Feb 052014
 
Menteri Pertahanan  Purnomo Yusgiantoro kunjungi Airbus Military meninjau  pesawat angkut A400 dan fighter Eurofighter Thypoon (photo: Kenyot10)

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro kunjungi Airbus Military meninjau pesawat angkut A400 dan fighter Eurofighter Thypoon

Sevilla. Menteri Pertahanan Indonesia, Purnomo Yusgiantoro mengunjungi Airbus Military di Sevilla Spanyol untuk meninjau produksi pesawat angkut A400 dan Petempur Eurofighter. “Dalam kunjungan ini Menhan sekaligus akan menghadiri peluncuran dan serah terima simbolik produksi ke-6 pesawat C295,” ujar Atase Pertahanan RI Madrid Kol. Laut (E) Agus Adriyanto kepada detikcom, Selasa (5/2/2014).

Peluncuran ini menandai selesainya produksi 6 unit pesawat C-295 di Spanyol dari total 9 unit pesawat dalam kerangka produksi bersama PT DI dan Airbus Military untuk meningkatkan alutsista TNI. Untuk produksi selanjutnya dari order angkatan pertama TNI, yakni pesawat unit ke 7, 8 dan 9 sepenuhnya akan dikerjakan di Bandung- Jawa Barat. Demikian juga dengan order angkatan ke-2 sebanyak 7 unit.

Kunjungan tanggal 5 dan 6 Februari 2014 ini, dalam rangka meningkatkan kerjasama pertahanan antara Indonesia dan Spanyol, terutama di sektor pertahanan.

Kunjungan Menteri Pertahanan  Purnomo Yusgiantoro ke Airbus Military, ke Spanyol (photo: Kenyot10)

Kunjungan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro ke Airbus Military, ke Sevilla- Spanyol

Selama kunjungannya, Menteri Pertahanan dijadwalkan bertemu dengan rekannya Menteri Pertahanan Kerajaan Spanyol, Pedro Alvarez dan berkunjung ke perusahaan Airbus di Seville. Pada kesempatan itu, Menteri Pertahanan Indonesia mengamati persiapan commissioning (Unfold) pesawat C-295 yang diproduksi oleh Airbus.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro juga memperhatikan pesawat Eurofighter Thypoon di bandara Airbus Getafe dan menerima penjelasan dari galangan kapal Freire dalam kaitannya dengan pembangunan kapal latih (perahu layar), untuk menggantikan KRI Dewaruci. Tidak ketinggalan pihak Galangan Kapal Navantia mempresentasikan produk yang dihasilkan oleh perusahaan mereka.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) Kerja Sama di bidang pertahanan yang ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan Menteri Pertahanan Kerajaan Spanyol, di Jakarta pada tanggal 13 Februari 2013.

Spanyol berharap bisa memperluas kerjasama militer dengan Indonesia, dalam pembuatan kapal (photo:Kenyot10)

Spanyol berharap bisa memperluas kerjasama militer dengan Indonesia, dalam pembuatan kapal

Nota Kesepahaman telah dirintis oleh kedua negara pada tahun 2007 dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang ilmu pengetahuan terkait penggunaan sistem dan peralatan militer, kerja sama operasi militer selain perang dan teknologi serta kerjasama dalam pengembangan industri penerbangan.

Penandatanganan Memorandum of Understanding dimotivasi oleh kebijakan Pemerintah Spanyol yang bertujuan mengembangkan dan meningkatkan hubungan dengan negara-negara di kawasan Asia – Pasifik. Kebijakan ini dilakukan tidak hanya oleh Departemen Luar Negeri dan Kerjasama, tetapi juga oleh Kementerian Pertahanan Kerajaan Spanyol .

Melalui hubungan ini diharapkan Indonesia dan Spanyol dapat memperluas kerjasama di daerah lain, termasuk kerjasama dalam domain maritim, terutama pembuatan kapal. (detik.com / embajadaindonesia.es).

  113 Responses to “Kerjasma Militer Indonesia Spanyol”

  1. Mantap,, lanjut kan demi ke mandirian bangsa untuk produksi alat militer

  2. Terbang lah b’sama garuda Q… INDONESIA

  3. Baru sj diomongin masalah sparo nyolong sudah muncul articlenya 🙂

    • itu foto pak menhan dicocpit pesawat apa hayoo ?

