Jun 142016
 

Sebagai sesama pengguna Su-30 di Asia Tenggara, varian Su-30MKM (Flanker-G) yang dikembangkan khusus untuk TUDM (Tentara Udara Diraja Malaysia), memiliki spesifikasi jauh lebih jaguh (jago) dibandingkan Angkatan Udara Vietnam dan Indonesia. TUDM diuntungkan oleh India, yang bersusah payah mengintegrasikan seluruh subsistem ke dalam Su-30MKI. Su-30MKM (Modernizirovannyi Komercheskiy Malaysia = Modernisasi, Komersial pesanan Malaysia) memang dikembangkan dari basis Su-30MKI.

Dari tampilan luar, Su-30MKM menggunakan fuselage, mesin TVC AL-31FP, dan sistem kendali fly by wire yang serupa dan setara dengan milik AU India. Su-30MKM diawaki dua awak, pilot dan operator sistem senjata.

Ragam persenjataan yang dapat dibawa berupa rudal jarak menengah, sedang, dan jauh serta rudal udara ke permukaan tidak dibedakan dengan milik India, mampu menggotong seluruh sistem senjata buatan Rusia.

Perbedaannya, sebagai negara Islam tentu haram mengadopsi teknologi negeri Yahudi. Oleh karena itu, seluruh perangkat made in Israel diminta dilepas dan dicari gantinya, barulah Malaysia mau menandatangani kontrak senilai 900 juta dolar AS untuk 18 pesawat.

Nah, varian Su-30MKM mempertahankan sistem radar dan elektro optik yang sama dengan Su-30MKI. Radar N011M sudah jadi standar, begitu juga sistem optronik pasif IRST (Infra Red Track and Scan) OLS-30 yang mampu mendeteksi sasaran di udara sejauh 90 km dari belakang, atau 50 km dari depan.

Manuver Su-30MKM Flanker Malaysia

Pilot bisa memilih pembesaran (Field of View) lebar dengan cakupan 20×5 derajat atau sempit dengan lebar 3×3 derajat. Cakupan sempit digunakan untuk membidikkan rudal BVR (Beyond Visual Range). Sistem laser range finder akurat sampai jarak 3 km untuk sasaran udara dan 5 km untuk sasaran darat.

Sistem avioniknya mengandalkan produk Perancis yang memang sudah lama punya pasar di Malaysia. HUD menggunakan sistem Thales CTH3022 wide angle holographic, begitu pula sistem IFF (Identification Friend or Foe) yang juga dibuat Thales. Sistem pod pencari sasaran dan pengarah rudal menggunakan, lagi-lagi, produk Thales yaitu Damocles targeting & NAVLIR pod. Untuk sistem komputer pada Su-30MKM tetap menggunakan sistem S101 buatan Rusia.

Su-30MKM memiliki kekhasan dengan fokus pada sistem pertahanan yang cukup lengkap daftarnya, meliputi Saab Avitronics MAW300 Missile Warning Sensor dan LWS350 Laser Warning Sensor untuk mendeteksi sistem laser pemandu rudal antipesawat yang digunakan sistem rudal seperti Saab Bofors RBS-70. Untuk mendeteksi rudal dengan pemandu radar ada sistem RWS-50RWR. Sama seperti Su-30MKI, Su-30MKM memiliki kemampuan diisi dan mengisi bahan bakar di udara melalui Cobham 754 buddy refueling pod.

Satu sistem yang terpasang pada Su-30MKM dan tidak ada pada Su-30MKI adalah sistem pod ECM (Electronic Counter Measure) buatan perusahaan Kaluzhsky Rusia yaitu KNIRTI SAP-518 yang dipasang di ujung-ujung sayap Su-30MKM. Pod ini memungkinkan Su-30MKM melaksanakan misi SEAD (Suppression of Enemy Air Defence), dengan mengacak gelombang radar yang bermain di frekuensi G-J. Malaysia dirumorkan mengakuisisi sistem pod pengacak SAP-14, yang sampai saat ini belum terkonfirmasikan kehadirannya.

