Jul 022014
 
image

Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei Darussalam, YDM Pehin Datu Pekerma Jaya Mayor Jenderal Dato Seri Pahlawan Mohd, ke Kementerian Pertahanan RI, Jakarta (photo: Kemhan)

Jakarta – Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei Darussalam memastikan hubungan kerjasama pertahanan dengan Pemerintah RI akan tetap dijalin dengan baik. Terlebih lagi kerjasama pertahanan ini sudah disepakati dan dilakukan oleh kedua negara sejak tahun 2003 lalu.

Kepastian untuk mempertahankan hubungan kerjasama pertahanan tersebut disampaikan Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei Darussalam, YDM Pehin Datu Pekerma Jaya Mayor Jenderal Dato Seri Pahlawan Mohd. Tawih Bin Abdullah kepada Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro, Rabu (2/7) dalam pertemuan di Kantor Kemhan, Jakarta.

Turut mendampingi Menhan pada pertemuan tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko.

Panglima AB Brunei Darussalam mengatakan Pemerintah khususnya Angkatan Bersenjata Brunei Darussalam akan terus berdiskusi dan belajar dengan pemerintah RI dan TNI yang dianggap sudah memiliki pengalaman cukup luas dari berbagai bidang.

Disamping itu Panglima AB Brunei Darussalam pada kesempatan itu juga menyampaikan pesan terimakasih dan pengahargaan dari Raja Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah atas penganugerahan Baret dan Warga Kehormatan yang diberikan Pangeran Brunei Haji Al-Muhtadee Billah, Ibni Majesty Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah dari Pasukan Kopasus, Marinir dan Korpaskhas beberapa waktu lalu.

Hal tersebut menurutnya merupakan suatu penghormatan yang diberikan kepada pemerintah Brunei Darussalam khususnya Angkatan Bersenjata Diraja Brunei Darussalam.

Usai bertemu dengan Menhan dan Panglima TNI, Panglima AB Diraja Brunei Darussalam akan melanjutkan agenda kunjungannya ke beberapa daerah di Indonesia. (dmc.kemhan.go.id).

  216 Responses to “Kerjasama Militer Indonesia Brunei Darussalam”

  1. Pertamax

  2. pertamax plus

  3. ciek duo tigo

  4. No empat

  5. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!

  6. nebeng dulu

  7. Hehehe… :mrgreen:

    • bung@ps jgan mesem aja
      monggo di babar udang di balik bakwanya.
      hihiii…… seyemm!

    • nyengirnya menyiratkan sesuatu?? jangan2…. eng… ing.. eng..

    • Bung ps, napa sulthan brunei & anaknya diberi anugerah warga kehormatan 3 pasukan khusus ketiga matra kita?? Apa keuntungannya klo seseorang jd warga kehormatan pasukan khusus.. maaf oot

    • dan gak mungkin kan kalau sultan ma pangeran jalan jalan biasa di indonesia? monggo di babar @bung PS @bung Yayan

    • Ndan PS..pakabar ks polosan yg gi ngendon disono ndan..hehehe..

      • Masih sering operasi ngeronda bung :mrgreen:

        • nanya diluar lontong ae wes,,,,,

          ndan PS.. ganti ne BTR-4 Ukraina opo…
          soale…
          pengene user khan model bukaan belakang koyo anoa…
          lek milih btr 82/90 lak bukaan samping…
          opo ngelirik gawenan barat…???

          • Masih dirembuk di mabes dan KKIP bung, belum ditentukan karena kejadian di Ukraina diluar perkiraan kita :mrgreen:

          • Bung PS bisakah suatu saat nanti TNI punya dana abadi alutsista? Supaya pengadaan alutsista tidak dapat diintervensi oleh apapun.