    • Betul itu Pak menhan lagi di cockpit A 400 airbus
      Ane keliru lihat semalam da ngantuk krna terlihat kok gak ada HUD nya saya pikir C 295 dan lihat urutan foto yang terkirim dari foto melihat c295,naik cocpit dan foto bersama di depan A 400.

      Bung Aluguro dan bung Deka
      Seperti yang saya ulas dibawah pak menhan tripnya ke eropa adalah kunjungan terakhir beliau dimasa kabinetnya untuk mengawal pembelian alutsista MEF 1 dan mengamankan pembelian alutsista MEF 2, baik itu yang sudah dirintis oleh team A (advance) dan team E (execution) dalam rangka negosiasi akhir, tanda tangan kontrak, dan Inspeksi item yang sudah ready to be delivered, serta inspeksi production line di manufacturing site.

      Kunjungan ke belanda memang ada tandatangan MOU tetapi belum bisa dijelaskan untuk item alutsista yang mana ..analisa saya itu adalah pembelian DZP.

      Untuk kunjungan ke spanyol yang pasti nya adalah Tanda tangan kontrak Batch 2 C 295 dgn varian yang berbeda dan analisa ada kemungkinan untuk kontrak A 400 paling sedikitnya 4 unit,dan kemungkinan mengambil stock leo spanyol yg ditawarkan kekita dan mengecek produksi kapal latih pengganti KRI dewaruci

      Kunjungan ke Jerman adalah untuk melihat bremen class yang lagi diretrofit, dengan skema pengiriman nya:

      ex F209 Rheinland Pfalz: M1 Sept 2014
      ex F210 Emden: M4 rencan terkirim Nov 2014
      ex F211 Koln: M2 rencana terkirim Desember 2014
      ex F212 Karlsruhe: M2 rencana terkirim Januari 2015

      Jadi kalau bisa lebih cepat kapal pertama terkirim bisa ikut parade 5 oktober 2014,,kalau molor bisa ikut hari armada 5 desember atau parade 5 oktober 2015.

      Ada juga kemungkinan pembelian Pzh2000. 31 unit baru( stock pabrik yg lama tdk dijual) dan 55 unit bekas tetapi masih bagus dengan harga yang murah. oh ya pzh ini beratnya 60an Ton.

      Memastikan Leo RI yg masih dibenahi diline production rhemental dan mejajagi rheimental yg akan mengurus dan meretrofit pembelian leo dari spanyol kenapa lewat rheimental karena akan ada TOT cannon dari sana bila pembelian batch selanjutnya leo spanyol diretrofit di rheimental.

      Kunjungan menhan ke rusia secara Icognito
      Ini juga krusial ,,walaupun kinjungan ini tertutup tetapi menhan akan langsung mengawal memilih item strategis/deterrent yang akan diboyong dimari.

      Memilih Killo yang akan dibeli dan memilih SU 35 dan SU 34 yang akan diboyong juga melirik Kirvak II bekas yang ready untuk dihibahkan sekitar 5-6 unit.

      Dari clue clue yang pernah saya sebutkan ada satu item (selain killo dan SU) yang akan dieksekusi oleh pak Menhan untuk diboyong sedangkan clue alutsista yang lain sudah dikirim team advance yang akan menentukan untuk diboyong di MEF 2..

      Pak Menhan ibarat Pak Nasution yang membawa daftar belanja untuk persiapan trikora

      Just IMHO maaf salah karena analisa orang awam saja

      • mantaf bung satrio….., tapi dari daftar belanja pak menhan itu kira2 membutuhkan dana berapa ya?, dimasukkan pendanaan th 2014 atau th berjalan 2015-2019, krn klo anggaran th 2014 khabarnya hanya untuk pembiayaan alutsista yg sudah kontrak, terima kasih

      • retrofit/SLEP atau upgrade elektronic dan persenjataan juga bung? SAM bremen masih menggunakan sea sparrow, mudah2an bukan pake V Mica lagi ya. eman platform jika diisi persenjataan serba jarak pendek

        • Bremen sedang diretrofit sekalian Fitting out dan pemasangan jerohan baru.

