Jun 062014
 
Sistem pertahanan udara HQ-16A atau LY-80 Tiongkok

Sistem pertahanan udara HQ-16A atau LY-80 Tiongkok

Perusahaan Tiongkok, Aerospace Long March International (ALIT) telah menandatangani nota kesepahaman, MoU, dengan perusahaan Aneka Bekal Sdn Bhd Malaysia, untuk menyediakan sistem pertahan rudal anti udara.

MoU ditandatangani saat kunjungan Perdana Menteri Najib Tun Rajak ke Beijing 1 Juni 2014, untuk pengadaan vertcally launched system, LY-80, bagi Angkatan Bersenjata Malaysia, yang dikerjakan kedua perusahaan.

Kesepahaman ini juga meliputi transfer of technologies kepada Malaysia, untuk memiliki lisensi produksi dan pemeliharaan LY-80 atau HQ-16A yang kemungkinan dipilih oleh Angkatan Bersenjata Malaysia, sebagai alutsista mereka.

image

LY-80 alias HQ-16A
LY-80 atau HQ16A merupakan sistem rudal pertahanan udara yang diluncurkan oleh militer Tiongkok pada tahun 2011. HQ16A adalah versi darat dari HQ16 yang diluncurkan dari kapal perang secara vertikal dari sebuah kontainer.

image

HQ-16A dibangun berdasarkan rujukan sistem pertahanan darat ke udara Buk-M1 (SA-11 Gadfly) dan Ural/Buk-2M (SA-17 Grizzly), yang bisa ditembakkan dari kendaraan tempur maupun kapal perang.

image

HQ-16A dapat menyergap pesawat tempur dari ketinggian 400 meter hingga 18 km dengan jangkauan maksimal 40 km, serta menyergap rudal di antara jarak 3,5 hingga 12 km di ketinggian 15 hingga 50 meter. HQ-16A atau LY-80 diklaim memiliki akurasi 85 persen untuk menjatuhkan pesawat tempur dan 60 persen untuk peluru kendali (cruise missiles). LY-80 dapat terbang hingga kecepatan 3 march dengan membawa hulu ledak 70kg. (Janes.com).

  197 Responses to “Kerjasama HQ-16A Tiongkok Malaysia”

  1. pertamax

    • Mef 2 ada anggaran untuk pertahanan udara jarak Sedang/menengah untuk arhanud TNI AU, jd beli apa ya ??

    • Jangan pernah berpikir tidak akan ada perang, karena jika perang itu benar-benar datang, maka porak porandalah kita, karena salah mengambil asumsi. Inggris tidak pernah berpikir akan berperang dengan Argentina yang merupakan sahabat perdagangan mereka. Namun faktanya, perang itu mendatangi Inggris. Begitu pula dengan kasus ancaman Australia maupun provokasi yang dilakukan Malaysia di Ambalat. Sebelumnya, kita tidak pernah berpikir hal itu akan dilakukan tetangga kita.

      Syukur kali ini pesawat tempur Sukhoi sudah satu skuadron. Diharapkan akan ada lagi pembelian jenis SU-35 karena lebih canggih. Semoga perekonomian bisa semakin membaik, sehingga
      Sukhoi Su-35 jadi dibeli pada MEF II (2015-2019), kekuatan angkatan udara Indonesia, cukup gagah untuk meladeni pesawat tempur asing yang mencoba menyerang Indonesia.

      Untuk mendapatkan air superiority, Indonesia membutuhkan setidaknya tambahan 3 skuadron Sukhoi, yang tentunya keberadaannya lebih powerfull dibandingkan Helikopter Apache maupun MBT Leopard. Sukhoi akan dapat bergerak cepat untuk menutup celah yang ada di udara Indonesia ataupun untuk mengusir pesawat yang menyusup.

      Jika radar Indonesia mendeteksi adanya serangan musuh, Indonesia tidak bisa menembaknya dengan Apache AH-64E ataupun MBT Leopard, melainkan kekuatan udara. Apache dan Leopard hanya dibutuhkan Indonesia ketika musuh telah mendarat ke tanah Indonesia. Hal itu hanya bisa terjadi jika air superiority dan sistem pertahanan udara Indonesia, telah dilumpuhkan musuh.

      Pasukan multinasional yang dipimpin AS, hanya melakukan serangan darat ke Irak, setelah air superiority dan sistem pertahanan anti serangan udara dilumpuhkan terlebih dahulu. Sementara dalam kasus peperangan di Serbia, AS tidak berani melakukan serangan udara/ bombardir, karena satelit mata-matanya menangkap ada beberapa baterai S-300 yang digelar oleh Serbia. Padahal usai perang diketahui sebagian besar baterai itu hanyalah dummy alias palsu.

      Pada MEF II, TNI harus bisa membuat Angkatan Udara berada pada level pasukan yang disegani lawan (having a respectable Air Force), yang bertujuan untuk membuat pihak asing berpikir puluhan kali jika hendak menganggu wilayah Indonesia.

      Ada atau tidak adanya musuh potensial saat ini, mengamankan wilayah udara adalah sangat penting, karena dari situlah wibawa negeri Indonesia ditegakkan. Rudal pertahanan udara, UAV serta pesawat tempur modern dibutuhkan Indonesia, walau jumlahnya masih sedikit. Efek deteren itu antara lain dimunculkan oleh adanya pesawat tempur yang modern/ up to date, bukan pesawat lawas. Sudah waktunya Indonesia merogoh sakunya di MEF II, untuk kebutuhan tersebut.

      Jika Indonesia memiliki sistem pertahanan udara spt S-300\400, maka alutsista ini akan secara efektif menghentikan kemampuan ofensif dari musuh dan tidak memberikan mereka air superiority.

  2. Semoga NKRI sudah punya antidotenya 🙂

    • WADUH…BAHAYA INI…
      ——————————————————————————————————————————-
      semua pesawat tempur jadi sasaran empuk HQ16,
      walaupun pesawat penyerang telah di lengkapi JAMMER ,CHAFF etc

      antidotenya adalah ini..! murah meriah..!
      bisa untuk anti pesawat,anti rudal,dan juga anti kapal.

      http://www.youtube.com/watch?v=t23-YdRtwiM#t=74

      BELI tank jadul ini…!
      dan pagarkan semua wilayah NKRI..
      tetangga berani nyelonong..??

      f22, f 35,f 15,f 16 su ,30 mkm, su 35 ,grepen,rafale,thypoon , semua pada mikir ,dan termenung

      maaff,..sy cuma sales panci

  3. ke dua besin aja nga apa2

  4. Keduaxx

  5. mantab

  6. Numero uno

  7. bung yayan atau bung jalo mungkin bisa jelaskan tentang rencana malaysia ini?

