Feb 072014
 
Menteri Pertahanan Indonesia Purnomo Yusgiantoro dan Menhan Kerajaan Belanda Jeanine Hennis Plasschaert, Den Haag Belanda (photo:Kenyot10)

Menteri Pertahanan Indonesia Purnomo Yusgiantoro dan Menhan Kerajaan Belanda Jeanine Hennis Plasschaert, Den Haag Belanda (photo:Kenyot10)

Den Haag. Pemerintah Indonesia bersama Kerajaan Belanda sepakat menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang pertahanan. MoU Pertahanan yang diteken di Den Haag, Belanda ini, meliputi 6 bidang, mulai dari pertukaran informasi, teknologi hingga pelatihan.

Berdasarkan siaran pers yang diterima, Kamis (7/2/2014), kerjasama itu ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Purnomo Yusgiantoro dan Menhan Kerajaan Belanda Jeanine Hennis Plasschaert, di Den Haag, Belanda pada Selasa (4/2/2014).

Penandatanganan itu dianggap menjadi tonggak sejarah penting bagi hubungan RI-Kerajaan Belanda khususnya di bidang pertahanan. Kedua negara sepakat memperkuat hubungan persahabatan dan kerjasama teknis yang telah terjalin sejak lama berdasarkan penghormatan penuh terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah, prinsip-prinsip kesetaraan, tidak mencampuri urusan dalam negeri dan saling menguntungkan.

Menteri Pertahanan Kerajaan Belanda Jeanine Hennis Plasschaert, salami Delegasi Kemenhan Indonesia, Den Haag Belanda (photo:Kenyot10)

Menteri Pertahanan Kerajaan Belanda Jeanine Hennis Plasschaert, salami Delegasi Kemenhan Indonesia, Den Haag Belanda (photo:Kenyot10)

Kerjasama itu mencakup enam bidang yaitu: pertama, dialog strategis mengenai isu keamanan regional dan internasional; kedua, pertukaran kunjungan pejabat pertahanan kedua negara, baik pejabat militer maupun sipil; ketiga, kerjasama materiil pertahanan meliputi kerjasama produksi, pemeliharaan dan dukungan logistik, pertukaran dan alih teknologi dan informasi, pelatihan teknis personil dan kerjasama industri pertahanan.

Lalu keempat, pertukaran informasi dan pengalaman dalam hukum militer dan sejarah militer, penanggulangan bencana, ilmu pengetahuan dan teknologi, intelijen militer dan keamanan maritime; kelima, memperkuat hubungan antar angkatan bersenjata kedua negara di bidang pendidikan dan pelatihan, kunjungan kapal, logistik dan operasi pemeliharaan perdamaian; dan keenam, kerjasama pengembangan sumber daya manusia pertahanan kedua negara melalui pendidikan dan pelatihan.

Pemerintah Indonesia bersama Kerajaan Belanda sepakat menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding  tentang pertahanan. (Photo:Kenyot10)

Pemerintah Indonesia bersama Kerajaan Belanda sepakat menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding tentang pertahanan. (Photo:Kenyot10)

Di bidang pendidikan militer, Belanda juga menawarkan pendidikan bagi para Taruna AAL untuk menyelesaikan pendidikan penuh di Akademi Pertahanan Negeri Belanda. Sedangkan di bidang hukum, melalui Universitas Leiden, pihak Belanda juga membuka tawaran bagi para personel pertahanan RI untuk mengikuti pendidikan pasca-sarjana (S2).

Selain penandatanganan MoU, Menhan RI dan Menhan Belanda juga melakukan pertemuan bilateral bertukar pandangan mengenai situasi keamanan regional dan internasional serta membahas perkembangan proyek pengadaan kapal frigat TNI AL.

Dalam kunjungan selama 3 hari itu, Menhan RI juga berkesempatan meninjau galangan Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) di Vlissingen, lalu kunjungan ke Akademi Pertahanan Belanda (NLDA) di Breda, Universitas Leiden di Leiden dan TNO (Nederlandse Organisatie voor Toegepast Natuurwetenschappelijk Onderzoek – Dutch Organization for Applied Scientific Research) di Den Haag. (detik.com)

  74 Responses to “Kerjasama Pertahanan Indonesia Belanda”

  1. Kedua negara sepakat memperkuat hubungan persahabatan dan kerjasama teknis yang telah terjalin sejak lama berdasarkan penghormatan penuh terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah, prinsip-prinsip kesetaraan, tidak mencampuri urusan dalam negeri dan saling menguntungkan.

    ini yg saya suka : tidak mencampuri urusan dalam negeri.

  2. bukti bahwa meneer tdk lagi memandang sebelah mata tentang RI,kemarin nyesel kita ga jadi beli leopard bekasnya..makanya jangan sombong dan arogan,dunia berputar tdk selamanya dunia berada dlm genggaman barat dan tanda pudarnya sdh mulai jelas terlihat…tdk ada yg kekal di dunia ini termasuk kejayaan…

  3. PZH 2000 yang masih baru dan masih kinyis2 sebanyak 31 biji dan 55 yg bekas tapi masih operasional…….bungkus semua…

  4. Alhamdulillah…
    Akirnya belanda mulai memandang dan menghargai NKRI.

    Pertumbuhan ekonomi yang baik diatas 5% serta sikap poiitik yang netral dan menjaga stabilitas atar kawasan, membuat bangsa smakin di untungkan dalam percaturan internasional(khususnya belanja alutsista utuk mendapatkan ToT yang handal agar bangsa ini bisa segera swasembada alutsista)

    Monggo para sesepuh warjager di analisa, kira-kira apa yg didapat dari hasil penandatangan MOU pak pur ke belanda 😀