Su-30MKM RMAF, Malaysia

Su-30MKM RMAF, Malaysia

Purwarupa Su-30MKM terbang Mei 2006, dan versi produksinya setahun kemudian pada musim semi 2007. TUDM menyatakan purwarupa sudah layak produksi pada Mei 2007. Bandingkan dengan pengembangan Su-30MKI yang berlangsung selama bertahun-tahun, Malaysia jelas diuntungkan dengan inisiatif India mengembangkan varian Su-30MKI.

Seluruh pesawat pesanan sudah diterima TUDM mulai Juni 2007, dan yang terakhir pada Agustus 2009. Su-30MKM di TUDM ditempatkan di Skadron No 11 di Gong Kedak, Malaysia Barat yang merupakan salah satu pangkalan militer tertua di Malaysia bersama skadron latih PLTB3 dengan pesawat latih Pilatus PC7 Mk11.

Author: Aryo Nugroho

Sumber : Angkasa.co.id

  80 Responses to “Kesaktian Su-30MKM Flanker Malaysia”

  1.  

    Sakti mna dng SU-30 MK2 kita yg baru diperbaiki di belarus.?

    •  

      kemungkinan setara bung. meskipun tanpa canard

      •  

        ga lah. mkm sukhoi trrcanggih di asia. klo mau nyamain ya sma su 30 sm. su 30 mk2 itu standar rusia.

        •  

          su-30 mk2 variannya banyak bung. dari yang series abal2-standar-jaguh. sepanjang uang didompet cukup buat bayar. seperti juga su-30 mk -i customized india, mk-m customized malaysia. siapa yang bisa membedakan electronic equipment standar mk-k/mk2 dengan sm series kalau ukuran/dimensi sama. berbeda dengan mk-i/mk-m yang harus pakai canard buat mengimbangi penggunaan radar yang lebih berat dari standar sm/mk-k.

          sebagai contoh : dalam kondisi terjamming, apakah peralatan electronic thales yang dipasang otomatis membutuhkan interface untuk merubah ke standar rusia. apakah kecepatan proses bisa secepat standar rusia yang tidak perlu penterjemah ? bagaimana realibility-nya ? analoginya begini saja, misalkan anda orang inggris tidak bisa berbasa jawa otomatis butuh penterjemah bukan. informasi mana yang lebih cepat disampaikan dan tepat sasaran antara si bule dengan penterjemah dan satu lagi teman dekat pembicara yang bahasa jawa ? jikalau sipembicara nyerocos terus dan apalagi dalam situasi udara sangat panas, apakah kepala si penterjemah nggak keluar asap tuh. xixixixixixixi

        •  

          su 30 mk2 itu varian standar rusia. susah bgt dbilangin. coba cek di websitenya langsung. knpa rusia bkin su 30 sm ? krna rusia nyadarin ver mkm dan mki itu yg trbaik. cuma dbuat su 30 sm yg avionik buatan rusia asli makanya muncul su 30 sm. big no klo bilang su 30 mk2 sma kyk mkm. sma dimana ? radarnya aja udh beda, blm avionik, blm mesin yg blm tvc.

        •  

          analoginya aneh. klo yg asli ga pke penterjemah. haha udh jelas2 rusia itu kepengen sukhoi yg sama kyk mki dan mkm. makanya mereka ngikutin spek yg sama tp semua buatan rusia. yg versi standar rusia itu sukhoi vietnam, indonesia, cina, rusia dan venezuela. tambahan embel2 diblakang mkm itu bukan krna malaysia aja. tp teknologinya emang dbuat khusus malaysia dan ga ada di mk2 standar. sma kasusnya kyk mki. krna akibat malaysia pesen ver. mkm, sucadnya jdi susah krna bukan buatan rusia 100%. beda klo ambil su 30 sm. SM itu made in rusia dengan teknologi mkm dan mki versi rusia.