          Jeroan baru itu CMS agar bisa “ngobrol” /terintegrasi dengan kapal permukaan lainnya: Sigma + PKR 10514 + NR + AMY dan…DZP,

          EW suite, fire control system, dan beberapa item lain yang ga bisa diungkap detail disini (dianalisa aja)
          Mesin/propulsi juga akan diganti.

          gitu kabar kabarinya bung now
          hehehehehe

      • Makjlebbb kunjungan pak menhan di ahitr kabinet,bliau sdh berfikir ,blm tentu pengganinya bisa segeolbgitu beralutsisyta untuk memberikan payung negara….

        Kenapa di reinmethal.krn ada tot cannonn…sya setuju bung saatrio abimanyu, indonesia yg lg getol2nya membangun medium tank bisa adaa batu loncatan yg signifikan untuk cannon..apalagi dari meriam kaliber 155ke 220.semakin makjleb …untuk medium tank indonesia yg kecil2 caberawit.

        Kirvak II dihibahkan????? Sekalian saja saya usul s300 strong yg mwu digantikan s400&500 rusia untuk skalian di pinang mjd payung udara jarak jauh..menemani manpads dan oerlkoen dan bukM2,mumpung pakmenhan jalan2….

        Selanjutnya di latgab 2014 kelak bisa diujicoba ,di tembakin ke puna wulung unrtuk uji coba.

        Kalau pak nasution membawa daftarbblanja untuk era trikora…
        Sekarang daftarr blanja pak pur namanya “purkopaus” (pakpur komando perangi ausss) just imho jg lah

        Berhaararap ada anggaran tambahan dr apbn atau skalian saja d masukan ke cagar bencana beralutsista

      • Lho, bukannya Bremen Class sudah dibooking terlebih dahulu oleh Thai Navy?…

        • RTN cuma butuh 2 unit dari 8 decommissioning bremen. alternatifnya adalah kapal China. Keliatannya jadi ambil kapal eks PLA karena pertimbangan harga dan faktor politik

      • bung @Satrio, Spanyol punya 327 Leopard 2. 108 unit Leopard 2A4 eks Jerman dan 219 Leopard 2A6+ baru. Spertinya Spanyol berusaha merampingkan jumlah MBT 2nd-nya dan memperoleh cash akibat krisis ekonomi.

        So, (perkiraan saya) yang tersedia dan akan diambil adalah 108 unit MBT Leopard 2A4. pertimbangannya jelas: commonality dan harga. Jika terealisasi TNI akan mengoperasikan 212 unit MBT Leopard 2A4

        yang susah dikira kira adalah MBT Russia, apakah dan/atau hingga jika Leo eks Spain jadi diambil maka MBT Russia batal, ataukah akan diambil semua demi memenuh kuantitas mengisi kebutuhan pembentukan Kogabwilhan. MBT Russia yang akan dekomisi 2015 jumlahnya ribuan, dan saya tidak ada bayangan berapa banyak kebutuhan ideal MBT TNI AD untuk 3-4 Kogabwilhan. 300-400 MBTs ?

        • Álvaro de Bazán class ( F100 class ) freegate Spanyol sekelas dengan DZP, punya peran air warfare dan yang menarik adalah merupakan basis Hobart class RAN yg juga punya peran air warefare

          Saya pikir F100 ini, dari segi peran dan usia pakai, adalah kandidat yg juga layak ‘dicurigai’, upgrade tehadap kapal ini akan jadi kembaran untuk Hobart class. DZP yg lebih muda adalah pilihan yg lebih mantap.

