Apr 182017
 

““… sebagaimana yang presiden jelaskan, China harus mengatasi persoalan ini atau kami yang akan turun langsung,” kata Pence.,” kata Pence.

USS Carl Vinson (CVN 70) (Official U.S. Photograph)

Korea Selatan – Era kebijakan “kesabaran strategis” Washington terhadap Pyongyang sudah berakhir, ujar Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence saat mengunjungi zona demiliterisasi di perbatasan dua Korea pada 17/4/2017.

Korea Selatan adalah negara pertama, dari empat negara termasuk Indonesia, yang dikunjungi Pence dalam lawatan ke Asia pekan ini.

Dia menegaskan pemerintahan Presiden Donald Trump tidak akan mundur dari kawasan semenanjung Korea yang terus mengalami guncangan politik akhir-akhir ini.

Zona demiliterisasi (DMZ) adalah sebuah area perbatasan membentang sepanjang empat kilometer yang penuh dengan ranjau dan dibatasi oleh kawat berduri di semenanjung Korea.

Pence, anak seorang veteran perang Korea tahun 1950-53, mengatakan Amerika Serikat akan membela sekutunya Korea Selatan dan mengupayakan perdamaian dengan kekuatan.

“Semua pilihan akan kami pertimbangkan untuk meraih tujuan stabilitas bagi warga negara ini,” kata dia di tengah suara musik propaganda dari perbatasan di sebelah Korea Utara.

“Dulu memang kami menerapkan kebijakan kesabaran strategis, namun era itu sudah usai,” katanya

Saat ini Amerika Serikat, sejumlah negara sekutu dan China tengah merundingkan langkah balasan terhadap uji coba rudal jarak jauh dari Korea Utara, kata penasihat presiden (jabatan setara menteri koordinator) untuk urusan keamanan nasional, H. R. McMaster, pada Ahad.

Menurut keterangan McMaster, saat ini Trump belum akan mengambil langkah militer, meski pihaknya sudah mengirim satu regu pesawat bersenjatakan nuklir.

“Sudah saatnya kami mengambil semua langkah yang kami bisa lakukan, kecuali pilihan militer, untuk menyelesaikan persoalan ini secara damai,” kata McMaster kepada stasiun televisi ABC.

“Saat ini sudah ada konsensus internasional, termasuk dari China, yang menyepakati situasi ini tidak bisa dibiarkan,” katanya.

Pemerintahan Trump kini fokus pada pemberlakuan sanksi ekonomi yang lebih tegas kepada Korea Utara, termasuk embargo minyak, larangan penerbangan, pencegatan kapal kargo, dan hukuman terhadap bank asal China yang masih berhubungan dengan Pyongyang.

Pilihan langkah balasan terhadap Pyongyang bisa dibagi menjadi empat kategori: sanksi ekonomi, aksi intelejen, perundingan diplomatik, dan unjuk kekuatan militer.

Pence mendarat di Korea Selatan beberapa jam setelah tetangganya di utara menguji coba rudal jauh–yang berakhir dengan kegagalan.

Sebelumnya pada Ahad, Trump mengakui bahwa sikapnya melunak terhadap manajemen mata uang China setelah negara tersebut membantu Washington dalam menghukum Korea Utara.

“Saya tidak akan menyebut China sebagai manipulator mata uang jika mereka bekerja sama dengan kami soal Korea Utara. Kita akan lihat apa yang akan terjadi,” kata Trump dalam akun Twitternya.

Pence sendiri berharap China “akan mengambil langkah yang diperlukan untuk mengubah kebijakan” terkait Korea Utara.

“Namun sebagaimana yang presiden jelaskan, China harus mengatasi persoalan ini atau kami yang akan turun langsung,” kata Pence.