        •  

          Kalo bung Alugoro menjelaskan dengan analogi yang sangat menarik dan kreatif dalam mencari perbandingan (keliatan sering mengamati perkembangan alutsista) sedangkan Bung Raku kekeuh dengan dasar keilmuan berdasarkan logika resmi dan link resmi.
          Bung Raku selalu menilai sesuatu harus sesuai hitam diatas putih, alias Tim Brazil itu pasti menang melawan Portugal atau Denmark misalnya, tanpa melihat kondisi yang menyertai saat bertanding (cuaca, kartu merah, penonton, emosi pemain, kelelahan dll).

          Dua-duanya cukup baik, warjager tinggal memilih mau yang resmi atau yang berimajinasi cukup liar dengan membiarkan logika berpikir melanglang buana tanpa batas pengetahuan dan pendidikan masing-masing…(dan di dunia intelijen, masing-masing adalah prinsip keunggulan yang harus dimanfaatkan tergantung kondisi yang dihadapi) he….he…..

        •  

          Betul juga bung Nunchaku, tapi awak piker tanpa kreatifitas dan imajinasi liar, tidak mungkin lah pesawat kuno analog super etendard Argentina boleh tenggelamkan HMS Sheffield dan merusak HMS Invicible, 2 destroyer paling canggih milik Inggris waktu itu, hanya dengan Exocet seperti yg dimiliki jg oleh TNI he…he… juga…salam bung…

        •  

          iyasih terserah yang membaca. tapi di artikel diatas udh dijelasin spek teknis su 30 mkm yg ga ada di mk2. jdi bukan setara. tp mkm-mki setingkat diatas mk2. cuma mau ngingetin aja. dasarnya ilmu pengetahuan adalah sains, sedangkan kesalahan bermula dari opini.

          untuk om mj. super etendard di zaman perang falkland itu trhitung msih baru bgt. klo di ibaratin etendard sma kyk rafale saat ini. jdi wajar lho klo msih analog kokpitny krna emang tahun adanya perang falkland, teknologi glass cockpit belum ada / diterapin. dan ini juga salah satu bukti exocet emang udh battleprupen. mkasih

        •  

          Kalau dari sisi sama dalam arti kelengkapan jelas tidak. Tapi secara hitungan di atas kertas, kelebihan kecanggihan MKM untuk fungsi yang sama memang bisa tereduksi performanya oleh karena model campur-campur teknologi, seperti yang diulas bung Alugoro.
          Apalagi kalau dalam pertempuran, akan makin banyak faktor lain.
          Itu juga yang nanti harus diperhitungkan benar kalau Indonesia akan beli Su35 dengan beberapa teknologi non Rusia.

      •  

        Sepertinya begitu bung. Soalnya SU-30 MK2 yg diupgrade di Belarusia masih sangat misterius banget.

        •  

          Jiahahahahaha…
          Betulkan tebakan sy…
          SU-30 MK2 apanya yg diupgrade bung..
          Halllooooo… Jgn ngelamun oi..
          Kita gak d izinkan membuka mesin sesuai dgn kontrak pembelian dgn Rosoboronexport, wong belinya ketengan…
          Jd jika ingin melakukan service mesin harus dibawa kesana..
          Kok bisa ya anda bilang di upgrade.. Ada-ada sj.. Cuci muka dulu bung, mgkn anda blm sadar betul..
          Wkakakakakak…

        •  

          sejak kapan bowo nasionalis, dari dulu ajurannya menyerah aja ama cina…

    •  

      jangan mengolok-olok bangsa sendiri bung

    •  

      jangan mengolok-olok bangsa sendiri

    •  

      Siapa bilang gak diijinkan bongkar mesin.? Coba anda buka lagi artikel lawas di JKGR. Jangankan di bongkar malah ada fotonya mesinnya udah dicopot dari body nya.
      Emang anda punya klausul yg mengatakan bahwa ada syarat gak diijinkan membuka mesin sesuai kontak.? Tolong dong dibabar linknya disini!.
      Trus adanya bengkel Sukhoi didirikan disini utk apa donk ya.? Oooo…mungkin utk cuci knalpot Sukhoi aja kali yaa.? (edisi lucu_banget.com)

      •  

        biarin aja bung. maklum aja kalau target jualan belum deal pasti banyak asapnya xixixixixixixi

      •  

        Dibongkar pun dengan bantuan teknisi Rusia. Sukhoi kita masih kalah dengan sukhoi Malaysia saat ini.