          • sya brhrap gntiny iveco super apc 8×8…….amiiiiiiiin
            smoga ndan NARA se ide dgn sya….truz dsmpaikn k pak POER

        • Yg ane bingung kesononye muter lewat mana yak ndan..jgn2 dasar laut nye sabah serawak dah dipetain neh ama tuh lontong mutan jadi apal dah mana jalur aman ke sepanggar.. :mrgreen:

          • Seringnya sih emang nerobos hehehe.. tapi lewat perairan internasional dari palu dan utara gorontalo sulawesi juga sering kok bung :mrgreen:

          • Hihihi..pastinya klo nerobos ntu jalan pintas ya ndan..biar cepet nyampe..btw lontong mutan pernah ke palu gak ndan? Mungkin ngetes gimana rasanya parkir dirumah baru ntar..hehehe :mrgreen:

          • Pernah tapi ndak sering bung, hehehe… wes saya izin istirahat dulu ya warjagers, lanjut besok pagi yah hehehe… assallamualaikum… :mrgreen:

          • Kalo nerobos apa gak kedetect tuh lontong kita?

        • Waduh udah kayak kementrian agama hehe… tergantung pemerintah bung :mrgreen:

          • perasaan dana abadi memang sudah ada bung :mrgreen:
            Hoaxxx..

            makanya clue ane merenung di Sudirman kapan hari kan nemu clue sumber dana itu
            hahahahahahha kaburrrrr just hoax

          • Nah..hoax dr hasil merenung di sudirman ntu yg mpe skrg msh lum ada bocoran ndan sat..monggo bocorannya yg paling alus ndan..hehehe

          • Hehee… :mrgreen: nice hoax

          • Hahaha… sstt bung satrio biarlah warjagers menebak yang resmi dari APBN aja, nanti mereka muntah lho… :mrgreen: tak pamit istirahat dulu ya bung… :mrgreen:

          • aku yo pamit gak komen disini lagi dithread lainnya aja
            ‘heheheheheh

          • wow dana abadi yg tdk bs diintervensi siapapun presidennya nanti ya bung

    • Assalamualaikum maaf baru hadir, lagi banyak kerjaan. Buat info aja, ada perjanjian rahasia antara Indonesia, Brunei dan Rusia itu sudah berbentuk UU dan perpres. Nah saya lupa UU nomer harus buka catatan lagi, kalau gak salah dibuat pada tahun 2007-an, bentuknya HANKAM…

      • Perjanjian ini tripartit ya om Jalo..atau dipecah2 masing2..?

      • tambahan perjanjianya meliputi penemptan alutsista strategis yang kasat mta πŸ˜› yang jika di taroh di sni bakalan gemprkan asean,,

        3 buah klas amur kalo tdk salah πŸ˜›
        2 destroyer bekas russia yang di beli dengan harga cukup mhal,,

        perjanjian na sm kaya china tmr leste gtu πŸ˜›

        mereka keluarga kerajaan banyak jasa juga sm indonesia,,
        indonesia pun demikian,, bahkan sudah terjalin ketika jamn bung karno,,

        banyak org2 sana yang berjuang bersam2 kita,,
        msh ingat wktu 2 mrinir kita ngobom mc onal di singapore..?
        terjadi kerusuhan juga di brunei wktu itu,, melawan britis, banyak org indo yang sm2 berjuang. ^^

    • Mainanya bung@ps sering nginep tuh he………………..

  8. Pastinya bung@yayan dan bung@PS segera turunkan artikel baru soal brunai. .

  9. ini percakan pak pur sama panglima angkatan brunai darusalam, yg berhasil sy sadap:

    pak pur : gimana cak, lontong balap yg mau dibelikan ap sudah datang??
    panglima : masih proses delipery cak
    pak pur : jd yang astuti ap trafalgar??
    panglima : ??? lo kan cak pur mintanya dua2nya..
    pak pur : iya ding lali (pura2 lupa)

  10. Nah ini tetangga yg baik ga menikam dari belakang & sok kaya…ibaratnya adik sama kakanye akur..hubungan ini semuanya punya kepentingan tapi yg penting jgn coba” menikam dari belakang..kaya tetangge sebelah tuh..!!

    …NKRI HARGA MATI…!!!!

  11. tuh baru tetangga yg baik gx suka usil dan ramah.
    semoga langgeng persaudaraannya sampai akhir waktu amin

  12. kompor gas…..