          Tapi apakah mungkin Belanda ngasih kapal andalannya yg masih operasional? Ini akan membuat Belanda harus mengisi tempat yg ditinggalkan sejumlah dzp class jika pembelian dzp ini terealisasi. Tanpa mencabut elektronik dan persenjataan dzp bisa langsung bertugas lebih awal dari Hobart

          Memang ada faktor lain selain teknis yang memberikan kemungkinan dzp ininterelisasi, misalnya sj politik. ika jadi, dzp adalah bentuk upaya Belanda menebus dosa dan berusaha memperbaiki hubungan yg sempat renggang akibat uusan Leopard

          • Alvaro de bazan
            Bila di tawarkan ke kita maka yang jadi pertanyaan sisitim AAW nya AEGIS milik raytheon yang terinstal dikapal itu apa juga diijinkan dijual ke kita oleh USA
            Sementara siitim ini ,masih dijual di sekutu dekatnya saja
            termasuk ausie diberikan sistim aegis tuk hobart nya.

            DZP yang paling masuk akal karena produk belanda sudah familiar bagi TNI AL dan sisitm AAW nya memakai produk Thales Smart L yang setara dengan Aegis,
            Thales pasti memberikan ke Indonesia bila melihar track record nya selama ini,

            Penjualan DZP ke kita murni karena duit,, belanda kurang Job dan damen terselamatkan dengan order 2 PKR kita.
            partai yang biasa menghambat dan menghubungkan dengan HAM jg gak berani nentang lagi berkaitan dengan ketahanan ekonomi nasional belanda.

          • setuju lebih besar kayaknya kalo mau beli DZP kalo mau yang setara ada iver huitfeldt dari denmark atau Sachsen dari jerman

  4. Foto selfie dulu…persis wamenhan pas pengadaan Leo. Jadi sudah pasti yang dilatar pak menhan jadi juga ke nusantara. Apa badainya jadi juga datang?

  5. Dari order pertama sebanyak 9 pesawat dan order ke 2 sebanyak 7 pesawat, apakah termasuk yg jenis AEW&C, mohon pencerahan kpd para Senior warjag…

  6. Sebelum kita tidur saya berikan analisa untuk mimpi para Warjager,
    mengingat clue team yang melihat killo berangkat akhir januari
    Sedangkan team yang melihat SU 35 berangkat bulan Februari
    Media lagi memberitakan kunjungan pak menhan trip kenegara negara eropa,

    Bila di analisa
    Team yang melihat Killo dan team yang melihat SU 35 berangkat BARENG bersama bossnya pak menhan dalam trip ke eropa awal februari ini,,
    Bisa jadi Pak menhan akan berkunjung juga ke Rusia secara Incognito
    Semua clue yang tersebar dibulan Desember dan Januari mulai alutsista dari ruskie yaitu Killo,Su 35,Su 34 kirvak II , sovermeny,steregushchy,Talwar,Satelit militer ,dan juga alutsista dari eropa Bremen,DZP Tiger class ,pengganti KRI dewa ruci
    SEMUA TERWAKILI dalam kunjungan pak Menhan di eropa bulan Februari ini,

    Tahun ini adalah Tahun terakhir masa bakti kabinet dan pak menhan akan mengawal semua List pembelian alutsista baik itu yang hibah,baru yang dianggarkan di MEF I maupun MEF II nanti juga yang dianggarkan di APBN multi year, agar dibelanjakan dengan benar dan tepat,

    Semoga semua wishlist kaporit Warjager bisa direalisasikan dalam kunjungan pak Menhan dibulan ini
    amienn..
    Selamat Mimpi Indah warjager

    • lupa belum tertulis juga tentang Gripen juga terwakili dengan kunjungan pak menhan bulan ini
      Pak menhan seperti Pak Nasution yang membawa daftar belanjaan di era Trikora

      ane juga akan mimpi indah malam ini
      pamit Over and out

      • @Bung Satrio

        Bung, skema pembelian alutista suatu negara prosedurnya apakah sama dengan kita2 yang masyarakat biasa ketika mengkredit (misalkan saja) : rumah

        Jika membeli rumah dengan KPR tentu kita harus tanda tangan perjanjian dengan pihak Bank dimana kita adalah pihak yang terbebani KPR hingga masa pelunasan. Sedangkan dalam pembelian oleh negara adalah adanya pergantian “pengurus” dalam hal ini kabinet dimana KPR tidak seperti itu.

        Point saya jika kita sudah tanda tangan kontrak, dengan adanya pergantian kabinet nanti setelah pemilu apakah ada kemungkinan DIBATALKAN secara sepihak oleh kabinet baru tersebut?

