Jun 062014
 
Sistem pertahanan udara HQ-16A atau LY-80 Tiongkok

Sistem pertahanan udara HQ-16A atau LY-80 Tiongkok

Perusahaan Tiongkok, Aerospace Long March International (ALIT) telah menandatangani nota kesepahaman, MoU, dengan perusahaan Aneka Bekal Sdn Bhd Malaysia, untuk menyediakan sistem pertahan rudal anti udara.

MoU ditandatangani saat kunjungan Perdana Menteri Najib Tun Rajak ke Beijing 1 Juni 2014, untuk pengadaan vertcally launched system, LY-80, bagi Angkatan Bersenjata Malaysia, yang dikerjakan kedua perusahaan.

Kesepahaman ini juga meliputi transfer of technologies kepada Malaysia, untuk memiliki lisensi produksi dan pemeliharaan LY-80 atau HQ-16A yang kemungkinan dipilih oleh Angkatan Bersenjata Malaysia, sebagai alutsista mereka.

image

LY-80 alias HQ-16A
LY-80 atau HQ16A merupakan sistem rudal pertahanan udara yang diluncurkan oleh militer Tiongkok pada tahun 2011. HQ16A adalah versi darat dari HQ16 yang diluncurkan dari kapal perang secara vertikal dari sebuah kontainer.

image

HQ-16A dibangun berdasarkan rujukan sistem pertahanan darat ke udara Buk-M1 (SA-11 Gadfly) dan Ural/Buk-2M (SA-17 Grizzly), yang bisa ditembakkan dari kendaraan tempur maupun kapal perang.

image

HQ-16A dapat menyergap pesawat tempur dari ketinggian 400 meter hingga 18 km dengan jangkauan maksimal 40 km, serta menyergap rudal di antara jarak 3,5 hingga 12 km di ketinggian 15 hingga 50 meter. HQ-16A atau LY-80 diklaim memiliki akurasi 85 persen untuk menjatuhkan pesawat tempur dan 60 persen untuk peluru kendali (cruise missiles). LY-80 dapat terbang hingga kecepatan 3 march dengan membawa hulu ledak 70kg. (Janes.com).

  194 Responses to “Kerjasama HQ-16A Tiongkok Malaysia”

  1.  

    Kasus mh370 bisa jadi konspirasi China+Malaysia Krn di kabin banyak teknisi militer China&amerika jadi posisi pesawat itu sekarang masih di daratan china.

  2.  

    Memang Indonesia penuh dengan misteri bung. Dunia sudah akuin kok, Indonesia tuh misterius banget loh Militer nya….

  3.  

    @yq…tarik nafasss dulu rilex…udah enakan baca lg jkgr…sabar bos…maklum warjag IQnya diatas 150 jadi harus kudu sabar hadapinya

  4.  

    Mungkin JKGR ini bisa dikatakan seperti Wikipedia (seperti). Artikel yang masuk adalah tulisan dari berbagai orang. Apakah data / fakta yang mereka sampaikan pasti benar ?. Saya tidak tahu, karena saya juga tidak punya data alutsista kita yang sebenarnya. Disinilah fungsi diskusi, untuk mengklarifikasi / mendalami atau mengkoreksi tulisan itu. Penyumbang artikel dituntut untuk menulis dengan akurat / tidak mengarang.

    Kalau ke depannya, ketahuan tulisan si A atau si B, ternyata hoax, ya kita koreksi atau tidak tayangkan lagi tulisan tulisannya.

    Salah satunya adalah diskusi kita tentang pesawat mirage 2000 di Wonosobo . Ada rekan lain yg tunjukkan bukti bahwa, photo itu hasil photoshop dari pesawat tempur milik negara Amerika Latin. Makanya kita declare, itu hoax.

    Kita bisa mengatakan tulisan ini hoax, atau itu tidak hoax, jika kita punya data pembanding. Di sinilah dituntut partisipasi rekan-rekan.

    Kenapa saya mengambil sikap seperti ini, karena ternyata tidak semua alutsista kita, dipublikasikan ke masyarakat. Tapi saya juga tidak tahu seluruh barang yang tidak dipublikasikan itu. Hanya secuil saja. Membahas alutsista memang agak rumit, karena tidak semua terang benderang.

    Rekan kita seperti Bung Jalo, banyak memberi masukan, sehingga kita mulai tahu mana yang cenderung hoax dan mana yang tidak. Thank Bung Jalo, Anda membuatnya menjadi lebih terang.