  5. Terus terang saya kok g percaya 100% dengan kelompok siberat ya..?? Mudah2an kecurigaanku ini salah.

  6. Hoax aja nih kompeni mau ngajarin kita ilmu pertahanan.punya ilmu apa mereka? kita aja pake ilmu jerman waktu melawan mereka dan mereka pusing tujuh keliling.bayar dulu itu pampasan perang.bukankah mereka sdh mengakui kedaulatan kita 17 agustus sejak th 2005.itu berarti mereka mengakui bahwa tindakan mereka adl.agresi bkn polisional.mereka harus bayar kerusakan dan penderitaan rakyat kita antara 1945 – 1950.enak aje mau pemutihan cm dengan belajar ilmu basi

  7. Bukankah memandang sebelah mata lebih bagus, bung semut geni.? Akan terlihat lebih fokus dan serius. Contohnya dalam militer, seorang sniper akan memandang sasarannya dengan sebelah mata melalui lensa teropongnya. Agar sasarannya nampak jelas dan terfokus sehingga pada saat peluru ditembakkan tepat menuju ke sasaran tersebut. 🙂

    • @bung ruskye
      benar klo sniper memicingkan sebelah mata untuk membidik sasarannya..
      klo belanda memandang sebelah mata sambil membuang muka dg sikap yg sangat sombong…memang biadab negara yg satu ini(agressor yg paling tdk bertanggung jawab di dunia)…mar

  8. Belanda sekutu AS, jika suatu saat kita terjadi konfrontasi sm sekutu AS lainnya (Aus/Singo) apakah Belanda ?ª? membantu kita??

  9. semua dunia sepertinya berlomba2 untk dt dekat dgn kita…saya harap pemerintah dpt memilah milah mana yg tulus dan mana yg tidak…

  10. Tanda-tanda mereka mulai serius melirik kita, sebenarnya sudah tercium sejak 17 Agustus 2006, ketika untuk pertama kalinya dalam sejarah penyelengaraan upacara kenegaraan dalam rangka peringatan HUT RI di Istana Negara, Duta Besar Kerajaan Belanda beserta utusan khusus mereka, datang dan turut menghadiri upacara yang penuh khidmat itu. Keangkuhan panjang yang mereka pelihara dan perlihatkan pada kita hingga berkurun lamanya, mulai meleleh dan mencair. Kitapun menyambut the Wind of Change ini dengan penuh haru, bangga dan bahagia. Bagaimana tidak, kita yang sejak kecil diajari oleh guru-guru kita dibangku sekolah tentang hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 1945, ternyata bagi mereka nun jauh di Belanda sana, kemerdekaan kita hanya diakui baru bermula sejak 1 Oktober 1962, tepat ketika Irian Barat(Papua sekarang), secara resmi menjadi bagian dan satu kesatuan yang tak terpisahkan dari rangkaian bumi pertiwi melalui perundingan damai yang diprakarsai UNTEA, setelah sebelumnya, pada 1961, Bung Karno menyerukan pembentukan Tri Kora yang dikomandani Mayjend Soeharto dan bermarkas di Makassar, sebagai bentuk penentangan dan reaksi keras bangsa Indonesia terhadap sikap Belanda yang secara gamblang dan nyata, ingin menjadikan Irian Barat sebagai negara boneka mereka. Mereka telah menodai isi perjanjian yang telah disepakati dalam Konferensi Meja Bundar(KMB) yang diselenggarakan di Den Haag, Belanda pada 23 Agustus 1949 – 02 November 1949.

    Dalam hasil KMB, memang tidak mencantumkan Irian Barat. Tetapi pengakuan atas kedaulatan RIS yang sejatinya akan diberikan Belanda dalam kurun waktu setahun, justru dijawab oleh Belanda yang bersikap lebih memilih menjadikan Irian Barat sebagai negara boneka mereka. Inilah yang kemudian memicu kemarahan besar bangsa Indonesia.

    Masih ada fakta sejarah yang sesungguhnya luput dalam sejarah berdirinya NKRI, yakni motif terjadinya Agresi Militer Belanda kedua pada 1949. Sebelum berangkat ke Belanda untuk menghadiri KMB, delegasi Indonesia yang waktu itu diwakili oleh Drs. Moh. Hatta, Mr. Moh. Roem, dan Dr. Mr. Soepomo telah mengetahui salah satu tuntutan dari pihak Belanda yaitu tentang pengakuan atas utang Hindia Belanda sebesar US$ 4 miliar. Berbekal lampu hijau dari Bung Karno, kita menyepakatinya sebagai sebuah ongkos kedaulatan. Namun karena sikap Belanda yang inkonsisten, maka Bung Karno memilih sikap untuk membiarkan utang itu tetap menjadi milik Hindia Belanda. Inilah yang kemudian memicu agresi militer itu, yang tujuannya sangat jelas, Belanda ingin memaksakan kehendaknya. Gagal dalam agresi, Belanda kemudian memilih jalan halus, dengan mengusulkan dibentuknya IGGI sebuah kelompok multilateral yang diketuai Belanda dan bertujuan untuk menghimpun dana pembangunan Indonesia. Di bawah kepemimpinan Soeharto, akhirnya kita menyepakati reschedulling hutang itu selama 35 tahun. Bermula dari 1968, hutang itu telah lunas pada 2003, dan hutang kita yang tersisa saat itu adalah sebesar US$66,8 miliar(entah sampai kapan kita akan terbebas dari jeratan hutang ini).

    Kembali ke moment kerjasama pertahanan Indonesia-Belanda yang diwakili oleh kedua Menhan. Selain point-point yang telah disepakati tersebut, kita juga harus punya misi sendiri, yang salah satunya adalah membentuk persepsi dan opini publik Belanda tentang Indonesia. Butuh waktu yang cukup panjang untuk mengubah paradigma sebuah kelompok masyarakat terdidik, karena setiap perubahan akan memerlukan argument yang rasional buat mereka. Tidak usah jauh-jauh, dalam hal tahun kemerdekaan kita aja, walaupun pemerintah mereka secara resminya mengakui kemerdekaan kita pada 1962, tapi bagi beberapa kalangan ada yang masih menganggap 1968. Hal terakhir ini berdasarkan pada hasil referendum masyarakat Papua, sebagai hasil kesepakatan dengan UNTEA.