      •  

        situ ngmong apasih om ? mana ada bengkel sukhoi disini. klo emang bner ada bengkel sukhoi dsni, ngapain indonesia usahain dpt tot mro dri pembelian su – 35 ? dan ngapain juga itu sukhoi su 27-30 dbawa ke rusia sma belarusia ? klo ngmong brdasar fakta om. jgn suka nyesatin orang lain. jgn kbawa virus narayana seterong. mesin dilepas waktu kmren dibantu teknisi sukhoi dan kmudian diservis di rusia. rusia kn emang bgitu rbet bgt soal maintenance. mkanya jngn aneh klo mi 35 hind dibawa keluar pas service.

        •  

          Biarkan aja mereka, sy dari malaysia sudah biasa baca komen mcmni. Ngak ada apa2 hendak dibezakan. Cuma bangsa malaysia sama indonesia perlu bukak mindanya, usaha kearah kemodenan bukan hanya pandai omong seperti budak kecil yg tak berakal. Mintak maaf jika ada yg terasa hati. Malaysia Indonesia sahabat selamanya

    •  

      Andy Feriansyah : MBAH TIDAK SUKA KOMENTAR ADEK ANDY, SEPERTINYA ADEK ANDY INI MASUK JAMAAH ORANG SETRESS RINGAN DAN JAMAAH O O N == KENAPA SIH ADEK ANDY INI KOK TIDAK MEMBERI DORONGAN MAJUNYA NKRI === MBAH TIDAK SUKA

    •  

      Harus diakui SU -30 MKM Malaysia paling canggih di ASEAN, tapi sayang mereka tidak diijinkan memiliki SU-35 / T-50 PAKFA oleh Rusia. Hal ini dibuktikan dengan pameran kedirgantaraan yang berlangsung di Malaysia beberapa waktu yang lalu di mana pihak Malaysia menyatakan minatnya dengan pesawat tempur tersebut namun pihak Rusia hanya menawarkan SU-30 generasi terbaru. Hal ini tentu berbeda dengan yang ditunjukan Rusia kepada Indonesia, dimana mereka sangat mengharapkan Indonesia menandatangani kontrak Kilo dan SU-35. Justin IMHO

      •  

        Dan scorpen malasaysia jg yg terbaik di asean lho bung.. Tp kalau bisa nyelem dg sempurna.. Meski dg harga yang waow pantastis mahal.. Belum tentu yg terbaik dlm pertempuran nyata.. Kalau su-mkm sudah bisa merontokan jet china saya br percaya.. Kalau scorpen bs nenggelamin lontong cina sy jg baru percaya.. Setidaknya nyeret nelayan ilegal cina aja dech saya akan percaya kehebatan malaysia..
        Semangat ya malaysia.. Yg penting keberanian.. Kemewahan siapa pun bisa dpt.. Tp keberanian yg jarang orang punya.. Maaf bukan nyindir.. Tp kenyataan…

    •  

      setuju bgt bung dgn ap yg anda ktkan sy dukung 1000 %…
      si celeng rusky tau ap dia sok jago militer pdhl nol bsr…
      dr awal dia komen plg jaguh plg tau….
      taunya cm ngmong petromak doang…
      bruakakakakakakakaka…..

    •  

      Bung andi [email protected] kok tau semuanya apa anda orang dr tni au apa dr kemenhan..???
      Kok sampai tau dr kontrak perjanjian jual beli gak boleh buka mesin dan perawatan .. Jangan2 anda ikut tanda tangan ya bung..
      Maaf ya bung.. Becanda

    •  

      pesawat kaleng krupuk sudah penyok yah ..?

      buang saja ke laut…vietnam saja sudah ngebuang ke laut
      ha ha ha

    •  

      itu su-30 mkm meley jet tempur or gado2 y -_-

  2.  