Antara/ Reuters

  69 Responses to “Kesabaran Washington Terhadap Pyongyang Sudah Habis”

  1. Banyak bacot ,serang sudah

  2. Waooowhh…….Duooorrrr…..klepek…klepek…klepek

  3. Kalau negara lemah aza langsung di serang, apalagi negara ber azas kan islam langsung di gempur, USA Kebanyakan Action aza

    • NATO = No Action Talk Only
      Sejarah perang Rezim USA vs negara ASIA memang membuat Rezim USA extra waspada dan hati2 bung, lihat Jepang begitu superior dulu membuat Rezim USA banyak jatuh korban sebelum akhirnya di finish pakai NUKE, bgitupun di Vietnam. gak usah dcrita lg deh. kini inget crita perang KORUT vs KORSEL juga banyak nyawa marinir USA yang tumbang, malah gak menang merebut Pyongyang, itu senjata bahulak tahun 40 an. gmana snjata yg dipakai Korea dan China saat ini. bakal jd abu gosong

      • Coba anda baca sejarah perang Korea yg menyebabkan Jendral legendaris Douglas Mac Artur kembali turun gelanggang.

        Kalau seandainya USA tidak disuruh mundur PBB, USA sudah menduduki wilayah cina dan tidak ada yang namanya Korea Utara.

        • Anda yg harus belajar sejarah lagi. USA mundur bukan krn di suruh pbb, tetapi emang krn pertempuran yg sdh deathlock. Yg artinya tdk terjadi perubahan yg berarti di perbatasan kedua Negara. Bahkan MCartur di pecat oleh presiden USA krn berniat menyerang cina dgn nuklir. Kalo seandainya itu terjadi apakah soviet akan tinggal diam melihat sekutu strategisnya di nuke ama USA? yg ada adalah perang nuklir yg harganya sangat mahal. Dan dari kejadian tersebutlah yg memotivasi Cina utk mengembangkan senjata nuklir

        • M’carthur jenderal labil pencitraan overrated itu kah

          dia mau mengunakan bom nuklir terhadap China tanpa otorisasi presiden ketika pasukan gabungan koalisi Pbb terdesak dengan masuknya China ke gelanggang perang Korea dgn kekuatan gelombang manusianya

        • Mcarthur begitu sampe perbatasan china di sungai yale disuruh stop oleh presiden truman. Krn sprti akn membantah akhirnya mcarthur ditarik dr perang korea

        • RINI ini harus lebih dalam baca sejarahnya, jangan baca sejarah versi usa jadinya pro usa hahaha, keseringan lihat film buatan usa ya??? kasihan anda dikibulin orang usa hahaha

      • lihat Jepang begitu superior dulu membuat Rezim USA banyak jatuh korban sebelum akhirnya di finish pakai NUKE

        walaupun tdk di bom nuklir, jepang akan menyerah
        Alasannya :
        -Hampir kehabisan pasukan
        -Karena banyaknya sekutu yang akan menghancurkan Jepang
        -Terlibatnya warga saat perang
        -Hancurnya armada dagang Jepang
        -Pengeboman strategis di kawasan industri Jepang yang telah meruntuhkan ekonomi perang Jepang
        -Sedikitnya alat perang yang tersisa
        -Hancurnya AL, dan kekurangan Bahan bakar untuk operasional kaprang
        -Dan Uni sovy yg tadinya netral di asia, bahkan mengobarkan perang pada jepang dan langsung menyerang manchunkuo, dan jika jepang diduduki komunis (sovyet) maka sistem kekaisaran tradisional jepang akan lenyap.

        Jd, meskipun tanpa nuklir, jepang akan tetap hancur lebur jika tdk menyerah

        • oh begitu… kenyataan nya ya. kan saya cuma bilang bahwa USA dalam perang ASIA tidak mudah menang.