        Apakah pendanaannya diturunkan pertahun? Apakah memungkinkan jika kabinet baru akan membekukan dana yang akan digunakan untuk membayar kredit di masa mendatang? atau dana tersebut sebetulnya sudah diperoleh oleh TNI / Dephan?

        Maaf jika pertanyaannya sepele dan “bodoh”… 🙂

        • he he bung Verdorie, baru saja saya mau nanya juga ke bung satrio soal itu eh udah keduluan,.. iya bung satrio, mengingat (kalau g salah jamannya siapa dulu ya….) RI pernah mau beli pesawat dari rusky truz di batalin…

        • bung @Ver, pemerintahan sekarang melalui Kemenhan dan TNI ‘nodong’ pemerintahan yang akan datang untuk menaikan anggaran pertahanan. sepertinya tahun depan anggaran pertahanan akan menyentuh angka 1% GDP dan mungkin lebih, belum lagi anggaran khusus MEF diluar APBN.

          cmiiw, perjanjian jual beli yang dilakukan saat ini akan tetap mengikat walau ada pergantian administratif pemerintahan. Walau kecil kemungkinannya, memang bisa saja pemerinthan yang baru nanti di bawah pengaruh pihak asing hingga MEF dihentikan. tapi kontrak saat ini tetap harus diselesaikan karena menyangkut kredibilitas negara di mata internasional. Itu sebabnya mengapa kabar pembelian apapun saat ini (sebelum pergantian pemerintahan) sangat menarik, karena lebih pasti daripada pembelian nanti di MEF2 dgn pemerintahan yang baru

        • @Bung Verdorie dan Bung NKRI newbie
          Pembelian alutsista memang sebaiknya ngutang karena akan lebih aman dan terlindungi asuransi sampai alutsista itu dikirim dan diserah terimakan secara resmi. Kalau pembelian dibayar lunas maka akan sangat beresiko bila ada speck yang kurang sesuai dengan isi kontrak.

          Pembelian secara hutang baik credit state, kredit ekspor atau dibiaya dalam negeri oleh bank BUMN semua memakai kontrak kredit dengan pihak pemberi kredit,Selain itu ada kontrak pembelian dari produsen.

          Bila sudah diteken kontrak dan ada pembatalan dari pihak kita maka akan ada pinalty sesuai point kontrak yang ditandatangani. contoh saat pembatalan pembelian U206 dari jerman kita batalin karena krisis moneter maka kita membayar pinaltinya, ini dokumennya:

          http://4.bp.blogspot.com/-R-IaA8sS9f0/UO2ANTBL3nI/AAAAAAAAEZ0/5sUEc9fCzR8/s1600/digital_20871-%5B_Konten_%5D-Konten+C5342_006.jpg

          Bila barangnya sudah jadi dan tidak mau membayarnya karena alasan speck dll maka produsen akan bisa menuntut di pengadilan arbitase internasional, seperti kasus BAE menuntun brunai karena menolak NR class

          Maaf kalau salah analisa awam saja

          • @Bung Now & Bung Satrio

            Trims atas penjelasannya, sangat bermanfaat

            Saya bertanya tentang hal diatas karena khawatir adanya “kudeta” pembelian alutista di pemerintahan baru nanti

            Jika sudah nodong seperti kata Bung Now, berarti pemerintah saat ini telah “mengakali” kabinet 2014-2019 demi memperlancar program MEF 2 dan 3.

            Semoga saja tetap berjalan baik tanpa ada dikte sama sekali dari pihak asing.

            Syukur2 jika presidennya lebih “emosian” dan Menhannya kurang lebih seperti Pak Pur 🙂

  7. Salute..! Mantap, dua jempol, angkat topi, brilliant! Gak salah jika Indonesia menjalin kerja sama pertahanan dengan Spanyol saat ini.

    Negara industri kelima terbesar di Eropa yang sedang mengalami krisis terparah ini, bisa menjadi jalan toll bagi Indonesia untuk menguasai berbagai teknologi tinggi yang mereka kuasai. Terbukti dengan wujud nyata yang telah ditunjukin oleh Airbus yang memindahkan Plant Central pesawat berbobot kecilnya ke PT DI di Bandung.

