Mar 122015
 
(photo: Detik.com)

(photo: Detik.com)

Den Helder – TNI AL dan Koninklijke Marine (Angkatan Laut Kerajaan Belanda) sepakat untuk saling memperkuat kerjasama.

Kerjasama antar dua angkatan perang tersebut dituangkan dalam Nota Saling Pengertian (MoU), ditandatangani KSAL Indonesia Laksamana TNI Ade Supandi, SE dan KSAL Belanda Letnan Jenderal Marinir Rob Verkerk di Markas Besar Angkatan Laut Kerajaan Belanda, Den Helder, Selasa (10 Maret 2015).

Penandatanganan MoU tersebut berlangsung di anjungan kapal perang JSS Karel Doorman, disaksikan oleh Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Den Haag Ibnu Wahyutomo dan Atase Pertahanan RI untuk Kerajaan Belanda Kolonel Laut (T) Edy Sulistyadi.

Bidang-bidang kerjasama yang akan ditingkatkan berdasarkan MoU antar Angkatan Laut RI dan Belanda ini mencakup antara lain tukar menukar informasi, latihan bersama, pendidikan dan pelatihan, dukungan logistik dan pertukaran kunjungan.

MoU ini juga sebagai upaya peningkatan kerjasama yang selama ini telah dilakukan berdasarkan prinsip saling menghormati, saling percaya dan saling menguntungkan, sesuai kebijakan Poros Maritim yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

Dalam kunjungan kerjanya ke Belanda selama 3 hari (7-10 Maret 2015), KSAL Laksamana Ade Supandi selain ke Den Helder juga telah melakukan kunjungan ke Vlissingen untuk meninjau perkembangan proyek pembangunan kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) 10514 yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan Indonesia.

Pembuatan dua kapal PKR ini bekerjasama dengan PT. PAL Indonesia sebagai mitra utama dalam rangka alih teknologi yang dilakukan melalui skema joint operation.

Hal ini direalisasikan melalui skema pembangunan 6 modul yang mana 4 modul dikerjakan di PT PAL Surabaya dan 2 modul dikerjakan di Belanda.

Kemudian proses integrasi modul dilaksanakan di PT PAL Surabaya dilanjutkan tahapan uji fungsi, baik di pelabuhan maupun di laut lepas, termasuk nanti proses penyerahan kapal-kapal tersebut.

Selama kunjungannya di Belanda, KSAL didampingi oleh Asrena Kasal Laksda TNI Agung Pramono, Aslog Kasal Laksda TNI Harry Pratomo, dan Kadisadal Laksma TNI Prasetya Nugraha.

Athan Kolonel Laut (T) Edy Sulistyadi kepada detikcom mengatakan bahwa hubungan pertahanan Indonesia-Belanda telah memiliki payung kerjasama dalam bentuk MoU Pertahanan, yang ditandatangani oleh Menhan RI dan Menhan Kerajaan Belanda di Den Haag pada 4 Februari 2014.

“Sedangkan MoU antar kedua Angkatan Laut ini merupakan tindak lanjut atau pelaksanaan dari MoU Pertahanan dimaksud,” imbuh Athan.

Sementara itu KUAI KBRI Den Haag, Ibnu Wahyutomo, mengatakan bahwa Indonesia dan Belanda terus berupaya meningkatkan kerjasama dalam berbagai bidang, tidak hanya di bidang pertahanan.

Penandatanganan MoU kerjasama antara TNI AL dan Koninklijke Marine ini juga menunjukkan hubungan bilateral Indonesia-Belanda tidak terpengaruh oleh dinamika seputar penegakan hukum domestik Indonesia. (Detik.com).

  31 Responses to “Kerjasama TNI AL – Koninklijke Marine Belanda”

  1.  

    Ehenm lagi

  2.  

    Kasiap bae

  3.  

    knapa britanya baru naik

  4.  

    Aduuhhh…. entah kenapa paling malas kalo ngebahas belanda …….

    •  

      Iya bung, bangsa pelit….dijajah belanda semua peninggalan sejarah di jarah…bangsa belanda gak pernah mikir jauh ke depan…seperti inggris dong semua bekas jajahannya bagus,mikir jauh ke depan…

      •  

        males sama belanda beli tank leopard aja kenak hukum ham embargo diindonesia,,terpaksa beli dijerman,.

      •  

        Penandatanganan di JSS Karel Doorman.
        Bukannya waktu Trikora, target utama pembom AURI adalah kapal Karel Doorman (dalam versi lebih besar)? Apa tidak ada maksud lain dari pemilihan kapal ini sebagai tempat penandatanganan kerja sama? Apa mau menghina TNI-AL? Tanda tangan di ruang kerja KASAL Netherland bisa juga to?

        •  

          JSS : Joint Support Ship.

          Kalo HNLMS Karel Doorman (R81) yang aircraft carrier, apa memangnya waktu itu (zaman Trikora) sudah sampai dan bertugas di Papua?
          Bukannya si Belanda itu ketar-ketir dengan adanya kasel dll milik ALRI?
          Jadi, menghinanya di mana ya?

      •  

        Benar bung ,kerjasama bikin PKR memang kita bikin 4 modul dari 6 modul.Padahal dua modul yang mereka bikin disitulah tehnologi tingginya.Salah satunya menara tempat seluruh system di integrasikan. Kita sudah beli Sigma ,kemudian PKR tapi mereka masih pelit membagi Ilmu. Mudah mudahan 2 modul yang di bikin di belanda untuk kapal ke dua bisa di bikin di Pt.PAL. Jadi kita bisa utuh bikin satu PKR komplit.

        •  

          Koq muncul kata “pelit” ya?
          Wajar lah, biaya riset sampai produksi, ditambah biaya keuntungan, siapa yang nanggung?
          Rusia saja juga pelit, bukan?

          Akan lebih baik memandangnya dengan wajar, dan bagaimana menyiasatinya dengan baik sehingga sama-sama menguntungkan.

          Kalau pakai konsep IPTN/PTDI dgn CASA/Airbus kan saling menguntungkan, pihak sana tidak dirugikan secara finansial, begitu juga pihak sini yang bisa invest / beli dengan lebih murah.

  5.  

    borong pkr nya pak

  6.  

    Yes

  7.  

    Ah basi, , ujung2nya ham juga

  8.  

    Rencana kapal pertama ada yang tau kapan selesainya,.Terima kasih

  9.  

    hhhaaaaaccchhhiiimmm…………. belanda

  10.  

    Verreek meneer…

  11.  

    Kerjasama pertahanan yg saling menguntungkan boleh juga, tapi tetap harus waspada terhadap belanda ini, karena bagaimanapun mental penjajah yg serakah dan culas tidak akan hilang ………… !!!

  12.  

    KSAL Belanda Letnan Jenderal Marinir Rob Verkerk

    Menarik, perwira dari korp marinir dapat menjadi pimpinan angkatan laut Belanda. 🙂

    Soal kerjasama, realita di lapangan dalam bentuk apa ya?

  13.  

    Kapan punya kapal perang dengan nomor lambung “D” didepannya???

  14.  

    jika ga di jajah belanda dlu, ga ada yang namanya indonesia. Org yg ngjajahnya aja pada kmna?? Yg bnci blanda dlu dah pada idup di jaman penjajahan ?? klo bersahabat gabada salahnya .. Jstru bnyak org blnda yg ktrnan indo .. Berhenti lah saling benci membenci …

  15.  

    NEK MBIYEN AWAKE DEWE ORA DIJAJAH LONDO ,MESTI SAIKI ORA ONO PANGANAN SING JENENGE AREM- AREM kkkkk

 Leave a Reply