Feb 072015
 
Prototype Panser Canon 105 mm Jepang yang juga mengusung double senjata mesin 7,62mm co-axial yang dikendalikan oleh komputer (photo: Kyodo/PA)

Prototype Panser Canon 105 mm Jepang yang juga mengusung double senjata mesin 7,62mm co-axial yang dikendalikan oleh komputer (photo: Kyodo/PA)

Jakarta – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki. Dalam kesempatan ini Dubes Jepang menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan kerjasama kedua negara khususnya di bidang pertahanan yang selama ini telah terjalin baik.

“Saya sangat ingin sekali meningkatkan hubungan pertahanan Jepang-Indonesia. Saya ingin sekali menjalankan kerjasama secara detail.

Saya berpendapat bahwa kita bisa bekerjasama di bidang keamanan internasional yang tidak tradisional”, ungkap Dubes Jepang, Jumat (6/2) saat diterima Menhan di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Dubes Jepang lebih lanjut menyampaikan bahwa hubungan kerjasama antara Indonesia dan Jepang sangat erat di berbagai bidang.

Berdasarkan hubungan yang baik dan sudah terjalin sejak lama tersebut, kedua negara bisa melanjutkan kerjasama dengan lebih erat lagi. Menurutnya, ada tiga bidang kerjasama yang dapat dilakukan dalam kerjasama di bidang keamanan non tradisional antara lain kerjasama di bidang bantuan kemanusiaan, kerjasama bantuan penyelamatan dan kerjasama di bidang pertahanan cyber.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki (photo: Kemhan)

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki (photo: Kemhan)

Selain kerjasama keamanan non tradisional, kedua negara juga dapat meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan melalui pertukaran personel pertahanan. “Mengenai pertukaran antar warga, ada program pengiriman personel pertahanan Indonesia untuk dididik di Akademi Militer Jepang, saya ingin melanjutkan program ini”, ungkap Dubes Jepang. Sementara itu, Menhan RI dalam kesempatan yang baik tersebut atas nama Pemerintah Republik Indonesia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Jepang yang telah turut membantu dalam operasi pencarian pesawat Air Asia yang jatuh tangal 28 Desember 2014.

Terkait dengan upaya peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara, Menhan RI menyambut baik hal tersebut. Menurutnya, memang sudah sepantasnya Indonesia dan Jepang terus mempererat dan meningkatkan kerjasama yang memang sudah berlangsung sejak lama. Hubungan kedua negara di bidang pertahanan sudah berlangsung sejak berpuluh-puluh tahun, salah satunya adalah pendidikan awal untuk Tentara Indonesia yaitu PETA (Pembela Tanah Air) adalah oleh Jepang.

Menhan juga menyambut baik keinginan Dubes Jepang yang ingin meningkatkan kerjasama pertahanan kedua negara khususnya kerjasama di bidang keamanan non tradisional. Karena, hal ini juga sejalan dengan pandangan Indonesia bahwa ancaman kedepan yang nyata dihadapi bersama adalah ancaman keamanan non tradisional seperti wabah penyakit, bencana alam, terorisme dan cyber.

Indonesia dan Jepang memiliki persamaan yaitu memiliki wilayah yang rawan adanya gempa bumi yang dapat terjadi setiap saat. Untuk itu, Menhan RI berharap kerjasama kedua negara di bidang penanggulangan bencana alam diharapkan dapat terus ditingkatkan dengan saling sharing dan tukar menukar serta berbagai pengalaman.(dmc.kemhan.go.id).

Bagikan Artikel :

  40 Responses to “Kerjasama Pertahanan Indonesia Jepang”

  1. Lanjutkan

    • Setuju bnget, lanjutkan dan tingkatkan kerjasama pertahanan dg jepang krn jepang adalah salah satu negara yg memiliki technology tinggi, meskipun selama ini jepang di reduksi ama AS nyatanya mereka msh mampu menunjukkan pd dunia bahwa jepang adalah salah satu negara dg technology terbaik di belahan bumi ini. Kerjasama dg jepang akn sangat bermanfaat untuk membantu kemandirian indonesia, semoga indonesia bisa memanfaatkan setiap kerjasama yg terjalin dg negara2 maju seperti jepang ini dg semaksimal mungkin agar cita2 menjadi bangsa yg mandiri bukan hanya slogan politik belaka, amin………. kemandirian bangsa harga mati, salam.