    • Kalau saya malah senang Malaysia mengakusisi alutsista gahar, apalagi ada ToT-nya seperti HQ-16 ini. Kita sudah lama ditawarin cuman karena gengsi jadi sampai skrg belum kesampaian dan belum ada kerjasama ToT. Sayasalut sama pemerintah Malaysia meski terjadi krisis keuangan tapi mereka masih mementingkan jati diri bangsa mereka, apalagi sekarang mereka sudah mulai belajar dengan membeli lalu membangun negara mereka. Semoga mereka tidak salah pilih dan royal seperti kejadian kendaraan rantis mereka dengan Turki.

      • Siang bung jalo . Klo bgi sy bung jalo msh bisa tersenyum berarti teknologi kt msh berada di atas mereka .. blm ada apa2 nya di banding pacar mutah …
        Bnr ngak bung ?hehehe

        • Belum tentu juga, untuk pacar Wutah kan masih dalam tahap pengembangan, tapi untuk road map sudah ada termasuk negara mana yg kita ajak kerjasama. Mudah2an bisa lebih baik atau buatan dalam negeri punya khas tersendiri. Semoga bisa segera selesai project ini ya dan terutama bisa didukung pemerintah dan menjadi program prioritas, Amieen.

      • bagaimana dengan indonesia bung jalo…..
        apakah ada kerjasama seperti malaysia dengan negara lain…?

      • Bung Jalo, semoga pemerintah Indonesia bisa berani mengambil keputusan pulat yg baik seperti pemerintah Malaysia.
        Seperti kata bung Jalo: “… mementingkan jati diri bangsa…”

        Sejak lama saya mendengar berbagai “kekuatan” dalam tubuh TNI, pemerintah dan DPR yg adu kuat pengaruh mengenai sistem senjata dan pertahanan mana yg mau dianut, menyangkut teknologi mana yg akan diadopsi, dan seterusnya.
        Sebagian bisa dimengerti alasannya, sebagian lagi tidak jelas. Dan akhirnya jati diri bangsa kita tergadaikan.

        • Bung Roger, sebenarnya mudah, kalau manajemen bisa dirubah Insyallah kita bisa mendapatkan hasil yg bener2 mementingkan jati diri bangsa. Memang merubah manajemen yg bersih itu butuh waktu, tapi pelan2 Insyallah kita bisa meski harus merangkak. Semua kembali ke Pimpinan kalau dia punya jiwa Leadership untuk merubah manajemen saya yakin bisa.

  8. absen dulu…..

  9. Malay oh malay knp dirimu selalu mengikuti jejak Indonesia. Kita beli sukhoi kaupoun beli. Kita punya anoa kaupon ikut beli. Kami buat cn235 kaupon ikut beli. Sampai kami beli hq 16 kaupon tiru kami punya. Negara Kopian.

    • Sejak kapan kita beli HQ-16??? Setahu saya belum ada deh, kalau tawaran sudah sering, 😀

      • Kalau nyoba digurun Gobi sudah pernah sihh
        hehehehehe

        • terus kita kenapa ga tertarik Pak SS?heheh apakah karena udah ada yang dari rusia itu tuh??

          • Menurut info yang beredar kita ambil adiknya ,dan radar vostok KW nya

            yang setara ini ambil orinya aja
            hehehehe

          • adiknya kan cuma 2 digit range;nya ya Pak kalau tidak salah hehehe yang ori nya udah lama nagkring di sini kan Pak, kalau abangnya kapan dateng tuh Pak ? hehehe

        • Iya bener bung sat, cuman kayaknya ngambil dari produsen barat karena system kita. 😀

          • Om Jalo..sori oot..cuma mo tanya soal komponen peltier buat sisik-sisik kamuflase tank yg sedang dikembangin anak2 ITB..bahannya dari apa ya om..soalnya sblmnya kan pake tembaga yg bisa nyebarin panas dlm waktu 38 detik..klo pake komponen peltier ini malah bisa hanya dengan 5 detik..

          • Menggunakan bahan Artificial Magnetic Conductor ini adalah bahan adalah bahan yang tidak terdapat di alam. Caranya mengubah karateristik dan sifat elektromagnetik.

          • Dimengerti om Jalo..trus teknologi konduktor magnetis buatan ini apakah sudah dikuasai para ahli/mahasiswa kita ya om..

          • Kalau sudah ada prototipenya kira2 gimana? 😀 dulu kan pernah saya tunjukin hasil karya mereka.

          • kita ditawarin s300 and s 400 jaaadi ambil ga bung?

          • yg mana bung jalo yg dari hitler kah atau yg dri brutus

          • Bung Putra Kaltim, yg hitler dan yg dari brutus itu apaan ya??

      • Setuju bung jalo dan bung satrio, kita beli yg irk saja, krn klo terjadi konflik di LCS pasti byk yg Pake tehnologi barat dan berhadapan dgn china.
        Mk lebih aman arhanud Pake punya rusia minimal system Buk .

  10. Paling rudalnya taruh digudang, launchernya buat mandiin mayat…

  11. Paranoid

  12. pada was was 😀

  13. Ada imbalanya ngga bung @ jalo..malay ke china..?? Apalagi dapet TOT nya..ape malay disuruh diem ga usah ikut”an sengketa dg china masalah LCS apa ga jadi blunder tuh dg siASU nantinya..?? Mohon pencerahanye ..!!

    NKRI HARGA MATI…!!!!

    • Sebenarnya Malaysia itu maunya BUK M2E, cuman karena Rusia susah memberikan ToT jadi mereka dapat tawaran dari China, Aerospace Long March International (ALIT) termasuk pembangunan sinkronisasi dengan sistem radar mereka. Dulu kita pernah ditawari juga, apalagi kita galau karena radar kita mayoritas dari blok barat, nah China mau bantu kita tapi yah ghitu kita maunya Rusia strong akhirnya sampai skrg belum juga diakusisi.

      • Makasih permintaan artikel saya langsunb diterbitkan…

        Saya ingin kita diskusi ini,karena kita gak mau donk pastinya ketinggalan dari malaysia…

        IMHO Belum tentu juga TOT nya berjalan…soalnya rudal C-705 yg kita beli dg janji TOT sampai skrg masih gak jelas ujungnya bung jalo…
        Satu lagi kalo kita liat apa BUMN atau industri di malaysia yg mampu menampung curahan teknologi begini?
        Mulai dari logam,propelan sampai ke bahan peledaknya apa mereka sudah punya basic?

        Kalo saya menilai tahap ini masih sekedar TOT perawatan,belum sampailah k TOT rudal n sistem pemandunya…tentu itu memakan waktu yg juga gak sedikit…kita liat aja nantinya…

        Kalo saya sih pengennya punya Rusia,jelas kualitasnya…hehehhe

      • Bung Jalo, kalo g salah di list Bung Nara tempo hari barang ini dah terdaftar 24 batere. apa lain lagi kelasnya????