    Begitu pula dengan Bung PS, Yayan, PW dan lain-lain. Terima Kasih

    •  

      benar bung @diego, itulah fungsi sebenarnya jkgr… tapi apapun itu pro kontra pasti tetap ada,tergantung
      kita menyikapinya bung.
      saya juga berterimakasih kpd bung jalo atas berbagai pencerahanya. . ngomong2x rencana kopdarnya
      gimana nih bung jalo? ? hehe maaf oot

    •  

      @Bung Diego, Astaga bukan saya loh om, saya cuman mau berdiskusi secara sehat kayak dulu lagi. Saya juga banyak salah, jadi patut tidak diikutin. πŸ˜€

      Bung Kujang, beberapa hari ini lagi lembur sekarang mulai agak nyantai lagi. Minggu depan saya mau ketemu dengan Dr. Warsito ahli Tomografi kita yg namanya beken didunia karena membuat alat pemindai tubuh yg bikin geger dunia teknologi. Alatnya dia sampai digunakan NASA, padahal beliau buat alat itu di dalam ruko sewaan dan jual mobil pribadi beliau. Dan yg keren alat beliau dapat sertifikat di Mamarika dan Jepang, dalam negeri malah tidak diperhatikan sampai skrg. Beliau buat komunitas teknologi, nanti saya mau tanya2 kali aja ada yg berhubungan dengan Pertahanan sekalian saya mau ajak beliau kopdar, kalau beliau berkenaan. πŸ˜€

      •  

        pak warsito dari sragen memang beliau orang top,basicnya kimia tapi jago di komputasi, tapi kalo dikit-dikit ngadelin pemerintah kagak bakalan maju kita,
        kalo mau jujur peneliti kita yang kurang militan , otak ada tapi militansi hampir nol

  5.  

    tetangga bli alutsista,eh ada yg meriang..mungkin krn krn indonesia blm punya mulai dah nyari2 celah buat ngata2in tetangga,berburuk sangka tuh gak baik..bnr kata tukul,senang melihat org susah dan susah melihat org senang..warisan budaya asli hehe

  6.  

    KECEWA yg bung Yong-Q ahahahah.

  7.  

    Bagaimana kalau kita calonkan Bung jalo jd Menteri Pertahanan dengan catatan Indonesia harus ada TOPOL-M dalam 10 thn mendatang?? ahhahahah

  8.  

    Indonesia pake mercon aja murah meriah. Rakyat Indonesia itu mentalnya berani. Tapi pemimpinnya kadang kadang mental kampret. Kita kan non blok jadi bebas pilih alutsista dari mana aja kalo radar yg jadi permasalahan harusnya pembelian radar baru dari rusia dong jangan dari prancis / inggris. Jangan karena alasan keseimbangan lalu mengorbankan keamanan dan kedulatan bangsa. Saya dari dulu memimpikan pemimpin yg bisa bicara tegas di hadapan bangsa lain. Tapi memang nampaknya hanya akan jadi mimpi belaka.

  9.  

    ############# dihapus ############
    Jgn melecehkan Bangsa Indonesia

    Admin

  10.  

    Berartti kesimpulannya apa yang disampaikan bung nara tentang indonesia punya s300 12 btrai dan buk2m itu hoax alias omong kosong utowo nggedebuss ????
    mohon pencerahanny para sesepuh

    •  

      Kalau untuk hantu laut saya percaya, tapi saya juga gak tahu jumlahnya berapa? kalau lihat langsung saya pernah, saya itu orangnya doyan moto kalau lagi jalan2 lihat pengembangan atau ikut operasi militer pasti jeprat-jepret tapi untuk hantu laut sampai skrg belum bisa karena dihalangi aturan militer. Jadi akurapopo πŸ˜€

    •  

      Kan kita dah punya truk Kamaz yg rodanya banyak dari rusia bung ayooooooo buat apa? Hehehehe

      •  

        Emang buat apa hayooo?? πŸ˜›

        Setahu saya mau dipergunakan untuk pengembangan roket 3 digit, karena dibutuhkan truk yg kokoh dan Kamaz itu cucok. πŸ˜€

        •  

          owhh. ya ya agak sedikit paham saya ..