  13. hadir

  14. @bung ps saya mau nanya itu barang ghoib yg disono kalu mao jln2 apa ga kena blor si tetangga jaguh ?? Apa saking ghoibnya sampe blornya ga bs nyentrong ? Salam kenal, maaf pertanyaan galauwerss…

    • Sering nerobos tanpa ketahuan dan sering pula lewat perairan internasional dan masuk ke ALKI :mrgreen:

      • Bung PS saya selalu penasaran tentang keberadaan lontong goib yang AL punya, apa KS kita memang ada yang SSN? Kalo iya sejak kapan mulai meronda di mari bung, makasih dan salam kenal warkat baru πŸ™‚

      • haha…gntian…dlu kd ny si malon yg ska nrobos ambalat…skrg gntian,,lontong qt yg nylonong msuk wilayhny malon…
        sskali isengin lg al ny malon ndan PS…biar pnas dingin,,mata ny merah gigi ny kuning( mabok ciki) wkwkwkw

  15. selamat malam,mau nanya sedikit buat para sesepuh,apa bapak itu(yg dari brunei) yang ngajak bung yayan keliling2?

  16. mari kita dokan pakde beye jd sekjen PBB, sngt d sayangkan stlh turun tahta orng sehebt pak beye tak jd nominator sekjen PBB award. pakde beye????? YESSSS

  17. Kayaknya hub. IndoBru bukan sekedar hubungan bilateral biasa, memang bukan hanya Brunei yg pernah belajar/dilatih prajuritnya oleh TNI, paskal ato ab kambodia contohnya tapi….

  18. Ckckck…hebatnya TNI ku, makin bangga aja diri ini, semoga ke depan akan makin tegas gahar dan smart, siapapun pemimpinnya nanti..@bung ps, mksud ente nerobos barisan teri jaguh terang2 an kalee hehehe..teri nya cm bilang ‘monggo maaass’ hahaaa…

  19. Mungkin loh ini , kan kata bung @yayan kalo alutsista kita ada yang dititip disana , mungkin tuh kasel dibeliin oleh brunei untuk indonesia tapi dengan 1 syarat kalo brunei diserang negara lain indonesia akan membantu brunei , mungkin negara yang menyerang gak tau kalo indonesia membantu brunei. Karena dikiranya itu kasel brunei ,padahal yang make orang tni kita , karena ada persektuan tersembunyi contohnya pemasangan baret itu , dan brunei adalah negara kecil yang tidak akan menambah alutsistanya menjadi besar karena takut akan menjadi ancaman bagi negara lain , nah disinilah posisi indonesia untuk membaking nya , maaf komentar newbiw pencerahannya πŸ™‚

    • komandan kancil@saya br denger adae alutsista bs maen titip,spy tdk ketahuan siapa2?
      Prihatin bgt ya,sampe alutsista pun kita hrs dibelikan oleh brunei,nampak bgt kita dr kalangan tdk mampu(jgn2 anggaran alutsista kita itu dr sedekah istana brunei)….klo soal backing membackingi itu mmg spesialis indonesia kawan hehe

      • @ Frans

        coba Kepala Anda di belah liat ada Otaknya apa gk

        Pake tanya punya Otak Apa gk

        Maka nya Otak itu di gunakan dengan sebaik baiknya

      • kalo backing soda biasannya bikin adonan kue tambah besar bung frans hehe

      • byk bung alutsista yg main titip contoh singapore yg nitip di thai dan usa,krna daerah nya yang sempit,mungkin itu alutsista dibeli dari dana pemerintah brunai mkanya ngk ada datanya dikita,alutsista itu dipkai untuk menjaga kedaulatan kedua negara krna sdm brunai kan msih kurang bgus,mkanya mreka butuh kita

      • Kalau psk mah semua negara pasti ada bung dan pastinya malon juga punya

      • klo malon dititipin presiden papua nugini pisang
        buat dimakan malon, orang malon kan sejenis frans
        setengah beruk setengah orang
        makan pisang aja frans, biar kenyang alutsista
        dr tadi ngamuk2 ga jelas…
        sirik koq di piara…. hahahaha

  20. lanjutken

  21. NKRI_JAYA@dilempar ke hutan perawan slma 40hr tanpa bekal kecuali minum/mkn darah ular dan dagingnya,dr hutan langsung berenang dr merak-bakaheuni PP lengkap dgn ransel/senapan dan pakaian militer,hbs itu langsung lari ke mako cijantung tanpa minum dan istirahat..UGD

  22. beginilah hubungan silaturrahmi yang baik dengan negara tetangga berdiri sama tinggi duduk sama rendah dengan mengedepankan sikap saling menghargai dan tenggang rasa mencintai perdamaian namun lebih cinta kemerdekaan dan kedaulatan tidak mau diadu ayam,domba dll karena jika mau diadu domba sebenarnya sudah terjajah (menjadi domba dll) secara pemikiran oleh “si pemilik/tuannya semoga kejayaan bagi Negara Indonesia dan Negara Brunei πŸ™‚

  23. Ada cerita dr brunai
    Bung yayan dan bung ps, monggo disambung cerita hoaknya tentang kasel nolam kosongnya?
    Selain itu mainan apaxaja yg disimpan di brother brunai? Monggo hoaknya di babar dimari?