        • Saya gak tahu bung IB, coba baca artikel bung Diego di komen saya nomer 23. Biar tahu system itu apa? beli banyak kalau gak punya system ya sama aja bohong. Artikel bung diego itu jadi bahan kajian Kohanudnas loh, coba aja main di situs Kohanudnas. 😀

          • Bung Jalo, saya ada kepikiran seperti ini:
            Bahwasanya hampir sebagian besar radar kita buatan Inggris dan Perancis which is sistem NATO jadinya sistem pertahanan udara efektif menggunakan sistem Nato. Tetapi radar kita khan masih belum mencakup seluruh wilayah Indonesia, dalam artian masih banyak yang bolong (blankspot/blackhole).
            Nah karena Indonesia selama ini juga dalam pembelian alutsista masih gado2 dalam artian ngambil dari Blok Barat dan Timur, kenapa bukan itu yang dimaksimalkan?
            Maksud saya semua radar sistem Nato digeser & dirapatkan di Indonesia Bagian Barat dan Utara dilengkapi dengan pertahanan udara pendukungnya, kemudian kita membeli baru sistem radar dan pertahanan udara dari Russia cs untuk Indonesia Bagian Timur dan Selatan. Jadi tetap ada perimbangan Barat & Timur dikombinasikan dengan penempatan dan ancamannya.
            -Maaf jika ngawur-

          • Tidak apa2 bung jika punya ide tersebut. Kohanudnas punya bahan kajian dan swasembada radar seperti aSri punya rencana sejak tahun 2007.

  14. Mantaaap….. smg tni nga kalah deh…. smg udah punya penangkal/penghancurnya

  15. Harusnya dari kmaren2 itu malon kita gebuk dulu…sebelum mereka dapet HQ16 ini.

    Besok2 agak berabe dah….

  16. Menurut saya sih ini berita bagus. Kita tidak perlu merasa tidak senang, curiga atau ikut2an membeli senjata yang lebih canggih. Waspada boleh, tapi tidak perlu paranoid.

  17. ja biarin adjalah, wong itoe boekan oeroesan indonesia. indonesia poenja kemaoean sendiri kok.

    • kekuatan alutsista tetangga ya jadi urusan Indonesia to bung! kalau malaysia kuat, terus mereka semena-mena mengakuisisi pulau2 dan laut kawasan apa itu tidak urusan indonesia. Malaysia menjadi begini ya karena ingin mengimbangi kekuatan Indonesia.

  18. China apa gak belajar dari yang pernah terjadi pada kejadian sukhoi yg diobok2 dalamnya ma asu lewat malaysia yaaa?

    • china kan menganut doktrin pengelabuan (deception) bung. tentunya teknologi sensitive mereka tidak bakalan beralih ke jiran kita. misalnya perbedaan algoritma program pendeteksian target yang berbeda. jika terlbat perangpun bisa’ dipastikan hanud itu mandul juga.

      • Mahalnya suatu kemandirian alutsista yaa bung…jadi gak mungkin resep masakan dan cara pengolahannya akan diberikan sama persis dengan buatan asli kokinya.

        Membanggakan memang jika negara kita mampu membangun kemandirian alutsistanya. Karena Membangun alutsista adalah membangun harga diri bangsa dan memagari kedaulatan bangsa untuk tidak dipermainkan negara lain.

        • iya bung. contoh sederhana adalah penggunaan ram-116 buat pelindung frigate andalan jerman. dimana succed storynya yang tinggi sehingga mereka berani mengandalkannya untuk menjaga asset termahal mereka. jika road map hanud mengacu ke nasams, kemungkinan besar biaya implementasinya secara total system akan lebih rendah. selain interoperability di 3 matra.

      • Berarti kemarin kalau seandainya kita akuisisi arhanud ini bakal mandul juga dong?
        Jangan-jangan semua produk pertahanan tiongkok yg dipasarkan pada mandul semua dong.
        Kalau berdasarkan asumsi anda seperti itu bung
        Salam

  19. Biasa aja tuh….ngga ngefek ke Indonesia

  20. Maih MOU belum sign Kontrak..
    Malaysia memainkan politik luar negeri ragu ragu (bukan nonblok seperti Indonesia) disatu sisi menyandarkan bahunya ke amerika ditandai kunjungan obama kesana dan disatu sisi juga mencoba berhubungan baik dengan China kompetitor nya masalah LCS.
    Di Internal dalam negeri Malaysia sendiri banyak mendapatkan kritikan dan dorongan agar pemerintah tegas bersikap memihak siapa di sengketa LCS ,, sebagian mendukung berkiblat kechina,Ke India atau ke Amerika Serikat,,, tentunya segala desakan itu diwakili oleh komunitas etnis masing masing..
    Tidak seperti disini yang mengidolakan Rusia Strong mereka lebih bangga produk dari barat,,dan jarang menoleh ke produk China,,,

    Bagi China kesempatan berpalingnya Atau menolehnya malaysia tidak disia disiakan oleh China,,,
    Mempengaruhi dan mendapatkan teman dekat diasean yang berkepentingan dengan selat malaka adalah suatu point tersendiri bagi china,,
    SDA malaysia juga menjadi Incaran dari china .. karena dipemerintahan malaysia yang terdahulu yaitu jamannya Dr mahatir mereka lebih condong berkiblat ke Jepang dengan moto “Lihat ke Timur”
    Bila SDA Malaysia juga bisa dikuasai maka Jepang sebagai kompetitor Industri akan juga keteteran menyaingi agresifitas china dalam memonopoli hadil SDA untuk diekspor secara eksklusif ke China tidak ke negara lainnya,,, Jepang kalah start dalam memberikan sogokan alutsista untuk mendukung monopoli suplay sumberdaya alam menunjang perindustriannya Imho..

    PM najib menitipkan banyak telur di banyak tempat agar salah satunya menetas dan selamat
    hehehehehe

    • Otak bisnis cina emang encer . Sekali pasang dpt dobel…

    • Taktik negeri chou sudah jelas. Akan ada chain reaction dalam hal ini, terkait konflik LCS dimana akan ada perubahan taktik dan arah diplomasi. Dimana kewaspadaan malaysia akan berkurang kpd negeri chou dan semakin tidak terbacanya gerakan negeri chou maka nasib malaysia sudah pasti dlm genggaman-nya. Mengorbankan sesuatu yg kecil utk mendapat yg besar

    • Untuk masalah sengketa di LCS sendiri gimana bung@satrio..klo nantinya memang deal/sign kontrak dg cina ..sikap apa yg di ambil sama malay..
      ??? Apa malay akan mundur dg sengketanya di kawasan lcs..??

      Ane pikir tuh si malay emang parno / iri dg INDONESIA…jadi ga bisa bedain mana musuh Mana kawan..jadi error elit politik malay..ga bisa berpikir jernih, isi otaknya maling trs sih…INDONESIA dipikirnya musuh yg mau caplok negaranya…apalagi ekonominya mulai bangkit takut macan asia kuat lagi & juga luka masa lalu yg masih membekas karena pernah konfrontasi dg INDONESIA…

    • Mungkin Jepang terbatasi juga oleh sistem di negaranya. Mau hibah 3 kapal perang ke Indonesia saja sudah banyak yg protes.