    Kita secara sadar harus memahami bahwa kerjasama yang ditandatangani oleh kedua menhan ini, bukanlah moment untuk memetik hasil hubungan Indonesia-Belanda yang selama ini telah terjalin, tapi harus dimaknai sebagai titik awal dari sebuah hubungan yang didasari oleh prinsip kesetaraan. Hal ini menandakan telah terjadinya perubahan cara pandang mereka terhadap kita. Masuknya Indonesia dalam kancah G20 dan menggeser posisi mereka dalam deretan 20 negara dengan ekonomi terbesar dunia, menjadi turn point mereka untuk memandang penting eksistensi Indonesia dengan segala potensi yang bahkan mereka sendiri tidak memilikinya. Jalan terus pak Pur, selanjutnya tugas kita jugalah untuk merefleksikannya….

    • bung yayan, untuk yang 1 ini saya beda pendapat 180°

      17 Agustus 2006, pertama kalinya dalam peringatan HUT RI di Istana Negara, Duta Besar Kerajaan Belanda beserta utusan khusus mereka hadir. Keangkuhan panjang yang mereka pelihara dan perlihatkan pada kita hingga berkurun lamanya, mulai meleleh dan mencair.

      > mau terus angkuh sampai akhir jaman monggo, EGP?, kita bisa membangun tanpa bantuan smurf kok…

      Kitapun menyambut the Wind of Change ini dengan penuh haru, bangga dan bahagia.

      > mau berubah boleh, gak berubah gpp, kita sikapi tanpa emosi, datar2 saja.
      kalau RX-1550 melesat ke angkasa dengan gemuruh, boleh rada haru,rada bangga, rada bahagia…
      si smurf tidak cukup penting untuk membuat emosi kita bergejolak…

      Bagaimana tidak, kita yang sejak kecil diajari oleh guru-guru kita dibangku sekolah tentang hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 1945, ternyata bagi mereka nun jauh di Belanda sana, kemerdekaan kita hanya diakui baru bermula sejak 1 Oktober 1962,

      > kalaupun hingga hari ini mereka tetap tidak mengakui, kita gak akan sengsara kok, masih ada 190+ negara di dunia…

      harusnya kita menyewa pembunuh bayaran mafia Rusia untuk menyuntik si Westerling dengan polonium di rumahnya…

      • Sebagai bandingan boleh kita tampilkan para nazi hunter,yakni orang2 Yahudi yang ingin memberi ganjaran setimpal kepada para perwira Nazi seperti Klaus Barbie, the “Butcher of Lyon”, Adolf Eichmann dan Josef Mengele, the “Angel of Death”,

        A Nazi hunter is a private individual who tracks down and gathers information on alleged former Nazis, SS members and Nazi collaborators involved in the Holocaust, typically for use at trial on charges of war crimes and crimes against humanity. Prominent Nazi hunters include Simon Wiesenthal, Tuviah Friedman, Serge and Beate Klarsfeld, Ian Sayer, Yaron Svoray, Elliot Welles, and Efraim Zuroff.

      • Hehehe..! Thanks Bung Danu atas sanggahannya. Saya bisa merasakan segala yang Bung Danu rasakan. Sama sekali tidak berbeda dengan sikap pribadi saya seandainya saya juga memandang dengan cara Bung Danu memandang. Saya yakin, yang berbeda diantara kita adalah objek pandang kita terhadap konteks tersebut. Coba seandainya apa yang terjadi pada Indonesia dan Belanda itu sebuah alur cerita dalam sebuah film, dan Bung Danu sedang berada di depan layar menyaksikan rangkaian kisah heroik sebuah bangsa besar yang selama lebih dari 350 tahun dijajah, dihina, dinista dan didusta, bermeta morphosa dan menjelma menjadi sebuah bangsa yang digdaya, disegani oleh lawan dan dihormati oleh kawan. Maaf, waktu zaman SMA dulu, Bung Danu pernah ikut tawuran gak? Kebetulan saya mengalaminya. Hal yang paling membanggakan buat saya saat itu, bukanlah penghormatan dari sahabat atas kemenangan demi kemenangan dari berbagai perkelahian yang kita lakoni. Tapi justru pengakuan lawanlah, yang lebih terasa nikmat.
        Mungkin saya telah bersikap salah dengan menganalogikan pengalaman saya pada konteks hubungan Indonesia-Belanda. Maaf jika saya terlalu melankolis, tapi tidak berarti saya tidak nasionalis.
        Soal Westerling? Gak usah repot-repot menyewa mafia Rusia. Tanpa kita kejarpun, dia sudah dikejar-kejar oleh rasa ketakutan yang luar biasa. Ingat, dalam sejarah World War, perang mana sih yang dianggap paling maut? Jawabannya adalah perang di Indonesia. Tercatat, kitalah negara yang berhasil membunuh sang Jenderal Mallaby dalam perang. Jika seorang jenderal yang selalu berada dalam perlindungan serdadunya bisa terbunuh, bagaimana dengan nasib para prajuritnya. Dan kita juga bisa membayangkan betapa sengitnya perlawanan bangsa kita dalam perang tersebut. Sejarah ini tidak akan pernah terhapus dari kamus sejarah perang dunia. Kita sangat berbangga, dan kita tahu bahwa Belanda sangat terluka dan murka.
        Salam hangat Bung…

      • bung yayan, saya dapat menangkap perumpamaan anda sepenuhnya, tapi mungkin beda sedikit, rasa penuh haru, bangga dan bahagia disertai mata berkaca2 mungkin terjadi jika timnas U-19 tour ke Eropa dan menang 1-0 atas barcelona di camp nou,
        bisa juga dirasakan oleh james buster douglas yang meng-KO tyson yang dulu seakan tak terkalahkan…

        dengan si londo yang ada mungkin hanya emosi geram yang diredam agar bisa tampil santun…

        http://www.rnw.nl/data/files/imagecache/must_carry/images/lead/article/2012/06/rawagede6_1.jpg

        sekedar catatan tentang jenderal KIA;

        Yekutiel Adam went to study in the war academy in France in 1964-66 and returned to assume the rank of colonel. In the Six-Day War, he served under Ariel Sharon, proving his worth.
        He was the commander of the Operation Entebbe, the 1976 raid at Entebbe airport in Uganda.
        In 1982, Prime Minister Menachem Begin announced Adam’s appointment to as head of the Mossad, in replacement of Yitzhak Hofi.