  2. Juga menarikkkk..

  3. Jepang banyak alutsista ghoibnya yang gahar

  4. Kalau dilihat-lihat banyak sekali negara2 yg melakukan kerjasama dibidang militer/pertahanan dengan indonesia.

  5. Lanjutkan

  6. lanjutkan.. tertarik sama pasernya… terlihat moderen dan canggih

  7. Kayaknya pesawat amfibi Shinmaywa US-2 lebih masuk akal di bandingkan Be-200 Rusia….Kayak ngrawat mobil Toyota di banding mobil Lada/Scoda. Secara maintenance jepang lebih praktis….

  8. Semua negara sperti punya kepentingan sendiri” dgn mendekati Indonesia.,mreka menawarkan kerjasama di berbagai bidang termasuk pertahanan dan alutsista.,Tinggal kita pilih penawaran yg Terbaik.,Slam NKRI.,

  9. Ngemeng apa mbah…….

  10. Percuma kong..jepang blm bisa bangkit seperti dulu, negaranye lagi krisis masalah generasi mudanye yg sedikit, karena kebanyakan usia tuanye..kekuatan suatu negara ada di usia produktif-nye, walaupun teknologinye maju jadi percuma, ga mungkin donk usia 70 thn disuruh perang sambil nenteng senapan,bazooka sambil lari dg nafas senen kamis hehehehe..!! Beda dg indonesia yg usia produktifnye melimpah,sda melimpah jaminan masa depanye ada buat keberlangsungan sebuah negara..

  11. Jepang militernya skrg gak gahar banget….

  12. Menarik….., terutama industri permesinan yg bisa diaplikasi ke industri alutsista dalam negeri, eh teknologi KS nya, electroniknya juga….

  13. kerjasama pertahanan sambil minta ijin sama yang mbau rekso lcs.

  14. Generasi muda Jepang…enggak seneng jadi tentara…..dn jepang sedang KRISIS GENERASI MUDA………SIAPA YG MSU BERANGKAT PERANG ?

  15. Jangan lupa pasukan Tontaipur nya Mbah yg memiliki ilmu pengintai siluman ,,
    Pasukan YonTaifib ,, yg memiliki ilmu seribu mata yg mampu membidik dri jarak yg sangat jauh tanpa jejak.

  16. Dan Dunia akan terbelalak melihat Garuda Terbang tinggi ,, membawa Bambu Runcing sekuat Baja berkilau emas berlian ,, yg ta terpatahkan
    Dan dunia akan Tercengang Ketika Indonesia mengaum, mengema hinga ujung duniaa …
    Lihat lah dunia yg sllu menina bobokan Indonesia agar tak terbangun dri tidur nya .

  17. Soal jemput bola, kita sih tinggal duduk nanis baca koran plus kopi pagi pun negara2 lain dah ngantri pada bawa daganganya masing2. Inilah kita, dgn peningkatan anggaran, serta dgn posisi kita yg strategis secara lokasi, ekonomi dan politik.

  18. Sayangnya mesin Hino tidak boleh digunakan di Anoa. Seandainya boleh, mungkin lebih bagus daripada mesin renault. Hino terbukti handal, mudah perawatannya dan lebih murah daripada renault/mercedes/volvo.
    Kerjasama di pesawat amphibi saja, satu ini dulu yg serius sampai terwujud. pertama utk melengkapi bakamla dan basarnas. Selanjutnya utk skuadron TNI AL. ngarep.com

  19. Satu lagi mak lampir durung di sebut
    Ama keponakanya grandong…….

  20. Yeah….kebangkitan ….AKB 48….saudara JKT 48…

  21. Ni ngomongin tiongkok yg disebut mongol
    Weleh…….weleh………
    Opoooooooki…….

  22. Ini bagusnya kalau begini:

    Jepang sangat dibatasi dalam pengadaan alutsista-nya. Jalan keluarnya…. Indonesia.
    Indonesia dijadikan sebagai “pabrik” alutsista dan teknologi pertahanan yang tidak leluasa diproduksi di Jepang.