    • Assalamu’alaikum,

      Permisi numpang lewat sebelum lanjut berkelana lagi 😀

      Wah, manuver politis Malaysia sudah di bahas duluan oleh bung Satrio, kalau demikian saya permisi lagi hendak melanjutkan membahasnya nanti 😀

      Kalau boleh menambahkan, Jepang bukannya kalah start “men-doping” Malaysia, tapi kebijakannya memang terikat dengan aturan pembatasan militer pasca PDII. Ini yang menyulitkan Jepang membangun hegemoni politik di ASEAN dan dunia. Walau sebenarnya Jepang mampu tampil sebagai ikon dominan layaknya China, namun Amerika akan selalu mengintervensi dan menjaga agar Jepang agar masih dalam batas – batas “dapat dikendalikan”. Penetrasi lebih lanjut juga meragukan bagi Jepang sebab sikap politis Malaysia cenderung ambigu dan tidak konsisten, berbeda dengan Indonesia yang konsisten menjalankan politik non blok-nya (walau sebenarnya non blok jika tidak diganggu).

      Sumbangan 3 kapal patroli Jepang ke Indonesia baru baru ini bisa dilihat sebagai “sogokan appetizer” untuk menandingi penetrasi politik RRC di Indonesia, saya cukup yakin ini tidak akan menjadi yang terakhir dan kemungkinan besar juga ini adalah jawaban atas kunjungan pak Moel ke markas besar tentara RRC tempo hari. Kembali lagi ke awal, aturan pembatasan militer Jepang memberikan sedikit opsi dalam ruang manuver politik. Maka opsi paling memungkinkan dan menguntungkan bagi Jepang adalah kembali lagi ke pendekatan ekonomi. Tolak ukurnya dapat dilihat dari alotnya pemerintah Jepang meladeni tuntutan industri dalam negerinya terkait UU minerba Indonesia. Kedepannya, asalkan pejabat Indonesia tidak korup (seperti kasus freeport) Indonesia akan dapat menetapkan posisi yang lebih baik dengan Jepang, meskipun masalah ini tetap bergulir di mahkamah internasional. Bisa jadi Jepang dapat menjadi dompet “serep” bagi Indonesia selama acara LCS ini bergulir, itupun kalau pemerintah kita (eksekutiv dan legislativ) cukup cerdas dan “tidak korup”.

      Salam

  21. Wah saya tidak tahu bung, 😀

  22. Ini saya kasih link biar teman-teman ngerti tentang system pertahanan udara itu seperti apa?? Kita tidak bisa serta merta membeli dari rusia karena ….. coba baca artikel yg ditulis bung Diego, biar teman2 ngerti…. Kalau mau gunakan S-300 kita harus punya apa aja, termasuk harus ganti seluruh radar kita.

    http://jakartagreater.com/membangun-sistem-pertahanan-udara-indonesia/

    • Met mlm bung @jalo.
      Mohon infonya.
      Untuk saat ini pertahanan udara apakah yg kita punya,dan apakah sudah mampu melindungi obvit kita?

      • Kita masih menggunakan Shorad. Ini saya ambil jawaban pal Moel di tanyamoeldoko.com

        P : Kapan TNI mengakuisisi medium dan long range SAM untuk menjaga kedaulatan NKRI ini, agar tidak selalu tergantung pada SHORAD (Short Range Air Defence) dan VSHORAD (Very Short Range Air Defense)?

        J : Sebentar lagi akan datang jenis senjata mistral dan Startex dari Perancis dan Inggris yg jaraknya cukup jauh.

        • kok estelungatus sama bukminah ga di akuin Pak Panglima ya Pak Jalo?hehehe selalu rendah diri nih Pak Panglima…semangat terus Pak!heheh (semoga beliau baca) 😀

          • Untuk membeli estelungatus itu butuh system dari nol lagi kita. Dan itu membutuhkan biaya yg tidak sedikit. Kohanudnas punya kajian masalah ini. Kalau mau beli bisa aja, tapi ingat systemnya nanti beli gak bisa merawat dan tidak sinkron sama radar kita yah sama aja bohong. Kenapa kita beli shorad dari produk barat?? semua sudah dijawab di artikel bung Diego di komen saya nomer 23.

        • Lah..mistral ama starstreak bukannya shorad juga ya..bukan medium…cmiiw..tp klo panglima bilang jaraknya ‘cukup’ jauh ya akur aja deh :mrgreen:

        • berarti yang katanya info A1 kemaren banyak yang bohong dong

        • Starstrek sama mistral itu mah SAM kelas ringan. F-35 dengan senang hati berkelana di langit indonesia kalau cuma liat itu.

    • Intinya emang radar bung Jalo,serta kemandirian satelit,biar alutsita-alutsita kita nggak buta

      • Yup bener, dan yg terpenting kalau mau aman menggunakan teknologi penginderaan jauh. 😀

      • kalo penginderaan jauh saya masih ragu sebelum kita bisa meluncurkan sendiri ke orbit bung…yang saya idam-idamkan palah setiap 20 km pesisir seluruh indonesia di instal radar bikinan dalam negri,dan perkuat jalur ALKI kita untuk sekedar wajib lapor bagi tamu atau yg sekedar melintas di wilayah kita,selebihnya di luar pintu jalur ALKI kita berhak untuk menjatuhkannya

        • Dalam Pernika, teknologi yg paling aman menyembunyikan adalah Pengideraan Jauh. Mulai tahun 2010-an TNI sudah mulai belajar di Lapan, tapi yah memang lebih bagus dari hasil sendiri bukan nebeng punya luar. Untuk radar memang penting, apalagi kalau menggunakan produk lokal dan enkripsi lokal seperti buatan Len yaitu Len Cryptosys. Saya yakin lebih aman, 😀

          • masalahnya bung jalo sistem radar malaysia juga pakai blok barat tp mereka berani ngmbil hq16,seharunya kita mencontoh mereka yg tidak byk omong tp lngsung beli,politikal will pemerintah kita kurang,klo sistem hq16 sudah terpasang di malay mereka bakal mcm2 lg sama kita,ini segera hrus diantisipasi oleh tni,diantara para tetangga kita mereka kan yg pling usil

          • Makanya saya pengen lihat Malaysia membangun seperti apa??

        • Yup terutama masalah pajak dan korupsi. Biar ketahuan tuh mobil2 mewah disembunyiin dimana?? 😀

    • Bikin 2 system bisa kayanya bung Jalo. 1 system Nato 1 lg system russia.

    • Bung MEF itu’lh Dilema kita sebagai Negara Non Blok….makanya mereka tidak serta merta menerapkan sistem radar ini k’kita,yg pasti mereka takut sistem mereka di oprek sama pihak lawan dan mengebiri sistem mereka.

      saya yakin sistem radar adalah kunci pertahanan suatu negara

  23. Hmmm… LCS, MH370, HQ16….
    Urusan beginian bikin otak gue lemot…

  24. Kalau saya curiga para engineer mh370 ada di tgn malingsia untuk membuat program rudal malon.

    • Resikonya terlalu besar bung menurut saya…
      Salam kenal bung MEF…

      • Malon mah terkenal gilanya, gak peduli mereka. mereka tu iri banget sama Indonesia. Apa juga berani di kerjain yg penting di atas indonesia. Sayangnya Dari dulu smp sekarang di colong malon trus mulai dari kayu perhutanan kalimantan, penyelundupan minyak dan dia ambilnya sipadan ligitan.