  24. mo tanya hub indo kamboja apa levelnya kyk brunei gni ya??
    klo brunei blikan kta mainan, nah kamboja?? ap cma dititipin

    • Keliatannya sih hanya di bidang pelatihan personil militernya kamboja bung@bearband

      • Sebetulnya diplomat kita bermain bgt indah..ingat ada artikel yg bilang asu menganggap brunei sapi perahan? Kalau mau brunei bisa semesra singapura dgn asu…ingat juga dalam setiap misi pbb,brunei slalu berpartner ma malon…tp brunei sudah tak bisa ke laen hati,dia lebih memilih kita…mungkin inilah salah satu hasil dari sikap tulus kita dalam menjalankan visi dan misi kita keluar negeri..

      • trimakasih bung kuncung.. brti indo skrg lgi mbangun hub bawah tanah dgn kawasan pasifik. klo bkn pangkalan gratis ya nitip perkakas lgi

    • untuk K kerjasama sm kopasus dan paspampres untuk melatih mereka, dan mereka sangat berterimakasih sama kopasus. oh iya, baret sama lagu prajuritnya sama tuh…

      di negara K banyak faksi, peran TNI menyatukan faksi itu, lebih jauh pasukan kamboja bisa dijadikan tentara candangan kita kl dibutuhkan (gratis ya ndro), enggak kaya malay yang sewa tentara orang…

      masalahanya gara-gara kita terlalu mesra sama kamboja, ada sedikit masalah sama negeri T,,dan masalahnya …………sampai Herculez gak boleh ngisi avtur di T gara2 deket sama kamboja. opps hoakkkk

      • negara thailand y bung,klo thai sekutunya singapore y

      • Info dari temen yang pernah kesana, memang klo orang Indonesia sangat dihargai disana. Mungkin ini karena mediasi kita (Zaman Pak Harto) atas perang saudara disana sehingga mereka bisa rukun dan bersatu. Kita dulu ngirim pasukan PBB juga kesana. Betul bahwa berita pasukan komando mereka mengambil pendidikan komando di batujajar. Padahal sebelumnya mereka dilatih oleh Perancis, dan beberapa negara lain. Namun mereka merasa lebih cocok dengan pelatihan di Indonesia. Dengan semakin banyaknya lulusan komando batujajar di satuan khusus mereka membuat Thailand yang sedang bersengketa perbatasan menjadi kerepotan. Karena beredar kabar bahwa pasukan yang diturunkan di perbatasan tersebut adalah pasukan komando mereka yang banyak jebolan batujajar, Thailand pernah mengajukan keberatan ke RI mengenai hal tersebut. Makanya mereka juga keberatan klo yang menjadi mediator sengketa ini dari fihak Indonesia krna dikhawatirkan tidak netral dan lebih berat ke fihak Kamboja, sementara Kamboja mau nya Indonesia yang menjadi mediator. Mungkin herky ini juga imbas atas hal tersebut.
        Atas berbagai kesuksesan pasukan jebolan batujajar ini, kamboja juga menyerahkan ke kita untuk membentuk dan melatih pasukan paspampres mereka. Kabar terakhir beberapa tahun lalu pernah terdengar, masih ada sekitar 5-7 orang instruktur Paspampres kita yg msh disana yang menjadi mentor instruktur mereka. Mungkin itulah kenapa Baret pasukan komando, dan camo seragam mereka sama dengan TNI. Selain secara geografis wilayah mereka juga sedikit banyak mirip dengan disini. Kabarnya perwira mereka wajib menguasai bahasa Indonesia dan menguasai buku peperangan gerilya yg ditulis jendral TNI. Senjata juga jenis SS kayaknya bnyk digunakan disana. Apakah krna hal tersebut diatas, mereka menjadi tentara cadangan seperti yg pernah disampaikan salah seorang Jendral TNI atas kemampuan kita mengerahkan bala bantuan pasukan dari utara? Wallahualam.

