Dec 222014
 

image

Jakarta – Indonesia berencana melakukan kerjasama di berbagai bidang dengan China termasuk soal poros maritim terkait gagasan jalur sutra maritim China yang diharapkan dapat menguntungkan kedua negara. TNI sebagai pertahanan Indonesia menyoroti isu tersebut.

“Presiden menempatkan poros maritim Indonesia sebagai kebijakan. Kita juga kaitkan dengan kebijakan China soal jalur Sutra maritim. Kita kaitkan apakah kira-kira ada sebuah titik temu dan titik singgung yang saling menguntungkan antara dua kebijakan ini,” ungkap Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

Hal tersebut dikatakan Moeldoko usai membuka Rapat Pimpinan TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jaktim, Senin (22/12/2014). Menurutnya, isu yang digagas oleh Presiden Joko Widodo ini dibahas dalam Rapim TNI yang dihadiri oleh 173 Perwira Tinggi.

Mantan Pangdam Siliwangi tersebut juga mengatakan penting bagi TNI memikirkan kemungkinan kerjasama antar kedua negara ini. Mengingat bagaimana di satu sisi Indonesia mengedepankan poros maritimnya, sementara China dengan jalur sutranya.

“Di mana titik singgungnya dan kira-kira peluang dan opportunity kita ada di mana. Sehingga kebijakan itu nantinya bisa menguntungkan kedua belah pihak,” tutur Moeldoko.

Rencana kerjasama ini muncul dalam acara KTT APEC 2014 di Beijing, Tiongkok, beberapa waktu lalu. Saat itu, Presiden Jokowi sempat bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan keduanya membahas kerjasama di berbagai bidang.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping menyoroti agenda maritim RI dan gagasan jalur sutra China sebagai fokus baru kerjasama saling menguntungkan kedua negara. (Detik.com).

Bagikan Artikel :

  32 Responses to “Kerjasama Indonesia China, Jalur Sutra Maritim”

  1. permisi..
    sya setuju

  2. Lanjutkan, perkuat kerjasama pertahanan dgn China !!!

  3. strategi yang cantik…

  4. :mrgreen: mantab dah..

  5. Indonesia harus bisa merendam ‘ambisi” cina yang sudah menggegerkan dunia. Akan tetapi suatu saat cepat atau lambat Perperangan itu pasti terjadi tinggal tunggu waktu… indonesia harus pandai2 berdiplomasi dengan negara yang terlibat konflik LCS…sambil ke dalam negerinya harus memperkuat Alutsista produk negeri sendiri… percepatan program IFX dan KS CBG… Roket/Rudal Nasional…dll. Gak usah ragu kucurkan beberap rupiah buat percepatan program itu toh demi negara juga. Tambah lagi tuh satu Armada d daerah Barat (Aceh) biar makin mantap pertahan RI.
    Penyakit kronis d negeri ini adalah “KKN” dan banyaknya mafia/makelar/tikus2 bergentayangan.

  6. Ijin nyimak masbro…..(sr).

  7. china ga ikut bung?????

  8. indonesia-rusia-cina harus erat ikatan nya klo mau memagari regional dari cengkraman usa cs.

  9. Alangkah baiknya poros maritim Indonesia mandiri dulu sesuai kemampuan dengan berjalannya waktu akan mendapatkan pengalaman pengelolaan laut jangan sampai belum apa apa sudah teken teken kontrak nanti hasilnya tidak memuaskan, seperti kejadian PT Freeport, FIR Singapura, saya pernah baca di media Export Gas ke Cina juga dengan harga yang murah, setidaknya sudah ada pengalaman yang merugikan negara apa mau diulang lagi.

    Salam Indonesia Salam NKRI

    • saya sepakat. Menurut saya…sebagai langkah awal, gimana kalo rrc mulai kembaliin sebagian dana BLBI yg disimpen disana sekalian tikus2nya yg masih ngumpet dihutan bambu…yahh…itung2 semacam itikad baiklahh hehehe…kan jaman rezim terdahulu dah kasih LNG harga banting-bantingan plus bonus tanker raksasa harga feri…heuheu…

  10. Kebijakan CINA “jalur sutra “telah terbukti akan penguasaan perdagangan kawasanya.(kejayaan dinasti2 masa lalu CINA yg terbukti& udah termasyur di jamannya) dan akan bertemu (estafet) kebijakan “poros maritim”RI (kejayaan laut nusantara ‘sriwijaya’ ‘majapahit’ )….
    mungkinkah??????…
    ini akan menjembatani kejayaan&kemakmuran (perdagangan) negara2 kawasan ASIA raya yg sebenar benarnya???. (?…?..?)
    bila mungkin bercermin (dari masa lalu utk masa skrng & utk masa yg akan dtng)…..
    bisakah..(?)..(hanya waktu yg tahu),,imho..