  25. apapun sista yg dimiliki tetangga2 kita … antidot nya cuma satu : hancurkan se belum lock on !!!

  26. kondisi kawasan yg anget anget tai ayam inilah yg diinginkan para negara produsen senjata…. laris manis tanjung kimpul

  27. hmm..ternyata malaysia pinter bgt,tragedi MH-370 yg byk mengorbankan warga china,merupakan moment yg tepat utk malaysia coba mencairkan suasana dgn menjalin kerja sama yg nyata sibidang pertahanan..malaysia memainkan politik kelas tinggi dgn baik,,tp utk apa di khawatirkan,bknnya kita sdh punya s300/s400 yg lbh hebat,typhoon dan rafale,sdh punya su35,kilo,slava dll..

    • wkwkwkwkwk…… S300/s400, SU35, SU34, SU30 mutan, Kilo, Slava, memang sudah ada tapi ada di rusia

      • wah ngledek,tuh katanya A1 kawan..iya’in aja napa,ntar kena sambit kelepon loh

        • Salah sendiri klo percaya sm list A1, itu khan artikel dari narasumber bung nara, bukan resmi, believe or not believe, di warjag khan diberikan kebebasa berdiskusi asalan sesuai aturan yg diberikan pemilik warung.
          Klo bung nara itu baru muncul Tahun ini, Sedangkan senior warjag yg Lama ada bung melechtech, bung WH, bung. Danu, bng satrio dan Mr Diego.

          Tapi dulu warjag ini masih sepi klo ada artikdl menarik byk yg adu argumdntasi dgn keilmuan yg dimiliki.
          Seperti bung WH, dia memang ahli di bidang kedirgantaraan.
          Skrg masih ada bung satrio, bung danu, bung melektech ditambah yg baru muncul 1 Tahun belakangan ug punya keahlian seperti bung nowy, bung jalo, bung Yayan , dll

        • iya bung,sekarang malay sudah beli kitanya bingung,kita selalu tertinggal satu langkah dri malay bung,hrus ada pimpinan yg berani meningkatkan program mef ini,jadi lebih terkontrol dan tepat bung,dan juga anggaran tuk pertahanan hrus ditingkatkan bung

  28. Akurasinya payah bgt kalau cuma 80an %,mantap jg Malaysia beli ini rudal biar pemerintah qt jd terpacu ingin beli yg jauh lbh canggih

  29. Saya mah gak khawatir lah malasia lgi pake politik kepepet disatu sisi masih mengharap bantuan dri padhe sam ama eyang ely….di lain sisi mlah ada musibah mh370 ya mau tidak mau hrus baik2 kpd Tiongkok…hehe klo udah kepepet mah mau lawan ato kawan gak isa bedain yg penting bkin dia selamat…abis ini mereka mau bikin ulah apa lagi thp Kita?….NKRI HARGA MATI

  30. TNI harus lebih superior dari pada si upin upin yg menggemaskan…bung jalo…Apakah kita punya radar produk lokal ya? Bisa gak dikembangkan agar bisa jadi radar nasional! Kalau impor terus kapan bisa mandiri…

  31. mungkin masih sibuk dgn pak Lodewijk di latgab

  32. Udah bagus itu untuk Malay, saya sih biasa2 saja sambil senyum2 :D.

  33. kalo indo beli Sistem Pertahanan Udara dari nato,paling kualitasnya masih dibawah Sistem Pertahanan Udara singapura dan australia. -_-

  34. Dibalik rencana akuisisi ini ada titah US.Sengaja, agar bisa dipelajari bersama antara tuan dan babunya untuk mengetahui kelemahan produk China ini agar kelak bila konfrontasi dengan produsennya (tetangga selatan),tidak akan jadi masalah untuk mengakalinya.

  35. HQ 16 versi export terlalu di down grade sama cina, cina juga nggak mau tot secra full, coba propellanya saja dia umpetin apalagi seeker nya, kalo kita mau hebat, riset nya yang harus di kuatin terutama di basic research lalu kerjasama dengan negara kaya korea selatan,

    • Kalau mau kuat Indonesia harus kirim ahli engineernya untuk kerja di luar negeri cari ilmu. hbs itu balik bikin sendiri. mestinya ini sudah di lakukan 20 thn yg lalu

      • bener tapi itu udah dilakuiin dan hasilnya mulai terlihat, ane liat generasi muda di PINDAD dan PTDI sudah ada gereget dan motivasi, hanya kalo mau mandiri tanpa basic research,) itu nonsense

  36. Sudahlah anggap saja masih 3 tahunan bahkan lebih atau tidak sama sekali,.. jangan ragukan otak china yg lebih encer dibanding yg lainya untuk penampilan defencenya..untuk TOTnya bagi malaysia mungkin bisa 50:50 bagi china..bisa jadi si china juga kepengen tahu juga jeroanya technology amrik….TNI juga tahu andaikan mengakuisisi HQserinya yg ditakutkan bisa berbahaya bila LCS meletus..lebih baik akuisisi manpadnya si kiwil aja…Hal inilah yg selalu membikin resah pemerhati Rudal Pertahanan dan terlalu banyak Egois masing* bagi petinggi* pertahanan NKRI…petinggi yg satu dengan yg lainya tidak satu arah kebijakan…namaya juga anak keturunan Ken Arok mau apa dikata..gembar gemborpun akan tutup telinga mereka baru sadar kalau pesawat musuh sudah masuk ke NKRI..

  37. Kemarin sepuh warjag koar2 bilang indonesia sudah akuisisi SAM jarak sedang/jauh. S-300 udh belasan baterai meronda di beberapa daerah.
    Sekarang malah merendah indonesia belum punya barang tsb, masih menggunakan SAM jarak dekat.
    Lama2 muyak juga baca di warjag. Lama2 makin sesat rasanya forum ini.
    Saya pengikut lama warjag, tapi kok makin lama makin SESAT ya?

    • bung YONG-Q, memang saya penah berpikiran kayak bung, sy orang awam mengenai alutsista negara ini makanya saya sering menyimak aja. klu diskusi harus ada pembibingnya, saya kira bung jalo sangat baik dalam membimbing diskusi ini. klu berita yang disampaikan hanya atau masih belum jelas, yah berilah penjelasan pada para warjag. baru ini disebut diskusi yang maknyus. hehehe sori yah klu sy lancang.

    • Iya bung . Pdahal di bumnis jga banyak itu kerjasama tot . Tetapi skr di tutup tutupi lgi bung……untuk apa indonesia buat pabrik propelan klo tidak untuk bikin rudal aneh kan.