        •  

          Insya Allah penelitinya semangat terus. Saking semangatnya sampai sampai roketnya melesat jadi lima digit :mrgreen:

          •  

            Untuk 5 digit menurut teman saya yg ahli sebenarnya gampang, tinggal perubahan struktur roket ke lebih besar aja. Yg masih dicari itu SRBM, kalau ini sudah bisa Insyallah yg 5 digit bisa. Tapi ingat ini untuk misi antariksa dan damai ya. πŸ˜€

          •  

            Klo untuk pertahanantingal menuruti ke mauan rakyat indonesia ya bung… kyk peryataan peneliti lapan hehe

  11.  

    kalo menurut saya, kalo malaysia punya hq 16 . tapi kita punya tentara penyusup yang tiba2 sudah ada untuk menghancurkan hq 16. karena malaysia tidak punya keahlian dalam menyusup kesuatu negara. karena pasukan khusus baret merah latihan penyusupan pendidikannnya 3 bulan lamanya. hati2 malaysia kalo sampe nyerang tanjung datuk………………..dor..dor…dor jangan jumawa dengan teknologi militer kalo prajurit malaysia mental perangnya nga ada.

    •  

      Setiap negara mempunyai tentara penyusup bung, Bukan berarti klo dah punya pasukan penyusup truz ada operasi penyusupan, operasi itu pasti berhasil. Secara negara manapun akan menjaga dengan ketat setiap obyek vital yang mereka miliki.
      Saya pribadi kurang setuju kalau hanya mengandalkan pasukan penyusup yang kita miliki, kemudian menganggap kemajuan alutsista tetangga bukan suatu masalah. Mungkin pasukan penyusup hanya salah satu opsi yang bisa dipakai, tapi tetap harus mempersiapkan opsi yang lain termasuk alutsista yang tepat guna dan tepat sasaran….

      •  

        Tpi menurut saya .knp ri tkt kita kan pny r-han bung .malaysia punya brp rudal dri rrc . Kita bsa buat r-han bung . Ambil contoh aj gajah aj mati di kroyok ribuan semut perlu berapa ribu r-han untuk membumi hanguskan malaysia . Pemerintah tgl pesen 10 ribu r-han hangus tuh malaysia .

  12.  

    @yonhap,ente orang malingsial ya?

  13.  

    Udah jgn berfikiran buruk dlu bung . Krn kita smua kebenarnya obtimis saja krn mnrt saya jga indonedia di takuti begara luar krna kehebatan bergeril ya nya bkn krn alutistanya . Lht palestina punya apa tpi palestina mampu mengadapi israel yg hebat alutista dan teknologinya.

  14.  

    Rafale = SU30? bahaya dong denger denger si malon diem diem ambil 50 rafale.

  15.  

    BIKIN ngiler aja tu pempek palembang.

  16.  

    Yup saya juga percaya alutsista strategis kita pasti ada diluar negeri. Masalah nitip menitipkan barang ini bukan hal baru lagi di negara2 di dunia. Singapura juga nitip alutsistanya di luar negaranya, saya yakin kita juga. πŸ˜€

    •  

      mksh bung jalo pencerahannya, tapi apa ga terendus asu?

    •  

      Apakah iya bung jalo, alutsista kita di titipkan di negara lain atau alutsista kita di titipkan karena kita belum membayar biaya alutsista itu. alias belum di beli hehehe. sori saya nanya karena tdk tahu.

    •  

      Bung Jalo ini ibarat orang main gulat, memberi bantingan habis itu diangkat trus dibanting lagi diangkat lagi. So….hanya Tuhan dan bung jalo aja yg tau dmn posisi beliau ini.
      Saya hanya ingin memberi sedikit pencerahan.
      Kalo kita berpikir lebih rasional, mungkinkan negri yg luas dan sangat kaya akan SDA bergantung pada alutsista jadul.?
      Jika jawabnya mungkin, mengapa negara kita tetap aman tidak dijadikan Balkanisasi atau diobok obok seperti irak dan libiya.?
      Bagi kaum ” Hura Percoyo Yen Hura Ono Potone “, apakah bisa membuktikan kalo itu Hoax.?
      Jangan hanya faktanya negara kita tidak punya duit utk beli alutsista gahar. Mana faktanya kita tidak punya uang.?
      Yang lebih lucu dan sangat ironis, yg mengatakan hoax justru tidak pernah beranjak dan absen utk selalu hadir dan memberikan komentar negatifnya di sini. Mengapa.? Karena yg sebenarnya mereka jg menunggu para sesepuh memberikan bukti seperti harapan mereka. Tapi bukti tak kunjung diberikan dan saya yakin tak akan pernah diberikan. Kenapa.? Supaya penasaran mereka makin menjadi jadi, dan ternyata itu terbukti…..nikmatilah penderitaan anda kaum Hoaxer…hehehe
      Salam NKRI

  17.  