    Tuh punya malay hebatkan!!!

  3.  

    eject kat hanggar

    ngihahahahahaaaa….

  4.  

    oohh…

  5.  

    wuih

  6.  

    Ntar ditembak pakai peluru pisang Wkwkwkwkkkk

  7.  

    kok murah hanya 900 juta ?

  8.  

    beuh…. kok kita gak bisa minta yang spesial order kayak gitu?…… rasanya dana mah ada.

  9.  

    jangan kawatir, masih bagus Su-35 Indonesia
    SU-30MKM MALON jauh dibawah SU-35
    pemerintah sudah memperhitungkan semua, baik itu punya SU-30MKM MALON maupun F-35 AUSTROL
    yakinlah, didukung pilot pilot TNI AU yang diatas rata rata kemampuannya, dengan SU-35 bisa mengatasi semuanya

  10.  

    dari komen kamu kelihatan kamu kampungan banget..udah jelas2 malay punya aset bagus masih juga kamu mau menghina..kamu kira pilot2 itu cuma lulusan bawah kolong ya?? Jgn pandang negara lain sebla mata hanya karna ego kamu…trrima kenyataan dan sama2 kita mmbentuk nkri yg lebih sopan dan maju…

  11.  

    @Anto.. iya sihh mas, miris bgt liatnya. Yaah realitanya kn memang gt, MKM series emang kasta sukhoi yg tertinggi speknya d Asean ini. Jangan sampai Nasionalisme kt yg tinggi menutup hal2 sperti ini. Sikap gentelmen yaitu mengakui kemampuan lawan adalah hal yg harus selalu dimiliki, meremehkan lawan adalah suatu kelemahan besar dlm strategi militer.

  12.  

    MKM memang joss kok.
    Kalau pengen yg costom kayak gitu ya beli di Irkut, kalau Knaapo biasanya ngak mau costom.
    Tp salut deh sama malaysia, mereka tegas menolak Israel.
    Overall MKM secara teknis lbh bagus dari sukhoi kita.

  13.  

    Tu kan baru perkiraan,prediksi, kalo mo hasil nyata harus di adu dulu, perlu di ingat kebanyakan sukhoi series milik au russia itu buatan knaapo…

  14.  

    klo Indonesia minta yg sekelas MKI ntar kodenya apa ya …. ??
    masa Su-30 MKI2 kan ndak asyik bngt, makanya kode tetap MK2, biar ndak keliatan jeroannya

  15.  

    Tukang Ngupil, [email protected] kalau bisa nggendong rudal…berarti rudal nya di letakkan di punggung dong…bukan di bawah sayap dan di bagian ” perut ” seperti pesawat tempur lainnya…wkwkwkwk

  16.  

    baguslah malaysia,cepat buat pangkalan militer dekat LCS biar cina gc pecundangi militer kmu lgi,,pengen liat dogfight nya SU 30 MKM VS J 11

  17.  

    SUKHOI KITA LEBIH UNGGUL DARI SUKHOI MANAPUN TITIK. APA LAGI DARI SUKHOI MALON, YANG MEREMEHKAN SUKHOI KITA PASTI ANTEK ASU DAN ZIONIS.

  18.  

    Mau MKM kek ML kek MUI kek
    MCK kek ma Mberan kek tokek emang gue pikirin emang takut apa..!! Itu semua tergantung pilot yg menukangi nya percuma pesaawat canggih tp klo gk mahir lihai gak punya keberaniaan bawa peswatnya sama aja tuh pesawat ompong!!
    Disinilah Tni Au slalu digembleng dilatih di asah kemampuan skill dan fisik agar slalu diatas rata2 mahir pandai menggunakan alutsista canggih bukan cuma beli dan dipajang doang.
    Camkan itu baek2!! Amanah dri Mantan panglima jendral Moeldoko

  19.  

