Kesiapan TNI AD di HUT TNI ke 69

51
176
Peralatan dan persenjataan yang dimiliki TNI AD yang akan dipamerkan, di antaranya kendaraan tank ini. Foto: Wakhid suarasurabaya.net
Peralatan dan persenjataan yang dimiliki TNI AD yang akan dipamerkan (photo: Wakhid suarasurabaya.net).

Surabaya – Dalam perayaan HUT TNI ke 69, 7 Oktober mendatang, dijadwalkan ribuan pasukan terjun payung dari TNI AD akan beraksi saat puncak acara yang dipusatkan di Komando Armada Maritim Timur (Koarmatim). Sebanyak satu Brigade atau 3.000 pasukan akan melakukan penerjunan dengan sasaran pendaratan di Pulau Madura.

Persiapan yang dilakukan ditinjau langsung oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), (19/9/2014) di Kodam V Brawijaya. Kedatangan KSAD juga untuk memastikan kesiapan TNI AD dalam perayaan puncak acara HUT TNI ke 69.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, kedatangannya untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar. Mulai dari pasukan, dan alutsista yang akan dipamerkan.

“Sebagai KASAD, harus melihat kesiapan semuanya. Dan tadi saya sudah melihat Tank Leopard, Tank Marder, demo beladiri TNI AD, parade dan defile pasukan. Serta defile kendaraan tempur lainnya,” kata KASAD di Makodam V Brawijaya.

Dia menambahkan, saat puncak HUT TNI ke 69 nanti, pihaknya akan memamerkan seluruh alutsita TNI AD, yang dimiliki selama pembangunan 10 tahun pemerintahan SBY. Seperti Tank Leopard, MLRS, Meriam 155 Caesar, Meriam 185, dan yang lainnya.

“Peralatan dan senjata ini akan dipamerkan pada HUT TNI ke 69, termasuk helikopter Apache. Semua akan datang ke Armatim,” ujarnya.

image

image

Untuk penampilan khusus pada HUT TNI nanti, kata dia, TNI AD akan melakukan terjun payung, oleh 1 brigade pasukan. Pelaksanaan terjun payung dengan melibatkan ribuan pasukan sendiri, baru pertama kali dilaksanakan, dan belum pernah terjadi selama sejarah berdirinya Republik Indonesia.

“Terjun payung dengan kekuatan satu brigade ini, merupakan penampilan khusus TNI AD dalam HUT TNI ke 69 nanti. Dan baru pertama kali dilaksanakan selama kemerdekaan RI,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, dalam peringatan HUT TNI ke 69, TNI AD akan memamerkan beberapa peralatan dan persenjataan yang dimiliki TNI AD, selama kurun waktu 10 tahun. Antara lain meliputi, 18 unit Tank Leopard, 2 unit Transporter IVECO, 13 unit Tank Scorpion, 6 unit AMX Retrofit, 6 unit Tarantula, 18 unit Tank Marder, 9 unit Ranpur Anoa, 14 unit pucuk meriam 105/KH 178, 14 pucuk meriam 155/KH179, 4 pucuk meriam 155 Caesar, 13 unit MLRS, 4 unit Komando Nexter, 9 unit Mistral, 9 unit Komodi MPDA, 1 unit MPCV. (suarasurabaya.net).

51 KOMENTAR

  1. Ndak membayangkan, salut buat Bpk2 yg diatas. Mobilisasi ratusan alutsista dan ribuan prajurit tidaklah gampang, dengan seringnya latgab2 yg dilakukan akan meningkatkan respon prajurit. Semoga nantinya tak ada sesuatu yg jadi hambatan dan rintangan dalam peringatan HUT tsb. semua sehat2 dan selamat jika kembali ke barak masing2. Amin

  2. Pada hari Rabu tanggal 17 September 2014, dari balik jendela pesawat boieng 737-900 ER milik Lion Air saat take off dari Lanumad Ahkmad Yani Semarang saya melihat beberapa helikopter tempur Eurocopter Tiger TNI AD di parkir di depan markas skwadron heli serbu ..

    • masakan ny jd kurg sedep..smga yg dmksud bung Tukg sapu dermaga kmarin..klo para ssepuh sudh tdk boleh lg mmberikn clue dsni dkrenakn mrka sdg sibuk mmpersiapkn HUT TNI tgl 7 okt mndtg..bkn krna sudh tdk brknan lg mmasak dwarung ini.

      #harap2.com