    Hahahahahaha, saya sudah seperti ID kenyot di warung sebelah. Emang saya suka ngebanting ya??? Kok saya gak merasa demikian ya?? πŸ˜€

  18.  

    Bung MP benar, kita bebas percaya apa yg ingin kita percayai. Dapat info bagus tentang alutsista, kita doakan saja agar memang itu kenyataanya.

  19.  

    Udah yg sabarya semua,tni itu tahu apa yg paling penting untuk Indonesia,ngerti betul situasi kawasan,kan kagak mungkin tni tidak punya anti dotnya friends,mikir dong kta cak lontong, itu malay buru buru beli hq 16 dari koko pandakan karena tidak mau kalah sama sam yg kita punya,mungkin aja banyak pesawat pesawat tepur dan drone milik malon yg coba coba cilukba di udara tanjung datuk selalu saja di lock sama sam kita,sehingga kabur semua tuh pesawat,udahlah para wargajak tenang aja tni itu sangat baik dalam mengatur ketenangan kawasan asean kita ini big brothernya asean,kan kagak mungkin tni kasih tahu semua alutsista rahasia sama kita para warjak, peaca ya.
    Nkri ini sangat berharga untuk kita semua.
    ASSALAMUALAIKUM.

    •  

      TNI memang tau apa yang diperlukan dan dibutuhkan oleh mereka, persoalannya adalah TNI tidak bisa serta merta memenuhi ketubuhan yang diperlukan. Ada DPR dan Pemerintah dan disinilah menurut saya yang justru menjadi persoalannya. Untuk mengakuisi senjata produk Inhan dalam negeri aja harus rapat berkali-kali, kadang biaya rapat lebih besar dari pada nilai senjatanya sendiri. belum lagi yang katanya proses birokrasi yang hari ini mengajukan bisa lima taon kedepan baru di setujui itupun separoh dari yang diajukan. Banyak orang mengatakan bahkan orang luar negeripun pada tau kalau di RI ini birokrasinya melebihi rel kereta api dari jakarta ke surabaya panjangnya walaupun sudah dibikin rel ganda…. cape de………………hhhhhhhh. kapan ya bisa berubah birokrasi di negeriku tercinta ini…

  20.  

    mksh bung jalo pencerahannya, tapi apa ga terendus asu?
    yg bikin jadi ragu karna para pejabat yg doyan korup,muak dah kalo liat tingkah laku mereka, hanya segelintir yg benar-benar ingin memajukan bangsa

    •  

      Belum tentu juga bung Dacil, waktu Amerika invasi Irak yg katanya punya fasilitas nuklir aja bisa ketahuan kalau si ASU bisa salah informasi juga. πŸ˜€

      Tapi mudah2an sih tidak ya, πŸ˜€

      •  

        Bung @Jalo Kasus Invasi ASU ke IRAK mah bukan disinformasi, Memang dikondisikan seolah2 Irak bikin fasilitas nuklir & senjata kimia.
        Namanya juga ASU

  21.  

    Senang duduk di warjag ini.suatu diskusi yang bermutu.
    Saya melihat pro kontra adalah dua sisi yang di butuhkan untuk membangun diskusi ini.Sebab dengan adanya yang kontra akan memacu sisi lain untuk menggali dan mengemukakan data yang lebih baik.bayangkan kalau semua se alur .tentu tidak akan berjalan lamban dan membosankan.Suatu diskusi tidak hanya membutuh kan sisi pandang yang baik 2 saja,di perlukan sisi pandang dari sudut jeleknya dan tentu ini akan kita dapat kan dari narasumber yang kontra.
    Dalam diskusi kita justru.lebih membutuh kan info2 tentang kelemahan kita.karena dengan mengetahui dan mengakuinya maka kita bisa memperbaikinya.
    Kalau semua dilihat dari sisi baiknya hanya akan memebuat kita terbenam dalam euforia sehingga.lupa untuk memperbaikinya.
    Saya rasa bukan hal yang harus membuat kita terhina dengan info kelemahan kita.tapi seharusnya menjadi cambuk untuk mem perbaikinya.
    Haha ha maaf sedikit lancang bukan maksud mengajari tapi sedikit berbagi pandangan.
    Mudah mudahan ditrima.peace

  22.  

    itu sih cuma alasan aja bung jalo kan tujuan asu ngincar minyak irak

  23.  