    Klo ketemu sukhoi 30mk2 TNI kira2 yg bakal lari duluan yg mkm apa mk2? Karena saya orang Indonesia ya pasti pilih mkm yg lari terbirit2 klo ketemu mk2 Indonesia kaya tldm dibentak diatas kapalnya karena sok jaguh.. Xixixiii

  20.  

    Sibuk membandingkan Sukhoi negara lain… Hargailah apa yg kita punya… Buat apa membanggakan milik negara lain… Jayalah NEgeriku…. Jayalah Indonesiaku…. Dimana Rasa Nasionalisme kalian? Mau bagus punya negara lain atau tidak terserah.. yang penting Sukhoi kita yg menjaga bumi pertiwi…

  21.  

    kesaktian jet tempur dpt di ukur dari:
    1. Varian jet-ny
    2. Persenjataannya
    3. Skill pilotnya
    4. Servisnya,,,,,

  22.  

    titik.artinya…kita harus fair donk.kita jangan sampai diperbudak oleh nasonalisme yg sempit.klo memang su-30MKM malonista lebih canggih dari punya kita.mengapa kita harus malu untuk mengakuinya.malah seharusnya itu menjadi motivasi bagi kita bangsa indonesia.

  23.  

    tahniah SU-30MKM memang hebat pada masatu

  24.  

    sorry to say ya om. mau smp kpan man behind the gun djadiin andalan buat ngadepin ktrbatasan ? mungkin om lupa, hadirnya teknologi yg mkin canggih buat ngebantu ktrbatasan manusia dlam daya tahan tubuhny.

    •  

      Bung Raku, saya justru setuju dengan pernyataan anda bahwa teknologi makin canggih buat ngebantu keterbatasan manusia, jadi sekali lagi “Buat Ngebantu”

      Cuma tidak setiap kondisi memastikan itu, bahkan banyak yang membuat media bengong tidak berdaya kenapa?

      Seperti contoh yang diungkap Bung MJ diatas, bahwa pesawat kuno super etendard saja bisa mengalahkan 2 destroyer paling canggih milik tante elly dengan exocet (yang kebetulan tni juga punya, alias jangan2 tni bisa juga tuh ngalahin destroyer inggris).

      Contoh lain, kita harus jujur, sehebat-hebatnya Pindad bikin SS2, secara teknologi, masih kalah (baik secara resmi maupun pengakuan pindad sendiri) dengan buatan eropa/US macam M4 dll. Sehingga ketika TNI betul-betul digdaya selama bertahun-tahun mengalahkan army negara lain yang memakai alutsista diatas kertas diakui lebih canggih, membuat semua pihak terutama media barat betul-betul tercengang habis daya.

      2 kejadian diatas (meskipun cuma 2, tapi itu menggambarkan sebagian besar MILITARY SHOW yang terpampang dihadapan media masa dunia, dan masih banyak lagi contoh lain silakan tanya Mbah Bowo eh Mbah Gugel), jelas-jelas menunjukkan MAN BEHIND THE GUN….

      Tapi jika anda masih menolak argumen saya ya itu terserah anda, toh saya cuman tukang semir sepatu (milik sendiri), bukan Insinyur di Balitbang TNI AD atau Komandan TNI he…he…

  25.  

    Pny SU yg diblg plg canggih se asean mbok y dipakai …. minimal jd support kpl perang nangkapin nelayan cina yg msk ke wilayah negarany

  26.  

    Sebuah jet tempur Su-30MK2 milik Angkatan Udara Vietnam dilaporkan hilang dekat pesisir Laut China Selatanpada Selasa 14 Juni 2016 petang

    sumber : jjktpk

  27.  

    Sebuah jet tempur Su-30MK2 milik Angkatan Udara Vietnam dilaporkan hilang dekat pesisir Laut China Selatanpada Selasa 14 Juni 2016 petang.

    sumber : jjktpk

  28.  

    Dan akhirnya, kita beli 16 sukhoi aja lebih mahal dari pada 18 sukhoi malaysia. . juga kalah canggih sama punya malaysia, itu faktanya bung. .
    Harusnya pemerintah pintar untuk melobi, supaya kita diberi pespur yg strong. Bukan yg kuno dan terbelakang

  29.  