    • Memang Indonesia penuh dengan misteri bung. Dunia sudah akuin kok, Indonesia tuh misterius banget loh Militer nya….

    • @yq…tarik nafasss dulu rilex…udah enakan baca lg jkgr…sabar bos…maklum warjag IQnya diatas 150 jadi harus kudu sabar hadapinya

    • Mungkin JKGR ini bisa dikatakan seperti Wikipedia (seperti). Artikel yang masuk adalah tulisan dari berbagai orang. Apakah data / fakta yang mereka sampaikan pasti benar ?. Saya tidak tahu, karena saya juga tidak punya data alutsista kita yang sebenarnya. Disinilah fungsi diskusi, untuk mengklarifikasi / mendalami atau mengkoreksi tulisan itu. Penyumbang artikel dituntut untuk menulis dengan akurat / tidak mengarang.

      Kalau ke depannya, ketahuan tulisan si A atau si B, ternyata hoax, ya kita koreksi atau tidak tayangkan lagi tulisan tulisannya.

      Salah satunya adalah diskusi kita tentang pesawat mirage 2000 di Wonosobo . Ada rekan lain yg tunjukkan bukti bahwa, photo itu hasil photoshop dari pesawat tempur milik negara Amerika Latin. Makanya kita declare, itu hoax.

      Kita bisa mengatakan tulisan ini hoax, atau itu tidak hoax, jika kita punya data pembanding. Di sinilah dituntut partisipasi rekan-rekan.

      Kenapa saya mengambil sikap seperti ini, karena ternyata tidak semua alutsista kita, dipublikasikan ke masyarakat. Tapi saya juga tidak tahu seluruh barang yang tidak dipublikasikan itu. Hanya secuil saja. Membahas alutsista memang agak rumit, karena tidak semua terang benderang.

      Rekan kita seperti Bung Jalo, banyak memberi masukan, sehingga kita mulai tahu mana yang cenderung hoax dan mana yang tidak. Thank Bung Jalo, Anda membuatnya menjadi lebih terang.

      Begitu pula dengan Bung PS, Yayan, PW dan lain-lain. Terima Kasih

      • benar bung @diego, itulah fungsi sebenarnya jkgr… tapi apapun itu pro kontra pasti tetap ada,tergantung
        kita menyikapinya bung.
        saya juga berterimakasih kpd bung jalo atas berbagai pencerahanya. . ngomong2x rencana kopdarnya
        gimana nih bung jalo? ? hehe maaf oot

      • @Bung Diego, Astaga bukan saya loh om, saya cuman mau berdiskusi secara sehat kayak dulu lagi. Saya juga banyak salah, jadi patut tidak diikutin. 😀

        Bung Kujang, beberapa hari ini lagi lembur sekarang mulai agak nyantai lagi. Minggu depan saya mau ketemu dengan Dr. Warsito ahli Tomografi kita yg namanya beken didunia karena membuat alat pemindai tubuh yg bikin geger dunia teknologi. Alatnya dia sampai digunakan NASA, padahal beliau buat alat itu di dalam ruko sewaan dan jual mobil pribadi beliau. Dan yg keren alat beliau dapat sertifikat di Mamarika dan Jepang, dalam negeri malah tidak diperhatikan sampai skrg. Beliau buat komunitas teknologi, nanti saya mau tanya2 kali aja ada yg berhubungan dengan Pertahanan sekalian saya mau ajak beliau kopdar, kalau beliau berkenaan. 😀

        • pak warsito dari sragen memang beliau orang top,basicnya kimia tapi jago di komputasi, tapi kalo dikit-dikit ngadelin pemerintah kagak bakalan maju kita,
          kalo mau jujur peneliti kita yang kurang militan , otak ada tapi militansi hampir nol

    • KECEWA yg bung Yong-Q ahahahah.

  38. yah inilan dilema negara indonesia sampai sekarang ini, menurut saya meskipun lamban kita harus pasti mengembangkan sistim alutsista dalam negri agar negara kita ini mandiri walaupun ini mahal harganya. NKRI HARGA MATI.

  39. China menganut paham deception….? China mou HQ16 ke Malaysia dgn sarat Upin gak rewel ttg LCS plus iming2 garap bareng blok ambalat + sipadan&ligitan+tanjung datuk sekalian test case malaysia kasih ijin ndak ke usa/british utak-atik teknologi HQ16, Timor leste dikasih kapal bekas + janji garap bareng Timor gap dengan syarat china tempatkan radar pertahanan di timor leste. Indonesia gak boleh memihak konflik LCS dengan iming2 hibah kapal bekas + radar jadul + tot 705 yg gak jalan2. Menurut sy sebaiknya tawaran Mr Abbot ttg ajakan pakta pertahanan dgn Indonesia dtindaklanjuti aja dengan klausul : 1.kerjasama militer&industrial militer 2.Australia akan menjaga+membantu bilamana Indonesia diserang negara Latin demikian jugs sebaliknya. 3.Australia tidak akan memihak bila Indonesia perang melawan PNG, Timor Lester,Malaysia. Singapura,Philipin,Brunei gak usah dipaksain disebut Kern negara itu relatif gak usil ttg wilayah NKRI

  40. Kasus mh370 bisa jadi konspirasi China+Malaysia Krn di kabin banyak teknisi militer China&amerika jadi posisi pesawat itu sekarang masih di daratan china.

  41. tetangga bli alutsista,eh ada yg meriang..mungkin krn krn indonesia blm punya mulai dah nyari2 celah buat ngata2in tetangga,berburuk sangka tuh gak baik..bnr kata tukul,senang melihat org susah dan susah melihat org senang..warisan budaya asli hehe

  42. Bagaimana kalau kita calonkan Bung jalo jd Menteri Pertahanan dengan catatan Indonesia harus ada TOPOL-M dalam 10 thn mendatang?? ahhahahah

  43. Indonesia pake mercon aja murah meriah. Rakyat Indonesia itu mentalnya berani. Tapi pemimpinnya kadang kadang mental kampret. Kita kan non blok jadi bebas pilih alutsista dari mana aja kalo radar yg jadi permasalahan harusnya pembelian radar baru dari rusia dong jangan dari prancis / inggris. Jangan karena alasan keseimbangan lalu mengorbankan keamanan dan kedulatan bangsa. Saya dari dulu memimpikan pemimpin yg bisa bicara tegas di hadapan bangsa lain. Tapi memang nampaknya hanya akan jadi mimpi belaka.