        He was killed in the 1982 Lebanon War before he could take up his post.
        On June, 10, the fourth day of the war, Major General Adam and a group of Israeli officers were commanding operations from an appropriated villa in Dawha near the town of Damour some 12 kilometers south of Beirut. When the area was shelled by Palestinian mortars, Adam and two other officers descended to the basement to take cover. A Palestinian fighter, who was hiding there, opened fire killing Adam and fatally wounding Col. Chaim Sela. Yekutiel Adam was deputy Chief of Staff and thus the highest ranking IDF officer ever to be killed in battle…

        Yang lebih murka dengan tewasnya Mallaby mungkin Inggris 🙂

        • Timnas U-19? Yes..! Saya merasakan ada sesuatu yang berbeda dalam tim ini. Dan inilah Timnas yang saya anggap nasional banget. Saya juga berdoa dan berharap untuk kemajuan Timnas kita ini di masa yang akan datang. Semoga bisa menjadi sebuah kebangsaan bangsa dan negara Indonesia. Amin..!
          Soal reaksi kita terhadap perubahan sikap Belanda terhadap bangsa kita, boleh diaktualisasikan dengan cara berbeda. Tapi saya yakin harapan kita akan terwujudnya kesetaraan dalam horizon paradigma bangsa Holland khususnya, ataupun Eropa pada umumnya, bisa segera terwujud. Semoga wujud Indonesia sebagai negara yang besar dan disegani dunia, bisa menjelma secara lebih nyata dan dirasakan manfaatnya oleh segenap lapisan rakyat Indonesia. Amin..!
          Soal Jenderal Mallaby, memang benar Inggris sangat murka. Tapi peristiwa itu terjadi justru disaat Inggris sedang bahu membahu, membantu Belanda dalam perebutan kembali Indonesia. Gugurnya sang Jenderal, membuat pemerintah Belanda mendapat tekanan dari Inggris, dan menilai Belanda sebagai sekutu yang tidak mumpuni dan ingkar terhadap jaminan keamanan yang diberikan pada perwira Inggris. Efek psikologisnya,bukan hanya dirasakan oleh pihak Inggris, tapi juga oleh pihak Belanda. Moment ini telah mengubah persepsi sekutu terhadap kemampuan taktik dan strategi yang dimiliki para pejuang Indonesia.

        • Terima kasih bung Wehrmact atas ulasannya. Bukan sekedar info tapi juga knowledge yang sangat berharga buat kita semua. Peristiwa tersebut tentu terjadi disaat sistem persenjataan kita masih morat marit, dan bahkan hanya mengandalkan senjata hasil rampasan. Kita patut bersyukur, ditengah segala kekurangan yang kita miliki ternyata kita justru dianugrahi talenta dan karakter militansi yang unggul. Tidak ada alasan dan bukan sesuatu yang mustahil jika kelak kita mampu memukul telak setiap musuh yang datang, sebesar apa pun itu. Fakta sejarah tersebut di atas ingin menjelaskan pada kita, bahwa secanggih apapun senjata lawan yang disandang, akan mampu ditangkis oleh inner power yang kita miliki. Senjata hanyalah alat semata, kelihaian dan kecerdikan sang kesatria adalah penentu kemenangannya, persatuan dan kesatuan yang lebih sering kita dengar daripada kita merenungkannya, telah berperan bukan hanya sebagai penangkis serangan, tetapi juga sebagai tameng perlindungan. Kekuatan terbesar suatu bangsa bukan terletak pada senjata yang dimilikinya, tapi ada pada kekuatan perekat rantai keutuhan bangsa itu. Salam, Bung…!

        • PANCASILA ….pastinya..

        • bung wehrmacht, belanda malah bukan ayam sayur, tapi sayur, pada PD II kekuatan utama tentara mereka dipatahkan jerman dalam 4 hari, penaklukan seluruh belanda tuntas dalam 1 minggu (tapi kita tetap beli alutsista ke negara sayur).

          kita dijajah belanda 350 tahun, jika sekarang kita bersikap ‘no hard feeling’ dan bermanis2, pertanyaannya israel pernah bersalah apa terhadap kita ?

          israel memang raja culas, tapi kita justru perlu belajar pada yang terbaik, karena kita dikelilingi negara2 culas…

          We have no eternal allies, and we have no perpetual enemies. Our interests are eternal and perpetual, and those interests it is our duty to follow.
          -Henry John Temple Palmerston, Remarks in the House of Commons, March 1, 1848.

          Dalam forum2 resmi PBB atau internasional lain kita boleh menjadi pendukung
          kuat perjuangan Palestina, tapi tetap kepentingan nasional no. 1. Jika kepentingan nasional membutuhkan alutsista dari Israel, ya beli lewat jalan samping.

          Operation Entebbe adalah contoh bravery campur tipuan mission impossible + persiapan dan perencanaan yang rumit (membawa sedan mercy hitam seperti milik idi amin + land rover pengawalnya),
          4 C-130 terbang pada ketinggian 30m untk menghindari radar Arab Saudi, Mesir dst, mendarat di Entebbe yang merupakan sarang Mig AU Uganda tanpa kawalan pespur dst…

          kalau kopassus atau paskhas memiliki kemampuan setara ya bagus, kalau belum gak ada salahnya (diam2) berguru pada mereka

          • Perlu sy ingatkan bahwa israel bs sukses operasi karena beli info dari CIA dan MI15 terutama data satelit mata2.tanpa itu mereka bukan lg ayam sayur tp chickenshit.menurut sy israel tdk hebat.yg hebat pihak bayaran di belakangnya.