    Sy stju dng komen bung anto..sy anak baru dsni,sy jg sdkit tw bhwa rekan” kita tni jg ngenes lht alutsista kita slalu dbwh negeri tetangga..jdilah ksatria bung,akui klo alutsista kita dbwh malon..jngn trz mimpi dsiang bolong n brlindung dbwh kata nasionalis klo ga skata dng kalian..bngunlah bung!!!

  30.  

    bagus gak nya. yg penting indonesia berkembang untuk menjadi lebih baik.
    hello world!!

  31.  

    kecanggihannya ialah menjatuhkan bom berpandu leser bagi menghancurkan kebon kelapa sendiri hehehe

  32.  

    buktikan di pertempuran….beres..

  33.  

    Kemampuan itu bisa dibentuk bung! Pilot Malaysia bisa belajar sama India atau yg lainnya. Jangan meremehkan pilot Malaysia, mereka sama2 manusia seperti kita.

  34.  

    Tapi kalo soal MKM, mereka memang lebih maju.

  35.  

    Ke depan untuk teman2 di forum ini tlg berhenti bilang pilot negeri tetangga kalah ma pilot tni au kita…bila melihat atraksi pilot sukhoi su 30mkm malaysia terbukti bisa melakukan manuver2 sulit….kita hrus akui smntara pilot tni au sy blum liat manuver cobra nya…. pilot2 kita sdh byk yg terkena musibah walaupun kdg dikatakan musibah tpi bila terlalu sering jatuh itu namanya human error…mari kita bersikap realistis dan mendoakan yg terbaik utk tni agar semakin profesional n hebat tetap membumi bersama rakyat imho

  36.  

    Udah g usah ribut ma versi mkm…mki…mk2…ato yg lainny….krna alutsista itu menyangkut rhsia kekuatan negara….bsa aja jeroannya diganti….mkm boleh lebih canggih dri mki tpi klo pelaksanany kurang mampu ttp ja percma….

  37.  

    rame komen² nya … semua masuk akal sehat ane, cuman mau komen orang awam

    service engine pswt apapun jenis nya punya karakteristik dan byk syarat yg hrs dipenuhi, tukang servis nya musti wajib punya license yg disetujui dan diberi certificate oleh pabrikan berlaku berbatas waktu, fasilitas bengkel jg hrs lengkap dg tools dan instrumentasi uji plus ketersediaan spare parts.

    percayalah anak bangsa sdh mampu kerjakan bongkar/pasang engine plus perawatan ringan/sedang/berat disini selama semua syarat tadi sdh lengkap, bila msh ada engine yg hrs dirawat ke LN … bisa diperiksa dlm klausul perjanjian awal dg pabrikan … apakah engine msh dlm garansi atau ada klausul dpt gratis rawat berat 1 kali, jadi lebih baik di servis ke pabrik nya donk, paling kudu ke luar ongkos kirim pp.

    yg sering terjadi biasanya user blom punya fasilitas pengujian engine se blm di pasang pada pswt, fasilitas tsb sangat mahal bila kita inves, sedang kan jumlah engine tdk byk …

  38.  

    Su-30 apapun merkx…
    Yg mbedakan itu nantinya taktik perang dan keahlian dari pilotx…
    Sama halnya dgn balap GP… Biar 1 tim (motor yg sama) pasti saja nantinya ada juara 1 dan juara 2…atau juara 10…

  39.  

    test

  40.  

    klw bisa patok cobra sama uler keket di f16 baru ane jempolin..