        • Oh iya sedikit tambahan, ketika beberapa waktu lalu SBY kunjungan ke negara tersebut, disambut oleh pasukan mereka yang jebolan batujajar dengan menggunakan baret Kopassus dan seragam loreng darah Kopassus. Ternyata diantara Paspampres RI-1 dan dan pasukan Kamboja jebolan batujajr ini banyak yang merupakan kawan seangkatan, kakak kelas, bahkan instruktur. Jadilah mereka reunian sesama jebolan batujajar. Klo nggak salah SBY pun sempat menemui instruktur Paspampres yang sedang ditugaskan disana dan berbuncang mengenai pengalaman tugas mereka disana.

        • sepengetahuan saya…
          kita dan thai sangat bersahabat…
          malah di level taruna AD sudah lama saling bertukar taruna…

          malah taruna atau tentara kita sering berlatih bareng tanpa publikasi berlebihan…

        • untuk penggunaan baret dan seragam memang meniru Kopassus, saya pribadi baru tau kalau lagu prajurit/hymne nya sama.. πŸ™‚

  25. ks kita kelas typhoon aja ada,tapi sistem penggeraknya bukan nuklir…colek bung ps.

  26. nah sekarang yang gak pecaya dan mengecilkan artikel bung yayan dan bung nara mulai ketutup deh mulutnya,

    walaupun mereka anggap artikel di warjag ini hoax, waktulah yang menjawab semuanya,,,,

    tetap semangat bung nara, bung yayan , bung ps dan sesepuh lainnya untuk tetap, memencet keyboard yah…….

    berhubung bulan ramadhan saya harap tidak ada kebohongan lagiii ( berharap bung nara dan sesepuh lainnya menceritakan yang ditutup tutupi )

    xixixixi

    kaboooorrrrr

  27. bukan bocor lg, bannya mbeldoss duoor. hehehe…..

  28. halo warjager semuanya..salam kenal

  29. wadooh…mlai mabok ane bung…hehe…ni “angin laut makin knceng”…..
    ngeri2 sedap…

  30. oiy bung…ngemeng2 tu heli tiger ny bnern yak???wow bgt..mkin ghar,,,drat,laut & udara

  31. Jangan Jangan SU 34 full back dan TU 22 juga ada yang dititip di Pak Sultan..he..he..

  32. salam hangat, bung @nara….

    waw… makin gahar nih TNI… gak sabar nunggu 2015..

  33. Ayooo tanya terus sama bung ps… mumpung lagi bocor πŸ˜€

    • kabuuur dulu ah…. :mrgreen:

      • hahaha,,,tabur menyan,,, tabur menyan hehehe,,,nasib jd selebritis bawah laut bung@PS,selalu di kejar fans maniak lontong,,,salam hangat bung,

      • @Krishna, sphp. yup bukan lontong balap polosan tok tapi y pake kupang, krupuk semanggi, dan menu menu lalapan lain ituuuuu.lanjut terus bung PS.

        @ bung nara, ceritanya pzh 2000 sudah siap dihijrahkan ke kita y cos pabriknya menggantinya dengan agm mvrac boxer seperti halnya marder dengan ifv puma. matur nuwun

      • waah…kalo kabur “nymplung laut” lg ntr bung PS nongolny dmna y kira???
        sya brhrap nongol di “lanal panjang”…..hehe

  34. bung Nara, mw tny u ketapel nextar Caesar dengan AGM MRAV ARTEC BOXER perbandingannya gmn?
    di artikel a1 list, PzH 2000 jg dianggarin. jangan2 ketapel ini pindah ke NKRI sdg Deutsche ud ganti yg baru seperti marder ke puma.
    1 lagi pertanyaannya, belut va-111 apakah sudah disaingi barrakuda nya Tante Merkel?
    matur nuwun

  35. Salam NKRI bung Nar,
    Apa ini hadiah buat kita ya bung Nar dari Sultan Brunei, karena dalam lomba tembsk kemaren mereka bisa juara 3…
    He3…

  36. Ndan Nara..oot neh..buat kapal bantu hydro oceanography apa nambah yg ocean going ndan..trus kapal yg nolam 5 yg dah dateng, oktober nanti ditungulin gak ndan :mrgreen:

    • Kirain mo nambah yg ukuran gede ndan..hehehe…tapi waahh..tugasnya ampe diluar wilayah teritori ya..bakalan mantap operasi ks kita ntar..