          – pangkal kapal Usa hancur lebur di asia pisifik
          – banyak marinir mampus dan sampai kini entah berantah
          – di asia jepang berhasil mengusir pemenang perang II dengan mencaplok negara jajahan termasuk indonesia dari belanda.
          – USA main keroyok dalam menyerang negara ASIA
          – Jepang berperang tanpa bantuan sekutu dan tidak main keroyok
          – Jepang negara kecil namun mampu membuat USA semaput dan kwalahan
          – USA perang pakai NUKE
          – Jepang Anti Nuke

        • Tambahan 1 lagi bung, Jepang bisa keok karena terlibat perang dgn banyak front
          1. front asia tenggara melawan inggris dan belanda dan amrik
          2. ftont pasifik melawan amrik
          3. ftont asia Timur melawan pasukan nasionalis dan komunis Cina dalam perang yg berlarut
          4. front manchukuo

          Dan jgn lupa juga Jepang juga kekurangan pilot akibat strategi kamikaze. Strategi kamikaze ini juga termasuk salah satu blunder kalo menurut ane, krn untuk melatih seorang pilot itu bukan perkara mudah. Butuh waktu yg lebih lama di bandingkan dgn pasukan reguler lainnya

    • maaf bung.
      menurut pendapat saya yg awam ini bukan karena agama bung.
      perang di timur tengah lebih ke arah AS gak mau lepaskan cengkramannya akan minyak di timur tengah, karena minyak ini bisa dijadikan senjata tuk melemahkan ekonomi RUSU.
      jika mau menghancurkan RUSU maka si AS akan suruh sekutunya di timur tengah untuk menggenjot produksi minyak sehingga harga minyak jatuh dan RUSU kena dampak yg besar atas pelemahan harga minyak.
      andai kata minyak ini letaknya di wilayah eropa maka saya yakin 100% bahwa bukan islam lah yg dicap teroris, tetapi mayoritas agama nya yg di eropa yg dicap teroris.
      sorry agan2 dan sista, komen gw gag bermaksud sara yaa.

      hanya pendapat orang yg kurang ngopi susu.
      wakakak

  4. Trump pecundang, ga da beda dgn presiden2 terdahulu…bacot dibanyakin tanpa ada reaksi padahal kawan sendiri (korsel) sedang ditakut2i oleh kaum sendiri (korut)….jika emang sdh ga sabar…kobarkan perang hai kau trump pengecut!,,

  5. Pertamax kah ? Kuncinya cuma 1 untuk mengakhiri kemelut di korea, amerika mundur dari korea, cina jauh2 dari korut trus indonesia jadi juru runding penyatuan korea……pasti bisa

  6. Tolak itu si mike pence ke indonesia , paling2 nyari dukungan

  7. nah itu yang benar ,kalau mau damai di dunia indonesia yang jadi penengah ,bukan nya PBB yang jadi boneka ASU dan CS nya

  8. jika sampai terjadi,maka ke 2 korea akan hancur,oleh nuke

  9. Selama masih terselip kata AKAN…..
    Jgn terlalu berharap banyak itu sdh kesepakatan diforum ini ?

  10. USA GK kan berani nyerang Korut…Karena takut dinuklir sama korut..Beraninya SM negara Islam yg lemah tapi bnyk minyaknya..

  11. dari kemaren ngemeng doang, padahal udah ditantang tuh sama si Jong Un … cemen lu …

    giliran si Assad enggak nantang, tahu-tahu 59 Tomahawk melayang … wakakaka …

  12. Pence, anak seorang veteran perang Korea tahun 1950-53, mengatakan Amerika Serikat akan membela sekutunya Korea Selatan dan mengupayakan perdamaian dengan kekuatan… Mengupayakan Perdamaian Kok Dgn Kekuatan… Seharusnya Bukan Dgn Kekuatan Tapi Dgn Mediasi Atau Melibatkan Pihak Ke 3 yg Netral Seperti Indonesia… Kan Indonesia Punya Hubungan Baik Dgn Korut maupun Korsel dan Lagipula Indonesia Non Block…

    • Mengupayakan Perdamaian Kok Dgn Kekuatan

      bung jimmy sebagai sales juga harus tahu bumbu2 geopolitik
      itu timteng negara borong2 alutsista sebagai efek deteren supaya perang antar negara menjadi opsi terakhir kehancuran total yg tentu akan dihindari bagi yg berakal sehat