  44. ############# dihapus ############
    Jgn melecehkan Bangsa Indonesia

    Admin

  45. Berartti kesimpulannya apa yang disampaikan bung nara tentang indonesia punya s300 12 btrai dan buk2m itu hoax alias omong kosong utowo nggedebuss ????
    mohon pencerahanny para sesepuh

    • Kalau untuk hantu laut saya percaya, tapi saya juga gak tahu jumlahnya berapa? kalau lihat langsung saya pernah, saya itu orangnya doyan moto kalau lagi jalan2 lihat pengembangan atau ikut operasi militer pasti jeprat-jepret tapi untuk hantu laut sampai skrg belum bisa karena dihalangi aturan militer. Jadi akurapopo 😀

    • Kan kita dah punya truk Kamaz yg rodanya banyak dari rusia bung ayooooooo buat apa? Hehehehe

      • Emang buat apa hayooo?? 😛

        Setahu saya mau dipergunakan untuk pengembangan roket 3 digit, karena dibutuhkan truk yg kokoh dan Kamaz itu cucok. 😀

        • owhh. ya ya agak sedikit paham saya ..

        • Insya Allah penelitinya semangat terus. Saking semangatnya sampai sampai roketnya melesat jadi lima digit :mrgreen:

          • Untuk 5 digit menurut teman saya yg ahli sebenarnya gampang, tinggal perubahan struktur roket ke lebih besar aja. Yg masih dicari itu SRBM, kalau ini sudah bisa Insyallah yg 5 digit bisa. Tapi ingat ini untuk misi antariksa dan damai ya. 😀

          • Klo untuk pertahanantingal menuruti ke mauan rakyat indonesia ya bung… kyk peryataan peneliti lapan hehe

  46. kalo menurut saya, kalo malaysia punya hq 16 . tapi kita punya tentara penyusup yang tiba2 sudah ada untuk menghancurkan hq 16. karena malaysia tidak punya keahlian dalam menyusup kesuatu negara. karena pasukan khusus baret merah latihan penyusupan pendidikannnya 3 bulan lamanya. hati2 malaysia kalo sampe nyerang tanjung datuk………………..dor..dor…dor jangan jumawa dengan teknologi militer kalo prajurit malaysia mental perangnya nga ada.

    • Setiap negara mempunyai tentara penyusup bung, Bukan berarti klo dah punya pasukan penyusup truz ada operasi penyusupan, operasi itu pasti berhasil. Secara negara manapun akan menjaga dengan ketat setiap obyek vital yang mereka miliki.
      Saya pribadi kurang setuju kalau hanya mengandalkan pasukan penyusup yang kita miliki, kemudian menganggap kemajuan alutsista tetangga bukan suatu masalah. Mungkin pasukan penyusup hanya salah satu opsi yang bisa dipakai, tapi tetap harus mempersiapkan opsi yang lain termasuk alutsista yang tepat guna dan tepat sasaran….

      • Tpi menurut saya .knp ri tkt kita kan pny r-han bung .malaysia punya brp rudal dri rrc . Kita bsa buat r-han bung . Ambil contoh aj gajah aj mati di kroyok ribuan semut perlu berapa ribu r-han untuk membumi hanguskan malaysia . Pemerintah tgl pesen 10 ribu r-han hangus tuh malaysia .

  47. @yonhap,ente orang malingsial ya?

  48. Udah jgn berfikiran buruk dlu bung . Krn kita smua kebenarnya obtimis saja krn mnrt saya jga indonedia di takuti begara luar krna kehebatan bergeril ya nya bkn krn alutistanya . Lht palestina punya apa tpi palestina mampu mengadapi israel yg hebat alutista dan teknologinya.

  49. Rafale = SU30? bahaya dong denger denger si malon diem diem ambil 50 rafale.

  50. @ dacildekfish, soal alutsista sy lebih berfikir ke realita aja bung, ada syukur gak ada juga gak apa, toh bg sy tetap nasionalisme bergemuruh didalam dada.
    soal info A1, pun sy harus melihat dgn mata sy sendiri br percaya, gak ada juga yg gahar toh bambu runcing jg mematikan walau kalah kualitas dibanding senjata modern…
    yg jelas tetaplah semangat, jaga persatuan dan kesatuan bangsa, salam “INDONESIA BANGET” dari kota pempek

    kabur ach, ntar dibanting oleh yg lain khususon oleh @bung jalo

  51. Yup saya juga percaya alutsista strategis kita pasti ada diluar negeri. Masalah nitip menitipkan barang ini bukan hal baru lagi di negara2 di dunia. Singapura juga nitip alutsistanya di luar negaranya, saya yakin kita juga. 😀

    • mksh bung jalo pencerahannya, tapi apa ga terendus asu?

    • Apakah iya bung jalo, alutsista kita di titipkan di negara lain atau alutsista kita di titipkan karena kita belum membayar biaya alutsista itu. alias belum di beli hehehe. sori saya nanya karena tdk tahu.

    • Bung Jalo ini ibarat orang main gulat, memberi bantingan habis itu diangkat trus dibanting lagi diangkat lagi. So….hanya Tuhan dan bung jalo aja yg tau dmn posisi beliau ini.
      Saya hanya ingin memberi sedikit pencerahan.
      Kalo kita berpikir lebih rasional, mungkinkan negri yg luas dan sangat kaya akan SDA bergantung pada alutsista jadul.?
      Jika jawabnya mungkin, mengapa negara kita tetap aman tidak dijadikan Balkanisasi atau diobok obok seperti irak dan libiya.?
      Bagi kaum ” Hura Percoyo Yen Hura Ono Potone “, apakah bisa membuktikan kalo itu Hoax.?
      Jangan hanya faktanya negara kita tidak punya duit utk beli alutsista gahar. Mana faktanya kita tidak punya uang.?
      Yang lebih lucu dan sangat ironis, yg mengatakan hoax justru tidak pernah beranjak dan absen utk selalu hadir dan memberikan komentar negatifnya di sini. Mengapa.? Karena yg sebenarnya mereka jg menunggu para sesepuh memberikan bukti seperti harapan mereka. Tapi bukti tak kunjung diberikan dan saya yakin tak akan pernah diberikan. Kenapa.? Supaya penasaran mereka makin menjadi jadi, dan ternyata itu terbukti…..nikmatilah penderitaan anda kaum Hoaxer…hehehe
      Salam NKRI

  52. Bung MP benar, kita bebas percaya apa yg ingin kita percayai. Dapat info bagus tentang alutsista, kita doakan saja agar memang itu kenyataanya.

  53. Udah yg sabarya semua,tni itu tahu apa yg paling penting untuk Indonesia,ngerti betul situasi kawasan,kan kagak mungkin tni tidak punya anti dotnya friends,mikir dong kta cak lontong, itu malay buru buru beli hq 16 dari koko pandakan karena tidak mau kalah sama sam yg kita punya,mungkin aja banyak pesawat pesawat tepur dan drone milik malon yg coba coba cilukba di udara tanjung datuk selalu saja di lock sama sam kita,sehingga kabur semua tuh pesawat,udahlah para wargajak tenang aja tni itu sangat baik dalam mengatur ketenangan kawasan asean kita ini big brothernya asean,kan kagak mungkin tni kasih tahu semua alutsista rahasia sama kita para warjak, peaca ya.
    Nkri ini sangat berharga untuk kita semua.
    ASSALAMUALAIKUM.