    Sebenarnya ini bukan soal kepercayaan semata, tetapi lebih dari itu, mereka butuh jaminan keberlangsungan hidup bagi industri2 pentingnya. Dan kebetulan ada Indonesia, yang mereka anggap penting dan memiliki pengalaman kerjasama yang cukup lama.

    Dulu waktu Malaysia mengajukan pembelian A400, dan menempatkan jereka sebagai first buyer and user di Asia, mereka juga mengajukan offset dan draft proposal yang menjurus pada penempatan Malaysia sebagai salah satu base production Airbus. Namun Airbus lebih memilih Indonesia ketimbang jirannya itu. Alhamdullillah.

    Ada satu hal lagi yang saya anggap sangat penting bagi kita sebagai negara maritim, yang bisa kita peroleh dari Spanyol. Dalam Industri kuliner dunia, Spanyol juga telah lama dikenal sebagai negara dengan budidaya perikanan laut terbaik di dunia. Jadi apa salahnya jika Pak Menhan juga bisa menjembatani kerjasama ini, agar para nelayan kita bisa naik kelas. Jangan cuma bisa menjadi nelayan penangkap, tapi harus bisa beralih pada nelayan pengolah.

    Saya pernah menghabiskan waktu selama 4 bulan, jalan2 mulai dari Bosporus di Turki hingga ke Barcelona di Spanyol. Sepanjang jalan trans Eropa, saya melihat begitu banyak potensi yang bisa diterapkan di Indonesia.

    Lain kali, tolong ajak juga pak Menteri Perikanan juga dong Pak..! Hehehe..! Bung2 semua juga boleh ikut kok…

    • @bang yayan udah keliling dunia ya, kemaren ostrali, cina, sekarang daratan eropa… mantaf

      • Takdir jadi tukang masak, Bung! Terkadang hidup harus melawan arus, tapi adakalanya kita juga perlu mengikut arus. Hal yang paling penting, kita tahu sedang berada dimana dan untuk apa.

    • Takdir jadi tukang masak, Bung! Terkadang hidup harus melawan arus, tapi adakalanya kita juga perlu mengikut arus. Hal yang paling penting, kita tahu sedang berada dimana dan untuk apa.

  8. Aba-aba pengadaan A-400M sudah disemprit, Pak Menhan sampai kudu nangkring dulu di kursi pilot demi memastikan pesawatnya memang enak dipakainya …

    Dengan 1 skuadron A-400M di Halim Perdanakusumah, maka 4 batalyon pasukan lengkap siap tempur bisa langsung dikirim sekaligus ke ujung Papua tanpa refueling di udara … A-400M akan menjadi jembatan udara Jawa – Papua, bahkan bisa menghubungkan Sumatera – Papua dengan muatan 30 ton pula, masih tanpa refueling di udara … Maka segala macam barang-barang antik semacam Apache, Komodo, Anoa, Howitzer 155 Caesar, tank amfibi BMP-3F … dsb bisa dimobilisasi segera dari Sumatera ke Papua, berangkat pagi sore nyampe …

    Sepertinya rekan sejawat Spanyolnya yg di kursi co-pilot tsb sedang menanyakan ke Pak Purnomo: “wani piro Mas …?”

  9. salam, selama ini ane hanya SR.
    Ane mengikuti blog2 militer selama ini dari yg masih eksis hingga yg megap2 postingannya, cukup menggembirakan kalau belum bisa di bilang sangat menggembirakan (masalah anggaran) terkait perkembangan maupun pembelian alutsista untuk TNI di semua matra tempur…sungguh ane adalah orang awam yg sedikit banyak tercerahkan dgn membaca di forum warjager ini.

    terima kasih untuk semua senior…dan ane juga mohon pencerahannya. Apakah PT. PINDAD selain mampu membuat senjata dasar (SS variant) juga telah mampu membuat senjata/canon untuk arhanud dgn Amo minimal 20mm….mohon pencerahannya, terima kasih.