  13. Trik jualan dollar..supaya warga korsel dan sekitanya beli dollar..biar dollar naik..

  14. Presiden Trump…Tidak akan menyerang Krea Utara…. Tramph dan Antek anteknya akan berani menyerang khusus daerah Timur Tengah….Karena Daerah Timur Tengah adalah Daerah Kaya Sumber Daya Alamnya berupa Minyak…Disamping Itu Negara Timur Tengah adalah Negara Lemah Pertahanannya dan Orangnya Mudah di Adu Domba dan Dipecah Belah , Karena Negara Timur Tengah Diciptakan Oleh Tuhan Napsunya Besar dan Otaknya Bebal dan Bodoh….Makanya Negara Barat seneng Bener Memecah Belah ….

  15. “Namun sebagaimana yang presiden jelaskan, China harus mengatasi persoalan ini atau kami yang akan turun langsung,” kata Pence. Gagah sekali kosakata yg diungkapkan Pence, menlu USA, dalam menggertak Korut dan cheerleadernya, yakni china dan Rusia. Namun jika dicermati gertakan Pence lbh seperti gertakan anak mami yg minta kawin pada emaknya. “Mak, ane hrs kawin dg Inem atau Inem sendiri yg ngawinin ane hayoo..”

    Secara diplomatis ungkapan Pence seolah menyalahkan china sebagai sebab Korut dg Kim Jong Un nya bersikap ugal-ugalan dan berani melawan dominasi USA yg tentu saja membuat wibawa USA di Asia Timur khususnya dan dunia tercoreng. Sudah dari PDII lalu Korut jatuh kepelukan china dan Uni Soviets (kini Rusia), dan itu pula yg menjadikan Korut pandai bermain-main dg senjata mengerikan seperti Rudal ICBM, kapal silem serta memiliki reaktor nuklir yg rawan untuk dikembangkan menjadi pabrik nuklir yg kemudian dipakai sbg bahan bom yg bisa dipasang diujung rudal balistik. Repotnya Jepang yg menjadi kawan USA, sejak kalah dalam PDII melawan sekutu malah diikat agar tdk menjadi negara yg kuat militernya, serta tdk mengembangkan senjata semacam rudal apalagi nuklir. Jepang lbh asyik membuat berbagai barang elektronik, otomotif dan lainnya sbg barang dagangan, walau untuk saat ini kemonceran produk teknologi Jepang mendapat saingan kuat dari Korsel dan china.

    Ibarat Mohamad Ali yg akan bertinju, Donald Trump bersama jajaran pemerintahnya terlalu banyak gaya dlm menghadapi Korut. Doi mesti bermain gertak dan ancam terlebih dahulu serta menghardik para sekutu Korut sbg cara perang urat syaraf. Tidak seperti perlakuan pd Suriah dan Afganistan yg tdk banyak basa-basi langsung hajar. Khusus untuk Korut Trump perlu berpikir 1000X. Sepertinya tetangga Korut, yakni Jepang dan Korsel pun agak jerih jika benar terjadi tawuran antara Korut melawan USA mengingat resiko yg rawan sbg akibat dampak nuklir.

    Ujung-ujungnya Pence menggaris bawahi sikap pemerintah sbb: “pilihan langkah balasan terhadap Pyongyang bisa dibagi menjadi empat kategori: sanksi ekonomi, aksi intelejen, perundingan diplomatik, dan unjuk kekuatan militer” suatu kategori sikap negara yg standar, yakni menempatkan opsi militer sbg opsi yg paling akhir….

    • Intimidasi sebelum perang juga perlu.

      Seperti Nick/nate diaz yg selalu membuat lawannya emosi sebelum bertarung, tujuannya supaya lawan gegabah dan melakukan kesalahan.
      Itu adalah strategi yg sangat jitu.