            Belanda memang rontok 3 hr di dobrak jerman tp hrs diakui cm mereka negara barat yg mau berbagi alutsista dgn kita dan kedepan mungkin teknologi.teknologi belanda mungkin bkn yg plg mutakhir tp itu adl.gerbang kemandirian kita yg menuntut untuk kita kembangkan

          • silakan anda menilai seperti itu, yang pasti india yang telah menguasai teknologi luar angkasa dan nuklir mengakui keunggulan teknologi senjata israel. kita? dulu A-4, sekarang heron, kalau masih ada yang lainnya demi kepentingan nasional, maju terus ! (alat sadap kpk katanya juga dari sana)…

          • saya gak yakin data+analisa intelijen CIA unggul dari mossad, buktinya operasi komando Eagle Claw yang akan membebaskan sandera ex kedubes AS di teheran malah gagal total di gurun iran…

          • Kita beli sma israel karena “diarahkan” oleh kolega2 pimpinan TNI yg lulusan leavenworth dan benning (termasuk sby?).sama seperti saat kita beli skyhawak bekas israel itu karena AS mau ngasih F16 sehingga israel hrs cuci gudang.israel aja pake uav buatan AS lalu kenapa kita tdk pake punya AS sekalian?

            AS gagal dlm eagle claw karena cuaca badai debu yg membuat heli as mengalami gangguan mesin sehingga standar operasi tdk dpt dipenuhi dan hrs di tinggalkan jd bkn karena minim data atau info.kalau mossad lebih hebat dr as/inggris apa kabar dgn insiden munich yg menewaskan seluruh atlet israel?padahal yg dihadapi cm gerombolan pejuang palestina.kmana aja mossad yg gagal melindungi atletnya yg sdh jelas2 berada di negara yg pernah menginjak kepalanya?itu artinya mossad masih agen kelas teri tanpa dukungan cia dan mi15

            Sisanya terserah anda saya enough

          • kalau cia hebat, buktinya ada insiden panam / lockerbie / bom libya ?

            kemungkinan badai debu tidak diperhitungkan, berarti perencanaan tidak matang / tidak ada data pola cuaca mikro / gurun…

            sama, saya enough…

  11. baru dapat informasi tadi sore pesawat tempur singapore memasuki batam,… f16

    • singapure lagi pamer kekuatan di batam……
      kemarin AUSIE,….pemer kekuatan di laut….melanggar wilayah indonesia
      sekarang SINGAPURE……pamer kekuatan melanggar wilayah udara indonesia…
      negara mana lagi yang akan melanggar wilayah NKRI…? USA,malaysia,atw india….dll

      • punya Aussi tuh

      • Negara pakistan mungkin selanjutnya .. 🙂

        • @ ibu rusky

          tak mungkin lah. pakistan…dia takut..!
          karena kita punya rudal balistik..jarak jauh
          seperti ini;

          http://img824.imageshack.us/img824/6379/xna8winu.jpg

          juga kita punya pesawat canggih dengan rudal
          seperti ini

          http://img69.imageshack.us/img69/6695/5wgj2bfh.jpg

          juga rudal anti tank yang sangaatttt canggih
          seperti ini

          http://img152.imageshack.us/img152/7896/rockethumancopy.jpg

          ingin pesan rudal2 seperti ini…

          HUB : BUNDA NOWYOUDONT

          hehe he
          santai aja bu rusky

          • @ ibu rusky

            tak mungkin lah. pakistan…dia takut. lah .!
            karena kita punya rudal balistik..jarak jauh
            seperti ini;

            http://img824.imageshack.us/img824/6379/xna8winu.jpg

            salesnya ibu nowyoudont

            he he he
            santai aja bu

          • tabung gas nya sapa tuch bung@oke :)…

          • Ngirim gambar tipu muslihat aja bangganya bukan kepalang.
            Dasar pengkhayal tingkat rendah…kelas E Di.

          • Gas 3kg memang setroong he he he..,

            Headline: “Sales girl JF sulfur tewas gantung diri setelah produknya ditembak jatuh gas 3kg” :mrgreen:

          • Siapa tuh yg berani nembak jatuh JF sulfur.? Tolong bung Now carikan orangnya yg nembak, akan saya beri medali kehormatan dia + saya beri tunjangan orang kaya seumur hidup…. 🙂

          • neng A***** jangan banyak bercanda lebih baik kasih leak saja biar pada happy di sini. biar lebih colorfull, dari sumber bung surya dan bung satrio. silakan dilanjut.

          • @ bang alugoro…

            ini ke saya yah…?

            ia ..ia..ia…baiklah saya ngak banyak bercanda bang…untuk colerfull .tak mungkin lah bang alugoro..? dari anda2 saja sudah saya bisa baca…apa ke inginan kalian ,…silahkan surya and satrio cs lihat2 saja untuk belanja 2 dan pelajari yang terbaik…tetapi jangan lupa garis kebijakan pemerintah yang “non block” dan jangan lupa budgetnya…,
            dan biar “montblanc” bintik putih yang akan menentukan…

            he he he
            santai aja bang

          • jf-17 tdklah seburuk dugaan mayoritas forumer. beberapa rule juga bisa dilakoni oleh pesawat seharga usd 25jt dengan kemampuan bvram di blok 2 dst.