  11. Setuju. Kerjasama dengan china & rusia adalah hal yg istimewa…lanjutkan.

  12. asal saling menguntungkan bagus aja, asal jangan menguntungkan mereka doank, minimal militer kita setengah militer china kayanya baru adil..!

  13. tadi pas jalan-jalan nemu ginian
    https://www.google.com/maps/place/7%C2%B036%2751.3%22S+111%C2%B026%2712.8%22E/@-7.6141902,111.4368893,89m/data=!3m1!1e3!4m2!3m1!1s0x0:0x0 atau 7°36’51.3″S 111°26’12.8″E
    maaf gaptek, gak bisa uplod foto atau mapsnya.
    mohon pencerahan sesepuh, maklum newbie

  14. Prof. boleh nanya dikit nih? ( emblem titelnya ampun dah’ sprti gerbong kereta aja)…curiga.com.
    pertinyiinyi?:
    kebijakan suatu negara yg paling siip itu
    .perkuat militernya dulu bru ekonominya?
    .perkuat ekonominya dulu bru militernya?
    atau ada yg lainya?
    mohon pencershanya pak dosen…salam…trims

  15. Hik.hik.hik.(sakit dah perut nahan tawa) aya aya wae mane’ teh prof.( coment mbah bowo nyleneh.) (coment prof nyentil ) syuwer ane suka.(mengelitik hati) siip..

    • Oo.ya prof kalo di tarik garis lurus kira2 nyambung ga ya? “jalur sutra” + “poros maritim”. ibarat sebuah jalan yg panjaaaaang kan pasti sewaktu waktu ada jembatan (penghubung), gimana ya prof prospeknya utk masa skrng ama masa datang? (singkron tdk) bsa terwujud? ( jawaban nya nyleneh dikit aja jgn bnyk2 tkut mules perut.) trims sblmnya.

  16. ATM dan PLA bakal buat latihan bersama dalam waktu terdekat.

    • Lahh … Kapal kkp kita yg nangkap kapal pencuri ikan cina di natuna aja dikejar pake kapal perangnya mereka ? Trus mereka juga klaim perairan sekitar natuna sebagai eilayah mereka ? Apa kita mau nyerahkan leher ke tentara pla ? Jadi b udaknya tiongkok ? Ntar mbah bowo yg jingkrak2 kesenangan

  17. Di kawasan asia tenggara sebenarnya china cuma hormat sama indonesia, terbukti dlm konflik LCS china tidak berani memasukan pulau natuna ke dalam klaimnya. Kl dilihat di peta hampir smua wilayah LCS mereka klaim tp begitu sampai natuna mereka berbelok ke selatan (cuma nyrempet di laut kepulauan natuna). China jg berkali2 mengirim sinyal ke indonesia untuk bersama2 berbagi kekuasaan di asia tenggara.

  18. Mungkin titik temu antara poros maritim Indonesia dn jalur sutra maritim cina yg dpt menguntungkan keduabelah pihak adalah …
    “ajukan saja pembangunan infrastruktur di Indonesia mulai dr jalanraya, jembatan, jalurkereta, dll diseluruh nusantara dibiayai/dibangun oleh investor cina sebesar 500T pertahun dan dibayar oleh pihak Indonesia dengan ikan yg ada di perairan Indonesia sejumlah tersebut diatas”.
    Maka akan terjalin kerjasama yg saling menguntungkan tsb.

  19. jgn coba2 menjalin hubungan terlalu dket sm china..china termasuk pemasok narkoba terbesar di indonesia,prodak kosmetik berbahaya yg beredar di indonesia jg dari china,obat2an berbahaya jg dr china,klinik2 tak berizin menjamur jg dr china,pelaku judi online di indonesia jg mayoritas dr china,ilegal fishing,pemalsuan barang2 elektronik dan gadget yg masuk ke indonesia jg dr china,prostitusi terselubung mayoritas dr china..
    mereka berani menjiplak disign industri tekstil indonesia dan dijual jg di indonesia dgn harga yg jauh lbh murah utk memukul industri tekstil lokal..dll.
    China tahu jk rakyat indonesia sangat mudah utk di perdaya

  20. Kedekatan dengan China harus menguntungkan ASEAN. Indonesia harus bisa redam ambisi China untuk kuasai LCS dan melindungi vietnam & Filipina. Jangan malah RI jadi proxy China di ASEAN

  21. Nama anda unik bung meggelitik….lanjutken!!!

 Leave a Reply