      Ndan bremen ama DZP jadi gak nih?

    • Salam kenal @Bung Nara n warjagers semua.
      Pelampung nolam 5 lagi parkir di brunai, berarti yg ditinggal habis MINEK kemarin dong ini bung.? Kirain sdh ngandang di Pulau Kepala Burung.
      Mohon pencerahannya

      • @Bocah Ndeso emang kandang nya disana bung untuk sementara kandang nya kan belum jadi :mrgreen: trus kalo Nolam 5 ditongolin bisa pecah ASIAN bung :mrgreen: tenang aja ada waktu nya buat tuh Gaban buat ditongolin πŸ˜€

        buat Comrade maaf ane lancang :mrgreen: kabur ach

        • haha..kalo nongol smua tu lontong super…yg muntah bkn cm qt wrga jkgr…tp pm sonora,sonotan,upil cs bkal munth2 kna ciprat aer & angin lautny bung

        • bung @Ngurah Rai, terima kasih pencerahannya maklum Bocah Ndeso cuma tahu lumpur sawah n kodok doang.
          Mohon pencerahan satu lagi bung, trus nyang pelampung nolam 71x dan 40x berbobot 4000 Ton yg ditinggal bersamaan 54x tadi apa masih nginap bersamaan bertiga ya.?
          Mohon wejangannya ya

        • @Bocah Ndeso hehehehehe :mrgreen: tunggu adik nya yang 5XX dateng bung anda pasti akan semaput liat nya :mrgreen: colek comrade Nara sama comrade PS ane kabur ach atut ditonyor maning πŸ˜†

        • Sesuai clue bung Nara kan yg nolam 54x berbobot 8000 ton, sedangkan nyang nolam 71x dan 40x berbobot 4000 ton, makanya tadi saya mohon pencerahan apa ketiganya rukun nginep di Brunei tsb. Suwun

        • Maksud saya nolam 54x, 71x dan 40x itu bukan nolam standar kita, tapi nolam ori dia waktu datang di acara MINEK bulan-bulan kemarin itu…apa rukun nginep di Muara Naval Base bung sampe ini hari

        • Nolam 5 tuh yg kyk gimana ya.?? maklum awam soal alutsista.. πŸ™‚ Salam hangat dan salam kenal buat semua warga warjager.. πŸ™‚

    • Nolam 5 ini tersangka yang bikin radar pada kena katarak. Termasuk radar darat kita… udh ada vaksinnya blm ya? Pasukan sultan diajak ikut main di latgab ga Ndan? Masa cuma nebeng nitip tp ga diajak maen..

    • Bung Nara, sedikit OOT nih, jika nitip parkir di tetangga kecil kita yg nota bene mantan anak asuh si elly, apa iya dijamin senyap dan sluman slumun tidak diketahui tetangga reseh kita, pdhl mereka semua kan sesama asosiasi binaan si elly??? matur nuwun πŸ™‚

  37. Woooww.. Mantap banget ya om..
    Semoga next RI 1 bisa melanjutkan momentum baik ini..
    Kalo Japri bisa kali om di babarin..
    #PenasaranModeOn.. πŸ™‚

    Oke om Nara.. Siap setia menanti artikel latgab part 3..

    Ada bocoran’y sedikit gx nih om buat yg part 3.. Part 2 yg sempet gagal tayang kan ada dikit2 bocoran’y om.. Hehehe
    #takutGagaltayanglagi πŸ™‚

  38. ikutan nunggu artikel latgab part3 nya OM,..
    SR mode on

  39. Bung @ps,@nara,jika 2 kapal selam bertemu bg mana cara menentukan itu musuh atau teman dan cara mengetahui kasel dari jenis apa?