            http://www.network54.com/Forum/211833/thread/1376639970/last-1377014228/Pakistani+JF-17+to+start+mid-air+refuelling+by+end+of+summer

            http://www.network54.com/Forum/211833/thread/1387451062/last-1388754642/Production+of+improved+version+of+JF-17+aircraft+launched

            hanya saja sekarang belum saatnya dijadikan pilihan. jika pakistan sudah bisa membuat guidance untuk rudal2 yg akan dipakai di jf-17, baru boleh tukar guling pengembangan jf-17. gripen sendiri juga mayoritas part dari us+brit seperti laman berikut :

            http://www.network54.com/Forum/211833/thread/1387468415/last-1387468415/Gripen,+the+TRUE+Swedish+fighter

            jika diperhatikan sangat riskan dengan embargo. tetapi yang diincar kemungkinan memang dibeberapa item yang menjadi porsi dari swedia. jika digabung dengan teknologi kfx, terutama penggunaan material komposit, engine yang lebih baik (turki/canada ?) dan desain lo pastilah jf-17 akan semakin tangguh dengan kemampuan untuk menembakan rudal nato maupun rusia. sekali lagi tidak untuk sekarang ini. karena kita sedang berusaha mendapatkan akses teknologi tinggi. sebagai gantinya pakistan bisa memberikan akses penguasaan teknologi roket dan guidance yang didapatkan dari china.

          • @ bang alugoro

            #jf-17 tdklah seburuk dugaan mayoritas forumer. beberapa rule juga bisa dilakoni oleh pesawat seharga usd 25jt dengan kemampuan bvram di blok 2 dst.#
            KALAU ORANG NORMAL BILANG…..HOIII… LOE BISA BIKIN APA NGAK…??

            #hanya saja sekarang belum saatnya dijadikan pilihan. jika pakistan sudah bisa membuat guidance untuk rudal2 yg akan dipakai di jf-17, baru boleh tukar guling pengembangan jf-17. gripen sendiri juga mayoritas part dari us+brit seperti laman berikut :#

            GUIDANCE UNTUK JF 17 ..PAKISTAN SUDAH LAMA BISA DIBUAT,
            TETAPI INI MASIH DALAM LIST PENGGUNAAN RUDAL CHINA

            #jika diperhatikan sangat riskan dengan embargo. tetapi yang diincar kemungkinan memang dibeberapa item yang menjadi porsi dari swedia. jika digabung dengan teknologi kfx, terutama penggunaan material komposit, engine yang lebih baik (turki/canada ?) dan desain lo pastilah jf-17 akan semakin tangguh dengan kemampuan untuk menembakan rudal nato maupun rusia. sekali lagi tidak untuk sekarang ini. karena kita sedang berusaha mendapatkan akses teknologi tinggi. sebagai gantinya pakistan bisa memberikan akses penguasaan teknologi roket dan guidance yang didapatkan dari china.#

            PRODUKSI BERSAMA DENGAN INDONESIA UNTUK JF 17 BLOCK 2/3….

            .YUP…ITULAH TUJUAN UTAMANYA TEKNOLOGI ROKET DAN GUIDANCENYA

            * kalau pilih gripen… itu baik..tapi tot nya..,..sangat rentan embargo..!
            kecuali produksi bersama seperti jf 17..kalau gripen bisa..!!.jujur saya juga pilih gripen..!!
            * untuk kedepannya jf17 blok 3..mulai produksi thn 2016..
            ini pesawat gen 5…!
            * jf 17 blok 2 di buat untuk mengimbangi india yang menggunakan su 30 mki dan tejas,juga rafale
            jf 17 block 3 dibuat untuk tandingan fakfa india ,bahkan f 22 dan f 35 USA.

            bang ane sudah ngak jadi sales lagi…
            he he he
            santai aja bang

          • jf17 block 3 = pesawat gen 5.?
            Logika awam saja, jika memang benar, maka china sebagai pemasuk komponen utama pesawat tersebut tidak perlu bersusah payah mengembangkan J20 pesaing raptor dan J31 pesaing f35, cukup memproduksi jf17 aja yg notabene adalah hasil rancangan mereka jg.
            jf17 next generation memang bakal menjadi pesawat andalan AU pakistan nantinya yg merupakan hasil karya sendiri (yg bakal dipersenjatai rudal tabung gas). Sama dengan IFX yg akan menjadi pesawat andalan TNI AU nantinya hasil rancangan sendiri (dipersenjatai rudal beneran rancangan pindad dan lapan)
            Intinya kemandirian alutsista, dan tidak bergantung pada luar 100 %.
            Begitu maksudnya …neng oke lah.

    • Mungkinkah karena polemik KRi Usman Harun?

    • F-16 yg ngisi Pekan Baru sepertinya,

  12. kri klewang dah jadi lo…kemarin dah dibawa kri banjarmasin

  13. Indonesia sedang membangun kekuatan militer yg dahsyat dan pesat, dan tidak seperti negara lain yg membangun dalam waktu lama dan mandiri, dengan risiko mendapat musuh lebih banyak.
    Indonesia membangun kekuatan dgn kerjasama dengan banyak negara apakah TOT atau pembelian langsung. (dalam tempo yg sangat cepat/terpesat di dunia,dalam tiga tahun )

    Kedepan akan banyak negara memanas-manasi kita, dgn tujuan agar kita terpancing dan bertindak bodoh lalu dgn mudah mereka mengacaukan acara modernisasi alutsista kita. Yang kita tetap tenang dalam menyikapi berbagai macam godaan seperti ini, tetap bersikap wajar dan terukur.
    Hari ini Singapura, kemaren Australia. Entah besok siapa.

    Berkaitan dgn topik ini, kita telah menapaki langkah yg tepat menjalin kerja sama kembali dgn Belanda.
    Kedepan Belanda harus menjadi sahabat/ mitra utama kita di Eropa, Dalam benak saya, jika kita sudah memiliki lima kapal induk. dan visi, pertahanan kita ” pertahanan jauh dari perbatasan ” maka Belanda seharusnya dapat kita jadikan Pijakan untuk pangkalan militer kita di Eropa. Begitu juga dgn Suriname, dan negara-negara yg memiliki kaitan sejarah dgn Belanda. Kita akan membentangkan pertahanan kita diseluruh dunia. dgn pijakan dgn saudara-saudar kita, atau kakak beradik kita. kita berkumpul kembali dan saling melindungi.
    Walaupun selanjutnya dengan negara sahabat yang lain.