  41.  

    abang pikir itu yamaha yah semangkin terdepan…? ini kaleng krupuk bang..gede badan doang ,cuma setara dengan F 5 america
    ha ha ha

  42.  

    mkm /mki dan mkk awalnya merupakan dua pesawat yang didesain berbeda, mkm lebih air superioriti sedangkan mkk lebih maritim , karenanya mkm memakai radar rusia terbaik saat itu(versi export bars) tapi radar bars ini belum matang dalam kondisi tertentu tidak bisa memisahkan noise, versi mkm dan mki mandeg, sedangkan mkk terus berkembang, teknologi bars diawal 2000 an tentunya sdah berbda dengan teknologi sekarang

  43.  

    rapopo SU-30MKM Malon lebih unggul dari SU-30 MK2 TNI, SU-30MK2 & SU-27 TNI AU buat ngejar F-18 Hornet dan MIG MALON ajah ….
    toh Indonesia beli SU-35 untuk antisipasi SU-30MKM Malon dan F-35 Singaporn dan AustroL

    sementara 8 unit dulu, ntar kan juga nambah
    apalagi si carin lagi nglobi pak rr biar beli F-16 V 😀 bisa buat ngejar SU-30MKM Malon
    kwaakk kwaaakkk kwaaaakkkk

  44.  

    Wah…beza amat ya mental orang2 indonesia..menghina,mencaci dan melontar kata2 jijik pada malaysia walaupun tiada balasan…apakah ini mental orang2 yg malu sendiri akibat ketinggalan…

    Mujur orang2 malaysia tak punya mental seperti ini..kalau ada malu deh..mental primitif…

  45.  

    Saya sebagai rakyat Malaysia begitu sedih dengan komentar-komentar rakan dari Indonesia yang sering menghina kami. Kenapa perlu begini? Bukankah kita sebagai jiran harus saling menghormati dan bantu membantu. Sedangkan negara-negara lain hancur dimusnah oleh musuh Islam, begitu juga turki yang sehingga kini diambang kehancuran dengan ancaman-ancaman halus. Hanya kita sahaja negara-negara di timur jauh yang masih bisa mempertahankan agama dan persahabatan kita sedangkan negara-negara Arab sedang berperang sesama sendiri. Soal MKM atau MK2 mana lebih canggih bukan persoalannya kerana kita sudah pasti tahu akan setiap negara punya doktrin perang yang berbeda. ATM dan TNI sering melakukan latihan bersama, apa bila ianya berlaku pasti Singapore, Filipina, Thailand dan Amerika mengintip latihan kita. Ayuh rakan, Malaysia, Indonesia dan Brunei adalah tanah Nusantara. Tanggungjawab kita pertahankannya. Perang ke atas Indonesia adalah seperti perang ke atas kami juga. Jika saudara-saudara ku diserang musuh, pasti kami akan datang membantu!

    •  

      Kalau anda mengikuti berbagai forum dan tindakan bangsa dan negara Malaysia terhadap NKRI dari awal anda akan tahu, yang mulai melecehkan adalah rekan dari Malaysia, kami pertama diam dan diam untuk beberapa sa’at. Tetapi rekan dari malaysia lupa bahwa jumlah kami 10 kami lebih banyak. Kami akhirnya tidak kuat menahan diri hingga mulai membalas karena negara dan bangsa anda terus melecehkan kami. Karena jumlah kami 10 kali lebih banyak dari Malaysia maka jika orang Malaysia 1 kali mencela kami akan mencela 10 kali. setahun orang Malaysia menghina NKRI kami akan menghina Malaysia 10 tahun. Kami adalah bangsa penjuang, kami punya pepatah “Musuh pantang dicari tetapi jika datang pantang dielakkan”, Kami lebih suka perdamaian, kami lebih suka kawan, tetapi jika datang musuh kami tidak pernah menghindar. Tengoklah lagi apa yang telah dilakukan pemerintah dan rakyat Malaysia terhadap NKRI maka anda tahu mengapa kami begitu membenci Malaysia.

      •  

        Kalau rekan dari Malaysia mulai berhenti menghina kami maka perlahan kami juga akan berhenti, kalau rekan dari Malaysia mulai menganggap kami saudara pasti perlahan kebencian kami juga akan mereda. Terhadap Belanda yang jahat, licik bahkan diakhir penjajahanya masih begitu kejam kami berlaku biasa, kenapa pada rekan Malaysia kami membenci tentulah ada sebabnya.