  10. kunjungan pak menhan apakah langsung memberi dp untuk langsung diproses produksi alutsista tsb

  11. Cuma mampir, tengok na-ni buat formalitas…gak beli, orang negara miskin kek gini, mana kebeli ama A-400, boro2 mo beli eurofigther, jual aja tuh pulau2 luar.wkwkwkwk

  12. Permisi para sepuh warjag,
    sorry OOT
    @bung diego. kalau bisa tolong di kupas juga tentang cyber army dan kedaulatan angkasa
    karena matra ini sangat sedikit sekali militer kita menruh perhatian dibanging matra udara,laut,dan darat.

    1.cyber army
    pasukan ini sangat senyap dalam melakukan operasi, masih ingat tentang blue print australia yang dicuri oleh “cyber army “panda, dan ganasnya stuxnet mengacak sentrifugal dan dan film die hard 4 (kalau tidak salah ) bagaimana seorang pilot bisa meng-hack sandi komando pesawat tempur.

    bayangkan seandainya suatu negara dengan alutista di sadap dan saling menyerang sendiri.
    “mungkin” pada saat tahun >2050 cyber army yang akan berperan utama dan lebih aktif,
    saya harapkan suatu saat militer kita pada setiap kompi matra udara, laut dan darat diberi 1 pasukan cyber army.

    2.Kedaulatan angkasa
    sehebat apapun alutista kita, serahasia apapun kita membangun pertahanan akan terlihat dengan satelit negara lain (contoh:google earth)kita bisa melihat letak2 negara lain walaupun tidak sangat detail tapi itu sudah cukup untuk melihat pemetaan, tapi bagaimana suatu negara yang fokus dengan satelit militer.

    CMIIW
    sekian
    maaf newbie

  13. pada ngimpi,
    orang cuma mau ngecek sigma kok, di sini pada onani otak

    • Gak papa Dek…yang penting mimpi indah…! Btw, sampean orang yg gak pernah mimpi ya? kasian…

    • gpp bung oscar, lebih baik pernah bermimpi daripada sama sekali tidak

      #mimpi dan impian adalah salah satu langkah menjadi real

    • Anak warung sebelah ya mas
      Duitnya pasti ada kalau dianggarkan.
      Tni dan kemenhan lagi mengatur strategi agar kelanjutan modernisasi alutsista tetap dianggarkan oleh pemerintah yang akan datang.
      Sehingga program mef tetap berlanjut,,
      Siapa yg bisa jamin 2thn kdpan kefaulatan indonesia tidak diacak acak?

      Otak gua ajak berpikir jernih bukan beronani otak seperti lo yg asal njepkak ngatain oramg.
      Trus klau udah komen getu lu kelihatan keren and berkelas?
      You failed

  14. Makjlebbb kunjungan pak menhan di ahitr kabinet,bliau sdh berfikir ,blm tentu pengganinya bisa segeolbgitu beralutsisyta untuk memberikan payung negara….

    Kenapa di reinmethal.krn ada tot cannonn…sya setuju bung saatrio abimanyu, indonesia yg lg getol2nya membangun medium tank bisa adaa batu loncatan yg signifikan untuk cannon..apalagi dari meriam kaliber 155ke 220.semakin makjleb …untuk medium tank indonesia yg kecil2 caberawit.

    Kirvak II dihibahkan????? Sekalian saja saya usul s300 strong yg mwu digantikan s400&500 rusia untuk skalian di pinang mjd payung udara jarak jauh..menemani manpads dan oerlkoen dan bukM2,mumpung pakmenhan jalan2….

    Selanjutnya di latgab 2014 kelak bisa diujicoba ,di tembakin ke puna wulung unrtuk uji coba.

    Kalau pak nasution membawa daftarbblanja untuk era trikora…
    Sekarang daftarr blanja pak pur namanya “purkopaus” (pakpur komando perangi ausss) just imho jg lah

    Berhaararap ada anggaran tambahan dr apbn atau skalian saja d masukan ke cagar bencana beralutsista

  15. saya suka ke pemimpinan pak Pur…walau berlatar belakang sipil tapi ngeh tetang kebutuhan TNI yg lebih urgent,lanjutkan pak walaupun kelak bapak tdk menjabat menhan nama bpk akan tetap harum sbg orang yg berjasa buat keutuhan bangsa dg modernnya alutsista…

  16. yup. dengan begini paling tidak bisa meminimalisir loby us yg juga bakalan gencar menjual alutsista lain nya dgn speck rendah harga mahal plus tetek bengek yg berlika liku..

    semoga tni tidak berpaling ke ohp class yg keran nya bakal dibuka..