    • sblm sholat dhuhur, mw nanya lagi bung Nara ato bung PS: pempek Kursk kena lomboknya pempek seawolf betulkah itu ato gimna hoaxnya…mtr nwn t laporan dl

    • kalo untuk KS kawan bisa ketauan karena ada alat identifikasi tersendiri Bung Orcha, selain yang sudah dijelaskan Bung Nara diatas tentang Noise Signature, kalo memilah KS dari jenis apa SSN atau Konvensional bisa ketahuan dari kecepatan dan suara khas noise propelernya karena Prinsip kerja sonar (dalam hal ini sonar pasif) adalah mendengarkan gersik (noise) yang ditimbulkan oleh KS lawan, baik gersik yang timbul karena mesin pendorong pokok dan pesawat Bantu (radiated noise), maupun hidrodinamyc noise (gersik yang timbul karena adanya turbulensi air saat dipisahkan oleh bentuk badan kapal), termasuk noise yang timbul karena cacat tertentu pada propeller hehehe… :mrgreen:

      • salam hangat kembali Kamerad :mrgreen:

      • Ndan PS, KS modern tuh masih pake Hydrophone gak sih? atau Hydrophone nya udah nyatu sama sonar?

        • masih tetapi sudah nyatu dengan sonar Bung, justru kita sudah mengembangkan sendiri alat Fixed Array Hydrophones Sea Bed Surveilance (FAHSBS) sebagai Anti-Submarines, dimana alat ini berfungsi sebagai peringatan dini atau early warning terhadap ancaman KS asing dan mampu mendeteksi secara real time KS asing yang menuju atau memasuki wilayah selat yang rawan, termasuk untuk melindungi jalur bawah laut pada lalulintas ALKI yang sangat ramai dilalui oleh kapal-kapal asing :mrgreen:

  40. Antara mimpi dan kenyataan…semoga terwujud…!!!! Hidup ..!!! NKRI

  41. Salam kenal para warjager semua. mohon komandan Nara cepat merilis latgab nya

  42. Sebagai juru bicara bung ps (tanpa gaji) saya coba jawab..begini,iya tu barang udah dmari.kita simpan armartim karena lebih cocok disana..no lambungnya ada 2..402 ma 412..kenapa ganti diesel..karena pake nuke lbh berisik.ni barang dah lengkap dgn armament nya…dan ni barang ga kan nongol2 minimal 60 taun kdpan..satu poin yang paling penting : jangan pcaya omongan saya,pcaya mah ma gusti Allah…hehehe piss kamerad…

  43. Oh jangan jangan ini temennya bung Yayan yang mau pelesiran keliling Indonesia setelah juara 3 AARM kemarin…mantab

  44. mantaf. pa lagi di tambah madu.

  45. Semoga pertemanan ini berjalan baik,,,Salam nkri

  46. cuit cuittt

  47. artikel yg bagus, membakar semangat patriotisme n kbanggaan terhadap NKRI…salam kenal buat para sesepuh warjager dan warjager lover semua, dari arek mediun… jakarta greater emang T O P B G T dech… <3

  48. bung nara: apakah perjanjian dengan turki itu meliputi tiga matra atau cm salah satu matra aja?

  49. hehe…pisang goreeeng…masih anget……mkin laper…
    ndan NARA gmau bgi2 yaaa??ni buln puasa lho…kalo rjin brbagi phlany bsar lho….wkwkw
    mnimal intip2 lah…dpt kremes2 bkas gorengny jg boleh.
    heheh

  50. yang diumpetin disini juga ada kok Bung Fly, 17.499 pulau kita sangat efektif buat nyembunyiin sesuatu hehehe…. :mrgreen:

    • Cie..cie Ndan PS ma Ndan Nara akur…
      Ngemeng-ngemeng Kapan part 3 naik tayang bung Nara..?? dan ituloh A1 era baru alut sista tri matra jilid 3 nya, biar Indonesia banjir hoax hoex… muntah-muntah dah yang penting kebanggaan menjadi warga negara terus meningkat…

  51. @Bung Nara, kenapa banyak alutsista dititipin di Brunei ya? logika ane, kan lebih mudah bagi orang asing buat ngintip nya, lain kalau diumpetin di negeri sendiri….kalau ketauan ada yg ngintip enak ngusirnya dan alasan kita kuat ..cmiiw ….