    • setuju bung, saya tidak yakin usa berani serang korut karena negara dengan sekuat apapun militernya kalau tidak punya senjata pamungkas yaitu nuklir maka negara itu hanya dianggap sebelah mata, namun tidak dengan korut yg sudah maju dalam persenjataan nuklir dan sekutu kuat yaitu cina dan rusia, sudahlah saya jamin usa tidak bakal berani serang korut

      • Betul sekali pendapat anda, krn apabila amerika menyerang korut itu sama aja dengan menyerang cina, krn ane percaya cina tidak akan pernah membiarkan korut jatuh kepangkuan amerika

  16. jika asu nyerang korut ..selamatkan tki/tkw indonesia dulu di korsel entar mereka enggak bisa lebaran di indonesia…

  17. Sekali kali perang nuklir biar kita bisa lihat kembang api raksasa…… xixixi….

  18. kita lihat saja begaimana reaksi selanjutnya amerika..

  19. Negara munafik kok bs seenaknya memberi embargo sampe perbankan jg bs dibekukan sungguh dighdaya yg pongah tak ada satupun negara yg berani menentangnya malah terus mendukung walaupun salah, PBB hy jd bonekanya AS.

  20. pence akan ke indonesia
    https://goo.gl/HHd7xL

  21. kok yg dikorea malah tenang2 sajo.sibuk kerja lembur nggak tau mo perang.????….atau kitanya disni yg lebayyy…????…Astaga dunia sudah terbalik.

  22. Gertakakannya gagah nian Pence,,please pertimbangkan : Ribuan artelri berat & ringan, roket, meriam, mortir dll berjajar seri & paralel, berlapis penuh sesak diperbatasan Korut & Korsel,,,jangkauannya bukan cuma smp Seoul,,mampukah AS & Korsel “melumpuhkan” arenal tsb gak sampai menyalak duluan ke arah Korsel…secara tiori Korut pasti kalah, namun akan trgaedi kemanuisaan baru rakyat Korsel & Korut..Korut luluh lantak krn akhirnya di bomb nuklir, namun Korsel jg bnyk yg jaid abu,,sekali lagi akan ada tragedi kemanusiaan baru jilid II (Korea)

    • Seoul mungkin mengalami kerusakan yg cukup parah dgn korban jiwa sekitar 20ribuan
      pada fase 30 menit pertama perang itupun jika As dan Korsel caught off the guard tidak bisa membaca pergerakan militer korut sebelumnya

    • Mustahil perang antara korut-korsel/AS.
      (kecuali trump sdh giila)

      • Tidak ada yang mustahil bung, memang sudah takdirnya duo KOREA di beking negara adi daya itu akan sgera berperang. setidaknya akan dimulai insident perang kontra inteligent dulu, dmana pihak USA sudah memulai duluan dengan menggangu atau mengacaukan peluncuran roket korea sabtu yang lalu. China membawa masalah itu ke RUSIA meminta dukungan jika terjadi perang, itu adalah strateghy intelijent mnurut saya. jd akan terjadi perang saya sangat yakin seyakin yakin nya.

  23. Test…

  24. yang terpenting bagi AS yaitu melindungi Sekutunya yaitu KORSEL karena kalo mau asal ngeluncurin rudal balistik yg dipasang warhead nuke sasaranya pyongyang pastinya efek gelombang kejut dari ledakan nuklir tersebut terasa sampai ke korsel , dan pastinya korsel juga kena imbasnya makanya amerika g berani nyerang karena posisi korut terlalu dekat dengan sekutu mereka korsel. amerika cuma bisa menggertak pastinya amerika nyerang korut kalo korut udh nyerang duluan dan amerika akan membalasnya

  25. mosooookkk..?? hora pecoyo homonganmu bek

  26. Ayo saya udah capek ancam2 ,kalian 2 beli nih senjata gua (trump)

  27. Kesabaran saya juga sudah habis…Su 35 gak diteken teken…

  28. Ayo USA serang Korut..Ayo Korut serang USA..

  29. Ngomongin negara horang trus….mending ngomongin diri sendiri tuh TNI merana alutsistanya pada keok…..sumbang uang tenaga dan doa biar top markotop…..

  30. Amrik cuma berani ngomong doang, no action sama sekali wkwk

 Leave a Reply