  17. Apakah A400M punya kemungkinan besar untuk diakuisisi? Bagaimana dgn C-130 yang ada?

    C295 AEW&C? Bagaimana dgn keinginan AURI untuk punya AEW&C berbadan besar & bermesin jet untuk mengejar jangkauan dan kemampuan?

    Mohon pencerahan, ya agan2.

  18. Ya ya ya borong aja semuanya biar pusing ngurusnya ha ha ha
    kan jago2 tuh mekaniknya sampai ngak keitung berapa alutsista yang di utak atik oleh yang tidak kompeten hingga ngak bisa lagi di gunakan.
    yang penting beli ntah duitnya dari mana,sampai DZP mau di bungkus emang duit monopoli
    optimis boleh tapi lihat juga kemampuan keuangan pemerintah

  19. @ mbah Sat (Satrio), kalau benar ulasan mbah Sat diatas mengenai rencana pembelian alutsista kita maka saya cuma bisa berkata …WOOOOOW luar biasa dan makin membanggakan TNI kita…yang paling penting dr semua itu adalah datangnya harus cepet gak pakai lama apalagi molor

  20. Mnurut anda Apa yg membuat keuangan pemerintah tdk mampu?

  21. cuekin aja lah…
    perjanjian ektradisi aja mereka cuekin…mendikte kita macem2 pula…

  22. brharap semuany jd nyata aamiin

  23. chinook juga jadi diambil gak
    mohon info kunjungan pak menhan ke 4 negara jerman, spanyol, belanda dan russia (kalo jadi) ane dikasih tau…

  24. @Oscar : tidak selalu pembelian menggunakan uang bro, ada juga pakai barter, tolong baca dulu artikel2 lama di Warjag ini, baru sampeyan omong, selamat belajar 🙂

  25. yg jelas bukan dari elu dan emak lu ..
    ya dari pendapatan negara lah..
    emang gra2 beli alutsista , lu kaga makan?
    buktinya elu masih nafas! iri bgt liat militer qt kuat!
    apache itu dananya dari apbn multy year , bukan anggaran untuk mef ..
    balik sono ke kaktus! eh hahahakk

  26. lah kan baru dapat hibah/beli herky aussi masak mau beli barang ginian lagi si
    optimis boleh tapi lihat kemampuan dong

  27. memang betul kita dapat hibah herky dari aussie, tapi kita juga masih banyak herky seri B dari pembelian lama yg walo udah diretrofit tapi paling bertahan 10 tahun lagi. lagian kalo terealisasi datangnya A400 juga sekitar 3-4 tahun dari sekarang sepertinya. Nih cuma prediksi saja, maaf kalo salah-salah..

  28. naah sekarang Eropa sedang krisis,dan sudah waktunya Indonesia bermain cantik disini,dan saya yakin mereka sekarang pun tidak bisa mengembargo,setidaknya harganya pun sekarang lebih murah akibat krisis,yang terpeting adalah duit segar,dan waktunya Indonesia bermain catur disini dengan baik,saya yakin bisa,mereka mengembargo kita dulu karena takut akan kita yang punya track record satu satunya bangsa asia tenggara yang bisa melakukkan ekspansi dan menaklukan,bahkan dulu kublai khan aja tidak sanggup melawan kita 😀 naaah motivasi kebangsaan kita juga harus ditingkatkan,seperti bayar pajak,berusaha mengikuti peraturan dan menjadi warga negara yang baik,setidaknya kontribusi seperti itu sudah membuat negeri ini maju

    • @ bang martin..

      kurang bang martin….! BERANTAS KORUPSI..SIAPAPUN MEREKA…TAMPA PANDANG BULU..!!!!

      DAN PENEGAKKAN HUKUM …..yakin indonesia maju..!

      he he he
      santai aja bang martin

 Leave a Reply