    Hal ini akan terjadi tidak lama lagi, mungkin 20 s/d 30 tahun yg akan datang.

    Kedepan pemberian nama kapal ataupun hal semacam ini, harus lebih dipertimbangkan dengan matang dan hati-hati, jgn menambah banyak faktor yang akan mengganggu modernisasi alut sista kita.
    Hal – hal seperti ini harusnya masuk kajian mendalam terlebih dahulu, di mabes.

  14. Mana bukti kri klewang udah jadi bung erte

  15. Sebagai Calon negara Adidaya baru, Indonesia harus lebih bersahabat, Sejuk, mengayomi dan melindungi, karena disitulah tempat kita mengambil posisi di masa akan datang, tentunya hal ini akan makin mempercepat mamfaat ekonomi yg maha besar dari negara calan Adidaya Baru yaitu Indonesia.

    Hilangkan kesan agrresip. Arogan dan expansip. perbanyak tenggang rasa. Jangan mentang-mentang.

    Jgn pula seperti singapure, atau malaysia. mentang-mentang ekonimi mereka lebih baik lalu mentang-mentang, arogan dan lain-lain.

    Kalau hal itu yg terjadi pada Indonesia akibatnya akan berbeda dgn apa yg dialami Singapura dan malay sia. Karena Indonesia lebih besar, lebih luas. tentunya spektrumnya juga lebih besar dan luas.
    bahkan mungkin peristiwa-peristiwa semacam ini (insiden Ausie & singgapure) pastinya mendapat perhatian luas dari regional bahkan global, terutama mereka melihat bagaimana reaksi kita terhadap berbagai masalah. “SEMAKIN BESAR KITA SEMAKIN BESAR PULA KEBUTUHAN UNTUK SEMAKIN RENDAH HATI DAN SIKAP JIWA BESAR KITA”.

    • Ya.. sy setuju dgn pendapat anda. Seperti pepatah, “contohlah padi, smkn berisi smkn menunduk!”
      Dan.. reaksi pemerintah kita thdp apa yg dilakukan malaysia, australia & singapore menurut sy pribadi sdh tepat! Hanya sayang, negara2 tsb mmg tdk tahu diri!

  16. semoga pimpinan kita dapat memberi solusi yg terbaik dengan kejadian pesawat singapura.mereka mulai unjuk kekuatan.sekarang sudah tersingkap siapa lawan dan siapa kawan.tidak ada kawan sejati di dunia ini.banyak negara yg ingin militer kita tetap kerdil,karena mereka melihat potensi besar yg kita miliki

  17. Alutsista Baru Untuk Pengawal Republik

    Yang Mulai Berdatangan di Tahun Kuda Kayu 2014
    TNI AU
    · 12 Pesawat coin Super Tucano (pesan 16 unit, 4 sudah datang)
    · 16 Jet tempur Golden Eagle (sudah datang semuanya Jan 2014)
    · 8 Jet tempur F16 setara blok 52 ( jumlah pesanan 30 F16 upgrade)
    · 5 Pesawat angkut sedang CN295 ( pesan 9 unit, 4 sudah diterima thn 2013)
    · 8 Pesawat angkut berat Hercules ( pesan 9 unit, 1 sudah diterima thn 2013)
    · 6 Helicopter Cougar
    · 6 UAV Heron
    · 4 Radar Thales
    · 1 Simulator Sukhoi

    TNI AL
    · 37 Tank amfibi BMP3F ( sudah datang dan diserahkan resmi Jan 2014)
    · 25 Kendaraan amfibi LVTA1 dari Korsel (hibah batch 2)
    · 5 Tank amfibi jenis BTR-4 ( Pesanan sebanyak 55 unit)
    · 10 MLRS RM Grad
    · 11 Helikopter anti kapal selam Panther
    · 4 Pesawat intai maritim CN235 MPA
    · 4 Helicopter angkut Bell 412 Ep
    · 3 Kapal perang light fregat “Bung Tomo Class”
    · 3 Kapal perang jenis KCR (Kapal Cepat Rudal) 60 m
    · 2 Kapal perang jenis KCR 40 m
    · 3 Kapal perang jenis LST (Landing Ship Tank)
    · 2 Kapal perang jenis BCM (Bantu Cair Minyak)
    · 3 Kapal perang jenis patroli cepat
    · 1 Kapal perang jenis latih layar
    · 2 Kapal selam Kilo
    · 2 Kapal hydrografi

    TNI AD
    · 103 MBT Leopard II
    · 50 Tank Marder
    · 38 Howitzer Digital Caesar Nexter
    · 36 MLRS Astross II Mk6
    · 900 Truk angkut pasukan
    · 800 Rantis
    · 80 Panser Anoa
    · 5 Battery Rudal Starstreak
    · 5 Battery Rudal Mistral
    · 180 Rudal Anti Tank Javelin
    · 150 Rudal Anti Tank Nlaw
    · 20 Helikopter Bell 412Ep (6 sudah diserahkan)
    · 16 Helikopter Fennec
    · 6 Helikopter Mi17

    Yang sedang dibuat dan ditunggu
    · 3 kapal selam Changbogo di Korsel
    · 2 kapal perang jenis PKR di Belanda (opsi sampai 10 unit)
    · 8 Helicopter Apache
    · 1 kapal latih layar buatan Spanyol (pengganti Dewaruci)

    Yang sedang dalam proses pengadaan
    · 16 jet tempur Sukhoi SU35
    · 6 kapal selam Kilo
    · 12 Helikopter Blackhawk