    • TNI memang tau apa yang diperlukan dan dibutuhkan oleh mereka, persoalannya adalah TNI tidak bisa serta merta memenuhi ketubuhan yang diperlukan. Ada DPR dan Pemerintah dan disinilah menurut saya yang justru menjadi persoalannya. Untuk mengakuisi senjata produk Inhan dalam negeri aja harus rapat berkali-kali, kadang biaya rapat lebih besar dari pada nilai senjatanya sendiri. belum lagi yang katanya proses birokrasi yang hari ini mengajukan bisa lima taon kedepan baru di setujui itupun separoh dari yang diajukan. Banyak orang mengatakan bahkan orang luar negeripun pada tau kalau di RI ini birokrasinya melebihi rel kereta api dari jakarta ke surabaya panjangnya walaupun sudah dibikin rel ganda…. cape de………………hhhhhhhh. kapan ya bisa berubah birokrasi di negeriku tercinta ini…

  54. mksh bung jalo pencerahannya, tapi apa ga terendus asu?
    yg bikin jadi ragu karna para pejabat yg doyan korup,muak dah kalo liat tingkah laku mereka, hanya segelintir yg benar-benar ingin memajukan bangsa

    • Belum tentu juga bung Dacil, waktu Amerika invasi Irak yg katanya punya fasilitas nuklir aja bisa ketahuan kalau si ASU bisa salah informasi juga. 😀

      Tapi mudah2an sih tidak ya, 😀

      • Bung @Jalo Kasus Invasi ASU ke IRAK mah bukan disinformasi, Memang dikondisikan seolah2 Irak bikin fasilitas nuklir & senjata kimia.
        Namanya juga ASU

  55. Senang duduk di warjag ini.suatu diskusi yang bermutu.
    Saya melihat pro kontra adalah dua sisi yang di butuhkan untuk membangun diskusi ini.Sebab dengan adanya yang kontra akan memacu sisi lain untuk menggali dan mengemukakan data yang lebih baik.bayangkan kalau semua se alur .tentu tidak akan berjalan lamban dan membosankan.Suatu diskusi tidak hanya membutuh kan sisi pandang yang baik 2 saja,di perlukan sisi pandang dari sudut jeleknya dan tentu ini akan kita dapat kan dari narasumber yang kontra.
    Dalam diskusi kita justru.lebih membutuh kan info2 tentang kelemahan kita.karena dengan mengetahui dan mengakuinya maka kita bisa memperbaikinya.
    Kalau semua dilihat dari sisi baiknya hanya akan memebuat kita terbenam dalam euforia sehingga.lupa untuk memperbaikinya.
    Saya rasa bukan hal yang harus membuat kita terhina dengan info kelemahan kita.tapi seharusnya menjadi cambuk untuk mem perbaikinya.
    Haha ha maaf sedikit lancang bukan maksud mengajari tapi sedikit berbagi pandangan.
    Mudah mudahan ditrima.peace

  56. itu sih cuma alasan aja bung jalo kan tujuan asu ngincar minyak irak

  57. Kok warga pada panas dalam semua iii,jadi pada kuatir sama malon, pada tahu enggak nih 3 kapal perang yg namanya aja udah buat si upil blingsatan, kapal yg namanya usman harun,jhon lie, terus yg satu lagi saya lupa namanya, yg awalnya untuk angkatan laut brunei, itu kapal sangat membuat kawasan asean gregetan lho, tidak mungkin tni mau akusisi kapal sembarangan, itulah taktik poros JAB,tidak mungkin mama ely mau kasih kapal itu sama indonesia, tapi karena persetujuan sultan Brunai maka kapal kapal perang tersebut bisa di miliki Infonesia

  58. saya liat berita ini ngga merasa terancam malah jadi inget sm LAPAN.bener kata bung Satrio msh mou ini.
    nunggu kabar dr bung Jalo.Satrio.Danu & rekan2 jkgr tentang progress Lapan.
    setiap artikel di jkgr pasti ada plus minusnya.tinggal kitanya aja menanggapi+jangan asal tuduh tanpa dasar yg kuat

  59. Love NKRI, Harga Mati NKRI dan lain-lain, itu adalah kalimat penutup dalam setiap kebanyakan komen. Tapi kenapa merasa takut dengan Kerajaan Malaysia dengan HQ-16A nya, ada apa ? TUNJUKAN JIWA NASIONALIS DAN PATRIOTISTIK jangan ada kalimat TAKUT dengan negara manapun. Sampaikan komen yang menunjukan KEBERANIAN dan siap berkorban untuk keutuhan Republik Indonesia tercinta….Merdeka !!! JANGAN ADA KALIMAT TAKUT kalau perlu menjadi kewajiban kita merendahkan negara manapun dalam kekuatan militernya

  60. bakulpeces@biarin dah,jgn usil..yg penting mereka punya,lg an tau de mana china ga ngasih ful tot,emang china ada sms sampean haha

  61. bakulpeces@biarin dah,jgn usil..yg penting mereka punya,lg an tau dr mana china ga ngasih ful tot,emang china ada sms sampean haha

  62. Tidak perlu TOT,sasaran utama guk-guk (asu) adalah kinerjanya.Sharing inpoh dg abdi dalemnya.dikorelasikan dg inpoh2 lain yg sudah mereka punya mengenai kinerja HQ16 sudah cukup sebagai bahan dasar untuk melunpuhkanya secara teknis.Mungkin kedepan kita akan lebih sering mendengar latihan bersama antar mereka dalam skala divisi atau batalyon.Dimana HQ 16 juga akan di tes kinerjanya terutama terhadap Raptor.

  63. @Bung Jalo, terimakasih atas pencerahannya.

    Saya sangat percaya dengan pemaparan bung Jalo bahwa Negara kita belumlah memiliki payung udara S300 dll…

    Di lain artikel saya juga sangat percaya dengan adanya list A1. Di dalam list A1 semua payung udara dari cina ataupun rusia statusnya adalah TBD “To Be Decided” . Untuk case changbogo tertulis 16 TBD, 3 decided & 13 TBD.

    Mohon maaf saya hanya mengambil kesimpulan dari pemaparan bung Jalo.

    Terimakasih.

  64. kapan Indonesia memiliki sistem pertahanan udara S-300\400 Pak PUR?????
    waduhhh….NKRI ke dulan ama maligsia nich…..

  65. Salam
    Saya org awam sangat menghormati kebijakan tegas oleh militer untuk tidak mempublikasikan semua jenis alutsista kita. Karena apapun jenis alutsista nya pasti ada antidot nya, ini lah saya pikir yg mau dihindari oleh militer kita jika informasinya diketahui oleh musuh. Sisi lain, merahasiakan alutsista adalah termasuk strategi jenius, membuat musuh semakin berhati-hati utk bertindak. Saya yakin, peran intelijen musuh pasti sangat sibuk di negara kita utk mengorek rahasia ini. Hal pasti bagi kita saat ini adalah selama tidak ada benturan dr musuh, disitu juga kita yakini bahwa negara kita memiliki kekuatan sejati yg disegani.

 Leave a Reply