    Bisa begitu ?…….. Salaman dulu .

  23. Ama rusia dan jepang aja ok bgt tu biar strong buat menstabilkan dunia. Jangan terkena rayuan as yg licik picik. Patenkan saja rusia jepang indonesia buat nandingin nato. Rusia-indonesia-jepang-korut-iran. Strong bgt tuh dan kayaknya merekapun ga bakal nolak unntuk membuat aliansi kaya nato

  24. jaman sudah berubah mbah..ngomong opo mbah mbah ! jepang kok dibanggain..

  25. jepang mau kasih TOT apa ???

  26. maaf pak menhan,makin gagal paham saya.diajak bicara kerjasama internasional yang tidak tradisional.kok dilarikan Pembentukan PETA sebelum revolusi.artinya kita mengakui andil jepang dalam revolusi.sangat menghamba sekali arahnya.kerjasama yang ditawarkan jepang adalah kerjasama setara agar jepang dikasih akses ke ALKI kita agar dengan USA&India bisa ngroyok bareng-bareng cina diLCS&samudra hindia.harusnya inilah saatnya kita palakin mereka.beli tekhnologi alusista segambreng dengan harga diskon.dalam sejarahnya jepang tidak bisa menolak Indonesia selama ALKI&pasar Indonesia terbuka untuk jepang.mungkin ada baiknya pak menhan ajak Ny.jaja suparman sebagai penasihat.agar tentara kita tidak disuruh macul&yang satu disuruh ngejar maling ikan..prihatin.

  27. ….”Menhan mengajukan tambahan anggaran Rp 5 triliun tapi tidak dijelaskan prioritasnya untuk apa dan alasannya apa,” ujar Hanafi. …..

    Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais menilai Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu tidak menyampaikan program kerjanya dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR. Terutama mengenai fokus untuk penguatan pertahanan poros maritim Indonesia dengan baik.

    “Saya tidak menangkap visi pertahanan yang kuat yang digagas oleh Menhan karena arah penyampaiannya sporadis dan substansinya kabur,” kata Hanafi saat dihubungi oleh CNN Indonesia, Senin (26/1).

    Menhan yg 1 ini kurang pinter ambil hati anggota DPR. anggaran kemungkinan turun

  28. proyek generasi keenam ditunda karena Uncle Sam lebih menyarankan F-35.

  29. kecap manis. gak ada yang keren dari perang.

  30. Jepang juga termasuk negara rakus.. sekarang mau ngajak RI untuk menghadapi china.. ?? Ilmu / teknologi apa yang sudah kamu berikan ke indonesia? Bukankah dulu jepang juga menolak kita untuk mengakuisisi KS kilo ?? Bukankah jepang termasuk negara penghambat kemajuan teknologi indonesia dan menjadikannya sebagai negara konsumen mereka??

    • Setuju Bung ..Jepang selama ini hanya menjadikan kita konsumtif dan investor mereka sangat sensitif begitu isu sedikit yang merugikan langsung pindahkan pabriknya ke Vietnam, Kamboja atau Thailand.
      Jadi ingat kakak saya yg orang perhubungan terlibat dalam proyek pembangunan apron bandara Juanda. Kala itu dana proyek berasal dari hibah Jepang. Kata hibah bukan berarti gratis loh..tetap saja hutang yang dibalut istilah bantuan bunga lunak. Bunga memang lunak namun lihat bgm proyek berjalan ..seluruh material yang digunakan harus berasal dari Jepang juga tenaga skill yang terlibat berasal dari sana. Sama2 insinyur dibanding kemampuan insinyur kita bisa di adu dg mereka tapi Salllary dan fasilitas bumi langit. Singkatnya hitung2 an ekonomi secara macro sebenarnya kita malah rugi, keuntungan jepang berlipat mulai harga material yang tidak bisa tergantikan, tenaga kerja yang mahal, hutang yang harus di anyar plus bunga dan tentunya multiplier effect bagi economic nasional rendah. Seandainya pemerintah lebih smart dalam mengerahkan resource national secara maksimal pasti kita secara MANDIRI bisa mengerjakan proyek tersebut.

  31. Suku bali yg kompak??? Hahaha ngakak saya bacanya

 Leave a Reply