    GAMBARAN MEF 2 (2015 – 2019)
    · Pengadaan satelit militer
    · Penerapan Kogabwilhan
    · Pemenuhan alutsista 3 Divisi Marinir
    · Pemenuhan alutsista 3 Divisi Kostrad
    · Pengadaan sistem jaringan pertahanan udara strategis
    · Pengadaan peluru kendali SAM jarak sedang
    · Pengadaan peluru kendali SAM jarak pendek
    · Pembelian 2-3 kapal perang jenis Destroyer
    · Pembelian 5-6 kapal perang jenis Fregat
    · Pengadaan 2 kapal perang jenis LPD atau LHD
    · Lanjutan Proyek PKR 10514 dengan 4 opsi kapal perang
    · Lanjutan Proyek KCR 60 m dengan opsi 6 kapal perang
    · Lanjutan Proyek KCR 40 m dengan opsi 6 kapal perang
    · Penyelesaian 3 kapal selam Changbogo
    · Kedatangan 6 kapal selam Kilo
    · Kedatangan 1 skuadron jet tempur Sukhoi SU35
    · Penambahan 1 skuadron jet tempur (Gripen, Rafale, Typhoon)
    · Produksi bersama peluru kendali anti kapal C705
    · Pengembangan varian peluru kendali C705
    · Pengembangan Roket Rhan jarak tembak 100 km
    · Pembelian 7 pesawat CN295 batch 2
    · Pembelian 3 pesawat AEW
    · Pembelian 2 pesawai intai strategis
    · Pembelian 200 MBT (Main Battle Tank)
    · Produksi 100 Tank medium Pindad
    · Pembelian MLRS Astross batch 2
    · Pembelian 100 Panser Anoa Canon
    · Pembelian 100 Tank amfibi BMP3F

    sumber http://analisisalutsista.blogspot.com/2014/02/alutsista-baru-untuk-pengawal-republik.html semoga bukan angan – angan amin.

    • busyet bisa menguncang kawasan

    • Bissmillah tercapai..Aminnn

    • pak haji emang oke, setuju dengan prediksinya..(kecuali 1 sk gripen/raf/typ)
      jauh deh,kurang joss, mahal, rawan embargo..

    • Tahun Kuda 😀

      Itu bukan angan2 tapi memang data valid dan estimasi terukur. Mengenai Sigma 10514 bukannya opsi sampai 20 unit?

    • Pak Marsekal mantap bener datanya tanks !
      Aku bantu Aminin aja pak, semoga terelisasi sesuai jadwal ………. Amin Amin Amin !

    • pada MEF 2 nanti akan semakin gahar para punggawa NKRI tengok aja di gambaran MEF2 ada SAM jarak pendek dan SAM jarak menengah dan juga SAM jarak jauh.kalo masalah pespur selain SU35 sudah tentu Gripen yang akan dipilih karena TOT untuk menunjang pembuatan Pesawat tempur buatan indonesia.

      JAYALAH NEGERI KU INDONESIA

    • Mengenai roket ya, kok saya kurang puas ya, kalau hanya mengandal kan RHAN, sekarang aja seret,
      pengalaman yg udah udah, belasan tahun gini-gini aja.

      Bagai mana kalau kita cari mitra baru yg lebih mumpuni, semisal Rusia, Negara-negara Eropa, atau bila perlu uncle USA. minta tolang TOT nya, ngg apa apa deh hanrganya kejam dan manusiawi, toh sekali ini doang.

      Siiiippp nggak..!!

  18. f16 yg terbang rendah di batam punya aussit gan

  19. mantab MEF 2 ada SAM jarak menengah moga saja si s300+pantsyr1+ BUKM nya jadi diambil

  20. 2-3 kapal perang jenis Destroyer wih serem :v

  21. 2014 moga pak ngurah rai jadi menhan biar list di atas terwujud semua heheh

  22. Kerjasama pertahanan dgn China, Spanyol, Belanda.. lalu bagaimana kira2 dgn India?

    Akan ada latihan bersama TNI AL dan Indian Navy di timur samudera Hindia, dekat kepulauan Andaman di utara Aceh. Dan yang menarik, waktu pelaksanaan joint exercises ke dua negara akan berlangsung (atau dibayangi) latihan perang PLAN di jalur keluar selat sunda di samudera Hindia, nah lho.., tarik2an India-China semakin kuat di kawasan rumah, menambah rumit skenario rebutan pengaruh China-US-Jepang

    “The announcement of bilateral maritime exercises won’t tip this balance right away, but Indonesia may have to make some tough choices in its future” -thediplomat

    Pilih yang mana? Bisakah RI tetep netral jika persaingan semakin mengambil benyuk nyata?

    • @bung Nowyoudont
      kapan latihan bersama itu ya?
      Menarik untuk dikaji,…

    • kayaknya latihan militer India – Indonesia bisa bikin ASU gerah. dan pasti Armada 7 nya ga akan tinggal diam langsung pasang mata dan telinga dah. dan kayaknya prediksi tom clancy lama2 bisa terjadi neh

    • bung @frizzy, latihan AL Indonesia-India berlangsung tiap tahun antara bulan April-Oktober. Tapi tahun ini katanya akan menyertakan lebih banyak kapal dalam latihan.

      India dan China sama2 memandang Indonesia sebagai pivot penting di SE Asia. Hanya saja jika perang laut diantara mereka terjadi, maka akan berlangsung di halaman rumah kita. India itu wilayahnya kan sampai P.Andaman, cuma ‘sepelemparan batu’ dari Aceh, dan China mengklaim wilayah sampai laut utara Natuna. Kita bersama Malaysia, Sg dan Thai berada di tengah2. Wacana untuk membuat terusan yang memotong semenanjung Asia Tenggara di Thailand selatan masih tetap hidup dan mengancam jalur ekonomi selat Malaka

      Pertanyaannya memang sampai kapan Indonesia akan tetap bisa mempertahankan netralitas China-India

 Leave a Reply