Sep 222014
 
Peralatan dan persenjataan yang dimiliki TNI AD yang akan dipamerkan, di antaranya kendaraan tank ini. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Peralatan dan persenjataan yang dimiliki TNI AD yang akan dipamerkan (photo: Wakhid suarasurabaya.net).

Surabaya – Dalam perayaan HUT TNI ke 69, 7 Oktober mendatang, dijadwalkan ribuan pasukan terjun payung dari TNI AD akan beraksi saat puncak acara yang dipusatkan di Komando Armada Maritim Timur (Koarmatim). Sebanyak satu Brigade atau 3.000 pasukan akan melakukan penerjunan dengan sasaran pendaratan di Pulau Madura.

Persiapan yang dilakukan ditinjau langsung oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), (19/9/2014) di Kodam V Brawijaya. Kedatangan KSAD juga untuk memastikan kesiapan TNI AD dalam perayaan puncak acara HUT TNI ke 69.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, kedatangannya untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar. Mulai dari pasukan, dan alutsista yang akan dipamerkan.

“Sebagai KASAD, harus melihat kesiapan semuanya. Dan tadi saya sudah melihat Tank Leopard, Tank Marder, demo beladiri TNI AD, parade dan defile pasukan. Serta defile kendaraan tempur lainnya,” kata KASAD di Makodam V Brawijaya.

Dia menambahkan, saat puncak HUT TNI ke 69 nanti, pihaknya akan memamerkan seluruh alutsita TNI AD, yang dimiliki selama pembangunan 10 tahun pemerintahan SBY. Seperti Tank Leopard, MLRS, Meriam 155 Caesar, Meriam 185, dan yang lainnya.

“Peralatan dan senjata ini akan dipamerkan pada HUT TNI ke 69, termasuk helikopter Apache. Semua akan datang ke Armatim,” ujarnya.

image

image

Untuk penampilan khusus pada HUT TNI nanti, kata dia, TNI AD akan melakukan terjun payung, oleh 1 brigade pasukan. Pelaksanaan terjun payung dengan melibatkan ribuan pasukan sendiri, baru pertama kali dilaksanakan, dan belum pernah terjadi selama sejarah berdirinya Republik Indonesia.

“Terjun payung dengan kekuatan satu brigade ini, merupakan penampilan khusus TNI AD dalam HUT TNI ke 69 nanti. Dan baru pertama kali dilaksanakan selama kemerdekaan RI,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, dalam peringatan HUT TNI ke 69, TNI AD akan memamerkan beberapa peralatan dan persenjataan yang dimiliki TNI AD, selama kurun waktu 10 tahun. Antara lain meliputi, 18 unit Tank Leopard, 2 unit Transporter IVECO, 13 unit Tank Scorpion, 6 unit AMX Retrofit, 6 unit Tarantula, 18 unit Tank Marder, 9 unit Ranpur Anoa, 14 unit pucuk meriam 105/KH 178, 14 pucuk meriam 155/KH179, 4 pucuk meriam 155 Caesar, 13 unit MLRS, 4 unit Komando Nexter, 9 unit Mistral, 9 unit Komodi MPDA, 1 unit MPCV. (suarasurabaya.net).

  52 Responses to “Kesiapan TNI AD di HUT TNI ke 69”

  1. pagii allll… 🙂

  2. 3 tilu

  3. 4

  4. Absen dan nyimak

  5. Selamat pagi Rekan rekan

  6. gagal lg nomer 1

  7. Typhoon mana Typhoon ???
    EC.Tiger mana EC.Tiger ???
    kilo, amur, u-214 mannaaaaaaaaaaaaaaaaaa ?????????????????????????????????

  8. Di tayangin tv mana ya, ane pengen nonton

  9. sepuluh

  10. nembe masuk wis ribut,salam dulu tuan “Wkl” slonong bae!

  11. Sayang parade terlalu dekat dengan IIMS 2014 tgl 28 sept, padahal aku juga ingin ketemu kawan2 di surabaya waktu 2004-2006 dulu sekalian lihat hut TNI…..semoga tahun depan di halim karena ane dari sumatera…

  12. Luar biasa TNI AD, bayangkan 3000 pasukan terjun payung bersamaan kayak perang beneran tuch…jangan main-main dgn NKRI…itulah pesan yg disampaikan dlm HUT TNI…

  13. Yang belum dibabar secara rinci oleh Bung Jalo dan sesepuh lainnya adalah alutsista TNI AL. Nunggu sambil jualan ayam dan nyuput kopi.

  14. Selamat pagi semua

  15. Selamat pagi. Ini apace yg datang apace pinjaman atau apace milik sendiri ya? Sepertinya bakal ramai nih. Cuma memang yg goib2 tak bakalan nongol. Kalau nongol hilang ajian goibnya. He he he he he he he. Biarlah yg goib tetap goib.