    Kok warga pada panas dalam semua iii,jadi pada kuatir sama malon, pada tahu enggak nih 3 kapal perang yg namanya aja udah buat si upil blingsatan, kapal yg namanya usman harun,jhon lie, terus yg satu lagi saya lupa namanya, yg awalnya untuk angkatan laut brunei, itu kapal sangat membuat kawasan asean gregetan lho, tidak mungkin tni mau akusisi kapal sembarangan, itulah taktik poros JAB,tidak mungkin mama ely mau kasih kapal itu sama indonesia, tapi karena persetujuan sultan Brunai maka kapal kapal perang tersebut bisa di miliki Infonesia

  24.  

    saya liat berita ini ngga merasa terancam malah jadi inget sm LAPAN.bener kata bung Satrio msh mou ini.
    nunggu kabar dr bung Jalo.Satrio.Danu & rekan2 jkgr tentang progress Lapan.
    setiap artikel di jkgr pasti ada plus minusnya.tinggal kitanya aja menanggapi+jangan asal tuduh tanpa dasar yg kuat

  25.  

    Love NKRI, Harga Mati NKRI dan lain-lain, itu adalah kalimat penutup dalam setiap kebanyakan komen. Tapi kenapa merasa takut dengan Kerajaan Malaysia dengan HQ-16A nya, ada apa ? TUNJUKAN JIWA NASIONALIS DAN PATRIOTISTIK jangan ada kalimat TAKUT dengan negara manapun. Sampaikan komen yang menunjukan KEBERANIAN dan siap berkorban untuk keutuhan Republik Indonesia tercinta….Merdeka !!! JANGAN ADA KALIMAT TAKUT kalau perlu menjadi kewajiban kita merendahkan negara manapun dalam kekuatan militernya

  26.  

    bakulpeces@biarin dah,jgn usil..yg penting mereka punya,lg an tau de mana china ga ngasih ful tot,emang china ada sms sampean haha

  27.  

    bakulpeces@biarin dah,jgn usil..yg penting mereka punya,lg an tau dr mana china ga ngasih ful tot,emang china ada sms sampean haha

  28.  

    Tidak perlu TOT,sasaran utama guk-guk (asu) adalah kinerjanya.Sharing inpoh dg abdi dalemnya.dikorelasikan dg inpoh2 lain yg sudah mereka punya mengenai kinerja HQ16 sudah cukup sebagai bahan dasar untuk melunpuhkanya secara teknis.Mungkin kedepan kita akan lebih sering mendengar latihan bersama antar mereka dalam skala divisi atau batalyon.Dimana HQ 16 juga akan di tes kinerjanya terutama terhadap Raptor.

  29.  

    @Bung Jalo, terimakasih atas pencerahannya.

    Saya sangat percaya dengan pemaparan bung Jalo bahwa Negara kita belumlah memiliki payung udara S300 dll…

    Di lain artikel saya juga sangat percaya dengan adanya list A1. Di dalam list A1 semua payung udara dari cina ataupun rusia statusnya adalah TBD “To Be Decided” . Untuk case changbogo tertulis 16 TBD, 3 decided & 13 TBD.

    Mohon maaf saya hanya mengambil kesimpulan dari pemaparan bung Jalo.

    Terimakasih.

  30.  

    kapan Indonesia memiliki sistem pertahanan udara S-300\400 Pak PUR?????
    waduhhh….NKRI ke dulan ama maligsia nich…..

  31.  

    Salam
    Saya org awam sangat menghormati kebijakan tegas oleh militer untuk tidak mempublikasikan semua jenis alutsista kita. Karena apapun jenis alutsista nya pasti ada antidot nya, ini lah saya pikir yg mau dihindari oleh militer kita jika informasinya diketahui oleh musuh. Sisi lain, merahasiakan alutsista adalah termasuk strategi jenius, membuat musuh semakin berhati-hati utk bertindak. Saya yakin, peran intelijen musuh pasti sangat sibuk di negara kita utk mengorek rahasia ini. Hal pasti bagi kita saat ini adalah selama tidak ada benturan dr musuh, disitu juga kita yakini bahwa negara kita memiliki kekuatan sejati yg disegani.

 Leave a Reply