Jul 252014
 
Tank ACV SW turret BMP 3 , FNSS Turki

Tank ACV SW turret BMP 3 , FNSS Turki

Jakarta – Salah satu prestasi dari Kementerian Pertahanan saat ini adalah mengukuhkan Kerjasama militer Indonesia dengan Turki, ke dalam tingkat undang-undang, dan Turki pun menyetujuinya. Hal ini menunjukkan Kementerian Pertahanan saat ini, sangat serius dalam tank nasional maupun roket pertahanan.

Dengan perjanjian kerjasama yang diikat oleh undang-undang, membuat Menteri Pertahanan yang baru nanti, tidak bisa seenaknya membatalkan kerjasama tersebut. Jika Menteri yang baru nanti hendak membatalkan atau tertarik untuk mengalihkan kerjasama ke negara lain, harus persetujuan DPR. Dan hal itu tidak mudah.

Di sinilah terbaca kecerdikan dan keseriusan Kementerian Pertahanan yang dipimpin Purnomo Yusgiantoro dan Wakilnya, Sjafrie Sjamsoeddin. Anda berdua dan tim, akan memetik buahnya di kemudian hari. Akan melihat Indonesia semakin tangguh dan mandiri dalam hal alutsista.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia telah menyetujui Rancangan Undang Undang tentang Pengesahan Persetujuan Tentang Kerjasama Industri Pertahanan Antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Turki untuk disahkan menjadi Undang – Undang dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-32,(10/7) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung dan dihadiri oleh Pihak Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Luar Negeri Marty M. Natalegawa serta beberapa pejabat Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri dan instansi terkait lainnya.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menjabat tangan Wakil Ketua DPR Pramono Anung, usai pengesahan undang-undang kerjasama militer RI -Turki ( photo dmc.kemhan.go.id)

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menjabat tangan Wakil Ketua DPR Pramono Anung, usai pengesahan undang-undang kerjasama militer RI -Turki ( photo dmc.kemhan.go.id)

Menhan mengatakan dengan disetujuinya RUU tentang Pengesahan Persetujuan Tentang Kerjasama Industri Pertahanan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Turki oleh DPR RI, maka telah terbentuk payung hukum bagi upaya kerjasama antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Turki yang bertujuan membangun kapasitas pertahanan dan industri pertahanan yang menguntungkan bagi kedua negara.

Kerjasama di bidang industri pertahanan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Turki telah diwujudkan dalam bentuk Persetujuan tentang Kerjasama Industri Pertahanan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Turki (Agreement of Defence of The Indutry Cooperation Between The Government of The Republic of Indonesia and The Government of The Republic of Turkey) yang ditandatangani di Angkara, Turki, pada tanggal 29 Juni 2010.

Beberapa bagian penting dalam RUU tentang Pengesahan Persetujuan Tentang Kerjasama Industri Pertahanan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Turki diantaranya:

1. Kerjasama dalam bidang industri pertahanan meliputi penyediaan berbagai fasilitas yang diperlukan bagi ruang lingkup teknis dalam hal penelitian bersama, pengembangan, produksi dan proyek modernisasi, bantuan timbal balik dalam bidang produksi dan pengadaan produk industri dan jasa pertahanan, penjualan produk akhir, pertukaran informasi ilmiah dan teknis, partisipasi dalam pameran industri pertahanan dan simposium, serta penjualan atau pembelian yang saling menguntungkan.
2. Pembentukan Komite Bersama dalam kerja sama industri pertahanan.
3. Kewajiban untuk saling melindungi hak kekayaan intelektual, informasi, dokumen dan bahan-bahan yang bersifat rahasia.
4. Komitmen kedua negara untuk mengedepankan kepentingan, keamanan dan integritas masing-masing negara.

sumber: dmc.kemhan.go.id

  31 Responses to “Kerjasama Militer Indonesia Turki”

  1. pertamax….

  2. banjir artikel……..

  3. Wow

  4. ademm diguyur artikel kemiliteran lagi

  5. turkey , . notabene anggota nato kah?

  6. Cerdik’a strategi pak beye…
    Kira2 menhan yg akan datang siapa y?
    Apa si itu…?

  7. Ini sebagai pondasi untuk kerjasama dengan turki kedepannya …
    Bung Jalo mana neh … Apa masih kecewa terkait Pak Budiman ?

  8. Turkey bisa buat attack helicopter sendiri (agusta Italy basisnya) avionicsnya dari Israel sih. Jangan cuman medium tank saja…attack heli juga, lebih murah dari apache! Bagus buat nyiram gpk…

  9. Jangan lupa kapal selamnya..hehehe

  10. Kerjasama antar Pemerintah ke dua Negara..yg di bakukan dlm bntk RUU.maka ke depannya akn menjadi Kerjasama Industri Pertahanan yg solid.yg kedepannya
    untk Kemandirian Industri Pertahanan dlm Negri.apalagi Indonesia dan Turki sama2 Negara Muslim.tp untk sepesifiknya dlm Pembuatan Alutista apa aj ya?selain Pengmbngan untk tank medium Pindad.

  11. kaprang jg jgn lp mantap tuh

  12. Ternyata sama ya reaksi orang Indonesia dengan orang Turki. Beberapa waktu lalu waktu ke Turki, saya coba menanyakan kesan mereka terhadap peningkatan hubungan bilateral kedua negara. Kita sama-sama menyambut gembira, dan mereka sangat percaya, respect and honour terhadap bangsa Indonesia. Ikatan sejarah diantara kedua negara di masa lalu, telah membawa kita pada tingkat hubungan yang sangat baik dimasa sekarang. Semoga hubngan baik yang terjalin saat ini, bisa berjalan penuh amanah, dan mampu membawa pada tingkat hubungan yang jauh lebih baik bagi anak cucu kita di masa-masa yang akan datang. Amien..!

  13. dah ngiler, pengen bingit liat binatang hasil perselingkuhan pindad ma fnss cemana..
    moga mleset jauh ma perkiraan ane..kalo persis ma perkiraan ane, wuiih bakal banyak cabe terbang hohoy 😀

  14. kabar menggembirakan sebelum hari raya bung

  15. Acv turki dan Bmp nya rusia smuany ranpur idaman saya,mantaplah klo gtu 🙂 bener2 gk sabar pengen liat hasilny

  16. Itu medium tank kan udah dimari to… malah buat selfi2 ma anak2…. apa mau dikembangkan lagi…

  17. Barangnya kan dah lama disini…. apa mau dikembangkan lagi?

  18. Smart Pak Menhan, semoga lancar kerjasamnya. Turki adalah anggota negara Nato yang pengusaan teknonogi pertahanannya standar nato ( Sudah tinggi ). Lanjutkan

  19. Yakin tulisan anda melalui analisis tajam pengamat politik atau sekedar kumur2 alay lagi nunggu langganan?
    Saya juga gk nyoblos dia tp kalo skrg anda masih ngecap gini sama aja anda menghina pilihan rakyat bung…

  20. Benar turki dan indonesia sdh lama menjalin hubungan, rakyat dari kedua negara juga berharap hubungan ini bisa memajukan kedua negara. Turki akan selalu bangga dengan masa lalunya ketika masa ottoman, kita jg selalu bangga dgn masa lalu kita ketika sriwijaya dan majapahit berjaya. Kebanggaan itulah yg akan membuat kita lbh berpretasi lagi utk mencapai kejayaan tsb. Semoga kerjasama ini bisa terwujud sesuai yg kita inginkan bersama.

  21. Kerjasamanya kalau bisa ke bidang olahraga juga SEPAK BOLA

 Leave a Reply