  16. foto 1, AVIBRÁS/TECTRAN AV-VBL 4X4 menurut wiki fungsinya armored personnel carrier.

    beli tipe baru lagi ?

    bung Jalo mungkin tahu fungsi spesifik yang gak ada di anoa ?

    • Fungsi yg gak ada di leopard adl.syarat dan ketentuan berlaku bung danu… 😀 ada hubungannya dgn tot astross…jd inilah syarat dan ketentuan berlakunya…

      Kalau fungsi sy kira sama tp melihat konstruksinya ini sama dgn casspir kopassus…anti mine dan anti ambush…sekelas lah dengan bushmaster australia…

      • AssaLamu Alaikum om Wehrmarc , Jadi Vibras ini Yang Gotong RudaL Astros ya,,,SeLain Tot RudaL Astrosnya Apakah Tot mesin nya kita dapatkan juga mohon pencerahannya

        • Itu yg 6×6 bung PCM…kalo yg 4×4 itu murni APC…kayaknya jd mobil komando untuk platform komunikasi komandan Astross di lapangan…saya jg baru liat kalo gak di sundul bung danu gak ngeh juga 😀

      • thx bung wehrmacht, jadi skema take and give ya 🙂

        • Terima Kasih Om Wehrmact Atas Pencerahannya, Om Danu Gimana Om Tot Mesinnya Kita Dpat juga ga’,,,,,TerimaKsih Lagi buat Para Sesepuh and Senior War jagers

        • Iya sepertinya bung danu…sama seperti kita beli tarantula..buat apa kalo platformnya sama dgn anoa?kalau turet kan bs beli sm cmi…lha wong turet tarantula jg beli sama cmi…apalagi ini cm 4×4 yg cocoknya cm jd arsenal polisi atau maksimum pasukan khusus…olah geraknya payah kalo 4×4…kan aneh sampai AD beli buat pasukan reguler…

          Bung PCM…kalo mesin gak perlu tot..banyak yang jual…kita biasanya pake renault perancis dan kontinental/teledyne ASU…justru tot roketnya yg kita incar untuk mengisi teknologi peroketan dan rudal kita…

      • Saya lihat di awal membaca artikel, koq Avibrasnya ada yang aneh. Ternyata….

        Wah dua info menarik nih….
        1. Itu Avibras 4×4 APC.
        2. Kemungkinan besar dibeli untuk imbal ToT.

        ToT untuk MLRS, harus beli APC 4×4 ya? APC ini juga masuk di ToT? (bakal jadi pesaing Anoa atau malah jadi bahan riset tambahan bagi Anoa yg lebih baik?)

  17. Masih pada ingat gak truk KAMAZ di Indonesia untuk angkut apa ya ? untuk sipil aja ato malah u militer.

  18. Mudah mudahan ditayanghkan langsung oleh beberapa stasiun tv nasional biar kami sebagai rakyat juga merasakan kebahagian dan kebanggaan

  19. Nyimak aja dehh..

    Salad

  20. baku tembak tni-brimob di batam,empat anggota tni terluka ditembak anggota brimob..
    ga ada hbs2nya..dua2nya buat malu bangsa

  21. Mantaf nih nti defille pasukan TNI…maju terus TNI ku…

  22. semoga ajah dokumentasi lengkap video dan gambar,bagi warjag yang hadir jangan pelit buat ngeshoot dan share disini

  23. Ndak membayangkan, salut buat Bpk2 yg diatas. Mobilisasi ratusan alutsista dan ribuan prajurit tidaklah gampang, dengan seringnya latgab2 yg dilakukan akan meningkatkan respon prajurit. Semoga nantinya tak ada sesuatu yg jadi hambatan dan rintangan dalam peringatan HUT tsb. semua sehat2 dan selamat jika kembali ke barak masing2. Amin

  24. Andai saja semua dulur jakartagreater bisa berkumpul dan nonton bareng parade militernya nanti…bisa sekalian tambah saudara saling sharing tukar ilmu’apalagi kalo sesepuh2 berkenan ikut kumpul”bisa dapet ilmu banyak hehe ngarep.com : )

  25. Pada hari Rabu tanggal 17 September 2014, dari balik jendela pesawat boieng 737-900 ER milik Lion Air saat take off dari Lanumad Ahkmad Yani Semarang saya melihat beberapa helikopter tempur Eurocopter Tiger TNI AD di parkir di depan markas skwadron heli serbu ..

  26. ga ada pembahasan / diskusi yang lebih mendetail.. para sesepuh lagi ninggalin kita kita di JKGR… ya kayak gini jadinya..

    • masakan ny jd kurg sedep..smga yg dmksud bung Tukg sapu dermaga kmarin..klo para ssepuh sudh tdk boleh lg mmberikn clue dsni dkrenakn mrka sdg sibuk mmpersiapkn HUT TNI tgl 7 okt mndtg..bkn krna sudh tdk brknan lg mmasak dwarung ini.

      #harap2.com

  27. Hari ini sudah pd sliweran helinya dilangit Sbya

 Leave a Reply