kapal Beodosplit, tamu meninjau kapasitas dan kemampuan produksi perusahaan dengan mengunjungi lini produksi. Brodosplit kini sedang melakukan restrukturisasi untuk terus sukses dan mampu bersaing di pasar internasional.

image
KRI Ki Hajar Dewantara

Perwakilan dari Kementerian Pertahanan Indonesia dan Institut Pertahanan Nasional menyatakan minat mereka bekerja sama dalam joint project proyek, transfer ‘know-how’ di bidang pembuatan kapal militer dan bekerja sama dengan galangan kapal Indonesia. Anggota delegasi menyampaikan bahwa para taruna angkatan laut Indonesia masih berlatih di kapal perang yang dibangun Brodosplit pada tahun 1980-an.

Angkatan Laut Indonesia adalah salah satu kekuatan maritim terkemuka dalam kawasan Asia-Pasifik dengan 70.000 anggota dan lebih dari 150 kapal, yang terus melakukan investasi pembangunan dalam negeri di sektor pertahanan militer sampai tahun 2030. Kunjungan ke galangan kapal Brodosplit ini, salah satu untuk memenuhi target tersebut. (brodosplit.hr).

21 KOMENTAR

  1. Yang penting sama2 untung dan ada kesinambungan sampai jadi!!! Jgn cuma jadi hiburan saja!! Dan kepada bpk menhan.., agaknya sudah mulai blusukan!!! 100 hari pertama bpk seperti tak bergerak ternyata bapak mempelajari di”dalam” terlebih dahulu! Setelah khatam baru blusukan!! GOOD JOB!! Bpk terkenal sebagai tentara HADIST karena banyak hapal hadist2 nabi!! Kami percaya kepada bapak!! Dan usul pak agar slogan kita di tambah “BERDAGANG KITA JAYA”!!!

  2. Krj sm dgn Kroasia kyknya bs lbh mnguntungkn buat kt dbanding dgn yg lain, krn slain teknologinya sjajar dgn galangan2 kpl Eropa, kroasia adlh negara baru yg ingin eksis, shgg dia tdk trlalu banyak mnuntut banyak keuntungan & jg tdk pelit utk transper teknologi, apalagi itu dlakukan dgn kemitraan sejajar dgn galangan kpl kt.
    Hanya sj mestinya kt jgn ambil kerja sama utk kpl sekelas pregat sj, tp yg lbh bsr dr itu, sprt destroyer/cruiser sklian. Itupun klu dia mampu.
    Jaya Indonesiaku!
    IMHO.