  52. @bung nara, kalo ga repot tlg di babar mt kuliah inteljen di mari, cz ane kok galau dngr2 angin sebrang uda pd berhembus dimari mlh sbgian uda masuk telinga pr capres nih,bnr g tuh ? apa memang bole pake cnsltn dr luar ? Kan sama aja ngasi jln ? Maaf pertanyaan dan permintaan oot hehe, maturnuwun ndan nara…*galauterus*

  53. Assalamualaikum ….

    Enaknya neh … semua warjager kopi darat semuanya dibogor, trus makan kuaci sambil nunggu buka puasa … he he he

    sebenernya ane pingin cetak kaos atau jaket gitu … trus ada tulisan jakartaGreater nya … klo ga pake tulisan kata-kata yang ngetrend di warjag …
    1. “We Are Indonesia(N)”
    2. “Jalmo moro jalmo mati, sata moro sata mati, dewa moro dewa keplayu”
    3. “Indonesia Besar”
    4. Apa lagi ya?

    Trus Bung Satrio bawa Lontong Kupang buat kita-kita, … eh tiba-tiba bung PS bawa pempek ama lemangnya … tiba-tiba bung Nara turun dari hello bawa teri kacang buat buka puasa bareng. bung Diego selaku tuan rumah nyiapin es kelapa muda …

    Abis buka dan sholat maghrib bung Nara kasih wejangan buat semua warjag yang hadir … semua mata berbinar ceria …
    Habis shalat Tarawih yang di pimpin bung Diego … bung PS, bung Satrio memberikan wejangan tambahan tentang Alutsista dan kewiraan …
    Tiba-tiba Bung Yayan dan bung Jalo datang membawa oleh-oleh coto makasar dan makanan yang lainnya …
    Panitianya Bung Gue, NYD dan warjager’s yang rumahnya disekitar Bogor … bung Lare Sarkem marah-marah karena undangannya telat …

    (MenghayaltingkatDewa.Com)

    he he he he … peace

  54. Bung bung semua, mohon dibahas dong kiprah SF kita yang melatih dan membentuk SF negara lain. Berita yang banyak beredar kan Kamboja, dan negara di Afrika ( tp nggak pernah disebut negara mana saja). Apakah SF Brunei juga dilatih SF kita? Klo yg pernah sy dengar SF kita banyak juga yang bertugas di Brunei. Mungkinkah negara sahabat yang d titipin numpang parkir adalah Kamboja, Negara di afrika, UEA?

  55. adik baik yang mulia dan penuh cintakasih perdamaian, mari kita bersatu berdampingan

  56. bung Nar mohon pencerahannya lebih dari 1 negara sahabat khususnya kamboja. seberapa eratkah hubungan negara kita dengan kamboja? apakah sebatas pelatihan pasukan khusu aja?

  57. udah tau hoak, dibaca n dikomen lagi, ckckck,,,

  58. ane maaaah shell v power aje gan kagak pake pertamak

  59. saya selalu baca dan baca..

  60. ni org atau apa ya..nglawak lu,ngga lucu tp ketawa sndiri..komentnya sama dgn topik yg laen,org aneh..lu kaga ada jidat ya’?

  61. makasih komentnya kawan apem..kita kayanya lbh cocok jd chef deh

  62. fly freak@saya rasa apapun bentuk perbedaan pendapat harus bs diterima,asal tdk menyerang pribadi dgn menulis kata2 tdk pantas,itu pendapat saya..bs saja pendapat anda sebaliknya

  63. Thanx’s berat atas pencerahannya bung@ps,bung @nara.salam nusantara jaya!

  64. dear all….mau tanya sedikit nih,kan banyak alusista kita yg ghoib,siapa saja sih yang berhak mengetahui alusista ghoib tersebut,apakah presiden dan wakil presiden,Pati dikalangan militer,anggota dpr,soalnya saya agak mengkuatirkan mental pejabat2 kita yang kurang nasionalis,bisa saja mereka menjual rahasia negara kita keluar,apalg jabatan mereka kan hanya sementara saja

  65. Bung Narayana&bung Pocong syeerem kapan dirimu muncul lagi menjabarkan alutsista ghoib bangsa kita.biar anak bangsa ini jadi bangga akan kekuatan tersembunyi bangsanya.munculah bung ini sdh saya bakar kemenyannya…

 Leave a Reply